AMD Dual

Selami Lebih Dalam Kehebatan AMD Dual Graphics Pada APU Kaveri

AMD menandai tahun 2014 ini dengan meluncurkan APU generasi terbaru Kaveri yang digadang-gadang sebagai generasi paling canggih karena memiliki sejumlah kemampuan baru, lebih pintar dan lebih canggih. Dibangun menggunakan arsitektur baru bernama Steamroller dan sepenuhnya mendukung teknologi HSA, Mantle dan TrueAudio.

Tak terkecuali adanya dukungan AMD Dual Graphics yang menjadi amunisi penting dalam satu kesatuan komponen perangkat berkualitas dunia. Teknologi AMD Dual Graphics dalam bahasa sederhana merupakan ajang duet dua grafis dalam satu output, di mana secara cerdas AMD membenamkan fitur ke dalam satu perangkat berupa kemampuan untuk menggunakan dua grafis.

Teknologi ini nantinya dengan cermat menyesuaikan diri dengan kebutuhan, apabila perangkat membutuhkan grafis rendah, maka sistem akan mengeksekusi GPU on board dari APU yang berimbas pula pada penghematan daya. Dan di saat perangkat membutuhkan genjotan grafis, sistem dengan instan menjalan kedua grafis sehingga perform perangkat terangkat maksimal.

 

Konfigurasi AMD Dual Graphics di APU Kaveri

Karena bicara dalam konteks Kaveri, maka konfigurasi yang dapat kita bahas akan melibatkan tiga model APU A-Series yakni A10-7850K, A10-7700K, dan A8-7600.

  • AMD APU A10-7850K & A10-7700K:AMD Radeon R7 250 DDR3
  • AMD APU A8-7600: AMD Radeon R7 240 DDR3

 

Cara Mengaktifkan Dual Graphics

1. Setelah driver terinstal, jalankah AMD Catalyst Control Center di komputer Anda.
2. Tepat di bawah panel Gaming atau Performance, temukan menu tab Dual Graphics kemudian pilih Enable AMD Radeon Dual Graphics lalu klik Apply.

dual graphics1
3. Setelah itu pastikan status Show AMD Radeon Dual Graphics berada di posisi aktif.

Jalankan game kemudian atur mode layar ke ukuran penuh. Sebuah ikon akan muncul di kanan atas layar yang menunjukkan fitur Dual Graphics sedang bekerja.

Benchmark Hasil Konfigurasi AMD Dual Graphics APU Kaveri

Hasil pengujian perangkat komputer yang menggunakan AMD Dual Graphics sangat mengesankan, di bawah ini adalah tabel hasil benchmark konfigurasi APU A10-Series dengan Radeon R7 250 2GB DDR3, di mana dapat ditarik kesimpulan bahwa performa komputer dengan fitur AMD Dual Graphics meningkat 2x lipat dari grafis diskrit saat memainkan game-game yang sudah ditentukan sebagai bahan pengujian.

dual graphics2

 

Sementara konfigurasi A8-Series dengan R7 240 dan memori 2GB DDR3 juga menunjukkan peningkatan performa yang tak kalah mengejutkan. Peningkatan paling rendah ditunjukkan saat memainkan game Call of Duty, dan paling tinggi saat memainkan game Tomb Raider.

Kian Gahar Dengan Fitur Frame Pacing dari Catalyst 14.1

Peluncuran driver AMD Catalyst 14.1 juga menjadi salah satu kejutan besar AMD di tahun 2014 ini, selain membenamkan fitur Mantle dan TrueAudio, AMD juga membekali Catalyst dengan fitur Frame Pacing yang berguna untuk meminimalisir struttering game saat perangkat berada dalam beban kerja maksimal. Meski tergolong baru, namun fitur ini dinilai sangat penting mengingat masalah Stuttering kerap menjadi kendala bagi gamer untuk menikmati permainan dengan sempurna.

Untuk mengaktifkan Frame Pacing silahkan buka Catalyst Control Center – System Settings kemudian temukan opsi AMD Crossfire – Frame Pacing lalu rubah dari Off ke On dan terakhir klik Apply.

dual graphic3

 

Dengan APU Kaveri, AMD telah membenamkan sejumlah fitur anyar yang makin memanjakan pengguna setia. Punya pengalaman menarik terkait fitur ini? Ceritakan kepada kami.

Catatan:

Semua Benchmark dilakukan oleh AMD Performance Labs dengan menggunakan sistem AMD yang terdiri dari AMD A10-7850K atau AMD A8-7600 APU dengan memori 2x8GB DDR3-2133,R7 250 GDDR3, R7 240 GDDR3,  1 TB HDD, Windows 8.1, Catalyst 13.35 Beta 8.

AMD Radeon Dual Graphics membutuhkan sebuah APU AMD A Series ditambah sebuah grafis diskrit AMD Radeon dan tersedia di Windows 7 dan Windows 8. Sistem operasi Linux mendukung pergantian secara manual yang membutuhkan proses restart X Server untuk menjalankan atau menhentikan prosesor diskrit grafis untuk kemampuan dual graphics. Dengan fitur AMD Dual Graphics, mengaktifkan semua grafis diskrit video dan layar tidak selalu berjalan di semua sistem dan akan tergantung perangkat utama yang dihubungkan ke layar. Harap periksa komponen dan sistem pabrikan untuk melihat kemampuan dan dukungan teknologi di dalamnya.

523 comments

  1. uzumaki77
    Reply

    AMD APU A10-7850K &A10-7700K:AMD Radeon R7 or R9 DDR5 bisa gaa menjadi Konfigurasi AMD Dual Graphics di APU Kaveri ?????

  2. krez
    Reply

    apakah sudah ada laptop AMD yang menggunakan fitur baru ini? kalau ada berapa harganya di Indonesia ? kapan kira-kira launching nya ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Krez, untuk sekarang masih belum ada laptop yang menggunakan AMD APU Kaveri.
      Dan untuk waktu peleuncurannya mimin masih belum dapat kabarnya.
      Stay tune terus di Blog, Facebook ataupun Twitter AMD karena mimin akan umumin jika sudah ada infonya.

  3. min , dual graphics kabel vga yang dari monitor colok kemana?? ke motherboard nya atau yang vga pci e itu?? ane pake a10 5800k + VGA ATI HD 6670 + MB MSI FM2-A75IA-E53 AMD Socket FM2 + corsair vengeance 2x2GB Dual , sekalian PSU buat spek anek kira2 pake yang brp watt ya??

    • Admin
      Author Reply

      Hi alek
      Untuk perbandingan bagus yang mana, menurut saya itu tergantung kebutuhan kamu. Jadi cocok an kebutuhan kamu jika kamu suka high end gaming dengan budget tak terbatas kamu mungkin bisa mencoba FX tapi jika kamu ingin mainstreaming gaming dengan harga terjangkau tapi performa ga kalah dengan high end bisa coba APU

  4. Imam
    Reply

    Hi, min alhamdulillah ane sdh beli amd a10 7850k 🙂
    pertanyaan ane bs gak di dual gpu ?
    Klo bs recomend dual gpu nya pkai apa

  5. fahri
    Reply

    Min saya mau nanya saya pakai mobo asrock FM2A88M-HD+ , bagusnya kaveri 7850 di dual sama R7 atau R9 , untuk pakai mobonya tahan aja gak ?

  6. Didit nugraha
    Reply

    Saya pakai amd a10 7700k dan vga msi r9 270x hawk, tapi kok ga ketemu settingan crossfire atau dual graphicsnya di amd catalyst versi 14.4 ya?

  7. Saya beli A10 7700K + r7 250, rencana saa mau di dual graphics. Tapi ketika install AMD Catalyst Control Center menu “ENABLE DUAL GRAPHIC” tidak muncul. pada device sudah terdetect 2 VGA APU dan r7 2xx series. Mohon bantuannya apa yang mesti saya lakukan agar bisa dual graphics. Apakah harus menggunakan AMD Vision Control Center (saya menggunakan Catalyst), kalau harus menggunakan Vision dimana saya bisa mendownloadnya? terimakasih.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, seperti yang sudah tertulis di artikel ini bahwa AMD APU A10-7850K hanya bisa dikombinasikan dengan AMD Radeon R7 250 DDR3 untuk menjalankan Dual Graphics.

  8. Arief
    Reply

    Hallo min, mau nanya nih

    Prosesor seri apu-nya bisa jalanin game kayak battlefield4 tanpa harus beli vga ad on?
    mohon penjelasannya

    • Admin
      Author Reply

      Hi, mimin sarankan untuk menggunakan AMD APU A10-7850K (Kaveri) karena didalamnya sudah tertanam grafis AMD Radeon R7 dan mendukung Mantle yang bisa menjalankan game BattleField 4 dengan lancar 🙂

  9. Rizky Aldo
    Reply

    halo min, mau nanya. untuk dual graphic apakah ada spesfikasi khusus juga dari motherboardnya juga kah yg sudah ada spek crossfire?atau mobo sekelas FM2A88M-HD+ sudah bisa dual graphic card untuk kaveri a10 7850k dengan HIS R7 250 2gb DDR3??mohon pencerahan ya min? thanks 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi, mimin sarankan untuk cek terlebih dahulu ke website motherboard yang ingin digunakan untuk memastikan telah didukung Dual Graphics.

  10. hai min ,saya pengen beli amd a10-7850k terus saya pengen dual graphicnya sama siapa ?, cocoknya pakai amd radeon r7 265 atau r9 270x.Terus bisa gak apu nya dual graphic sama graphicnya nvidia ?
    makasih ya min

    • Admin
      Author Reply

      Hi, sesuai dengan artikel di atas, untuk AMD APU A10-7850K hanya bisa dipasangkan dengan AMD Radeon R7 250 DDR3 agar bisa menjalankan Dual Graphics. Fitur Dual Graphics ini hanya bisa dijalankan pada VGA AMD Radeon saja.

  11. Kal
    Reply

    berati kalau dipasang vga card yang bukan R7 250 itu tidak akan bekerja sebagai dual graphik tapi single graphik, apakah betul demikian? bila dipasang vga card ads on yang lebih tinggi dari R7 250 apakah itu bisa didukung oleh APU A10-7850K meski tidak bisa bekerja secara dual graphik?

    • Admin
      Author Reply

      Selama menggunakan AMD Radeon R7 250 dengan memory DDR3, sudah pasti bisa jalankan Dual Graphics. Jika tidak, maka hanya berjalan Single Graphic saja. AMD APU A10-7850K bisa saja dipadukan dengan seri AMD Radeon R7 250 ke atas tetapi tidak bisa menggunakan fitur Dual Graphics.

  12. penanya
    Reply

    Apa fitur dual graphic bisa tetap dijalankan dengan menggunakan 2 buah gpu r7 250 ddr3 bersamaan a10 700k maksudnya (vga onboard dan 2 buah r7 250 ddr3) ?

      • kdf alkindi
        Reply

        hmm gt ya.. ada beberapa pertanyaan nih min. mohon di jawab ya…

        1. fitur mantel support untuk game apa aja?

        2. Apa benar IGP kaveri akan lebih optimal jika menggunakan ram berkecepatan diatas 2133mhz?

        Bonus: minta rekomendasi vga paling maksimal buat kaveri a10 7700k dong min, biar gak bottleneck..soalnya saya mau beralih kubu nih, hehehehe.. biar sekalian bisa direview ketemen.

        • Admin
          Author Reply

          Hi, untuk daftar game yang dukung Mantle bisa cek di: http://en.wikipedia.org/wiki/Category:Video_games_that_support_Mantle
          Untuk penggunaan APU memang lebih optimal jika menggunakan memori dengan konfigurasi Dual Channel serta memiliki kecepatan yang tinggi.
          Memang lebih baik kalau bisa 2133MHz, tetapi di bawah itu juga boleh kok misalnya 1600MHz.
          Intinya kecepatan lebih tinggi, kinerja yang didapatkan juga lebih tinggi.
          Tetapi pastikan Motherboard yang digunakan sudah mendukungnya ya 🙂

  13. Atep
    Reply

    admin, kalo saya pake A10 7850k mau di dual graphic itu sama vga apa saja? r7 240, r7 250, selain itu bisa ga diatas yang dua itu???

    • Admin
      Author Reply

      Hi, kalau di atas itu tidak bisa karena syaratnya memang itu.
      Tapi kalau memang ingin mendapatkan performa yang lebih, mimin sarankan untuk menggunakan AMD Radeon R9 270X atau ke atas tanpa Dual Graphics karena performa yang diberiakn sudah pasti melebihi Dual Graphics 🙂

  14. dayat
    Reply

    Ko punya ane ga ada ikon dual graphics pada saat mulai main game? Kalau setingan pada bios mobo gigabyte g1 sniper a88x gmn ya buat seting primary vga apakah yg igp apa yg vga add on? Ane makai. R7 240 oc ddr 3 gigabyte min…

  15. rian
    Reply

    admin..kemaren saya beli amd apu a8-7600 kalo saya pasang vga atri radean 5570 1 gb ddr3 128 bit bisa tidak yach,,soalnya vga saya,,sayang kalo tidak di pakai

  16. hi admin ingin bertanya jika merakit komputer dengan memakai a8-7600 sebaiknya menggunakan mobo dengan chipset a78 atau yang a88x, sebaiknya saya pilih mana yah MSI A88XM-E35 atau MSI A78-G41 PCMate

    • Admin
      Author Reply

      Hi Machripunya,

      Untuk yang ini dari Mimin kurang tau ya karena bukan produk dari AMD. Bisa coba hubungi MSI langsung melalui facebook mereka atau contact website resmi MSI Indonesia untuk jawabannya.

      Semoga membantu 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Untuk AMD APU Series 7XXX harus menggunakan motherboard yang socket FM2+… jadi harus ganti motherboardnya juga kalau misalkan mau menggunakan series tersebut 🙁

  17. Chandra R
    Reply

    Min, laptop saya Lenovo G40-45, AMD A8 2GB, waktu instal semua selesai, di dxdiag kok cuma 256MB microsoft basic graphic gitu. Apa ada yang salah? atau memang terlewat untuk mengaktifkan?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Chandra,
      Dxdiag cuma bisa mendetaksi 1 GPU dan yang terdeteksi akan selalu iGPU yang terdapat di laptop. Dari mimin sarankan kalau mau mengecek GPU yang ada didalam laptop tersebut sebaiknya menggunakan applikasi seperti GPUZ

    • Admin
      Author Reply

      Bisa di Dual Graphics dengan R7 250/250X yang DDR3, tapi dari mimin sarankan menggunakan R7 265 atau R9 270X karena bisa membelikan perfomance lebih tinggi dibandingkan Dual Graphics 🙂

  18. Oktoral
    Reply

    Min ane pake AMD Kaveri A8-7600 FM2+ (Radeon R7 series) mobo nya Gigabyte G1.Sniper A88X (FM2+) kalo mau pasang VGA external pake apa yang cocok ? bisa ngga pake yang R9 ?

    • Admin
      Author Reply

      Untuk Kaveri A8-7600 sebenarnya sudah kuat buat main game sekarang tanpa menggunakan tambahan VGA lagi. Tapi kalau misalkan mau nambah dari mimin sarankan mengunakan R7 265 atau R9 270X tanpa Dual Graphics ya…

  19. reza aditya mahdavika
    Reply

    Min saya baru beli laptop asus x550dp processor :AMD Elite Quad-Core A10-5750M APU (2.5GHz, 4M Cache),vga :AMD Radeon HD8650G + HD8670M Dual graphics (2GB), tapi kayaknya setiap saya main game sejenis sleeping dogs, cod ghost itu agak berat ya? Padahal setinganya udah medium,minta saran min biar enteng tapi mainya puas .thks ya min

    • Admin
      Author Reply

      dual grafisnya di nonaktifkan saja, karena tidak semua game dukung dual grafis. Kemudian pastikan pada AMD Catalyst control center set power option ke high performance supaya grafis diskrit bisa berjalan maksimal sehingga gaming bisa lancar. mau lebih enak lagi upgrade ram jadi dual channel, biasanya performa langsung mantap kalau sudah upgrade ke ram dual channel, karena APU sangat peka dengan penggunaan memori

  20. hendra saitami bungas
    Reply

    saya mau nanya, apakah amd a10 5800 saya bisa ditambah dengan 2 buah vga 7850 HD,. crossfirenya gimana, soalnya kan ada APU dan GPU, trimakasih atas pencerahannya

    • Admin
      Author Reply

      Bisa saja sih, tapi daripada crossfire, lebih baik jika kamu membeli sebuah grafis R7 240 atau R7 260X dimana performanya lebih bagus dibanding crossfire HD 7850

  21. Hi min..
    maaf sy minta solusi min..
    sy menggunakan a10-7850k, tetapi saat ini berniat menambahkan GPU add-on.
    pertanyaan sy min..
    #a10-7850k bisa full maksimal menggunakan dual grafis atau tidak? *jika bisa GPU tipe apa

    #jika tanpa dual grafis bisa lebih full maksimal, sebaiknya GPU yg tipe berapa?

    thx before..

  22. Han Geraa
    Reply

    rencana saya mau beli kaveri a10 7700k ,,, apa dual graphic nya harus pke seri R7? misal saya crossfire dgn R9 DDR5 bisa kan?

    • Admin
      Author Reply

      Tidak bisa dual grafis dengan R9 tapi kinerja akan jauh lebih baik dibanding menggunakan dual grafis, jadi pakai R9 270 misalnya akan lebih baik 🙂

  23. hi min… saya mau tanya sebelum nya saya pake dual grapic proc A4 3300 (6410HD) + VGA HD 6450 udah lama saya pake dual grapik itu trus kmren Cpu kan ga nyalah akibat PSU nya rusak+windows saya juga rusak, kemudian saya instal ulang windows nya normal kembali

    tetapi muncul masalah. menu dual grapic kok tidak ada di AMD control center nya(padahal pake versi 14.12) dan anehnya lagi monitor “nyalah” apabila kabel vga di colok ke vga card,
    atau bisa “nyalah” colok di motherboard, apabila VGA card (hd6450) saya di lepas..

    jadi kesimpulannya saya cuman bisa pake single gpu.. antara VGA external(HD6450) atau VGA onboard (6410HD)

    di mohon kendala saya di atas bisa di atasi min…

    • Admin
      Author Reply

      Hmm mimin bingung. Bukannya normal ya kalau monitor baru bisa nyala kalau colok kabel VGA monitor ke port VGA? Dan bukankah normal jika monitor bisa nyala jika colok di motherboard jika VGA card dilepas soalnya kamu pakai APU dimana ada grafis integratednya.

      Nah, mengenai sekarang hanya bisa single GPU, kayanya harus coba install ulang lagi drivernya deh. Tapi sebelumnya uninstall dulu semua driver lama sampe bener2 bersih sampe semua folder2nya juga diapusin. Bisa pakai CCleaner atau DDU dengan masuk ke power safe mode saat uninstall. Semoga kembali normal.

      Oh ya, ada berita terbaru kalau 14.12 Omega Catalyst memang tidak dukung dual grafis. Jadi mungkin bisa coba balik ke driver lama kalo penasaran apakah bisa dual atau tidak. Tapi sebenarnya performa tanpa dual grafis yang sekarang seharusnya justru jadi lebih kencang dibanding saat dual grafis. Semoga membantu.

      • (min saya ricky comment masaalah dual GPU di atas kemarin)

        pokoknya inti nya semua masih bisa , tapi syarat nya single grapic aja saya min…
        bisa pake intergrated grapic (prosesor A4 3300) 6410D.
        ato bisa pake VGA external hd 6450 saya
        inti nya saya ga bisa di pake dual lagi…
        kayak minyak dan air gitu 🙁 ga bisa bersatu lagi

        dan aneh nya lagi “kan monitor saya bisa nyalah vga 6450 saya pasang, tapi kabel colok ke VGA port (kalo kabel vga colok motherboard port kan udah ketauan ga bisa nyalah),jadi kabel monitor colok ke vga 6450 (esternal)
        terusss…. wew malah ga ada menu dual grapic nya di Menu BIOS -_-

        ow berarti ga ada dual grapic ya min catalyst 14.12

        masih ada solusi lain ga min?

        terima kasih mimin

          • Admin
            Author

            memang sudah diganti semua dengan omega catalyst versi terbaru. Mungkin bisa cari di google di host2 lain seperti guru3D yang suka simpan file driver AMD

        • Admin
          Author Reply

          Hi Ricky,
          Kabel monitor memang harus dicolok ke VGA nya kok. Sama setau mimin settingan dual-graphics memang tidak terdapat pada menu BIOS. Settingan dual-graphics selalu ada di menu AMD CCC selama ini kok.

    • Admin
      Author Reply

      Coba uninstall dulu driver catalyst lama sampai bersih, kalau mau bersihinnya masuk ke safe mode, terus pakai aplikasi DDU. Baru setelah itu install lagi yang terbaru. Periksa juga antivirus, takutnya ada virus atau proses antivirus menghalangi penginstalan

    • Admin
      Author Reply

      Coba lepas vga dan bersihkan dengan kuas. Bersihkan sampai benar-benar bersih kemudian pasang lagi. Jika anda menggunakan vga onboard, ada kemungkinan memperbaiki vga onboard rusak, tapi semoga bukan karena itu. Jika masih mengalami kerusakan, coba lepas bateri CMOS ini akan mereset semua pengaturan pada BIOS. setelah 5 menit pasang lagi. Lalu nyalakan komputer, dalam kebanyakan kasus, permasalahan akan berhasil diselesaikan dalam langkah ini. Namun jika anda masih mengalami kerusakan termasuk tidak mau masuk pada Booting, maka coba lepas semua komponen pada komputer dan kemudian pasang lagi. semoga bisa betul lagi ya

  24. gunasis
    Reply

    dulunya saya pake amd a6-5400k mobo ecs a55f2-m4 ram 4 gb vga gt 630 2gb ddr3.tp setlah ganti amd a8-5600k quad core malah sering restart.

    • Admin
      Author Reply

      Menggunakan VGA GTX630 dari Nvidia kah?
      Pertama coba pastikan uninstall semua driver VGA setelah itu hanya install driver dari nvidia ya. Sebab driver dari AMD dan Nvidia tidak dapat berjalan bersamaan.

  25. Prabhu Sello
    Reply

    min, mau tanya.
    saya sekarang menggunakan APU A10-7850k,
    – nah setiap saya mau update AMD CCC itu selalu gagal ,layar gelap di tengah2 proses instalasi, apa yang harus dilakukan agar berhasil update? sekarang versi CCC saya stuck di 13.25, ga bisa update.

    – untuk penambahan GPU, setelah saya baca komen2 diatas, mimin merekomendasikan penggunaan r9 (tidak dual grafis), berarti GPU yang ada pada APU sekarang jadi tak berfungsi ya kalo kondisinya begitu?

    – sama mantle itu otomatis aktif atau harus di setting dulu ya min? soalnya saya main BF4 agak lag. resolusi yang di pakai 1920×1080 setting medium.

    terimakasih sebelumnya. mohon jawabannya min. 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Prabhu Sello,
      Yang pertama, coba kamu uninstall semua driver VGA AMD, uninstall program Raptr/AMD Gaming Evolved, bersihkan sisa-sisa drivernya dengan program lain. Setelah itu baru di install kembali driver AMD yang terbaru + program Raptr.
      Ya, untuk yang GPU APU nya jadi tidak digunakan.
      Untuk Mantle harus diaktifkan dulu pada setingan game BF4, coba kamu cek dibagian game setting tersebut ya. Kalau tidak ketemu artinya kamu menggunakan game versi yang terlalu lama, coba diupdate dulu ke versi yang terbaru 🙂

  26. Prabhu Sello
    Reply

    min, saya ingin bertanya. saya pengguna A10-7850k

    1. setelah baca semua komentar, berarti kalo kita gunakan r9 250 itu GPU yg ada di APU saya jadi ga bekerja sama sekali ya min ?

    2. saya ingin update AMD CCC tapi fail terus, selalu stuck, tiba2 blank screen pas di tengah2 instalasi, itu kenapa ya min? apa ada hal yang harus di setting dulu? jadi skrg saya stuck di CCC 13.2 . ohya opsi dual graphic itu ada kalo udah pasang vga nya atau CCC saya yg out of date, soalnya ga ada opsinya..

    3. mantle itu apakah langsung aktif begitu saja atau harus ada yang di setting2 ya min? soalnya saya main BF4 resolusi 1920×1080 setting medium low masih agak lag.

    Terimakasih, mohon tanggapannya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi,
      1. Yup, sebaiknya juga menggunakan seri yang lebih tinggi seperti R7 265 atau R9 270X. Sebab perfomance dari R7 250 tidak begitu jauh berbeda dengan A10-7850K
      2. Coba di uninstall driver CCC nya terlebih dahulu, uninstall Raptr/AMD Gaming Evolved, bersihkan sisa-sisa driver dengan program third-party lain. Setelah itu baru di install AMD CCC yang terbaru.
      3. Di Settingan game Battlefield 4 sudah ada pilihan untuk aktifkan Mantle sendiri. Kalau tidak ketemu optionnya mungkin kamu harus update game Battlefield 4 itu terlebih dahulu.

      Sama-sama 🙂

  27. Mamay
    Reply

    Saya masih pake A10-5800K, kemudian saya sandingkan dengan MSI R9-270X Hawk, yang menjadi pertanyaan, dengan memakai VGA terpisah ini apa RAM yang kita pilih harus tetap memiliki karakteristik CL yang lebar seperti halnya saat masih menggunakan VGA yang di processornya sendiri?

  28. Saya mau tanya, bagaimana mengatasi laptop saya SVE14A16FGH ~ Sony Vaio dengan AMD Radeon HD 7600M Series dan Intel HD 4000, yang seharusnya melebihi spesifikasi dari game saints row, kok masih agak kurang halus, dan bagaimana cara mengganti AMD Radeon menjadi primary graphic? *Saya pakai AMD Catalyst 14.7 RC3

          • faozy achmad

            Min mau tanya
            1. keunggulan dual grafik itu apa sih min ???
            2. Team Xtreem Vulcan (4Gb x 2) 2400 ddr 3, sama Team Xtreem Vulcan (4Gb x 2) 2133 ddr 3 bagus mana,
            3. a8 7600 dual grafik dengan gigabyte R7 260X GDDR5-2GB atau degan Gigabyte R7 250X 2Gb DDR5 bisa apa tidak, apa harus R7 240 DDR3
            4.untuk spec di atas masih bisa menggunakan PSU 400w Pure apa tidak min. makasih!!!

          • Admin
            Author

            1. Tentunya jika dua grafik bekerjasama akan lebih powerful dibanding hanya satu grafis saja yang bekerja 🙂
            2. tentu lebih bagus yang 2400 tapi ga terlalu jauh sih bedanya 🙂
            3. Untuk dual grafik hanya bisa dengan R7 240
            4. Kalau PSU pure harusnya masih bisa dengan R7 240

  29. riski
    Reply

    A6-5400K katanya bisa di dual graphics dengan R7 240 ya? saya sudah coba kok tidak ada peningkatan yang berarti bila di bandingkan dengan hanya menggunakan R7 240 nya tanpa di dual graphic-kan?

  30. umar
    Reply

    Min sy pake richland a8 6600k, udah update driver, bios, dll. Buat maen pes 2015 ko spek disett good, good, good, bad di vram. Ane pake ram 2x2gb 1600. Knp ya? Jadi ga maximal maenya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, VRAM dari APU diambil dari RAM ya dan bisa disetting di bios. Jadi kalau mau tambahkan jumlah VRAM bisa disetting di BIOS cuma pastikan space RAM kamu juga mencukupi ya. 🙂

  31. yoggi only
    Reply

    Min, mau tanya donk, sy pake kaveri A6 7400k, trus sy punya amd radeon HD7730, kira” bisa di buat dual graphic apa tidak.?
    atau sy harus beli vga tambahan untuk bisa di dual.
    Mksh ya min…

    • Admin
      Author Reply

      a6 7400k setau mimin ga bisa di dual grafik, kalau mau dipasangkan sama HD 7000 ga masalah kok, kalau mau lebih bagus bisa pakai R7 250. Atau upgrade saja prosessornya jadi A8-7600 atau A10-7850K supaya lebih bagus untuk nge game

  32. Rizon
    Reply

    Mimin sakti,mau tanya :
    1. kalo Amd APU Kaveri a10-7850k itu apa tdpnya paling minimal bisa diset ke 45watt atau 65watt ? bila diset ke 45watt / 65watt maka clocknya jadi brapa min ? defaultnya itu 95watt 3.7Ghz kan ?
    2. Pertanyaan soal tdp, kalau settingan tdp itu tergantung dari mobonya ? atau processornya ?
    3. kalau defaultnya kaveri a10-7850k itu panasnya brapa drajat c untuk kondisi full load dan idle ?
    4. kalau onboardnya kaveri a10-7850k itu kan kelompoknya r7,lalu bila dibandingkan dengan vga diskrit kira – kira sekelas / selevel tipe atau seri apa ?
    5. kalau untuk meng-cek masa expire garansi processor amd kemana min ?
    6. untuk planning 2015 apa dalam waktu dekat akan ada procie desktop baru ? khususnya untuk penggunaan socket FM2+ ?
    terima kasih min,ditunggu jawabannya 😀

  33. min mau nanya lagi nih,… amd kaveri a8+r7 240ddr3 (dual grapich) dan amd kaveri a8+r7 250 ddr5 (tanpa dual graphic), mana yg lebih bagus performa nya, min? thankks

  34. min, mau nanya lagi donk
    sy niatnya mau upgrade ke A8-7600 dan R7 240 di Dual Graphics.
    kira” sama VGA add on sekelas HD 7730, performanya bagusan yang mana..?
    Mksh ya min..

  35. Yusuf
    Reply

    Hi min, mau nanya. ane mau build pc nd pake amd fx 6300. kedepannya mau upgrade ke fx yg lebih tinggi. nah kalo prosesor amd untuk HighEnd gaming itu pakai yg mana yah? trus pakai PSU brapa watt ?
    trus kalo vga amd yang buat gaming highend pakai tipe/seri apa yah?

    makasih ya min. ditunggu jawabannya 😀

    • Admin
      Author Reply

      FX 8350 aja dipasangin sama r9 285 atau R9 290 dijamin keren performanya 🙂 beli sebelum 31 januari 2015 bisa dapat game civilization beyond earth juga gratis lho untuk pembelian R9 290 🙂 PSU 650W cukup sih asal yang gold, atau kalau mau aman bisa ambil psu yang 750W

      • Yusuf
        Reply

        Kalo untuk ram nya kira-kira brapa giga untuk performa lebih bagus? dan kalo distributor untuk daerah cirebon jawa barat dimana min atau yg terdekatnya ntuk daerah sy. skalian no telp nya yah 😀

        • Admin
          Author Reply

          2*4gb dual channel atau pakai dua keping identik. Kurang tau juga ya untuk daerah cirebon, langsung kunjungi saja toko toko penjual perlengkapan komputer terdekat

  36. min,saya pake lenovo g405s dual graphic,stelah instal driver,kenapa di AMD Catalyst Control Center cuma ada menu “pinned,presets,performance,power” atau cuma kebaca satu graphic aja,kira-kira kenapa itu min,gimana solusinya,masih awam nih,mohon bantuanya .

  37. nancy
    Reply

    Min kalo kaveri a8 saya pake vga integrated dari prosesor apa dari monitor tinggal colok ke motherboard atau perlu driver tmbahan untuk aktifkan vga integrated tsb?

    • Admin
      Author Reply

      tidak perlu langsung colok aja ke motherboard 🙂 dan gunakan driver untuk APU dengan unduh di support.amd.com/en-us/download
      kalau bingung unduh yang mana driver amd nya bisa pakai fitur auto detect

      • sidarto nikolay
        Reply

        min sy pake a8 kaveri mau nanya kalo ngegame kompi sering mati, setelah setting temperatur procie di mb ke 90 drajat baru lancar? amankah kalo prosesor a8 sampe 90 drajat? atau perlu vga tambahan biar procienya ga terlalu panas?

        • Admin
          Author Reply

          ga aman sih, cpu jika selalu berada di suhu tinggi akan memperpendek umur. Paling gunakan HSF berkualitas, terus kalo sudah lama bisa ganti thermal paste, dan bersihkan secara teratur biar sirkulasi udara di PC lancar

  38. kera ngalam
    Reply

    @dmin:
    1. kalo untuk game pilih mana amd a8 richland vs amd a8 kaveri?
    2. Kalo amd a8 richland di dual graphic sama vga apa?
    Trims min

  39. admin yang baik hati,sy bangga jadi pengguna AMD tp masih newbie..
    1. liat penjelasan sblmnya, AMD A8 6600K DG dgn HD 6670 apakah kira2 masih cukup prospektif dipakai main game spesifikasi seperti PES 2015 yaa kira2 beberapa tahun kedepan?
    2. oya min, splash screen BIOS sy kok tidak muncul karena apa dan apa ya solusinya min?takut ngrusak processornya..

  40. nugie
    Reply

    min saya barusan upgrade vga ke r7 265 kenapa dengan catalyst omega 14.12 sering terjadi black screen terutama klo komputer didiamkan saja sekitar 10 menit tp jika digunakan main game berjam-jam tidak ada masalah klo sudah black screen harus pencet tombol reset agar komputer bisa digunakan lagi. akhirnya biar stabil saya pakai catalyst 13.12 walaupun akhirnya r7 265 hanya terdeteksi HD 7850 apakah ada solusinya. terima kasih sebelumnya.

    • Admin
      Author Reply

      Dia black screennya bukan karena hibernate kan ya?
      Coba uninstall driver nya dulu, uninstall raptr/AMD Gaming Evolved, bersihkan sisa-sisa driver di safe mode mengggunakan program third-party lain. Baru di install kembali driver omega nya

  41. amd inang zuma
    Reply

    Min maaf mau tanya, kalo APU nya amd kaveri a10-7850 ini kan 2 gb bit, nah apakah mengambil dari memory ram kita? Atau berdiri sendiri? Thanks a lot min

    • Admin
      Author Reply

      tergantung game dukung atau tidak, kalau game dukung game biasanya akan terasa cepat ketika dual graphic, kalau tidak dukung justru jadi lambat, jadi dicba aktifkan dulu aja, kalau lambat baru dinonaktifkan

  42. IemanzNoer
    Reply

    Halo Admin..
    Bisa gg Upgrade Dispay Driver Ati Radeon 14.4 ke 14.12 dengan Spek beriku
    Intel core i3 2310 M @2,1 Ghz
    Ram 4GB
    Ati Radeon HD 7400M…
    Windows 8.1 Pro 64 bit

    dan Carax juga yy 🙂

  43. ramadhan aryo
    Reply

    Saya py pc spek sperti ini gan:
    Mobo pake gigabyte 990 fxa ud 3
    Procesor pake fx 8320 be
    Vga r9 270x gigabyte
    Ram corsair vengeance 4×2
    Yang saya tanyain ma agan kenapa ya kok main bf 4 msih ga lancar dengan setting ultra???mgkin bisa kasih saran….

  44. fallfromsky
    Reply

    min, mau tanya , saya pake AMD A10 7850K,
    1. utk dual graphic lebih baik pakai vga r7 seri berapa ?
    2. saya menggunakan memory 1x4gb 1 keping merk cor*air , kalau saya beli 1 keping lg memory 1×4 gb beda merk apakah otomatis akan dual channel ?
    3. Catalyst Center versi berapa yang support dual grapic?

    • Admin
      Author Reply

      1. r7 250
      2. sebaiknya sama persis merk dan speknya supaya tidak bottleneck
      3. gunakan yang terbaru saja versi 14.12 omega catalyst terbaru, bisa unduh di support.amd.com/en-us/download pakai fitur auto detect

  45. Putra
    Reply

    min mau nanya, ane pake A6 – 6400k, klo pasang vga R7260x, bakal bottleneck gak?
    ane rencana mau pake single graphic aja dari output R7 260x, gmn?

  46. tri zachary
    Reply

    Min antara apu dan fx bagusan mana yah buat main game berat?
    kalo fx pake vga cardnya apa ya biar mantep?
    Ram yg reccomended buat apu ato fx itu brapa?
    Thank’s

    • Admin
      Author Reply

      tentu FX yang paling powerful, pakai r9 280/285/290 pati jago untuk game berat untuk RAM tergantung sama gamenya lagi, beda game kan beda requirement kalau mau 8 GB sih biar bisa main game sekelas GTA V

  47. Adi
    Reply

    min, mau tanya nih bisa switch graphics ga? misalnya misalnya A8 7600 + R 270 atau 7870. Asumsinya pas saya main game saya pakai R270 single, tapi disaat idle, ngetik atau degar musik pke onboard dari A8 7600. intinya kedua VGA digunakan tapi secara bergantian. tapi ga bongkar2 casing lho. soalnya saya baca dari amd panduan dual graphics REKOMENDASI R 240. thx

  48. min.. saya mau tanya.. saya punya laptop HP pavilion 14-n037tx dual grafis Amd dan Intel.
    windows awal yang x64 bit, saya downgrade ke windows 7 x86 bit.
    driver Amd HD 8600 dan Catalyst Control center sudah terpasang tetapi tidak bisa terpakai dan menu aktif dual grafis Amd di control center gak ada..
    mohon bantuannya agar dual grafis Amd nya bisa terpakai,..
    terimakasih.

    • Admin
      Author Reply

      Hi setau mimin untuk procie Intel dengan grafis Radeon memang ga bisa dual grafis, bisanya hanya switchable graphic, dimana kamu bisa set pemilihan grafik di BIOS, atau klik kanan desktop pilih switchable graphic

  49. mau tanya ni min..
    untuk laptop HP Pavilion 14-N037TX yang yg saya down grade ke win 7 – 32bit
    untuk driver Amd Radeon nya dan Catalyst Control Center yg seri berapa ya..
    ato ada link downloadnya..
    saya menunggu jawabannya, terimakasih..

  50. Hanan asyrawi
    Reply

    MIn saya punya laptop asus a452c vga intel dan readeon 8520m tapi yang ke detec cuma intel min solusinya gimana

    • Admin
      Author Reply

      Coba kamu klik kanan di desktop apakah ada pilihan switchable graphic? Jika tidak ada mungkin bisa coba uninstall driver dan install lagi pakai driver bawaan laptop

  51. Ade Suleman
    Reply

    Min, laptop saya Acer E5-551, disitu ada AMD Radeon R7 M265, tp ko yg primary R6 ya?
    Cara ngaktifin yg R7 gmn min?

  52. adi
    Reply

    kalo apu a8 7600 dual graphic sama r7 240 ddr3 dibandingin sama apu a8 7600 + r7 240 ddr5 tanpa dual graphic bagusan mana min?

  53. Franky Harrys
    Reply

    Mau nanya nih min, procie amd a8m7650k kapan masuk indonesia? igpu a8 7650k apakah masih pake r7 240 ya? Trus untuk apu tanpa gpu add on idealnya pake psu berapa watt? Adalagi nih min, untuk ram 2400mhz cl 11 bukan cl 9 atau 10 apakah akan jadi masalah? Mau rakit apu pc pengennya sih nunggu apu carizzo tapi kayaknya masih lama rilis yang versi desktopnya 🙁

    • Admin
      Author Reply

      Udah masuk kok 😀 harganya sektar 1,3 jt 🙂 dan bisa pakai grafis apapun termasuk R7 240
      kalau tanpa gpu add on pakai psu 450 watt cuukup 🙂
      untuk carrizo memang baru notebook saja jadi untuk desktop tunggu aja kabar baiknya ya 🙂

      Untuk Ram sih ga masalah pakai yang mana aja dan setau mimin main kecil cl nya memang makin cepat memorinya 🙂

  54. Malvin
    Reply

    min ada 2 pertanyaan nih
    1. kalo A8 7600 di dual graphics dengan R7 240 bisa dengan yang DDR3 atau DDR5, soalnya setelah saya baca pertanyaan di atas jawaban mimin ada yang mengatakan tidak bisa yang DDR 5 tapi di koment terakhir bisa yang DDR 5
    2. untuk spek di atas apakah cukup menggunakan PSU 350 watt?
    terima kasih..

    • Admin
      Author Reply

      Setelah dicoba ternyata memang bisa ddr5 tapi harus menggunakan RAM dual channel dengan frekuensi 2300MHz kalo 1866 ga bisa
      A87600 cukup 350w

  55. Habib
    Reply

    min saya punya A8 7600, rencana mau dual grafik pake r7 240 2gb ddr3.
    tapi baru2 ini dengar kalau A8 bisa dual grafik sama r7 250 2gb ddr3 juga, itu emang beneran bisa min?
    apa akan terjadi bottleneck?
    dan lebih worthed menggunakan r7 240 atau r7 250? (berdasarkan price-performance)
    dan jika menggunakan r7 250, apakah psu 400w cukup?

  56. zecky
    Reply

    min numpang nanya,ane make amd AMD A10-5750M ,kenapa ya kok masih sering lag kalau main pes 2015? apakah karena settingan AMD catalyst yang salah? atau kenapa min?
    mohon bantuannya soalnya masih baru make AMD, terima kasih min 🙂

  57. kurniawan
    Reply

    Permisi min. Saya punya procie A6-6400K. Kalau saya mau mengabaikan fungsi dual gpu, terus nanti mau saya pasangkan ati radeon dg seri lebih tinggi menurut mimin gimana? Karna utk dual gpu dg hd6570 masih kurang. Kayak game crysis n battlefield 3. Tolong pencerahannya min. Trima kasih.

    • Admin
      Author Reply

      Gapapa kok, malah lebih bagus pakai grafis lebih tinggi daripada dual GPu dengan grafis yang rendah, jadi upgrade saja VGA nya 😀

  58. min saya pengguna AMD A8 7600 mobo gigabyte GA-F2 A68M
    dan saya juga membeli VGA sapphire 2gb DDR5
    apakah bisa min
    kalau gak bisa apakah kabel monitor saya colokan ke vga onbord apa vga sapphire

    makasih min maju terus AMD

  59. pay
    Reply

    Hi. Admin..AMD A10-5800k ; MB MSI A55M-E33 ; RAM Corsair 2 x 2GB 1333 ; memainkan game COD Advance Warfare mengalami “lag”… pertanyaannya ;
    1. Apakah dengan spesifikasi diatas terlalu rendah untuk game ini?
    2. Saran agar bisa memainkan game COD AW
    3. Jika perlu apa yang harus ditambahkan / diganti agar bisa memainkan game2 modern FPS
    Terima kasih untuk jawabannya
    Best Regards.

  60. saya mau tanya, kalo asus X452CP kan dual vga intel 4000 family sama Radeon HD 8530M tapi setelah saya update AMD nya, “AMD catalyst control centre” jadi kosong alias gak ada pengaturan graphic-nya, apa itu wajar?
    note : “Switchable graphics driver” juga hilang. Udah download lagi, install lagi drivernya jadi “AMD Radeon R5 M240” tapi nggak ngaruh.

    • Admin
      Author Reply

      Kembalikan ke driver lama/bawaan saja, karena berarti driver yang terbaru tidak support fitur khusus untuk switchable graphic di notebook ini 🙂

  61. iyan
    Reply

    Bang min mau nanya nich.. kalo proc kaveri A8 7800 dan mobo asus A68HM plus tampa VGA external bisa nga buat maen game on line seperti point blank sama dota.. thanks

  62. arief
    Reply

    Mas mw tanya..sya pke apu kendalanya suka nyala mati
    Sprti psu kurang kuat
    Sya pake psu biasa pdahal sblmnya normal pas instal game dota2 jdi sering mti.klo mw dinyalain msti cbut kbel power .tp menyala tdk lbh dr 1 mnit.mksh

  63. raka
    Reply

    permisi oom mimin!
    mau tanya ya min :
    1. Untuk A10 7850k nya jika ingin memakai VGA R9 itu cocok yang series brp?
    2. Apakah harus menggunakan RAM 2133 dual channel?
    3. Apakah dengan kapasitas PSU 400 watt itu bisa efektif?
    4. Dan untuk software nya menggunakan catalyst versi berapa?
    Ditunggu jawabannya ya min, terima kasih.

    • Admin
      Author Reply

      1)R9 270 aja atau kalau mau yang terbaru bisa coba R9 380
      2)tidak harus pakai yang 2133, 1866 udah cukup kok
      3)tergantunng mau pakai kartu grafis lagi atau ga, kalo ga, 400W yang gold kuat
      4)catalyst nya pakai yg terbaru aja 15.7 sesuaikan dengan jenis windows yang mau dipake

  64. gusti
    Reply

    Min mau nanya. Ane ad bbrapa prtanyaan
    1.ane mau pke a8 7650K dual grafik dgn r7 240 ddr3 bisa gak pke ram 4gb dual channel yg 1600mhz?
    2. Prforma a8 7650k tanpa ane pakein vga tambahan lbih ok mana buat ngegame dgn. Richland a6 6400K dipasangin dgn R7 240 ddr3??
    2. Cukup ok gak utk ane mau main gta v, battlefield 4, cod advanced warfare??

    • Admin
      Author Reply

      1) sebaiknya pakai yang 1866 biar optimal
      2) lebih oke pakai r7 240
      3) tanpa grafis diskrit sudah bisa main game yang kamu sebutkan, jadi akan lebih oke kalau pakai r7 240

  65. Teddy
    Reply

    Min mau tanya. Spek saya a7850 k +asrock fm2a55m+4gb kingston
    Kalau a7850k mau dipakein r9 280x apakah harus ganti MB ke seri 88 dan memori yg 2133 biar lebih maksimal. Apa tidak usah?untuk r9 280x apakah minimal psu nya 600watt pure?thx admin

    • Admin
      Author Reply

      Ga usah ko, kalau mau pake VGA tinggal pasang aja 🙂 RAM ga pengaruh karena grafis diskrit kan sudah punya VRAM sendiri 🙂 untuk R9 280X minimal PSU 550W pure 🙂

  66. teddy
    Reply

    Mau tanya.
    Saya punya spesifikasi a10 7850k + asrock fm2a55+ 4gb kingston.
    Saya mau pakai kan r9 280x . Apakah harus upgrade mb pake seri 88 + memori yh 2133 mhz biar lebih maksimal?apa tidak perlu?
    Dan vga r9 280x minimal 600 watt pure yah min?thx

  67. Rudy
    Reply

    Min, his r7 240 ddr 3, bisa dual sm a8 7600 kan?
    untuk mobo, ad spek khusus g buat aktivin dual gpu? Smua chipset bisa atau cm mobo berchipset a88?

    • Admin
      Author Reply

      Bisa kok dan ga butuh spek khusus untuk aktifkan dual grafik, semua mobo bisa 🙂 nanti atur pengaktifannya di AMD Catalyst bagian gaming/performance bagian Dual Graphic 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yusuf, kamu coba buka AMD Catalyst Control Centre abis itu kamu coba cari tab power plan, disana kamu setting ke maximize performance atau high performance, nanti otomatis yang aktif adalah Radeonnya 🙂 jangan lupa buka settingan untuk Intel HD Graphicnya juga yah dan set ke high performance

  68. hori
    Reply

    Mau tanya min:
    1. Dual graphic A8 7600 + R7 240 hasilnya setara dgn VGA/GPU seri apa?
    2. Dual graphic ini bs dgn RAM 2x2GB (4gb)?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Hori, Tidak pernah ada perbandingan secara resmi sih, tapi dengan dual graphic pasti ada peningkatan dibanding hanya satu graphic saja yang bekerja. Dual graphic ini bisa dengan RAM 2x2GB kok

  69. Ricky
    Reply

    min mau tanya dong kalo misalnya AMD A10 7700k sama Digital Alliance Radeon R7 250 OC 1GB DDR 5 masih bisa gak sih ? soalnya kan ane baca baca dari atas sampe bawah di web ini masih rancu dan belum jelas, disini dijelaskan hanya bisa DDR3 saja, tolong yaaa pencerahannya

    • Admin
      Author Reply

      Dari AMD Resmi memang hanya DDR3 saja Ricky untuk tipe Kaveri yang bisa Dual Graphic 🙂 Tapi Si A10-7700K ini juga bisa kok dipasangkan dengan R7 250 GDDR5 walau tidak dual graphic 😀

      • Ricky
        Reply

        Oh saya pikir bisa Dual Graphic dengan R7 250 walaupun DDR5, pantas saja gak ada menu DUal Graphic di AMD Catalyst, Jadi sebaiknya kabel monitor saya colok ke Motheboard atau ke VGA cardnya yaa ?

  70. dims
    Reply

    Min saya baru pake asus x550z-amd a10 langsung coba buat main pes 2015 setting nya dibikin dual graphic, settingnya high semua kok ng lag ya? apa gak kuat? katanya main gta V gak ada lag, knpa ya min? apa settingan driver amd nya? mohon penjelasan, tks

    • Admin
      Author Reply

      Haloo Dims, jangan di setting High semua karena laptop ini kan masih termasuk notebook mainstream, coba kamu pakai set low dulu dan resolusi HD (1366×768) dan coba nonaktifkan fitur dual graphicnya dengan akses menu gaming/performance abis itu centang disable dan klik apply. Abis itu ke menu power play (masih di dalam amd catayst control centre) kamu set ke maximize performance semua 🙂

  71. ramon
    Reply

    min kalo AMD Kaveri A6-7400K FM2+ di combine sama vga HIS R7 250X Icooler 1 Gb DDR5 Ati Radeon itu compatible ga ? trus bisa support maen game BF4, far cry4 ngga ? trims .

    • Admin
      Author Reply

      Compatible tapi ga bisa dual grafik 🙂 Jadi pasti bisa dijalankan yang R7 250X nya namun GPU yang di APU A6-7400K nya tidak jalan ya 🙂 Kalo grafisnya sih kuat main BF4 sama Far Cry 4, tapi untuk prosessor mimin ragu bisa main lancar Far Cry 4, soalnya minimum pakai prosessor Quad Core

        • Admin
          Author Reply

          Nih ada contoh videonya dengan pengaturan sebagai berikut: https://www.youtube.com/watch?v=NMFgppVA9fg

          The details of the game are in the Normal quality graphics, motion Blur Off, Textures Normal, Shadow Normal, Normal postprocessing effects, Geometry Low, Normal Vegetation, Land Normal, Normal Water, Environment Bass, Ambient Occlusion SSAO, Edge Smoothing off, Off crepuscular rays, off Skins, Relief trees and Off off Vertical Sync.

          Playable resolution is 1280 * 720
          AVerMedia Live Gamer Mode Recording 1080p 30 FPS

  72. AMD Maniac
    Reply

    Min, mau nanya donk, mungkin udh di jawab di atas, tapi belom spesifik. Kalau A10-7850k dipasangkan sama VGA r7 260x apakah dual graphicnya masih bisa jalan? kalau dipasangkan sama r7 250x yang GDDR5 1 GB atau lebih bisa juga ga? apakah xFirenya nyala? thx b4 🙂

  73. hadyan gogo
    Reply

    min saya bingung kenapa amd acatalyst saya gk ada mode dual graphic ya spek saya a6 3500 di dual sama hd 6570 1gb ddr 3…. apa tanpa amd catalyst itu bisa de setting di biosnya ya? kalo tdk bisa bagaimana solusinya thanks before oh iya saya sudah install yang terbaru min

  74. Aria Alim Wijaya
    Reply

    Min, ane pake proc A8 3850 dual dengan HD 6570. Tapi gk work, gk nongol menunya di catalyst atau engine. Mobo pake AsRock A55 Pro 3, Ram 4gb 1keping, psu dazumba 450 watt.

      • Aria Alim WIjaya
        Reply

        Cari dimana min catalyst versi lamanya? Ane nyoba pake catalyst Mainboard tapi gk kebaca juga.
        Btw ini VGA Card ane GDDR5 min, apakah GDDR5 gk bisa dualgraphics min?

        • Admin
          Author Reply

          Kalau yang Kaveri dengan R7 200 sih memang harus dengan DDR3 untuk support resmi dari AMD tapi kalau yang model lama mimin hanya menemukan yang bisa DDR5 hanya yang ini:

          Recommended HD 7000 series GPUs for “Trinity” desktop APUs:
          Processor APU graphics HD 7450 HD 7470 HD 7570 (DDR) HD 7570 (GDDR5) HD 7670
          AMD A6-Series A6-5xxx HD 7540D * + + * *
          AMD A8-Series A8-5xxx HD 7560D N/S * + + +
          AMD A10-Series A10-5xxx HD 7660D N/S * + + +

          untuk unduh driver lama mungkin bisa coba cari di guru 3d

  75. albert
    Reply

    min mau tanya nih, saya main game point blank dan menggunakan crossfire untuk VGA HIS r7 240 DDR5 2gb sewaktu mengaktifkan crossfire gambar game PB saya jadi kedip kedip (seperti layar kalau terkena jaringan HP sewaktu ada SMS) kalau pada game lain tidak terjadi apa apa misal game DOTA2, digimon, PES, dll,..namun apabila crossfire saya matikan maka game tidak apa apa berjalan lancar thanks

  76. albert
    Reply

    apa yg r7 240 DDR5 gak bisa di pakai dual graphic min? tapi ke detect vga nya sama kompi jadi total 3700MB buat 2 VGA namun kl di pakai main game PB trsebut kedip2, mohon pencerahan nya min thanks

  77. suryadi
    Reply

    Min mau nanya saya terlanjur beli MSI R7 250 1G GDDR 5 trus cpu menggunakan amd apu kaveri 7850 K. mobo crossblade ranger dan Ram Cossair 16G ddr3 1600

    1. apakah bisa dijalankan dengan dual grafik atau single saja ?
    2. klu cuma bisa single ,bagusan di pasang vga msi nya atau tidak ?
    3. jika dibandingkan mana yang terbaik vga MSI R7 250 1G GDDR 5 atau milik amd apu kaveri 7850 K
    atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      1. Kalau standar AMD hanya bisa single graphic, kalau mau dual graphic harus dengan DDR3, tapi ga masalah kok karena DDR5 performa nya lebih bagus dibanding DDR3
      2. Dipasang saja
      3. Tentu lebih kencang yang R7 250 nya 🙂

  78. josh
    Reply

    min mau tanya saya procie pake amd apu a8-5600k
    vga nya r7 240 2gb ddr5
    kira2 bisa crossfire ga ya?kalo bsa gmana caranya?
    soalnya di amd ccc ga ada pilihan enable dual graphic.
    makasih min

  79. Mhas
    Reply

    Min. Sy pke a10-7850k bisa dual grafik pake r7 240 ddr3 kn y? Soalny sy baca koment atas smpe bawah hnya r7 250.. Soalny susah cari yg r7 250 yg ddr3

  80. rient ichwan
    Reply

    min mau tanya saya procie pake amd apu a8-7600 kaveri, vga r7 240 2gb ddr3, ram 2×4 1600mhz. dengan spec diatas bisa dual grafis gak ya?
    makasih min

  81. mengapa Amd Kaveri A10 7850k dan R7 250 DDR3 saya tidak bisa dual graphic di win 7 64bit? saya mengunakan drive amd versi terbaru saat ini, di amd catalys center saya tidak ada menu tab dual graphic nya. kira2 apa penyebabnya ini?

    • Admin
      Author Reply

      Sudah periksa di bagian menu gaming / performance? pilihan dual graphicnya ada disitu, untuk spek sih udah benar A10-7850K dengan R7 250 DDR3. Paling kalau mau coba driver sebelumnya saja yang bukan 15.8 beta, yakni 15.7.1

  82. rhein
    Reply

    halo Min, baru beli apu a6 nih.. luar biasa deh buat amd.. dengan budget lebih hemat dr kompetitor, udah bisa memanjakan user
    top notch buat amd apu… dengan budget irit, udah bisa menghandle hingga 16 juta polygon di Zbrush… 😀 😀 ini keren…
    spek yang saya gunakan Amd apu a6 + ram 8GB + radeon r7 240…

    cuma saya menemukan sedikit masalah ketika ingin upgrade, saya terkendala vga card external, dimana graphic di apu a8 sudah menggunakan spek yg sama dengan vga external saya… apakah jika ingin upgrade ke apu a8 harus ganti vga juga? dan bagaimana jika dicompare dengan fx6300 + r7 240, mana yang lebih bagus?

  83. Robby
    Reply

    Min saya baru beli a8 7600 + r7 250 1gb ddr 5 , apakah bisa dual graphics? Dan kalau memang bisa , dmn saya connect kabel monitornya? Ke vga apa ke motherboard? Terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Pakai yang ddr3 baru bisa dual graphic 🙂 tapi memakai gddr5 walau ga bisa dual graphic performanya jauh lebih baik kok 😀 konek kabel langsung ke VGA aja biar yang terpakai grafik diskritnya 🙂

  84. herry
    Reply

    Min,,ane baru beli r7 250x 1gb ddr5,,ane punya 2pc,,tapi di 1 pc(mobo asus) tidak muncul layar pake vga ntuh,,ane pindahin ke pc satu lagi (mobo biostar),,nah disitu mau,,setelah instal kok pas chek di dxdiag,,vga nya malah seri hd7700,,kenapa gitu min??mohon bantuan,,jika berkenan penjelasan juga yg mobo asus tidak kedetek tadi..makasih minn…

    • Admin
      Author Reply

      Pas udah pasang VGA nya coba install catalyst terbaru terlebih dulu, selesai install cek ke device manager dan update driver softwarenya sampai muncul Radeon R7 250X

  85. Faisal
    Reply

    Min saya baru ganti processor dari apu a6 6400k jadi amd apu a8 6600k sama vga add on icooler r7 250 1gb ddr5, apakah performa komputer saya bertambah?

    • Admin
      Author Reply

      Bisa sama HD 6570 atau HD 6670. Tapi mimin ga sarankan sih dual graphic dengan radeon tipe lama, lebih baik ga dual graphic dengan radeon lebih baru seperti r7 series, performanya lebih bagus

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk yang resmi dari AMD pada APU Kaveri hanya dukung dengan R7 240/250 GDDR3, tapi ada beberapa percobaan tidak resmi dari user lain yang menyatakan bahwa dengan VGA GDDR5 pun bisa asal pakai RAM 2133MHz. Tapi berhubung hal tersebut bukan resmi dari AMD, sekarang-sekarang ini kami tidak lagi merekomendasikan menggunakan VGA R7 dengan GDDR5.

  86. Idan
    Reply

    Saya rakit pc penggen Prosssesor Mobo Asus A68m-k Amd a6-6400k pake Vga R7 240 / Hd6570
    Ram 4gb apa 8gb
    bagus yg mna ?
    Atau care dual grafik pake yg mna ?

    • Admin
      Author Reply

      Pakai yang R7 240 saja karena walau ga bisa dual grafik lebih bagus fiturnya 🙂

      ram kalo bisa lebih besar ya lebih bagus usahakan dual channel min 1866MHz

    • Admin
      Author Reply

      Daripada Dual Graphic dengan R7 240/250 sebaiknya langsung beli R7 360/370 saja karena performanya jauh lebih tinggi dan bisa untuk main game DX 12 🙂

  87. Michel
    Reply

    Min, tolong tanya donk… Saya ingin beli PC dengan processor AMD Kaveri A10-7850K (3,9 Ghz) dikombinasi dengan VGA Asus R7 360 – 2GB DDR5 OC, apakah dual grafik nya bisa jalan? Terus performa nya bagusan mana kl dibandingkan dengan processor nya AMD VISHERA FX-8350 (4,0 Ghz) dikombinasikan dengan VGA HIS R9 270 – 2 GB DDR5? Mohon pencerahan nya ya, thanks.

  88. Aldp11
    Reply

    Sy mau tanya min, spek pc sy :
    AMD a6 6400k
    Gpu radeon HD 7700 series 2gb 128 bit
    Ram 2×4 pc 10600
    Kira2 harus upgrade apa nya ya, biar bisa ikutin game2 baru,
    Satu lgi kalau sy pke dual graphics dengan HD 6570 apakah performa ya bakal naik?

    • Admin
      Author Reply

      Halo, mimin sarankan untuk upgrade Processor yang kamu gunakan minimal ke AMD A10/Athlon X4. selain itu untuk performa grafis.
      Radeon HD 7700 Series memiliki performa lebih baik dibandingkan Dual Graphics dengan Radeon HD 6570.

  89. devilisnb
    Reply

    Min, saya punya laptop acer insipre e15 e5 551 tg1a dan memakai os win 10, terus kok nda ada dicatalyst center settingan dual grafik, trus yang primari vga AMD R6 bukan AMD R7, apakah yang dipakai VGA AMD R6 bukan R7 Saat gaming, terimakasih..

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Mimin sarankan kepada kamu untuk instal driver yang sudah disediakan oleh vendor Notebook di website resmi. Yang sudah di coba agar bisa berjalan Dual Graphics dengan baik 🙂

  90. Rezkiadi
    Reply

    Min mohon solusinya.
    Saya punya asus X550ZE-XX033D win 10.
    Tetapi saat saya mainkan game Age of Empires koq tidak bisa ya min???
    Pdhal VGA Radeon dual grafiknya sudah support.

    • Admin
      Author Reply

      Hai, fitur Dual Graphics hanya support dengan game DirectX 11 terbaru. untuk game lawas, Mimin sarankan untuk non aktifkan fitur AMD Dual Graphics 🙂

  91. Yohanes Wicaksono
    Reply

    Min mau nanya…
    Saya punya Laptop seri AMD FX 7500 Radeon R7 namun saat saya memainkan game DOTA kok Menjadi Lag dengan FPS 50 bagaimana agar dapat menyetting VGAnya … ?

    • Admin
      Author Reply

      Hai, seharusnya dengan FPS sebesar itu. setahu mimin sudah lancar. Kemungkinan karena faktor koneksi Internet. Apakah kamu memiliki koneksi internet yang bagus ??

  92. halo min.. ane punya amd a10 apu 7700k sama vga his radeon r7 250 2gb ddr 5.. pas di cek amd catalys centernya kok gak ada dual graphicnya ya? udah di cek semua tapi gak ada panel dual graphicnya min.. gimana ya ? ty

  93. Min saya pake AMD amd radeon hd 7450m laptop saya dell inspiron dual vga/graphich, kenapa setelah saya set ke high performance laptop saya jadi mati ?

  94. Bagas
    Reply

    Lenovo G40-45
    AMD A8 6410 APU with Radeon R5 Graphics 2.0GHz …itu VGA nya onboard ya min??
    knp g bisa dual grahics??

    • Admin
      Author Reply

      Hi Bagas, iya, itu onboard VGAnya. untuk Lenovo G40-45 ada 2 tipe, yang satu menggunakan kartu grafis discreet dan 1 lagi tidak. 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Didit, untuk Dual Graphic nya cuma bisa dengan Radeon R7 250, selain itu bisa tapi Integrated GPU nya akan mati saat di jalankan 😀

  95. Ferry
    Reply

    Min,mau nanya,processor pc saya AMD A8-7600 Radeon R7,10 Compute Cores 4c+6g (4 CPUs), 3.1ghz.Vganya AMD Radeon(TM) R7 Graphics.Saya buka catalyst control center gk ada yg namanya dual graphics.Gimana biar ada,ya?Apa harus download driver terbarunya?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dhimas, untuk prosesor AMD APU A6 7470k tidak bisa Dual Graphic, mimin sarankan untuk menggunakan R7 360 ataupun R7 370, meskipun tidak bisa dual graphic tetapi kinerja dan performanya akan lebih jos 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dhimas, kamu bisa menggunakan R7 360 ataupun R7 370, meskipun tidak bisa Dual Graphic, tetapi kinerja kerjanya akan lebih maksimal 😀

    • Admin
      Author Reply

      Jadi untuk laptop Acer E5-551G itu memang tidak ada Dual Graphic, tetapi dilengkapi dengan fitur Switchable graphic dimana kamu bisa setting untuk tipe GPU yang digunakan 😀

    • Admin
      Author Reply

      Kamu bisa set switchable graphics di opsi Radeon Additional Settings. Jadi kamu bisa set GPU yang digunakan saat membuka aplikasi berat seperti gaming, kalau menggunakan kartu grafis diskrit maka akan meningkatkan efisiensi dan kinerja kerja laptopnya sehingga performanya lebih jos 😀

  96. agus saputra
    Reply

    mau tanya klo AMD Godavari A10-7870K (Radeon R7 series) 3.9Ghz
    bisa di dual card sama asus HD7790-DC2OC-1GD5
    kira2 procie yg cocok itu bukan min?

  97. Asgard
    Reply

    Wah om mimin nya kalau ada rate saya kasih bintang 10 nih hahaa

    Mau nanyak nih min.saya barusan beli
    Amd A10 7890k
    Mobo – Asus A88X Crossblade Ranger
    Ram – Patriot 2×4 2133 CL 11

    Untuk hasil yang max bagus pake vga dual graphic ddr 3 atau yg single ddr 5
    Klw yg single saran pake yang seri mna yah, terima kasih sebelumnya min

    • Admin
      Author Reply

      Hai ini kembali kepada budget yang kamu punya. untuk Dual Graphics hanya support dengan kartu grafis Radeon R7 240/250. sedangkan untuk yang tanpa support Dual Graphics hadir dengan banyak pilihan seperti contoh Radeon RX 460 yang hadir dengan performa lebih baik (bahkan dengan Dual Graphics pun). namun, dengan nanti konsekuensi grafis terintregrasi akan disable dan harga lebih mahal.

      Pilihan ada ditangan kamu 🙂

  98. Taufiek
    Reply

    Salam. Saya pakai amd radeon r7 200series 2gb ddr3. Kalo pakai ram 4gb, vga terbaca 4gb. Tetapi kalo ram di up ke 8gb, vga hanya terbaca 1.7gb saja. Mohon penjelasaannya.
    Terimakasih.

  99. Anas
    Reply

    Min mau tanya,,utk A10-7890K dgn R7 250 DDR5 bisa dual Graphics ndak ya?
    Atau rekomendasi VGA yg bgus utk A10-7890K seri apa?

    • Admin
      Author Reply

      Halo Mimin merekomendasikan kamu untuk membeli Radeon RX 460 4GB GDDR5. mengingat dalam hal kinerja, jauh melebihi dari kinerja saat Processor
      AMD APU yang digunakan dalam mode Dual Graphics 🙂

  100. Adam
    Reply

    Bisakah amd apu a10 7870k di tambahkan vga his r9 280x 3gb ddr5? Kalau tidak bisa dual graphic apakah single graphic memakai r9 280x akan berjalan?

  101. speedwillz
    Reply

    min mau nanya nih warnet ane pke spec a8-7650 kaveri, ram corsair 2x4gb 1600mhz, mobo a58
    nah rencana mau upgrade pasang vga.. klo pake dualcrossfire r7240 2gb ddr3 kuat ga ya memori cuma 1600mhz, apa mending pake rx460 sekalian? tpi klo hemat mending dualcrossfire..
    kira2 kencengan yg mana min performanya?

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk dalam hal performa. RX 460 jauh lebih kencang dari kombinasi Dual Graphics antara AMD A8 7650 dengan R7 240/250.
      antara dual graphics atau RX 460 ini jatuh di tangan kamu. namun dengan harga antara R7 250 dengan RX 460 2GB tidak jauh
      berbeda. mimin lebih sarankan ambil RX 460 🙂

  102. rinz
    Reply

    min spec ane a8 7650k, 2x4gb ddr3 1600mhz, mobo a58, klo mau psg vga biar dualcrosfire bisanya r7 240 / 250 ? trus ddr3 / 5 ?

    • Admin
      Author Reply

      Halo handi, mungkin yang kamu maksud adalah Dual Graphics. untuk AMD A10 7890K sudah support dengan Dual Graphics dengan grafis Radeon R7 240/R7 250.
      untuk masalah PSU, sudah cukup memakai PSU 500 Watt. pastikan kamu pilih dari brand terpercaya. 🙂

  103. Hary
    Reply

    Min tolong bantu …
    Ini saya beli laptop AMD a8 versi 7k..
    Ram 4Gb..
    Vramnya kedetect 500mb skian dan shared memory 1,7gb.. gimana yaa cara konfigurasinya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Hary, untuk kapasitas VRAM yang di gunakan oleh grafis terintregrasi sendiri, akan otomatis mengikuti kapasitas RAM yang dipakai oleh PC kamu. untuk 4GB sendiri, kapasitas VRAM yang dipakai adalah 512 MB dan akan naik ke 768 MB saat upgrade RAM diatas 4GB. 🙂

  104. Aphen
    Reply

    Min. Mau nanya. Koq saya baru beli 40biji dengan spec a8 7650 dengan ram 8gb untuk warnet. .
    Koq client saya main dota 2 dengan setting low saja baru dpt fps 60an.
    Masalah dimana ya ?

    • Admin
      Author Reply

      Hai, apakah kamu sudah menggunakan Memory Ram Dual Channel ?? serta apakah konekso Internet yang ada sudah baik ?? dan memakai driver terbaru ?? Mimin sarankan untuk mencek terlebih dahulu 🙂

  105. Narwadan Joseph
    Reply

    Hallo min.. rencannya mau nambah VGA Power Color R7 240OC 2GB-DDR5-128bit.. nah posisi skrg pke AMD A8 7600 KAVERI – 10 Core FM2+ dan ram nya AVEXIR Core 8GB (2X4GB) PC12800/1600mhz. kira2 bisa dual VGA ndak itu? makasih min

  106. Joni
    Reply

    Hi..Min, saya pake procie a10-7890k, mobo Gigabyte G1 Sniper, Vga MSI RX 480 DDR 5 8gb, ram Corsair Vengeance 2 x 8 gb 1600 Mhz..
    Saya mau tanya min..: apakah ada pengaruh yg signifikan terhadap kinerja procie saat main game klo ram saya ganti jadi yang 2133?

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Pengaruh di game akan cukup signifikan saat upgrade ke Clock lebih tinggi (2133 Mhz). Mimin lebih sarankan dibandingkan upgrade Memory RAM ke 32GB 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai. AMD A10 7890K sudah terintregrasi dengan grafis AMD Radeon R7 Graphics. sudah cukup untuk bermain game yang beredar terutama game online. Namun, apabila kamu masih merasa kurang. AMD hadirkan opsi Dual Graphics yang akan pairingkan AMD A10 7890K dengan kartu grafis diskrit pilihan 🙂

  107. Tanya Om Saya pake
    Mobo MSI 970A G43 +
    VGA Sapphire Radeon HD 6850
    Pocessor AMD FX 6300
    RAM Corsair 4×2 Gb
    PSU 400 Watt
    Pertanyaan Saya :
    1. Bisakah Untuk dual dngn spesifikasi di atas?
    2. Jikalau bisa, apakah PSU & RAM perlu untuk Upgrade?
    3. Yg terakhir apakah dngn dual VGA saya bisa dapatkan hasil sama seperti postingan amd-id?
    Sekian, Terimakasih 🙂

    • Admin
      Author Reply

      1. Hai, PC dengan spesifikasi yang kamu gunakan tidak support dengan fitur AMD Dual Graphics 🙂 Hanya support dengan penggunaan
      Multi-GPU yakni AMD CrossFireX dengan memasangkan 2 buah HD 6850
      2. Wajib menggunakan minimal 650Watt.
      3. Sama, Namun. Mimin lebih mensarankan untuk upgrade kartu grafis terbaru seperti Radeon RX Series yang hadirkan performa/watt yang
      lebih baik, Support DirectX 12 terbaru dibandingkan memakai CrossFireX Dual HD 6850 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Tidak masalah kok. mengingat akan aktif juga. namun, untuk performa yang optimal mimin sarankan untuk kamu untuk coba tingkatkan ke RAM 2133 Mhz 🙂

  108. hannan
    Reply

    min dlu saya pake vga radeon 6790 1gb ddr5.. processor intel 2 core. skrng ganti core 2 duo vga r7 250 ddr5 2gb ko soal grafik game kalah sma yg dlu yaa.. ? klo mau pindah processor amd ke yg mana ? dr segi harga dan kualitas lebih bagus dr sblum nya.. thanks min

    • Admin
      Author Reply

      Hi Hannan. Untuk Radeon R7 250 tidak bisa di dibandingkan, karena untuk kelas menengah-kebawah. Sedangkan untuk kartu grafis AMD Radeon HD 6790 sudah masuk ke kelas menengah, sudah memiliki penerus yakni Radeon R7 360 dengan harga yang setara atau Radeon RX 460 untuk generasi terbaru. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Achmad, untuk Processor AMD A8 7600 sudah mendukung Dual Graphics dengan grafis Radeon R7 240, mimin rekomendasikan untuk memilih yang GDDR5 agar performa lebih baik 🙂

  109. bangzull
    Reply

    minta saran mim, amp apu a8 7670, ram ddr3 12gb pc 12800, vga R9 270x 2gb ddr5, pertanyaan saya kira kira bottleneck ga min ? butuh saran banget min, soalnya mau beli vga nya ? saya cuman takut bottleneck soalnya min ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rizkjey, perlu mimin beritahukan untuk Dual Graphics hanya mendukung kartu grafis Radeon R7 240 dan Radeon R7 250 saja, untuk Radeon R7 250X tidak mendukung fitur Dual Graphics 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Sendy, A10 7860K bisa di crossfire dengan R7 250 GDDR5, kalau ingin lebih powerful bisa gunakan single Radeon RX 460 saja.

  110. min saya pnya a10 7860k ram dual channel 2400mhz + vga R7 250 ddr5 2gb
    kok ga bsa dual graphic ya mobonya asrock fm2a88-hd+ rev3, psu pure 500w 80bronze
    sudah di
    1.clean instal driver
    2.graphic mobo on
    tidak muncul menu dual graphic

    • Hi Amri.

      Perlu kami informasikan di driver terbaru, fitur Dual Graphics telah berubah nama menjadi AMD CrossfireX dan berpindah posisi.

      Kamu bisa mengaksesnya pada menu tab gaming>> global setting >> dan aktifkan mode Crossfire.

      Terima kasih, salam.

  111. Sain
    Reply

    Min kalau AMD A4-5300 trinity + VGA HIS HD 6570 2GB DDR5 apakah kah bisa dual graphic ? mobo ASRock FM2A55-DGS, RAM DDR3 team elite 2x2GB. kabel VGA dari monitor dicolok ke Mobo apa VGA Card ?

      • BlackOvvOl
        Reply

        Min misal kalo a8 7650k ane crossfire sama r9/rx550 bisa ga ?, Apa cuma mentok di r9 aja crosfirenya ?, Ram ane 1600mhz

        Terimakasih _/\_

        • Hi BlackOvvoi

          Perlu kami informasikan untuk A8 7650K hanya mendukung Dual Graphics/CrossfireX dengan Kartu grafis R7 240/250 saja.

          Namun kamu tetap bisa menggunakan kartu grafis diskrit yang lebih kencang seperti Radeon RX 550 dengan tanpa mengaktifkan fitur Dual Graphics.

          Terimakasih, salam.

  112. bahong
    Reply

    nanya dong min aktifin dual graphics pakai adrenaline edition gimana ya?
    ane download driver official ga ada crimson/catalyst lagi

    ane pake a8 7650k+r7 240

    • Hi Bahong,

      Untuk mengaktifkan fitur Dual Graphics telah berpindah di tab Gaming > Global Gaming > setelah itu pada opsi “Crossfire” kamu aktifkan.

      Setelah itu kamu klik “Apply” dan restart. Kamu sudah bisa mengaktifkan Dual Graphics.

      Terimakasih, salam.

  113. Maul
    Reply

    Min misal kalo a8 7650k ane crossfire sama r9/rx550 bisa ga ?, Apa cuma mentok di r9 aja crosfirenya ?, Ram ane 1600mhz

    Terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Maul, apa maksud kamu dual graphics? igpu dan kartu grafis diskrit? Bila ya A8 7650k hanya bisa di dual graphics dengan R7 240 gddr3.

  114. Ayung
    Reply

    Min. Saya punya apu a10 5800k dan trlanjur beli r7 240k.. Gmn cara mngiptimalkan kinerjanya. Agar dedicated memory bisa di atas 3000mb

    • Admin
      Author Reply

      Hi, R7 240 memiliki vram tersendiri yang tidak bisa di tambah. Tidak seperti igpu yang shared memory, namun igpu juga vram yang bisa di shared maksimal adalah 2GB.

  115. Ben
    Reply

    Halo min saya udh lama punya AMD KAVERI A8 – 7650 BOX FM2+, RAM CORSAIR DDR3 4GB KIT VENGEANCE , jika saya crossfire dengan R7 250 2GB DDR5 SAPPHIRE bisa tidak ya? Atau lebih baik pake apa? Terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ben,

      Kami rekomendasikan untuk menggunakan Radeon R7 240/250 DDR3 untuk digunakan sebagai Dual Graphics dengan processor AMD A8 7650K APU.

      Terimakasih, Salam

Tinggalkan Balasan