Meriah & Penuh Kejutan, Peluncuran Radeon Seri 300 di Indonesia Hadirkan Revolusi Dunia PC Gaming

Akhirnya setelah lama ditunggu kehadirannya kartu grafis Radeon seri 300 terbaru dari AMD resmi diluncurkan di Indonesia. Produk yang diumumkan pertama kali pada event Electronic Entertainment Expo 2015 16 Juni lalu di Los Angeles ini, mendapat sambutan cukup meriah dari berbagai kalangan saat dipamerkan oleh AMD secara langsung di peresmian yang bertempat di Senayan, Jakarta pada 29 Juni 2015.

Betapa tidak? Dengan teknologi terbaru yang diusung kartu grafis ini mulai dari memori yang menggunakan arsitektur High Bandwidth Memory, dukungan terhadap API DirectX 12 terbaru hingga Liquid VR yang mampu menunjang kualitas Virtual Reality terbaik, kartu grafis ini menawarkan kemampuan grafis yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Wajar jika grafis Radeon seri 300 ini diluncurkan dengan slogan “Membawa Anda ke Era Baru PC Gaming” dengan berbagai teknologi revolusionernya.

Launching AMD Radeon 300 Series

Acara dibuka dengan sambutan singkat dari Ryan Sim selaku General Manager AMD di kawasan ASEAN. Dalam sambutan singkatnya beliau mengucapkan terima kasih kepada awak media, anggota AMD Red Team, Blogger dan Distributor yang sudah menyempatkan untuk hadir di acara ini. Tak lupa beliau juga menyampaikan secara singkat mengenai profil perusahaan AMD yang telah lama berkiprah dalam pembuatan produk yang berkaitan dengan PC Gaming mulai dari prosessor, kartu grafis, dan teknologi pendukung lainnya, yang mampu mewujudkan pengalaman gaming terbaik dari tahun ke tahun.

Launching AMD Radeon 300 Series

Sambutan singkat Ryan Sim kemudian dilanjutkan dengan pembicara utama Richard Huddy yang wajahnya sudah sangat dikenal di berbagai media dalam maupun luar negeri. Richard Huddy merupakan Chief Gaming Scientist AMD yang merupakan spesialis ahli di bidang teknologi Grafik 3D untuk PC dan konsol dimana pada acara kali ini dipercaya sebagai narasumber yang mampu menjelaskan secara lengkap spesifikasi, fitur dan teknologi terbaru yang ditawarkan Radeon seri 300 dari AMD.

Launching AMD Radeon 300 Series

Presentasi dari Richard Huddy sendiri diawali dengan ulasan mengenai perubahan dunia gaming yang semakin lama semakin kompleks. Gamers masa kini tidak lagi hanya mengandalkan serunya permainan tapi juga menuntut grafis pada resolusi yang lebih detail dan pada tingkat frame-rate yang lebih tinggi. Namun seperti yang kita tahu, tidak sembarang kartu grafis bisa menjalankan game berkualitas dengan lancar. Oleh karena itulah Radeon seri 300 hadir untuk memenuhi ekspektasi gamers masa kini dengan menawarkan kemampuan gaming hingga resolusi 4K bahkan 5K, memberikan pengalaman Virtual Reality senyata dunia aslinya tanpa latensi dengan Liquid VR, dan tak lupa memberikan dukungan API DirectX 12 terbaru yang mampu mengoptimalkan kemampuan GPU & Prosessor dalam melibas game berat terkini dan masa mendatang dengan mulus tanpa hambatan.

Launching AMD Radeon 300 Series

Sesuai dengan presentasi yang dibawakan oleh Richard Huddy, AMD Radeon seri 300 sendiri terbagi dalam beberapa segmen yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing gamers yang sering ditemui saat ini. Untuk segmen gamers yang menyukai performa online gaming yang responsif bisa memilih R7 300 Series seperti R7 360 dan R7 370 dimana keduanya sudah mendukung DirectX12 untuk hasilkan performa kencang di resolusi tinggi. Pengunjung bahkan bisa mencoba langsung Demo salah satu unit PC Gaming yang menggunakan Radeon R7 370 untuk melibas online game DOTA 2 pada resolusi 4K yang tampil memukau saat acara peluncuran Radeon seri 300 kemarin.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Demo Grafis Radeon R7 370 Memainkan DOTA 2 Pada Resolusi 4K

Pengunjung juga bisa melihat langsung performa teknologi AMD Freesync pada Demo unit yang menggunakan Radeon R7 360.  Nah, bagi Anda yang menginginkan performa gaming bebas screen tearing, stuttering & lag Anda bisa mempertimbangkan R7 360 sebagai alternatif dengan harga terjangkau.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Demo AMD Freesync Pada AMD Radeon R7 360 yang Mampu Hilangkan Screen Tearing saat Gaming

Tak hanya versi Radeon R7 300 Series yang kebanyakan fiturnya dirancang khusus untuk mereka yang menyukai e-sports atau online game, pada acara ini diperkenalkan juga versi Radeon R9 300 Series yang mampu diajak untuk melibas berbagai game terkini dengan system-requirement yang tinggi, mulai dari R9 380 yang optimal untuk gaming berat di 1440p hingga R9 390X yang mampu melibas game dengan mudah di resolusi 4K dengan detail sangat menawan! Asyiknya, pengunjung diizinkan berkeliling untuk melihat dan mencoba sendiri masing-masing Demo unit dengan kartu grafis R9 300 series yang berbeda-beda dimana menonjolkan kemampuan dari masing-masing jenis kartu grafis.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Demo 4K Gaming pada PC Bertenaga Radeon R9 390X

 

Pada salah satu demo unit dengan Radeon R9 390, pengunjung bisa melihat langsung game terbaru “Ashes of Singularity” dengan ribuan objek dan efek grafis kompleks berjalan bersamaan yang mampu dijalankan dengan mudah dan cepat tanpa lag berkat dukungan penuh Radeon R9 300 terhadap API DirectX 12. Hal ini merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya mengingat API generasi terdahulu sangat terbatas dalam memanfaatkan core yang ada pada GPU dan prosessor. Tentunya sangat menyenangkan mengetahui API DirectX 12 hasil kerjasama AMD dan Microsoft dapat memudahkan developer dalam menciptakan game yang lebih canggih dan interaktif sehingga menciptakan pengalaman gaming lebih berkesan untuk gamers.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Demo DirectX12 Gaming Pada PC Bertenaga R9 390

Tak hanya itu, terdapat demo unit dengan grafis Radeon R9 380 yang cukup menarik perhatian, dimana memungkinkan kita untuk bermain game pada resolusi 4K di monitor yang hanya memiliki resolusi 1080p saja! Ya, Anda bisa memanfaatkan fitur baru bernama Virtual Super Resolution (VSR) yang sudah tertanam pada seluruh kartu grafis Radeon 300 Series jika Anda ingin mencicipi sensasi gaming 4K namun belum memiliki monitor sepadan yang memang dijual dengan harga lumayan tinggi. Tentunya fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna karena mampu menawarkan fleksibilitas dalam mengatur preferensi gaming paling nyaman semudah mungkin untuk para gamers.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Virtual Super Resolution (VSR) Pada Demo Unit dengan Grafis Radeon R9 380 Izinkan Pengguna Nikmati Resolusi 4K pada Monitor 1080p

Lalu apakah kejutan dari acara Launching Radeon Seri 300 ini berhenti sampai disana? Tentu tidak! Hal ini terbukti saat Richard Huddy dan Ryan Sim akhirnya mempertunjukkan kartu grafis masterpiece dari AMD yang sudah lama ditunggu-tunggu realisasinya tahun ini, diantaranya AMD Radeon R9 Fury X, R9 Fury Nano dan yang tercanggih Dual Fiji dimana ketiganya sudah menggunakan arsitektur terbaru yang pertama kali diterapkan di dunia: High Bandwidth Memory (HBM). Secara singkat, Richard Huddy menjelaskan bahwa dengan rancangan baru memori menggunakan HBM yang digunakan sebagai pengganti GDDR5 pada ketiga grafis istimewa tersebut memungkinkan AMD menciptakan grafis bertenaga besar namun dengan ukuran chip lebih kecil dan tentunya dengan daya yang jauh lebih hemat dari sebelumnya.

Launching AMD Radeon 300 Series

Menggunakan Arsitektur Terbaru dengan Memori HBM Membuat R9 Fury X, Fury Nano dan Dual Fiji Mampu Tawarkan Performa Tinggi Namun Tetap Hemat Daya!

Bagi pengunjung yang ingin langsung merasakan bagaimana kehebatan performa dari grafis masterpiece AMD yakni AMD Radeon R9 Fury X, disediakan beberapa demo unit yang menggunakan grafis tersebut pada acara kali ini. Masing-masing demo unit menampilkan berbagai kelebihan berbeda yang mampu disajikan oleh grafis Radeon R9 Fury X dimana semuanya berhasil menyedot perhatian pengunjung karena performanya yang luar biasa.

Demo unit dengan Virtual Reality ini merupakan salah satu contoh demo yang populer. Banyak pengunjung yang penasaran ingin merasakan bagaimana asyiknya bermain di dunia game secara nyata dengan alat Virtual Reality ini. Berkat grafis Radeon R9 Fury X bertenaga kencang, pengunjung bisa merasakan serunya menjelajah dunia Dinosaurus pada demo game “Dinosaur Island” tanpa harus merasa pusing akibat adanya lag yang sering timbul jika menggunakan grafis yang kurang mumpuni.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Demo Virtual Reality Bertenaga Grafis Radeon R9 Fury X Mampu Memberikan Pengalaman Sangat Nyata Pada Pengguna Berkat Grafis Mulus Tanpa Terputus

Tak hanya demo Virtual Reality, pengunjung juga bisa melihat langsung tampilan memukau dari Demo teknologi AMD Eyefinity sekaligus menggunakan tiga monitor! Anda bisa mencoba memainkan game First Person Shooter “Sniper Elite 3” dengan tampilan grafis yang sangat detail dan luas sehingga bisa meningkatkan akurasi Anda dalam menembak musuh. Apalagi game ini bisa tampil dengan pergerakan cepat tanpa stuttering dan tanpa screen tearing berkat teknologi AMD Freesync yang tertanam di Radeon R9 Fury X, menciptakan pengalaman yang sangat menegangkan saat bermain dengan demo unit satu ini.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Nikmati Pandangan Luas dan Akurasi Lebih Tepat Saat Menembak Musuh Menggunakan Teknologi AMD Eyefinity bersama Radeon R9 Fury X

Demo terakhir dari Radeon R9 Fury X, mempertunjukkan kemampuan kartu grafis ini dalam melibas game 4K di resolusi Ultra. Pada demo unit yang memainkan game balap “Dirt Rally” ini, Anda bisa melihat langsung detail grafisnya yang sangat tajam! Mulai dari lingkungannya, objek di setiap pergerakan dan manuver mobil yang sangat cepat dan kompleks mampu ditampilkan sempurna berkat kemampuan Radeon R9 Fury X.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Radeon R9 Fury X Terbukti Mampu Mainkan Game 4K Set Ultra LANCAR Pada Demo “Dirt Rally”

Selain Radeon Fury X, Radeon Fury Nano sendiri sangat dinantikan oleh banyak orang karena ukurannya yang sangat kecil namun diklaim mampu memberi performa besar tanpa membutuhkan banyak daya dan hanya butuh 1 buah kipas pendingin! Tak hanya itu, AMD mempertunjukkan kejutan lainnya lewat sebuah PC berdesain unik yang dinamakan Project Quantum yang disebut sebagai pelopor PC gaming mungil untuk Virtual Reality dimasa depan, dimana ternyata berisi Radeon Dual Fiji di dalamnya. Kedua kartu grafis ini, dengan tenaganya yang besar namun memiliki ukuran yang tidak seberapa, tentunya pas sekali untuk pengguna yang mementingkan Small Form Factor.

Sayangnya pada acara peluncuran ini kita belum bisa melihat demo performa Radeon R9 Fury Nano dan Dual Fiji secara langsung, karena menurut Richard Huddy sendiri kedua grafis ini mungkin baru akan diluncurkan secara resmi pada akhir Quarter 3 tahun 2015 mendatang. Jadi sementara sebelum sampai pada waktu yang ditentukan, bagi yang sudah tidak sabar ingin melakukan upgrade dengan kartu grafis Radeon yang terbaru, mungkin bisa menjatuhkan pilihannya pada salah satu grafis berikut ini: R7 360, R7 370, R9 380, R9 390 atau Radeon R9 Fury X.

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Launching AMD Radeon 300 Series

Richard Huddy Mempertunjukkan Prototype Radeon Fury Nano dan Dual Fiji yang Akan Digunakan Pada “Project Quantum”

Penjelasan menarik mengenai Lini Radeon seri 300 dari AMD ini pun diakhiri dengan sebuah tarian modern yang sangat kreatif dimana beberapa penari memperkenalkan fitur unggulan Radeon terbaru  dengan membawa papan bertuliskan masing-masing fitur, seperti Virtual Resolution dengan Liquid VR, High Bandwidth Memory, Ultra HD Resolution Gaming, Gaming with DirectX 12.

Launching AMD Radeon 300 Series

Di akhir acara AMD mengadakan Doorprize berhadiah AMD Radeon seri 300 yang disusul dengan acara berbuka puasa bersama dan acara bebas. Pada acara bebas pengunjung dipersilakan untuk berkeliling melihat-lihat demo unit yang belum sempat mereka jajal dan melihat kumpulan Radeon 300 yang akan segera terjun ke pasaran kartu grafis Indonesia. Tak lupa terdapat sesi foto bersama dengan perwakilan AMD, Richard Huddy. AMD Red Team terlihat antusias mengambil kesempatan langka berfoto-foto bersama AMD Chief Gaming Scientist yang tentunya akan segera terbang kembali ke negara lain meninggalkan Indonesia.

 Launching AMD Radeon 300 Series

Pameran Radeon seri 300 yang Akan Segera Masuk ke Pasar Kartu Grafis Indonesia

Launching AMD Radeon 300 Series

Foto Bersama AMD Red Team dengan Richard Huddy-AMD Chief Gaming Scientist

Berakhir sudah liputan acara peluncuran AMD Radeon seri 300 terbaru yang menyajikan banyak kejutan dan kemeriahan untuk para pengunjung yang hadir. Terima kasih atas kehadiran dan antusiasme kalian pada acara kali ini dan sampai jumpa di acara AMD lainnya yang tak kalah menarik ya!

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here