fbpx

AMD Rilis 3 Seri AMD FX 8370, 8370E dan 8320E, Tawarkan Performa dan Efisiensi Tingkat Tinggi

AMD baru-baru ini merilis tiga seri terbaru jajaran prosesor AMD FX yaitu AMD FX-8370, FX-8370E dan FX-8320E. Sebagai bagian dari keluarga AMD FX, ketiga prosesor tersebut dirancang untuk desktop PC high endkhusus untuk pengguna yang menginginkan perangkat dengan performa paling tinggi.

Β amd-fx-9590-8370

Ada dua kasta tertinggi AMD FX, yaitu AMD FX-9000 Series dan AMD FX-8000 Series, salah satunya AMD FX-9590 yang merupakan prosessor pertama di dunia memiliki kecepatan 5GHz!Performa AMD FX ditandai dengan adanya jumlah inti sebanyak 8, artinya komponen mampu memproses banyak perintah dan services dengan kecepatan yang lebih baik secara bersamaan dibandingkan komponen dengan jumlah core yang lebih sedikit. Itu pula sebabnya, AMD FX menempati kasta tertinggi di keluarga prosesor AMD.

Rancangan arsitektur x86 β€œPiledriver” yang merupakan generasi kedua menawarkan peningkatan efisiensi daya namun dengan performa yang juga lebih baik dibandingkan arsitektur generasi pertama, Bulldozer.

Β prosessor-amd-fx

AMD FX8370, Prosessor Tertinggi di Keluarga AMD FX-8000 Series

Selalu menarik membicarakan keluarga AMD FX-8000, dimana kali ini memiliki generasi penerus yang memiliki performa tertinggi yakni AMD FX-8370 yang juga diplot untuk menduduki tampuk tertinggi yang dahulu dipegang oleh seri FX-8350.

AMD menyiapkan prosesor AMD FX-8370 dengan amunisi yang tentunya merupakan paling baik di kelas AMD FX-8000. Ditandai dengan jumlah core sebanyak 8 berkecepatan 4 GHz yang dapat dipush hingga 4,3 GHz secara otomatis saat perangkat digunakan untuk menjalankan game dan aplikasi berat. Selain itu L2 Cache dan Share Cache sama-sama 8MBmampu menghantarkan performa maksimum yang lebih baik.

Β amd-fx-8320e-8370e-energy-efficient

AMD FX-8370E dan AMD FX-8320E, Tawarkan Performa Apik Dengan Efisiensi Ciamik

Dua seri lainnya,AMD FX-8370E dan FX-8320E lebih condong ke efisiensi konsumsi energi, namun tanpa mengesampingkan performa. Varian ini digolongkan dengan tambahan huruf ‘E’ di bagian belakang serinya. Kedua prosesor tersebut sama-sama membawa 8 inti prosesor (octa-core) guna menjamin keperkasaan perangkat.

Optimalisasi yang dilakukan pada kedua seri ini menghasilkan kompensasi TDP-nya yang relatif rendah di angka 95W saja. Seri AMD FX-8370Ememiliki kecepatan sebesar 3,3 GHz, namun berkat Turbo Core dapat digenjot hingga kecepatan 4,3 GHz misalnya saat memainkan game kelas atas.

Sedangkan seri AMD FX 8320E, daya pacu awalnya berada di angka 3,2 GHz, namun seperti seri lainnya komponen ini dapat dipompa secara otomatis ke angka maksimum 4 GHz.

Menilik lebih lanjut, secara umum ketiga prosesor tersebut direkomendasikan untuk menggunakan chipset AMD 990FX dan memori RAM DDR3 1866. Socket AM3+ yang disediakan juga sepertinya mengajak para pengguna untuk menggunakan grafis AMD Radeon untuk menjalankan komputer dengan performa yang lebih maksimal pada segi grafis dan prosesnya.

Pengujian AMD FX-8370, FX-8370E dan FX-8320E

Pengujian pertama dilakukan dengan menggunakan Cinebench R15 yang mensimulasikan prosesor rendering 3D untuk mengetahui seberapa kekuatan setiap inti prosesor. Pengujian ini menguji dengan skenario yang sama dengan beban kerja nyata dimana hasilnya AMD FX-8370E dan FX-8320E unggul dari merk kompetitor.

amd-fx-maximum-core-for-performance

Di pengujian menggunakan aplikasi 7-Zip, baik AMD FX-8370E maupun FX-8320E mampu mengerjakan tugas dengan sempurna dan dengan total skor yang jauh meninggalkan para pesaingnya.

Β amd-fx-for-mantle-gaming

Kombinasi prosessor AMD FX dengan grafis AMD Radeon yang direkomendasikan terbukti memberikan performa yang jauh lebih baik. Sektor multimedia, yang mencakup pengalaman gaming dan juga penggunaan aplikasi berbasis grafis bekerja jauh lebih mulus dan baik. Apalagi pada sektor game, jika mendukung fitur Mantle yang ditopang oleh AMD Radeon R9, maka performa FPS (frame per second) juga dapat ditingkatkan lagi untuk menghasilkan kepuasan yang luar biasa. Seperti yang tampak pada hasil benchmark memainkan game Plant vs Zombie: Garden Warfare, dimana dengan mengaktifkan Mantle didapakan penambahan FPS sebanyak 18fps untuk seri AMD FX 8370E dan 14fps untuk seri AMD FX 8320E.

Β amd-fx-for-mantle-gaming

Pengujian berikutnya lebih menantang dimana komponen dituntut untuk menjalankan game berkelas berat antara lain Lichdom Battlemage dan Sniper Elite III. Hasilnya, prosessor AMD FX 8370E dan AMD FX 8320E mampu menghasilkan performa yang lebih baik dan mulus ketimbang komponen kompetitor. Padahal harganya sebanding lho!

Kesimpulan

Dengan hadirnya dua varian yang memiliki keunggulan berbeda, kini Anda dapat memilih prosesor yang sesuai dengan keperluan.

AMD FX-8370 memiliki performa paling tinggi di keluarga AMD FX-8000 Series, dengan mendapopsi arsitektur Piledriver komponen ini mampu menawarkan performa sekaligus efisiensi yang lebih baik dibanding arsitektur sebelumnya.

Sementara AMD FX-8370E dan 8320E tetap mengedepankan 8 inti (octa-core) prosesor namun mengedepankan sisi optimalisasi daya sehingga lebih hemat namun tanpa mengorbankan daya ledak saat menjalankan game-game berat.

AMD FX juga diperkaya dengan teknologi Cool’n’Quiet yang merupakan pengatur frekuensi CPU dan teknologi penghemat daya dinamis. Teknologi ini bekerja secara otomatis dengan cara menurunkan kecepatan prosesor dan daya listrik saat prosesor dalam kondisi idle. Tujuan dari teknologi ini adalah untuk mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan dan menghasilkan suhu yang lebih rendah, sehingga kerja kipas jauh lebih halus dan tenang.

Kabar baiknya, ketiga proses ini merupakan seri Unlocked, itu artinya Anda boleh melakukan overclock untuk memperoleh lonjakan performa perangkat tanpa batasan dan dapat dipakukan dengan mudah baik melalui BIOS atau aplikasi AMD OverDrive. Selain itu, ketiga prosessor tersebut masih menggunakan soket AM3+ sehingga sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin upgrade seri prosessor AMD FX lama Anda.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa bedanya, jadi mau pilih yang mana?

Latest articles

Related articles

100 Comments

    • Bisa kok yang penting berkualitas, tapi harus pertimbangkan juga daya yang dipakai kartu grafis yang kamu gunakan. Mungkin kalau mau aman gunakan saja yang 600-650W

    • gan tolong di baca kembali yg bener dan teliti, kan itu pros dah ada keterangan nya 95w – 220w
      jd pake psu yg 100w ajah idup itu pros cuman untuk yg lain nya ngga idup jd di kira2 ajah atau baca2 kembali spec yg agan punya watt nya brp total n klo pake psu2 an atau murahan mending di tambah watt nya misal :
      total watt 500w jd beli yg 750w atau 800w n aman 1000w (soalnya yg murahan ngga pure wattnya n cepet lemah jd nurun watt nya)
      klo yg mahalan bisa pake yg min 500w tp aman nya 650w -750w

    • kalau mau murah terjangkau ga usah beli karti grafis lagi beli APU A10-7850K aja ditambahin sama RAM dual channel. Kalau mau performa game powerful pakai FX tapi harus pakai vga lagi

  1. oya min…saya mau tanya neh…kira2 apa ya perbedaan yang ada antara proc amd yg ,odel vishera ama kavery untuk tingkat kecepatan yang sama…trims

    • Vishera itu murni CPU sedangkan Kaveri itu APU (CPU+GPU dalam 1 chip), sehingga ga perlu VGA juga udah bisa jalan PCnya untuk main game dan olah grafis lainnya kalau pakai APU πŸ™‚ kalo kelebihan FX/Vishera itu dia ada yang sampai 8 core murni, performa sangat kencang bahkan bisa 5 GHz dan gampang di OC

  2. min, nanya dong

    mobo ane 97a, vga r9 280x, psu thermaltech 730w, bagusan ane upgrade processeor nya ke apa ya?

    saat ini lagi pakai FX 4100…

    trims πŸ˜€

  3. Min untuk proc amd fx 8370e kuat gk buat main Grand Theft Auto V set Ultra ?
    Sama kalo proc ams fx 8370e msih bisa bertahan untuk berapa tahun kedepan ?

  4. Min ijin tanya, klo pke procie amd fx 9370 + vga asus r9 380 strix 2gd5, pke psu Corsair cs650m, ngangkat gk ? N Bottlenecking gk?

    • Kalau boleh tau budget berapa? Idealnya sih pakai R9 380 soalnya pasti dapat fitur terbaru dan bisa DX12 Gaming πŸ™‚ tapi kalau kemahalan bisa coba pakai R7 370 atau yang versi 200 series pakai R9 270 πŸ™‚

  5. min mw tanya , baik yg FX 8350/6300 4.0 ghz / APU , itu klo pake heatsink fan bawaan dr amd bisa over heat gak ya ?? soalnya klo gamapang panas dlm jangka 7 jam maen game , baik online maupun offline bklan mati kompi gk?? soalnya mw pasang tapi kira2 PSU brp watt klo yg pure di tmbah Air cooling merk corsair h110 hydro series/ swiftech h220 55.0 cfm liqiud cpu cooler, ram corsair dominator 2 slot 8gb , ssd 2 tb ad 2 slot dvd gk pake ,wifi +vga r7 265 /r9 270x casing corsair ??? kira2 cocok gk atau mlah tdk compatible.

    • spec itu mw gw pake maen game skyforge dan black desert dan phantasy star online 2 dlm wktu lama 8 jam setiap hari . ditakut kan pake fan bawaan akan merusak hardware , mohon saran nya min, soalnya klo diliat dr pameran rata2 pake cpu cooler merk corsair yg tipe air cooling liquid.

      • klo mw aq gnti pake liquid cooling bwaan casing corsair , eror gk ya min , utk cpu FX 8350/6300 4.0 ghz / APU dan APU A10 3850 k / yang baru A10-7870K radeon r7 12 compute core 3,9 ghz. pnegaruh gk sm psu , liquid cooling brp watt min biar gk eror di rakit , yg bawaan case carbid 200 / obsidian 760t / graphite 760 T, smua di kasih cpu cooling . saya gk tw brp watt pure nya , bs kira2 550 wat jln blm mobo sm ram dan hdd vga, mohon saran.

      • sya sda coba tapi gk ada calctr psu yg itungin cpu cooling dari liquid cooling corsair ny cmn fan doank dan tdk termasuk cpu nya maupun vga nya , perwatan liqiud itu gmn ya min bedakah dgn fan heat sink biasa bawaan dr cpu nya , tiap bulan hrs di apaain itu , blm pernah pake krn mw cb min , maaf yg td slh tulis mksd ny cpu APU 7870k radeon r7 12 compute core 3,9 ghz strara dgn intel gen ke brp?. thks sblum nya , trus mw tnya kira2 bklan september nanti kluar product bru kah dr AMD baik vga maupun cpu trs support win 10 pro 64 bit gk? soalny klo di liat intel sudah kluarin generasi kelimanya, klo amd yg setara dr generasi kelima nya ada gak??

      • maaf min kira2 vga yg cocok bs dual grfis utk procie apu A10 7850K dan A10 7870k 3.9 ghz kaveri , vga apa min yg dr amd kira2 serie apa yg bisa dipadukn dgn apu a 10 diatas supaya bisa dual grafis dan fps bgus 60 fps utk game online pas lagi war ato rame player nya.

  6. Selamat sore

    Saya adlh pengguna intel dari dlu… Cuma skrg stlh saya liat procie amd saya jdi liat pilihn yg lebih baik dri segi kualitas performa dan harga… Klo bole tau prosessor amd yg paling kuat dan tinggi kmampuan cpu ny( cpu only y mmas bkn ad embel2 gpu hanya cpu) itu yg tipe mana ya..or seri mana ya yg cpu ny kemampuanny paling tinggi( single or multi yg jlas kmampuan cpu ny pling Gg) ..trima ksih sblmny

  7. om mimin maaf neh mo nanya.. kalo buat maen PS3 baiknya pake proci AMD + card graphis yg mana? dirumah udah ada AMD A6 6400K, AMD Radeon HD 5570 (di device manager), sama PSU yg pure 500W rencana mau upgrade..

    kira2 butuh kisaran brp ya?
    makasi sebelumnya.

    • Kemampuan tinggi memang mengakibatkan konsumsi daya yang dibutuhkan juga semakin besar πŸ˜€ Tapi nanti bakal ada prosessor generasi Zen kok yang powerful dan efisien dalam penggunaan daya, untuk sekarang sih belum ada tanggal resmi peluncurannya jadi ditunggu aja ya infonya

  8. Min ane mau tanya , dtempat ane bnyak yg blg AMD kurang awet, riskan , mreka pada jagokan intel nah apa bener tuh AMD lebih mudah rusak daripada intel aplagi kalo perawatanya salah?

    • Hmm kalau menurut mimin setiap jenis produk, brand apapun ebenernya bakalan rusak kalau pemakaian ga benar, asalkan perawatan bagus ga akan kenapa-kenapa kok. Mimin secara personal sudah pakai PC AMD selama 7 tahun ga ada masalah, dan laptop kantor juga semua pakai AMD ga ada masalah, yang penting pemakaian benar, rajin dibersihkan sirkulasi udaranya, pakaikan cooling pad, produk pasti akan awet. Mungkin bisa coba cari review mengenai AMD di website seperti anandtech, guru3D supaya kamu bisa dapat pemahaman yang lebih baik dan lebih akurat πŸ™‚

    • Hi Muhammad, FX 8800p itu processor untuk notebook, jadi tidak bisa di bandingkan dengan seri 8370E untuk Desktop, karena performanya berbeda. πŸ˜€

  9. Min mau tanya harga vga radeon rx 480 8gb brapa yaa???
    Lalu prosesor2 fx apa yg udah pake wraith cooler dan brapa harganya???

    • Hi Muhammad, untuk RX 480 kisaran harganya 3,7 jutaan, tapi harga bisa berbeda-beda tergantung kebijakan toko masing-masing πŸ˜€
      Untuk prosesor yang sudah menggunakan Wraith Cooler itu kisaran harganya 2 jutaan πŸ˜€

  10. saya pake amd fx 7500 radeon 7, tp mainin pes 2016 agak patah-patah, itu knpa ya? apa settingan nya yg salah atau gmna? thanks

    • Hi Maradona, pastikan laptop kamu sudah set opsinya ke Maximize Performance yang bisa kamu lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. πŸ˜€
      Settingan-nya disesuaikan juga ya πŸ˜€

  11. gan admin… slm kenal.. sy slah satu penggguna amd indo. mau tanya ada ngk kiat2 unyk perawatn amd fx 8210 water cooler nya… mngingt udh 3 thanan sya pame nya. mohon bimbingan nya. trims

    • Hai civsen, untuk perawatan. sama seperti pendingin Liquid Cooling AIO lainya tidak perlu perawatan aneh-aneh. selama
      masih mampu menghandle FX 8120 mimin rasa tinggal lanjutkan pemakaianya saja.

    • Halo Jowy, AMD tidak memiliki toko resmi. Ketiga prodak Processor AMD FX diatas, kamu bisa dapatkan di toko komputer terdekat.
      atau kamu bisa dapatkan di online shop ternama πŸ™‚

  12. Min mau tanya, kalo vga r7 2gb ddr5 bisa di dual/crossfire ? Pc saya make amd fx 8320e, vga r7 2gb ddr5, ram dual corsair 4gb ddr3, motherboard gigabyte 78-lmt?

  13. min mau tanya, kalo vga his r7 2gb ddr5 bisa di dual/crossfire ga? pc saya pake amd fx8320e, vga his r7 2gb ddr5, ram corsair dual 4gb ddr3, mobo gigabyte 78 lmt. saya niatnya mau tambah vga yang sama

  14. Prosesor AMD utk laptop.. yg bagus buat rendring vidio/multi-tasking. Apa (Low Bugdet) yg gk terlalu mahal.. Please requesin amnd

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here