Tonton Film Resolusi 4K Bukan Masalah dengan Notebook Bertenaga 6th Gen APU

tonton-film-resolusi-4k-bukan-masalah-dengan-notebook-bertenaga-6th-gen-apu

Beberapa tahun terakhir ini tren terhadap video dan gambar dengan resolusi tinggi memang sedang naik daun dan banyak peminat karena kualitas grafis yang menawan. Hal ini kemudian memacu para produsen peralatan multimedia berlomba untuk meningkatkan kualitas produk mereka untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut. Namun sayang, konten berkualitas tinggi menimbulkan efek samping berupa ukuran file yang besar dan tidak praktis untuk proses penyimpanan dan transfer konten. Hal ini tentunya menyulitkan Anda yang ingin menikmati konten berkualitas tinggi di perangkat mobile seperti notebook yang biasanya hanya memiliki komponen pendukung multimedia yang terbatas.

Namun, menikmati konten multimedia resolusi tinggi pada sebuah notebook kini bukan lagi sesuatu yang mustahil berkat APU Generasi ke-6 inovatif dari AMD! Berkat teknologi kompresi terbaru bernama High Efficiency Video Coding (HEVC) atau H.265 yang terintegrasi langsung di dalam prosessor APU generasi ke-6 pada notebook berbasis AMD, membuat notebook ini mampu menghadirkan kualitas gambar yang sama dengan video yang dikompresi menggunakan teknologi yang umum digunakan sebelumnya Advanced Video Coding (AVC) atau H.264 namun dengan rasio kompresi 2x lipat lebih banyak sehingga pemutaran video terasa lebih responsif dan ringan. Tak hanya itu, notebook AMD dengan teknologi HEVC bahkan mampu mendukung pemutaran video hingga resolusi 4K (3840x2160p) dengan sangat lancar! Hal ini merupakan pertama kalinya di dunia dimana pada notebook kompetitor sampai saat artikel ini diterbitkan belum ditemukan teknologi serupa yang mampu memutar video resolusi tinggi semulus notebook berbasis APU generasi ke-6 dari AMD.

Keunggulan ditanamkannya teknologi hardware HEVC ini pada APU generasi ke-6 adalah kemampuan dalam mengurangi beban kerja core CPU saat melakukan decode video berkualitas tinggi. Hal ini memungkinkan pengguna notebook berbasis AMD dapat menikmati keuntungan berupa berkurangnya konsumsi daya baterai yang dipakai dan bisa menikmati durasi pemutaran video lebih panjang tanpa plugged in saat memutar video atau film resolusi tinggipada notebook mereka.

HEVC AMD Carrizo

Keunggulan HEVC Hardware Decode yang Tertanam Pada AMD APU Generasi Ke-6 di Notebook Berbasis AMD

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara kerja teknologi pemutar video HEVC pada APU generasi ke-6 di notebook berbasis AMD, kami berkesempatan untuk menggunakan notebook “Carrizo” pertama di Indonesia Acer Aspire E5-552G sebagai perangkat pengujian dimana datang dalam dua varian APU FX-8800P dengan 12 Compute Cores (4 CPU + 8 GPU) dan APU A10-8700P dengan 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU). Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya berkesempatan untuk menguji Acer Aspire E5-552G dengan APU FX-8800P yang sudah memiliki RAM 2×4 GB Dual-Channel sebagai perwakilan notebook AMD berbasis APU generasi ke-6 yang memiliki teknologi HEVC tersebut.

Notebook tersebut menggunakan sistem operasi berbasis Windows 8.1 dan driver AMD Catalyst versi 15.7.1, Sedangkan untuk aplikasi pemutar video kami menggunakan Media Player Classic (MPC) lengkap dengan K-Lite Codec Pack Standard yang mendukung pemutaran video 4K HEVC dimana bisa diunduh melalui situs berikut. Selain piranti lunak diatas, Anda juga harus menyiapkan sebuah video 4K yang dikompres dengan teknologi HEVC, dan jika semua sudah tersedia, mari kita coba bersama kehebatan AMD APU Generasi ke-6 ini dalam memutar video 4K berbasis HEVC ini.

Pengujian

Setelah Anda selesai mengunduh dan melakukan instalasi Media Player Classic (MPC), langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk pada pengaturan untuk mengaktifkan pemutaran video 4K HEVC. Anda bisa mengaksesnya dengan melakukan klik pada start menu, lalu klik pada kotak search program and files, isi dengan “LAV Video” lalu tekan tombol [Enter] pada keyboard untuk memunculkan tampilan pengaturan persis seperti gambar di bawah ini.

HEVC AMD Carrizo

Pengaturan Media Player Classic (MPC) Untuk Mengaktifkan Pemutaran Video 4K HEVC Pada Notebook Bertenaga APU generasi ke-6

Menu pengaturan di atas memberikan beberapa pilihan mengenai tipe atau jenis video yang bisa Anda jalankan menggunakan aplikasi Media Player Classic (MPC) yang sudah Anda install pada notebook Anda. Pastikan pilihan Hardware Decoder to use: selalu berada pada pilihan DXVA2 (native) dan khusus untuk demo pemutaran video 4K berbasis HEVC pada notebook berbasis AMD “Carrizo” milik Anda, pastikan untuk mengaktifkan HEVC dan UHD (4K) dengan menandai kotak yang tersedia. Jika semua sudah dilakukan, tekan tombol [OK] yang terletak di kanan bawah menu pengaturan.

HEVC AMD Carrizo

Properties dari Sampel Video 4K HEVC yang Kami Gunakan Dalam Pengujian

Sedangkan untuk sampel video 4K yang akan kami gunakan kali ini berjudul “Brazil” dengan durasi 5 menit dan 52 detik berukuran 2.62 GB. Video ini mempunyai bit-rate sebesar 64 Mbps. Sebagai gambaran, sebuah keping DVD berukuran 4.7 GB dapat memuat video berdurasi hingga 2 jam, sementara dalam pengujian ini, video dengan ukuran separuh dari ukuran total sekeping DVD hanya berdurasi dibawah 6 menit! Bayangkan, betapa banyaknya detail yang tersimpan dalam video resolusi tinggi satu ini!

Sekarang mari kita coba jalankan video tersebut pada Media Player Classic untuk mengetahui seberapa lancar notebook Acer Aspire E5-552G dengan APU generasi ke-6 FX-8800P ini menjajal video dengan detail grafis yang sangat kompleks. Anda bisa mencoba untuk membuka Task Manager sembari memutar video untuk melihat seberapa berat ritme kerja core CPU untuk bisa menjalankan video dengan mulus.

 HEVC AMD Carrizo

 HEVC AMD Carrizo

Beban Kerja CPU Terlihat Sangat Kecil Walau Tengah Menjalankan Video Resolusi Tinggi

Hasil pengujian yang didapatkan ternyata sangat memuaskan! Video resolusi tinggi ini mampu berjalan dengan sangat mulus tanpa terlihat patah-patah, tanpa mengalami lag sedikitpun! Terbukti dengan mengaktifkan dukungan HEVC pada level hardware di APU generasi ke-6 “Carrizo” membuat penggunaan CPU turun drastis dan video mampu berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Tentunya dengan penggunaan CPU serendah ini, Anda masih dapat memanfaatkan notebook ini untuk menjalankan aplikasi lain sembari memutar video, dan Anda juga dapat menggunakan notebook dengan durasi yang lebih panjang berkat hematnya penggunaan baterai.

Lalu apa yang terjadi jika kita memutar video resolusi tinggi pada sebuah notebook yang tidak dilengkapi dengan dukungan HEVC seperti halnya notebook yang kita sering temui di pasaran sekarang ini? Untuk mengetahuinya kami juga melakukan demo pengujian untuk mendapatkan gambaran seberapa keras kerja sebuah notebook standar untuk memutar video resolusi tinggi dengan mematikan dukungan HEVC dan UHD (4K) pada pengaturan LAV Video. Anda bisa melihat pengaturannya seperti di bawah ini.

 HEVC AMD Carrizo

Pada Pengaturan Media Player Classic (MPC) Dukungan HEVC dan UHD (4K) Dinonaktifkan Untuk Mendapat Gambaran Kinerja Notebook Standar Memutar Video Resolusi Tinggi

 

Selanjutnya mari kita buka kembali aplikasi Media Player Classic untuk memainkan video beresolusi 4K ini dengan kondisi HEVC nonaktif. Jelas terlihat perbedaan sejak awal pemutaran video dimana video terlihat patah-patah, tidak mulus dan bahkan terasa sangat lag sehingga mengganggu kenyamanan menonton. Anda bisa melihat pada gambar berikut ini, terlihat pada Task Manager CPU terlihat sangat bekerja keras, bahkan hingga 100% load pada semua core-nya!

 HEVC AMD Carrizo

 HEVC AMD Carrizo

Pemutaran Video Resolusi 4K pada Notebook Standar Tanpa Dukungan HEVC Akan Mengalami Kesulitan Untuk Bisa Menjalankan Video Dengan Mulus

Dari percobaan tersebut tentu bisa disimpulkan bahwa jangankan untuk melakukan multi-tasking, pemutaran sebuah video resolusi tinggi pada sebuah notebook standar tanpa dukungan HEVC di level hardware sudah pasti akan membuat CPU ngos-ngosan. Bahkan pada notebook dengan CPU core yang lebih banyak sekalipun atau dengan spesifikasi lebih tinggi sekalipun dipastikan akan mengalami penderitaan yang sama persis jika tidak dilengkapi dengan dukungan HEVC pada prosessornya.

Tentunya dengan hasil pengujian ini Anda bisa melihat bahwa notebook bertenaga APU generasi ke-6, termasuk salah satunya notebook Acer Aspire E5-552G dengan APU FX-8800P atau APU A10-8700P merupakan satu-satunya pilihan investasi perangkat mobile terbaik saat ini untuk Anda yang sering mengandalkan notebook untuk kepentingan multimedia karena mengizinkan Anda untuk mendapatkan akses ke tingkat hiburan yang lebih berkualitas dan tidak akan bisa didapatkan pada notebook lainnya di pasaran. Anda bahkan dapat menghubungkan notebook bertenaga APU generasi ke-6 Anda ke layar eksternal beresolusi 4K untuk menikmati tontonan yang lebih memuaskan seandainya layar notebook 15.6” dirasa terlalu kecil untuk Anda.

Tak perlu khawatir mengenai masalah kompatibilitas dengan Windows 10, karena fitur pemutaran video 4K HEVC sudah sepenuhnya dapat dinikmati pada versi windows paling baru asalkan menggunakan notebook bertenaga APU generasi ke-6. Dengan notebook bertenaga APU generasi ke-6 segala kemungkinan mendapatkan hiburan berkualitas tinggi tanpa batasan kini bisa terwujud. Jadi tidak ragu lagi kan untuk memiliki salah satunya di rumah Anda?

10 comments

    • Admin
      Author Reply

      Patah? ga bisa diservis deh kayaknya, kalau klaim garansi kalo memang bukan karena kesalahan sendiri, contoh jatuh atau paksa pasang di soket sampe patah mungkin bisa

Tinggalkan Balasan