Prosessor-AMD-APU

Optimalkan AMD APU Anda!

Prosessor AMD APU (Accelerated Processing Unit) sudah lama menjadi primadona bagi pencinta produk AMD dengan harganya yang terjangkau namun berperforma tinggi.

Prosessor-AMD-APU

Berbeda dengan CPU biasa, tanpa grafis diskrit APU mampu bekerja secara mandiri dalam pengolahan komputasi numerik maupun pengolahan grafis untuk berbagai kebutuhan visual sekaligus, berkat arsitektur HSA (Heterogeneous System Architecture) yang memungkinkan CPU & GPU di dalamnya bekerjasama secara harmonis dalam pembagian tugas. Hal ini membuat APU unggul baik dari segi harga, efisiensi energi maupun performa dibandingkan dengan padanan CPU + Grafis diskrit yang lazim ditemui pada PC generasi sebelumnya. Tak heran jika APU kemudian menjadi alternatif prosessor yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia.

Namun jangan salah, performa teknologi AMD APU yang revolusioner ini ternyata masih bisa dimaksimalkan lagi dengan beberapa tips praktis berikut. Jadi bagi Anda yang tertarik menggunakan jenis prosessor AMD APU, ada baiknya menyimak terlebih dahulu supaya bisa menikmati kualitas terbaik yang mampu ditawarkan prosessor ini.

TIPS 1: Gunakanlah Konfigurasi RAM Dual Channel!

amd-ram-dual-channel

Dual Channel merupakan konfigurasi yang menggabungkan dua keping memori identik baik dari segi kapasitas maupun spesifikasi kecepatan. Pada motherboard yang mendukung Dual Channel, terlihat jalur khusus untuk memasang konfigurasi ini, umumnya ditandai dengan dua buah slot memory dengan warna yang sama.

Lalu apa keuntungan dengan menggunakan dua buah keping memori identik ini?

Secara teoritis, sistem dengan memory Dual Channel akan mendapatkan bandwidth dua kali lipat lebih besar dibandingkan single channel (satu keping), dan tentu saja akan sangat berpengaruh pada performa secara keseluruhan. Apalagi pada sistem berbasis APU, dimana GPU terintegrasi akan selalu mengakses memori sistem, dan semakin besar bandwidth yang dapat diberikan pada GPU terintegrasi, semakin tinggi pula performa GPU pada APU tersebut yang pada akhirnya kualitas grafis akan semakin meningkat.

Bagaimana cara memilih memori Dual Channel?

Anda bisa saja membeli dua buah keping memori secara terpisah, namun pastikan keduanya memiliki spesifikasi yang identik agar menghindari ketidak cocokan. Namun umumnya produsen memori sudah menjual kit khusus memory Dual Channel ini agar sistem bisa berjalan optimal.

Untuk PC berbasis APU seperti Kaveri (Ax-7xxx), gunakan memori dengan frekuensi tinggi (1866-2133MHz) agar kinerjanya menjadi semakin maksimal. Sedangkan untuk notebook, pastikan sebelum membeli memori Dual Channel, konsultasikan kepada Service Center notebook yang Anda gunakan, mengenai jenis dan spesifikasi memori yang didukung, hal ini juga mencegah hilangnya garansi karena beberapa vendor memberikan segel pada bagian slot memori ini.

TIPS 2: Selalu Gunakan Driver AMD Catalyst Versi Terbaru!

Dengan tips berikut ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk optimalisasi APU pada PC dan Notebook Anda, karena memang tidak diperlukan penggantian atau penambahan hardware apapun.

AMD-Driver-Omega-Catalyst

Hanya dengan menggunakan driver yang tepat, hardware berbasis APU dari AMD dapat meningkat performanya hingga 30% (tergantung konfigurasi hardware). Jadi jika Anda menginginkan peningkatan performa secara GRATIS, segeralah update driver Catalyst Anda ke versi terbaru dimana saat ini menggunakan Catalyst Omega.

performa-apu-dengan-catalyst-omega-driver
Terdapat dua cara untuk melakukan update driver Catalyst, yaitu dengan software updater yang dapat mendeteksi jenis driver paling cocok untuk hardware Anda secara otomatis, atau dengan melakukan pemilihan driver spesifik secara manual sesuai dengan tipe hardware dan OS yang digunakan. Kedua cara ini dapat dilakukan dengan mengakses tautan berikut: http://support.amd.com/en-us/download. 

Jenis driver terbagi menjadi dua, yaitu final (WHQL) dan Beta. Driver final sudah diujikan untuk bisa berjalan dengan lancar dengan jumlah bug yang minimal. Sedangkan driver Beta merupakan driver yang belum diuji secara penuh, sehingga kemungkinan terdapat bug masih cukup banyak dan mungkin terdapat masalah yang bisa saja terjadi belakangan.

Namun bukan berarti driver Beta ini buruk, karena sebenarnya driver jenis ini membawa update lebih cepat dibandingkan driver final yang harus melewati tahapan pengujian terlebih dahulu. Kesimpulannya: Driver final lebih disarankan bagi pengguna yang menginginkan kestabilan terbaik bagi sistem-nya, sedangkan driver Beta dapat dicoba oleh pengguna yang sudah tidak sabar ingin menggunakan fitur terkini dari driver terbaru.

Setelah Anda mengunduh driver Catalyst terbaru, lakukan instalasi driver sesuai petunjuk (express/custom) dan lakukan restart ulang PC atau notebook. Proses uninstall driver lama tidak wajib dilakukan, karena driver terbaru saat ini sudah mampu mendeteksi dan menimpa (replace) driver lama yang sudah tidak digunakan secara otomatis.

Untuk melihat apakah driver sudah terinstall dengan benar, Anda dapat melihatnya melalui menu pada Catalyst, atau dengan software 3rd party seperti GPU-Z yang akan menampilkan informasi hardware dan driver yang Anda gunakan. Jika nama driver yang tertera sudah sesuai dengan driver yang Anda unduh sebelumnya, berarti Anda sudah berhasil melakukan update driver Catalyst, dan Voila! Peningkatan performa sudah bisa dinikmati untuk berbagai aplikasi dan game yang Anda mainkan.

Nah, setelah melakukan tips singkat di atas, kini Anda pun sudah siap merasakan sendiri performa tak terbantahkan dari prosessor AMD APU. Nantikan juga tips-tips berguna lainnya untuk dapatkan pengalaman terbaik bersama beragam teknologi dari AMD.

123 comments

  1. Manika
    Reply

    oke lah ini tread ..
    tapi ada beberapa pertanyaa saya,
    saya pengguna notebook ASUS X550D
    memori single cahanel, 4 GB RAM aku klo mau tambah ke dual chanel, tambah yang 4GB lagi apakah itu sudah bisa di sebut dual chanel ? atau mungkin ada config khususnya ?
    satu lagi, spesifikasi ni notebook AMD10 ++ Radeon HD8670, klo mimin bilang update catalys terbaru, saya sudah melakukannya, dan tau apa yang terjadi ? device Radeon saya yang terbaca adalah HD8600M ?? apa yang gerangan terjadi, dan ketika saya down grade kembali catalys nya, dia kembali lagi terbaca HD8670M -.-a
    cerahkanlah semua pertanyaanku ini .. suhuuu …
    terima kasih ..

    • Admin
      Author Reply

      dual channel memang betul 2x4gb tapi harus sejenis ramnya mulai dari brand hingga speed 😀

      untuk driver terbaru memang suka salah baca, tapi tidak akan berpengaruh ke performa kok, karena driver generic bukan yang dibuat khusus oleh vendor 🙂

      • Hiskia
        Reply

        Min, mau tanya. Saya pengguna PC Apu Amd A 10 7890K Ram 16 GB ddr3, sering saya alami monitor (LED TV via HDMI) saya gelap sendiri dan ganti resolusi secara otomatis. Misalnya resolusi awal 1920x1080p 60 hz, kemundian gelap tiba2 dan layar hitam, lalu hidup kemudian resolusi ganti menjadi 1920x1080i 30 hz, dan setelah itu mati lagi, dan tunggu beberapa saat. Menjadi ke resolusi normal lagi .. ?? Mimin, bisa bantu masalah saya..?

    • Admin
      Author Reply

      untuk mematikannya bisa ke menu gaming/performance di amd catalyst bagian gaming/performance di disable aja dan klik apply 🙂

  2. adi
    Reply

    Min mau tanya, pc saya pake apu a8 7600, mobo gigabyte a68, ram pake apacer 4gb ddr3 1333mhz 1 chanel, tp buat maen dota 2 ngelag.. apa harus beli ram lagi yg sama biar dual chanel.. apa harus di upgrade ke ram yg 2133mhz trus dual chanel ?

  3. windu
    Reply

    admin, mohon pencerahan laptop ane:
    processor amd quadcore A10 5745m – 2.1Ghz turbo 2.9 Ghz
    vga radeon R7 M260-2gb
    ram 4gb ddr3

    masalahnya vga yg terbaca di catalyst center adalah radeon HD8610G-1Gb walaupun di device manager vga R7 ada & sudah terinstall

    akibatnya aplikasi berat jadi tidak maksimal misal game need for speed rivals butuh vga 2Gb ke atas

    driver amd sudah yang terbaru catalyst 15.3 beta

    mohon solusi agar vga R7 terbaca dan menjadi grafis utama

    trims

  4. Horyuken
    Reply

    Min ane pakai N551ZU (laptop AMD)
    Misal ane ganti SoDIMM nya ke speed 2133 nanti ngefek ke procie, R7 GPU atau R9 GPU?
    Mohon pencerahan

    • Admin
      Author Reply

      Lebih ngefek ke procie nya sih karena APU akan lebih maksimal jika menggunakan RAM berkekuatan tinggi, dan nanti multitasking dan kegiatan desain juga jadi lebih ringan

  5. ivan
    Reply

    AMD FM2 AMD Kaveri A8-7600 FM2+ (Radeon R7 series) (3.1Ghz Cache 2x2MB 65W) AMD FM2 1 1.310.000,-
    Mb. AMD FM2 Biostar A58ML (FM2+) AMD Socket FM2 1 610.000,-
    Memory DDR3 Team 4Gbx2 PC 1600 TPD38GM1600HC11DC01 CL 11-11-11-28 DDR3 1 640.000,-
    VGA Ati Radeon Digital Alliance R7 260X OC 2GB 128BIT DDR5 Ati Radeon PCI Exp. 1 1.522.000,-
    Casing Mid.Tower Dazumba D-Vito 685 450W 1 510.000,-
    Power Supply Dazumba DZ 500W Box Modular 1 535.000,-
    Optical Drive Asus DVDRW Sata 24x Oem Internal 1 161.000,-
    LCD Samsung 21.5 Inch S22C170B LED Full HD Size 21 inch 1 1.485.000,-
    Keyboard Mouse Rapoo N1820 Keyboard Combo and Wired Optical Mouse Keyboard Mouse 1 130.000,-
    Code: TOTAL=> Rp. 6.903.000,- apakah sudah cukup utk game? Dan apakah bisa apu dual grafik khas amd? Karna saya tanya di facebook kalo r7 250 ga bisa apu dual sama amd a8 7600

  6. Faizin Akbar
    Reply

    Min, laptop amd e1-1200 apu dgn graphic radeon 7310 hd ram 2gb, jika saya tambah ramnya menjadi 4gb (2×4) apakah akan menambah performanya? Misalkan untuk memainkan game dmc 5 atau ass brotherhood

    • Admin
      Author Reply

      akan lumayan bertambah performa terutama untuk multitasking, tapi kalau untuk game mimin ga bisa jamin sih karena belum tes juga game yang kamu sebutkan di atas 🙂 paling coba aja mulai set low dan pastikan kamu aktifkan maximize perfomance/ high performance

  7. Patrick
    Reply

    Numpang tanya min, saya baru beli a8 7670k, yang saya ingin tanyakan fsb default dari proc ini berapa yah?? apakah 1600, 1866, atau 2133??
    oh ta misal klo default 1600, di jalankan di 1866 apakah ini asynchronus??

    tganks min 🙂

  8. aldymakatita
    Reply

    admim mau nanya kalo cara mengoptimalkan graphics untuk maen game yang berat gimana ???

    soalnya mau beli laptop ini cuma kurang percaya akunya admin mohon dijelaskan

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aldi, untuk memaksimalkan performa laptopnya bisa dengan cara klik kanan pada Desktop, Radeon Settings, Preference, Radeon Additional Settings, Power dan di set Maximize Performace. 😀

  9. Alim
    Reply

    Min mohon pencerahannya
    Ane pengguna asus x540ae dengan AMD E1-2100 APU Radeon (TM) HD 8210 1.00GHz, Ram 2Gb
    Buat main Game pes 2015 kok CPU nya Unable ya?
    Apakah ada cara lain untuk main pes biar enjoy?

  10. Andara
    Reply

    Min klo saya nginstal resident evil 6 kok yang terbaca vga nya r6 doang ya.padahl saya pake dual graphic r7 trus saya aktifkan dual graphic nya masih nge lag ram note book saya 4 gb.tolong beritahu caranya supaya maen game gk nge lag.saya pake asus x550ze amd a10 7800

  11. Arvi
    Reply

    Min mau bertanya tentang VGA Radeon HD 7400m di laptop saya kenapa ya ga bisa install Catalyst Driver (problem nya pc can’t run app ) padahal udah install Radeon Software,gaming evolved,( fine2 ajja ) dan saya ga ngerti Update VGA nya,.. Maklum Min baru kenalan nii sama VGA radeon.. Terimakasih mohon penjelasan nya..

  12. febryan
    Reply

    min mau tanya, laptop HP 14-AF118AU kan pake amd A8 7410 APU radeon R5, trus ini nyoba buat main PES 2013 kok ngelag ? setting si CCC sudah high performance, padahal sebelumnya ane baca review untuk amd A8 7410 APU radeon R5 buat game PES 2015 hasilnya lancar, harusnya kalo buat game pes 2013 kan lancar juga,tpi ini masih ngelag waktu main.
    kalau mau nambah Ram jdi 8 Giga apakah akan menambah Vram yg hanya 512? kira kira ada efeknya ga?
    knapa Vram kebacannya cma 512? pdhal di spek radeon r5 memorinya 2gb
    mohon penjelasan terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Mimin sarankan kamu untuk mencoba update driver dengan menggunakan Driver terbaru AMD Radeon Software Crimson. dengan driver sebelumnya kamu uninstal terlebih dahulu. kamu bisa mencoba aktifkan kembali mode “High-Performance” namun, dengan cara berbeda. kamu bisa melihat tata caranya di video yang sudah dibuat oleh komunitas disini :


  13. Min, notebook saya kan samsung amd apu e2 2000. Di situ sdh terpasang ram ddr3 4 gb merk samsung speed 12800. Kira² kalo saya upgrade 4 gb lagi dg merk & speed yg sama. Apakah performa grafisnya bakal meningkat??

    • Admin
      Author Reply

      Hi Al, untuk VRAM itu di shared secara otomatis dengan RAM utamanya, kisarannya bisa antara 512 mb- 2gb yang di shared. Dan juga untuk laptop dengan processor seri E2, itu dirancang lebih menuju pada hemat daya, dan lebih untuk kebutuhan sehari-hari, multimedia, dan gaming ringan 😀

  14. Harmen
    Reply

    saya menginstal GTA5 di msi A78M-E35 proc. amd A8 7600 ram 2 x 2GB gskill, tidak jalan dengan alasan memori VGAnya hanya 512 MB, dia minta memeori VGA 1 GB, dibios tidak ada setingan berapa besarnya memori VGA….

    mohon pencerahannya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Harmen, Jadi untuk GTA V di laptop yang terbaca hanya VRAM dari Integrated GPUnya, namun jika sudah di maksimalkan performance nya, secara otomatis yang di jalankan adalah VGA Diskrit dengan VRAM 2 GB tersebut, bisa kamu cek melalui GPU-Z bagian Sensor. Untuk memaksimalkan performance bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀

  15. satria
    Reply

    saya mau tanya ini..admin..saya warnet saya pakai asus a8 6600k..baru 5 bulan..ad satu pc yg..layarnya gak baca..tapilannya cuman starting windows aj..gak mau baca lagii..itu apanya ya yg salah???tolong solusinya??

    • Admin
      Author Reply

      Hi Hendi, Untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀

        • Admin
          Author Reply

          Hi Hendi, untuk driver yang terbaru itu Driver Crimson versi 16.5.2.1 😀 Crimson itu driver terbaru pengganti Catalyst yang lebih hemat daya, lebih cepat, dan tampilan interface yang lebih simple. 😀

  16. Anwar Kurniawan
    Reply

    abis saya update malah tidak ada driver catalystnya dan dxdiag malah terbaca intel HD.. tetapi di GPU-Z ada 2 pilihan Intel HD dan Ati Radeo tetapi sama seperti Dxdiag yang terbaca awalnya INTEL HD

  17. Hiskia
    Reply

    Min mau tanya saya mau upgrade ram, PC saya sudah ada Ram DDR3 1600 (2x4gb). Saya mau upgrade Ram. Tapi saya bingung, lebih baik tamah ram 8 GB lagi (ddr3 1600) biar jadi total 16 GB (4x4gb ddr3 1600) atau beli memory lagi yg 2133 mhz tapi cuma 8 GB (2x4gb 2133).
    Atau bisa ngak min Ram ddr3 8 gb 2133 di gabungin 8gb ddr3 1600..? Kan jadi total 16 GB walau memory speednya beda.
    Maklum min budget kurang..

  18. Aldo
    Reply

    Halo admin
    Saya memakai Vga Amd Radeon hd 7730 2Gb Gddr5
    Core : 800 Mhz .Memory :1125 Mhz
    Tapi Pas Lagi Main Game
    Core :400 Mhz .Memory :1125 Mhz

    Core clock Nya gk sesuai
    Ada solusi Min?
    Driver :Amd crimson hotfix 16.72 (Kalo Ga salh(
    Ram : 8Gb
    Psu pure :500 w
    Processor :Amd athlon x2 260

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aldo, pastikan kamu gunakan PC di ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik dan bersihkan area kipas untuk PC untuk memperlancar aliran udara 😀

  19. FyA
    Reply

    Min saya pake laptop Asus X550ZE menggunakan Processor Amd FX laptop saya masih menggunakan 4 gb ram bawaan laptop… setelah saya tanya ke cust service untuk menambah ram Ddr3l 1600mhz sd ram… apakah itu cukup untuk menambah fungsi dual graphics dari Amd itu sendjri??? Terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi FyA, jadi untuk upgrade RAM itu tetap akan menambah kinerja kerja dan efisiensi laptop, tetapi tidak berpengaruh pada VRAM karena sudah dilengkapi dengan kartu grafis diskrit 😀

  20. Edy
    Reply

    Min, saya gunain lenovo g40-45 amd a8 redeon r5, baru saya install windows 7 tp vga cm ke detect r4 n uda saya cb download driver dr lenovonya sesuai driver laptopnya tetap az vga nya ke detect r4, jadinya performance di maximize tetap az gk bsa connect ke vga r5 nya, Saya cb pke amd crimson jg gk bsa aktip vga r5 nya, ap solusinya y min..?

  21. Hega Delta
    Reply

    min mau tanya, laptop ane asus k45d amd a8 4500M mau upgrade ram jd 8gb dual channel kalau dikasih frekuensi 1866 oke nggak?

  22. Hega Delta
    Reply

    min, ane pake laptop asus k45d amd a8 4500m mau upgrade ram 8gb dual chanel kalau dikasih yg 1866 oke nggak?

  23. billie
    Reply

    Permisi mau nanya nih ini kan laptop saya dah ada dikasi 4gb dr sananya terus saya tambah 4 gb lagi mereknya beda, bakalan pengaruh gak ya, sama itu udah dual channeling atau belum

    • Admin
      Author Reply

      Hai untuk Clock 3,8 Ghz adalah Clock yang berasal dari Turbo Core. Clock tambahan ini, di dapatkan hanya saat Processor sedang dalam keadaan memakai aplikasi yang CPU Bound seperti Browsing, Email atau Office yang tanpa memakai akselerasi grafis apapun. serta suhu yang hadir juga terjaga.

      Turbo Core sendiri, tidak ada hubungan dengan Dual Graphics 🙂

  24. Amol
    Reply

    Mau tanya nih, saya punya laptop acer e5 553G versi FX abis update driver kok ke detectnya bukan R8 M445DX lagi tapi jadi R7 M440. Itu menggangu performa apa enggak ya kira-kira?

    1 lagi, kenapa di driver AMD versi terbaru fitur dual grafiknya gak ada ya?

  25. odin
    Reply

    min blh nanya sayakan pake amd apu a8 7600 mobo ecs a68f2p-m4 FM2, ram 4g singel tpi sementara pakai pc sering restart sendiri… heatsinknya sudah saya ganti krn takut klo terlalu panas… kira2 penyebabnya sering restar sendiri apa ya??

  26. Romzi
    Reply

    permisi min
    mau tanya kalau slot amd e1 pada laptop asus x452e bisa diganti dengan processor amd A Series gak ya?

    terimakasih

  27. Admin. Permisi saya mau tanya. Saat saya menginstal game GTA di laptop saya yg berjenis Asus X550Z 4 Giga AMD, tertulis “Gtasanandreas.Exe was denied”. Itu kenapa ya Admin. Mohpn dijawab

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk Notebook Lenovo G40-45 tidak support dengan fitur Dual Channel. namun, terdapat 2 buah slot yang tersedia
      untuk upgrade RAM. support ekpansi hingga 8GB. 🙂

  28. Saya mempunyai laptop asus X550z dengan prosesor amd r7 dan vga amd fx 4x quad qore, awal saya beli laptop saya lihat vgaram 6 gb lebih sedikit saat saya update software malah berkurang 2 gb bagaimana untuk menyelesaikan masalah tersebut mungkinkah prosesornya tidak terbaca atau gimana dan berikan saya solusi min

  29. Bintar Alfurqan
    Reply

    min saya punya laptop amd a8 + r5 grapic. nah awalnya kan ram 4gb saya tambah slot 2 dgn ram 8 gb. apkah slot 1 yg ke share ram untuk gpu, karena saya liat di amd catalyst vramnya jd 2gb. mohon pencerahannya min

  30. miftah
    Reply

    min saya mau tanya, laptop saya proc nya amd A8640 dgn vga r5, saat ini ram saya 4gb dgn vram 512mb, jika saya tambah satu slot ram 4gb lagi apakah akan menambah vram secara otomatis?

    • Admin
      Author Reply

      Hai Miftah. Menurut yang mimin ketahui. untuk Grafis Terintregrasi Radeon R5 yang ada di Processor AMD A8 6410, hanya support dengan Shared VRAM 512 MB saja. jadi, tidak akan bertambah.

      Walaupun begitu, Mimin tetap merekomendasikan untuk upgrade. mengingat dengan kamu mengupgrade Memory RAM kamu, akan berdampak dengan performa yang lebih baik. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai Fahrul, untuk Notebook tersebut sayang nya tidak bisa ditambah lagi VRAM nya. mengingat, Radeon R5 yang dipakai, hanya
      memiliki max shared VRAM sebesar 512 MB.

      Namun, mimin tetap menganjurkan upgrade RAM demi maximalkan kinerja 🙂

  31. Suja
    Reply

    Berarti kalo pakai amd a8 6410, r5 grafis, walapun tambah ram bakal tetep lagging Dong kalo main pes 16, karena vram nya cuma 512 min? Saya main pes 16 msh lagging
    Saya baru rencana upgrade ram berharap vram akan bertambah, tp ternyata ngga bisa -_-

  32. halo admin,
    laptop saya toshiba c55d dengan amd A8 6410 apu, R5 grapich, ram 4gb
    apakah vram bisa ditambah? dan bisa dual channel?
    karena kalo main PES 2016 lagging, driver amd crimson, sudah di set di max performance
    apakah ada cara agar main PES dan game lainnya lancar?

    • Admin
      Author Reply

      Hai,untuk Notebook yang kamu mainkan tidak support dengan Dual Channel Memory. namun, mendukung upgrade memory hingga 8 GB DDR3. untuk game yang kamu mainkan, mimin sarankan coba untuk ubah ke mode settingan grafis rendah dan ubah resolusi.

  33. Faustine
    Reply

    min saya mau upgrade laptop saya asus X550ZE, 4GB RAM 12800MHZ. apakah laptop saya RAM nya bisa saya ganti dengan 8GB RAM? karena saya kapan lalu check di suatu website dan direkomendasikan RAM 8GB selain RAM 4GB yang merupakan default RAM bawaan parbrik
    THANKS!

    • Admin
      Author Reply

      Hai Daniel. untuk AMD A6 5400K hanya mendukung opsi Dual Graphics dengan Radeon HD 6450 saja. Mimin sarankan dibandingkan Dual Graphics, sebaiknya kamu upgrade ke kartu grafis terbaru seperti Radeon R7 240 dengan kinerja lebih baik 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Untuk Notebook yang kamu gunakan tidak mendukung fitur AMD Dual Graphics 🙂 namun, kamu bisa mengatur apakah ingin menggunakan grafis terintregrasi (Radeon R5 Graphics) atau grafis diskrit (Radeon R5 M430) di aplikasi/games favorite kamu. dengan atur mode “Switchable Graphics” di Radeon Setting. caranya kamu bisa lihat video yang sudah dijelaskan komunitas disini :


  34. Rofiko
    Reply

    Min klo amd fx 7500 vga R7256dx 512mb dgn ram 1x4gb @1600 trus di tmbah ram 4gb lgi biar jdi 8gb 2 channel (2×4gb) apa vram nya akan bertambah?

  35. Alfin Fariz
    Reply

    Min.. laptop saya dell inspiron 15, ram 8 gb ddr3, approx mmry 4gb, graphic radeon R6 tapi kok memory sizenya cmn 512Mb dan cara ngangkat lagi gimana yah ???

    • Admin
      Author Reply

      Hi Alfin, AMD Radeon R6 adalah nama grafis terintregrasi yang ada di Processor AMD APU. jumlah VRAM yang tersedia, akan menyesuaikan dengan kapasitas Memory RAM yang kamu gunakan sekarang 🙂

  36. AyReblis
    Reply

    Min sy mau tanya kan laptop sy asus x550ze – xx650d prosesor amd fx7600p ram 4gb DDR3L 1600 mhz nah klo mau upgarde ram ke dual channel katanya ram yg di gunakan harus kapasitasnya sama 4gb & kecepatanyaharus sama 1600 mhz tapi klo beda merek bisa tdk ???

  37. Big305
    Reply

    Min…laptop saya Lenovo G41-35 (A6 73310) with AMD Radeon R4 Grapichs…bisa gak di upgrade procienya ke AMD A10 ?? kalau bisa beli procie di mana ?? Thanks.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Big, perlu mimin beritahukan hanya Ram dan Hardisk yang bisa di Upgrade, untuk Processor Notebook yang digunakan sendiri telah tertanam di papan sirkuit dan tidak bisa di Upgrade dengan mudah 🙂

  38. ramadhan dwiki
    Reply

    Selamat siang min, laptop saya HP 15-ba004ax ram 8GB, VGA R5 512 sama R8 M445DX, AMD A10-9600P, dengan spesifikasi seperti itu kenapa saya main dota 2 dengan setting minimum hanya mendapatkan FPS 25-30 aja ya? apa tidak bisa dioptimalkan lagi? driver sudah crimson 16.6, windows 10 64bit, mohon pencerahannya min apakah tidak bisa dimaksimalkan lagi?

  39. bendd
    Reply

    Min apakah A6 – 5200 dgn radeon 8400 mendukung dual graphic? Apakah jika saya tambah ram 8gb lagi (sekarang 8gb, vga 512mb) vga akan otomatis menjadi 1gb? thanks

    • Admin
      Author Reply

      Hi Bend, perlu mimin beritahukan untuk APU yang kamu gunakan tidak mendukung fitur Dual Graphics, sedangkan untuk VRAM benar akan bertambah saat kamu Upgrade Ram yang kamu gunakan 🙂

  40. hallo min, mau tanya

    laptop saya lenovo ip310
    amd a12 radeon r7
    radeon r8 435dx
    ram 8gb

    sya main pes 2017 masih lag, padahal visual c++ udh full, direcx udh ada, dot net lengkap tapi masih aja lag

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ghofur, apa sudah menginstall driver bawaan laptop untuk graphics? dan apakah sudah set laptop ke maximize performance? Set laptop ke maximize performance bisa dengan klik kanan desktop – Radeon setting – preference – Radeon Additional Setting – Power – set ke maximize performance.

Leave a Reply