Acer Aspire E5-552G, Notebook Andalan dengan AMD APU Generasi Ke-6!

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya pasca peluncuran Notebook AMD dengan APU A-Series generasi ke-6 untuk pertama kalinya di Indonesia, kami akan membahas secara lebih mendetail mengenai spesifikasi notebook yang banyak diminati di tahun ini. Hasil kolaborasi AMD bersama partner ini berjuluk Acer Aspire E5-552G dimana sudah menerapkan teknologi prosesor mobile paling mutakhir dari AMD yang sering dijuluki “Carrizo” pada awal perkenalannya.

Acer Aspire E5-552G

Apa saja fitur dan kelebihan yang diunggulkan oleh notebook yang satu ini? Yang jelas sangat banyak dan inovatif. Jika dilihat, prosesor APU generasi ke-6 ini sudah menerapkan teknologi-teknologi terbaru yang belum pernah digunakan pada perangkat notebook lainnya di dunia, seperti fitur Looking Glass untuk mempermudah editing video dengan menggunakan tag wajah, serta kemampuan memutar video kualitas 4K berkat hardware decode HEVC (High Efficiency Video Coding) yang sudah tertanam dalam APU generasi ke-6 ini.

Tak hanya itu, notebook Acer Aspire E5-552G ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Gesture Control yang pasti sudah Anda kenal baik untuk mempermudah kendali aplikasi hanya dengan menggunakan lambaian tangan di depan webcam, mulai dari aplikasi PowerPoint untuk presentasi, sampai pada pemutar video, musik dan galeri foto. Untuk urusan audio, notebook ini juga sudah dilengkapi teknologi True Harmony yang membuat kualitas suara menjadi sangat jernih. Tak perlu khawatir mata mengalami kelelahan ketika menatap layar, karena notebook ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Bluelight Shield yang mampu mengurangi emisi cahaya biru LCD.

Jika Anda tertarik memilikinya, Acer Aspire E5-552G ini tersedia dalam dua varian dengan spesifikasi yang berbeda. Berdasarkan komponen prosesornya, Anda bisa memilih untuk membeli Acer Aspire E5-552G dengan AMD APU FX generasi ke-6 tertinggi yang sudah memiliki hingga 12 Compute Cores (4 CPU + 8 GPUyakni AMD APU FX-8800P ataupun Acer Aspire E5-552G yang sudah dilengkapi AMD APU A10-8700P yang cukup powerful dengan 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU). Masing-masing varian memiliki pilihan warna menarik yakni merah tua Rosewood Red dan abu-abu Charcoal Grey.

Acer Aspire E5-552G

Bagi yang menginginkan performa paling mumpuni untuk gaming terkini Anda bisa memilih Acer Aspire E5-552G dengan prosesor AMD APU FX-8800P yang berkecepatan hingga 3.4 GHz. Luar biasa, Acer Aspire E5-552G mampu menawarkan performa tanpa lag saat harus menelan game-game online populer termasuk DoTA 2, League of Legends, dan Counter Strike: Global Offensive dengan tingkat frame rate per second  yang mampu jauh mengungguli pesaingnya.

Tak hanya itu performa AMD APU FX-8800P yang tersemat pada Acer Aspire E5-552G juga terbukti unggul dalam multitasking menjalankan berbagai aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna modern saat ini. Mulai dari aplikasi Office hingga aplikasi desain yang haus akan RAM untuk sunting foto atau gambar, semuanya mampu dijalankan dengan lancar tanpa hambatan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya RAM berkapasitas besar 2×4 GB Dual Channel yang sudah dimiliki oleh Acer Aspire E5-552G bertenaga prosessor AMD APU FX-8800P ini. Bagi Anda yang penasaran dengan performa multitasking dari notebook satu ini, Anda bisa melihat demonya pada video berikut.

Varian kedua dengan prosessor AMD APU A10-8700P merupakan varian alternatif dengan harga lebih terjangkau yang sudah membawa hingga 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU) dengan clock speed berkecepatan maksimalhingga 3.2 GHz.Dari segi performa, notebook dengan prosessor AMD APU A10-8700P ini tidaklah terlalu jauh dari varian pertama dimana hanya berbeda dari segi kecepatan dan kapasitas RAM yang disediakan yakni hanya sebesar 2x2GB Dual Channel.

Namun untuk urusan grafis dan fitur bawaan lainnya, kedua varian baik yang menggunakan AMD APU FX-8800P maupun yang menggunakan AMD APU A10-8700P sudah sama-sama dapat diandalkan karena telah mendukung Dual Graphics dengan Radeon R8 M365DX dan sama-sama dilengkapi tempat penyimpanan data yang luas sebesar 1TB HDD, sehingga Anda lebih leluasa menyimpan berbagai data penting seperti dokumen pekerjaan hingga film dan musik favorit yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lumayan besar.

Bagi Anda yang masih ingin menambah performa untuk multitasking dan menjalankan aplikasi berat seperti untuk gaming dan sunting foto maupun video, Anda masih bisa memaksimalkan kapasitas RAM menjadi maksimal 16GB untuk mendapatkan performa tertinggi! Hebatnya walau memiliki performa yang terbilang cukup tinggi, berkat arsitektur APU terbaru generasi ke-6, kedua varian notebook ini mampu menghemat daya dengan TDP hanya sebesar 12-35 Watt. Hal ini tentunya memungkinkan daya tahan baterai yang lebih lama jika dibandingkan dengan notebook dari generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, salah satu yang paling diunggulkan dari kedua varian ini juga adanyadukungan sistem operasi hingga Windows 10 lengkap dengan dukungan API terbaru DirectX 12 sehingga memungkinkan Anda menikmati aplikasi dan gaming masa depan yang akan banyak menggunakan kedua platform tersebut.

Untuk harganya sendiri, dua varian Acer Aspire E5-552G berukuran layar 15.6 inci resolusi HD ini dibanderol dengan harga yang berbeda. Tipe notebook dengan varian prosessor lebih tinggi AMD APU FX-8800P dijual seharga Rp 7.999.000,- sedangkan untuk varian dengan AMD APU A10-8700P dijual dengan harga lebih terjangkau Rp 7.199.000,-. Anda bebas memilih diantara keduanya manakah varian yang performa dan budgetnya paling cocok untuk Anda.

Jangan lupa juga bahwa AMD menawarkan game original GRATIS apabila Anda membeli laptop ini sebelum 31 Desember 2015, antara lain Dirt Rally, LEGO Batman 3: Beyond Gotham, Guacamelee, Tales from Space: Mutant Blobs Attack, Space Run dan Habitat. Bagi yang sangat berminat memilikinya, sebaiknya bersiap dari sekarang untuk membeli di toko terdekat, karena stok notebook istimewa satu ini sangat terbatas. Jangan sampai menyesal karena kehabisan!

Latest articles

Related articles

106 Comments

  1. min, saya butuh laptop untuk menjalankan program seperti catia, solidworks, atau autocad (3d modeling). bisa kasih pencerahan laptop apa yg seharusnya saya beli? terima kasih

    • Beli ASUS X550ZE FX-7600P aja, sudah 12 Compute Cores hingga kecepatan 3.6GHz dan sudah memiliki grafis diskrit yang lumayan powerful, atau mungkin bisa Acer E5-551 dimana grafisnya lebih powerful dibanding ASUS, dan sudah punya Ram 4 gb dual channel yang akan sangat membantu kinerja. dua-duanya harga sekitar 7 jutaan

  2. Min, ini sedikit lebih bagus dibanding asus x550ze ga?

    Kalau dilihat valuenya gmn? Dengan kondisi apu acernya amd fx, asusnya juga sama.

    Thx sebelumnya

  3. Min kalo dibandingin sama asus x550ze fx 7600p bagusan mana secara keseluruhan? Terus katanya tahun ini produk produk acer menurun penjualannya karna produknya gak laku dipasaran? Tolong bantu min saya bingung mau milih asus x550se fx apa yang ini

    • Justru bukan karena ga laku, tapi karena memang mereka masukin produknya selalu sedikit kalau ke Indonesia 😀 Yang acer e5-552g kemarin sudah habis stok dan untuk stok selannjutnya memang sangat terbatas, jadi langka di pasaran 🙁 Jadi paling pilih yang Asus aja kalau kebetulan di toko-toko di kota kamu produk ini ga ada 🙂

  4. min, acer e5-552g dalam segi baterainya lebih hemat atau sama saja sama merk amd yang lainnya dan acer tipe e5-552g cepet panas ga apabila dipakai untuk aplikasi yang berat ?

        • Secara teori bisa, karena processor carrizo kan hemat daya sehingga tidak panas, TAPI komponen lain seperti grafis juga harus dijaga dari panas kan, apalagi notebook kan kerangkanya belum tentu bisa mendukung pengeluaran panas jadi menurut mimin boleh ga pakai cooling pad tapi tetap selalu pantau suhunya supaya komponen lain ga panas 🙂

  5. min, kalo dibali acer centre dmn? saya mau beli ini laptop acer yang bergaransi acer nya,, soalnya saya pendatang dibali. trus ini laptop kapan ada dipasaran lagi , yang pasti.

    • Tergantung kebutuhan dan fitur yang kamu inginkan, kalau mau performa tinggi hemat daya beli acer saja, kalau mau yang paling tinggi performa prosessornya pilih asus FX

  6. min, acer e5-552g ini adanya di distributor sampai kapan ??
    tahun depan masih ada ga min acer e5-552g soalnya pengen beli ???

    • Kebutuhannya untuk apa dan kamu pingin yang budgetnya di bilangan berapa?? 🙂 Kalau mau yang terjangkau tapi udah lumayan speknya bisa pilih acer e5-551, tapi kalau mau yang bagus banget dan budget ga masalah buat kamu beli acer e5-552g yang FX saja 😀

  7. admin mau tanya saya baru beli produk ini untuk DVD dapet gamesnya tersebut gimana ya soalnya di kardusnya tidak ada DVD installan games original tersebut…. terima kasih sebelumnya

  8. Halo min, Untuk acer e5 552g vga diskrit nya apa ya min, diatas hanya tertera r8 365dx dan Dx bukankah dual graphics, Dan di banding nvidia gt 940M lbih unggul mana min.

    • Hi, untuk kedua laptop di atas sudah mantap untuk keperluan gaming. ASUS N550ZU GPUnya lebih tinggi karena sudah menggunakan R9, sedangkan Acer E5-552G menggunakan R7, jadi tinggal di sesuaikan saja dengan preference dan budget kamu 😀

  9. admin saya mau tanya, ada tidak series laptop amd fx generasi ke 6 yang bisa update memory hingga 16GB dengan budged 8jt?

  10. kk mimin.. sebenarnya VGAnya itu R7 atau R8? ketika terinstall Driver lama ketika terbuka acer care center itu R8, tapi ketika terupdate ke Driver vga terbaru jadi R7.. apa ada kesalahan teknis?… atau memang kesalahan ketik?

    • Hi Prasetyo, jadi ini merupakan Notebook Dual Graphic dimana terdiri dari R7 Graphics (VGA yang terdapat dalam APUnya) di tambah R5 M330 (VGA Discreet), sehingga menjadi R8 M365DX 😀

    • Hi Ikhsan, jadi defaultnya Acer Aspire E5-552G ini bawaannya DOS, tapi tergantung kebijakan masing-masing toko, ada toko yg sudah bundle langsung dengan Windows 😀

    • Hi Gabriel, untuk kedua seri laptop di atas memiliki kelebihannya masing-masing, dimana ASUS N551ZU merupakan generasi Kaveri dengan GPU R9, sedangkan Acer E5-552G merupakan generasi Carrizo (terbaru) tetapi dengan GPU R7. Jadi di sesuaikan saja dengan preference dan budget kamu 😀

    • Hi Calvin, untuk kedua seri tersebut sudah mantap untuk gaming, jadi tinggal di sesuaikan saja dengan preference kamu. Tapi untuk Acer E5-552G sudah termasuk generasi terbaru (Carrizo) sedangkan ASUS X550ZE termasuk generasi sebelumnya (Kaveri) 😀

    • Hi Vicky, jadi untuk Laptop Acer E5-552G itu menggunakan Dual Graphics, yang terdiri dari Integrated GPU Radeon R6 dan GPU Discreet Radeon R7 M360 sehingga menjadi Radeon R8 M365DX 😀

  11. oh ya min pas ane mau upgrade di amd auto detect juga tertulis cuman amd r-7,itu gimana ya?
    laptop ane acer apire e5-552g with amd fx

    • Hi Mohammad, untuk prosesor FX seri 8800p itu merupakan prosesor dengan generasi yang lebih baru dibanding seri 7600p 😀
      Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kamu saja 😀

  12. Numpang nanya min
    Acer Aspire E5 – 552G cocok untuk programing Gk ya?
    Kira2 kuat Gk ya, kalo buka aplikasi ni secara bersama
    SQL Server, Visual Studio, Netbeans, Dreamweaver

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here