Beli PC? Kenali ‘Otak’-nya

pc
PC

Di saat PC menjadi kebutuhan pokok, ada banyak vendor menyajikan berbagai opsi dan tawaran menarik bagi konsumen. Banyaknya opsi beragam warna, spesifikasi, hingga bonus – bonus nya yang tak jarang pula membuat bingung konsumen yang ingin membeli. Apa kiat membeli PC yang memiliki fitur berlebih sesuai dengan budget di kantong?

Langkah awal adalah kenali ‘otak’ yang menjalankan PC. Dulu, ‘otak’ ini hanyalah satu: CPU (Central Processing Unit) yang kecepatannya dibedakan berdasarkan besaran clock dalam orde GHz. Namun, bukan berarti makin tinggi GHz makin kencang kinerja keseluruhan karena masih perlu pula ditengok besarnya memori cache dan jumlah inti (core) yang juga berperan dalam proses kinerja CPU.

Prosessor AMD
Prosessor AMD

Sejalan dengan laju OS dan laju aplikasi yang makin gegas dan haus dalam penyajian grafis visual (misal film HD, games 3D, HTML5, Flash, dsb), menjalankan OS dan aplikasi masa kini dengan mesin yang hanya memiliki satu ‘otak’ CPU menjadikan beban kerja CPU melambat. Karena itulah diperkenalkan ‘otak’ kedua, yaitu GPU (Graphics Processing Unit). Sesuai dengan namanya, GPU ini menjadi ‘otak’ yang membantu CPU dalam memproses beban visual sehingga secara keseluruhan, kinerja PC akan meningkat.GPU ini ditanam di kartu grafis dan bisa dikenali dengan stiker yang ditempel di bodi PC, misalnya stiker Radeon yang menunjukkan mesin memiliki GPU Radeon dari AMD.

Lajunya minat konsumen untuk membeli laptop dibandingkan deskop membuat kebutuhan akan mesin yang gegas, dengan batere lebih awet, multimedia lengkap, danhargaterjangkau – menjadi incaran. Melihat kebutuhan konsumen inilah yang membuat AMD menelorkan produk inovatif terbaru, yaitu APU (Accelerated Processing Unit).Apa itu APU? APU adalah CPU dengan ‘bonus’ GPU dalam satu keping chip.Dua ‘otak’ dalam satu keping.

Mengapa harus APU? Transformasi dua keping chip (CPU dan GPU) menjadi satu keping chip memberikan tiga keuntungan bagi konsumen. Pertama, sangat jelas, mesin menjadi lebih awet batere.Catu daya satu keping dibandingkan dua keping menjadi pembeda.Kedua, desain papan sirkuit bisa lebih hemat yang berujung dengan harga keseluruhan mesin menjadi lebih terjangkau. Ketiga, dengan rentang harga yang sama, mesin bertenaga APU memberikan fitur multimedia yang berlimpah ruah (ingat, ada ‘bonus’ GPU di dalamnya).

Apa yang didapat jika kosumen membeli PC atau Laptop bertenagakan ‘dua otak dalam satu chip’ APU dari AMD?Keberadaan GPU Radeon yang saat ini menjadi salah satu pemimpin di dunia grafis, menjadikan APU AMD mampu memberikan fitur multimedia yang premium dengan harga paling terjangkau.Sebut saja kemampuan berselancar di dunia maya yang lebih kencang. Selancar internet sekarang tidak hanya konten teks, tetapi juga konten multimedia dalam bentuk HTML5 atau pun Flash di mana peran GPU Radeon dalam APU akan memberikan akselerasi terbaik.

Bagaimana dengan bermain games? Dukungan DirectX versi 11 dari GPU Radeon yang tertanam dalam satu keping APU menjadi bukti keperkasaan  APU AMD  dalam memainkan games-games 3D terkini yang lebih ultra-realistis. Bahkan jika APU digunakan di desktop PC dan dibenamkan tambahan kartu grafis bertenaga GPU Radeon, kinerja grafis mesin akan melesat akibat kinerja parallel dual GPU Radeon (tidak seperti platform lain yang akan mematikan salah satunya).

Kepuasan konsumen akan fitur multimedia pun akan terlayani dalam mesin bertenaga APU AMD melalui teknologi AMD HD Media Accelerator yang memungkinkan film-film HD bisa ditayangkan mulus. Bagaimana dengan online video seperti layanan dari YouTUbe? Ada dua fitur utama untuk memanjakan penonton setia YouTube:  dukungan video streaming tanpa patah-patah dan AMD Steady Video yang memberikan touch-up video supaya lebih stabil dan lebih nyaman ditonton.

Keberadaan ‘dua otak dalam satu keping’ AMD APU juga memberikan kelebihan akselerasi bagi aplikasi yang mendukung teknologi OpenCL. Teknologi ini memungkinkan sisa kapasitas GPU yang sedianya digunakan untuk proses grafis, dimanfaatkan untuk proses komputasi utama untuk membantu mengurangi beban CPU. Adobe Photoshop CS dan WinZip 16.5 adalah contoh aplikasi yang terakselerasi jika berjalan di atas APU AMD.

Tentang AMD APU
AMD APU A Series

Pada akhirnya, konsumen lah pemenang akhirnya.Banyaknya opsi memang membingungkan, namun dengan panduan yang jelas, membeli PC tidaklah serumit sebelumnya. Keputusan akhir akan selalu berujung pada mesin yang sesuai dengan budget di kantong dan mampu memberikan fitur lebih dalam rentang harga yang setara, dan mesin bertenagakan APU AMD bisa menjadi pilihan utama dan pertama untuk dipertimbangkan. Carilah mesin berstiker AMD Vision! Selamat berbelanja!

Latest articles

Related articles

4 Comments

    • Hu Dudi, untuk budget di bawah 1 juta bisa lirik AMD APU A6-6400K 3.9Ghz (Richland) yang sudah memiliki Dual Core dan terintegrasi dengan GPU AMD Radeon HD8470D jadi tidak perlu beli VGA terpisah lagi.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here