RX 480

Review Performa Radeon™ RX 480: Siap Jalankan Game Terkini di Resolusi Tinggi!

RX 480

Bagi Anda yang selalu mengikuti perkembangan teknologi yang diluncurkan oleh AMD pasti sudah mengetahui kartu grafis teranyar dengan arsitektur terbaru “Polaris” Radeon™ RX 400 Series. Salah satu yang menjadi varian unggulan dari seri Radeon™ RX ini adalah Radeon™ RX 480 yang memiliki kekuatan lebih dari 5 TFLOPS dengan varian RAM 4GB GDDDR5 dan 8GB GDDR5. Keunggulan yang dibawa oleh kartu grafis ini selain menggunakan desain 14nm FinFET yang membuat kartu grafis ini menjadi lebih hemat daya, namun tetap memiliki kekuatan luar biasa dalam melibas game terkini bahkan Virtual Reality mulus berkat teknologi Graphic Core Next generasi ke-4 yang dimilikinya! Menjalankan teknologi mutakhir seperti VR namun dengan harga beli yang bersahabat seperti Radeon™ RX 480 pastinya merupakan impian sejak lama sebagian besar gamers di dunia. Hal inilah yang membuat Radeon™ RX 480 merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang menginginkan kartu grafis terbaik dari segi price per performance.

Namun seperti apa keunggulan nyata Radeon™ RX 480 selain dari segi teknologi yang diusungnya? Pada kesempatan kali ini kami ingin menyajikan kepada Anda benchmark pada berbagai aplikasi dan game AAA terbaru yang tentunya sudah mendukung API Next-Gen DirectX® 12 & Vulkan™ hingga uji konsumsi daya dari Radeon™ RX 480. Dengan adanya pengujian ini diharapkan bisa memberikan gambaran lengkap untuk Anda yang ingin segera meminang kartu grafis terbaru dari AMD ini. Tak perlu banyak basa basi, yuk langsung kita bahas selengkap-lengkapnya!

Konfigurasi Sistem

Kami menggunakan konfigurasi sebagai berikut dalam pengujian performa Radeon™ RX 480 dengan VRAM 8GB GDDR5.

RX 480 RX 480

Benchmark Sintetis

RX 480

Dalam benchmark sintetis yang menggambarkan kinerja olah grafis berbasis API DirectX® 11, Radeon™ RX 480 terbukti unggul pada pengujian 3DMark 11 dengan performa tertinggi dibandingkan kartu grafis pesaing dengan harga yang jauh lebih mahal.

RX 480

Tak hanya itu, pada pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike yang mampu memberikan gambaran kekuatan olah grafis untuk PC Gaming high-performance dalam menjalankan aplikasi atau game berbasis DirectX® 11, Radeon™ RX 480 kembali unggul dengan perolehan skor tertinggi dibanding produk pesaing dan dengan kinerja mencapai 30% lebih baik dibandingkan seri kartu grafis Radeon™ generasi sebelumnya.

RX 480

Hebatnya lagi, Radeon™ RX 480 juga ternyata mampu menunjukkan taringnya dengan menghadirkan skor yang tertinggi dibandingkan dengan produk pesaing dalam simulasi olah grafis yang jauh lebih kompleks dibanding sebelumnya, yakni pada pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike Extreme. Dari tiga pengujian sintetis ini bisa Anda lihat sendiri bahwa Radeon™ RX 480 terbukti unggul dalam olah grafis aplikasi berbasis DirectX® 11. Untuk mendapatkan gambaran performa lebih real, mari simak pengujian kami dalam memainkan game-game API DirectX® 11 yang cukup terkenal di kalangan gamers beberapa tahun terakhir, tentunya masih menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 480 8GB GDDR5.

Games Benchmark (DirectX® 11)

RX 480

Pada pengujian pertama, kami menjalankan stealth game berjudul “Thief” yang cukup terkenal sejak diluncurkan pada tahun 2014 lalu oleh Square Enix. Dengan menggunakan Radeon™ RX 480, Anda bisa merasakan pengalaman gaming lancar diatas 70 FPS pada resolusi 1440p High Preset!

RX 480

Begitupun pengujian pada game berat dengan genre open world action adventureMiddle Earth: Shadow of Mordor”, Radeon™ RX 480 kembali unggul dibandingkan dengan seri Radeon™ terdahulu bahkan kartu grafis pesaing. Anda bisa mendapatkan pengalaman gaming yang memuaskan pada resolusi tinggi 1440p, Ultra preset, 100% SSAA mulus pada kisaran mendekati 60 FPS.

RX 480

Pengujian game selanjutnya adalah “Far Cry 4” yang merupakan game open world action-adventure first person shooter yang cukup terkenal di kalangan gamers pada akhir 2014. Pada game ini Radeon™ RX 480 lagi-lagi mampu tampil di urutan pertama dibanding kartu grafis lainnya dalam hal performa. Anda bisa memainkan game ini pada resolusi tinggi 1440p, pengaturan grafis Very High Preset dengan lancar di atas  60 FPS.

RX 480

Begitupun pada pengujian menjalankan game “Far Cry Primal” yang baru-baru ini hadir untuk memenuhi keingintahuan gamers bertualang di masa prasejarah. Performa Radeon™ RX 480 tetap tak terkalahkan karena mampu menjalankan game ini dengan lancar di resolusi tinggi 1440p dengan pengaturan High Preset hingga kisaran 50 FPS.

RX 480

Selanjutnya Anda pasti mengenal game open world action-adventure third person shooterTom Clancy’s-The Division” yang sempat membuat publik antusias dengan rilisnya di seluruh dunia secara serentak pada Maret 2016 lalu. Hadir dengan grafis memukau tentunya membutuhkan kartu grafis handal untuk bisa menjalankannya dengan sempurna. Namun Radeon™ RX 480 terbukti mampu menjalankannya dengan baik di atas 60 FPS pada resolusi 1440p walau harus mengorbankan pengaturan grafik ke Medium Preset. Walaupun begitu, pada pengujian ini lagi-lagi Radeon™ RX 480 hadir di urutan teratas.

RX 480

Mungkin inilah pengujian yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas pembaca dimana melibatkan game open world action adventure sejuta umat “Grand Theft Auto V” yang sudah dikenal luas dan dimainkan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Game petualangan yang sangat seru ini dapat Anda mainkan dengan sangat mulus hingga lebih dari 70 FPS menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 480! Tentunya di resolusi tinggi 1440p dengan pengaturan grafis memuaskan hingga High Preset.

Dari seluruh pengujian di atas bisa kita simpulkan bahwa Radeon™ RX 480 sangat cocok untuk gamers yang menginginkan kartu grafis handal dalam menjalankan game DirectX® 11 terkini di resolusi Quad HD dengan pengaturan grafis medium hingga tinggi. Namun bagaimana performa Radeon™ RX 480 untuk menjalankan game-game masa depan yang kebanyakan menggunakan API next-gen seperti DirectX® 12? Apakah Radeon™ RX 480 ini cukup future proof alias bisa bertahan lama hingga bertahun-tahun kedepan? Bagi Anda yang khawatir mengenai hal ini, kami akan menjawab keingintahuan Anda melalui pengujian selanjutnya menggunakan game-game tahun 2016 yang sudah menggunakan API DirectX® 12! Namun sebelumnya untuk memperkaya pengetahuan Anda mari simak dahulu sekilas kelebihan API next-gen DirectX® 12 terbaru yang membuatnya jauh lebih unggul dibanding generasi DirectX® sebelumnya.

Kelebihan DirectX® 12 Dibandingkan Dengan DirectX® 11

RX 480

Mungkin masih banyak diantara pembaca yang masih belum tahu alasan mengapa banyak developer game akhir-akhir ini berlomba-lomba membuat game berbasis API terbaru DirectX® 12. Salah satunya adalah karena kehadiran sebuah fitur yang disebut sebagai Asynchronous Compute. Fitur ini secara sederhana bisa dijelaskan sebagai teknologi yang memungkinkan waktu render pada kartu grafis bisa diminimalkan sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang sangat cepat, mulus & responsif tanpa mengorbankan kualitas gambar!

RX 480

Perbedaan Urutan Olah Grafis pada Aplikasi Berbasis DirectX® 11 & DirectX® 12

Pada aplikasi atau game berbasis DirectX® 11 kegiatan olah grafis harus dilaksanakan secara berurutan hingga menghasilkan waktu render yang lebih lama dan berisiko menimbulkan terjadinya lag saat bermain game. Sedangkan DirectX® 12 memiliki kemampuan untuk menggunakan seluruh bagian kartu grafis secara bersamaan untuk mengolah gambar tanpa harus melalui urutan tertentu, sehingga hasil render bisa secara cepat ditampilkan ke layar monitor dan otomatis membuat performa menjadi lebih baik dan lebih efisien. Hal inilah yang kemudian membuat DirectX® 12 menjadi API yang unggul dimana menjanjikan peningkatan performa signifikan pada kartu grafis. Kabar gembiranya, kartu grafis AMD Radeon™ yang sudah menggunakan arsitektur Graphic Core Next (GCN) sudah mendukung penuh aplikasi dan game terkini berbasis API DirectX® 12. Anda bisa melihat daftar kartu grafis Radeon™ yang sudah mendukung API DirectX® 12 di sini.

Lalu bagaimana dengan performa kartu grafis Radeon™ RX 480 saat menjalankan game terkini berbasis API DirectX® 12? Mari simak pengujian lengkapnya berikut ini!

Games Benchmark (DirectX® 12)

RX 480

Sebagaimana kita ketahui, AMD berusaha menghadirkan pengalaman gaming yang terbaik untuk semua pengguna kartu grafisnya termasuk pengguna kartu grafis Radeon™ generasi terbaru. Dalam pengujian game terbaru “Total War: Warhammer” keluaran SEGA dengan genre real-time tactics yang seru ini, bisa terlihat bahwa Radeon™ RX 480 berada dalam posisi tertinggi sebagai kartu grafis yang sanggup memainkan game berbasis DirectX® 12 ini dengan settingan grafis terbaik di resolusi tinggi. Anda bisa mendapatkan hingga lebih dari 60 FPS pada resolusi 1440p di pengaturan High Preset.

RX 480

Lalu bagaimana dengan game ber-genre petualangan “Rise of The Tomb Raider”? Game yang sangat terkenal di kalangan gamers ini memiliki grafis yang cukup menguras kinerja PC, oleh karena itu settingan grafis yang di dapat untuk resolusi tinggi adalah settingan grafis Normal. Pada pengaturan normal resolusi 1440P, Radeon™ RX 480 dapatkan kinerja terbaik yang hasilkan lebih dari 60 FPS.

RX 480

Siapa yang tidak kenal dengan serial game “Hitman” yang sudah dikenal sejak tahun 2000-an. Memperkenalkan judul terbaru pada tahun 2016 ini, “Hitman (2016)” tidak hanya mengalami peningkatan pada segi gameplay dengan genre stealth khas miliknya tapi juga pada segi kualitas grafis. “Hitman (2016)” bahkan hadir dengan dukungan graphics API terbaru DirectX® 12! Terbukti unggul pada game berbasis DirectX® 12, lagi-lagi kartu grafis AMD Radeon™ RX 480 menduduki posisi paling atas dengan FPS yang dihasilkan sekitar 57 FPS pada settingan High Preset resolusi 1440P.

RX 480

Begitupun dengan game berbasis DirectX® 12 lainnya, “Gears of War: Ultimate” yang mengusung genre third-person shooter. Game ini sekali lagi menempatkan Radeon™ RX 480 sebagai kartu grafis teratas dikelasnya dengan FPS sekitar 57 FPS pada resolusi 1440p pengaturan High Preset.

RX 480

Untuk Anda penggemar game balap, game terbaru “Forza 6 Apex” juga terlihat mampu berjalan dengan lancar menggunakan Radeon™ RX 480. Bahkan di resolusi 4K setting Ultra Preset mampu menghasilkan sekitar 53 FPS yang tentunya masih sangat nyaman untuk dimainkan.

RX 480

Game terakhir yang diuji dalam pengujian kali ini adalah “Ashes of The Singularity”. Game yang menawarkan sensasi gaming Real-Time Strategi (RTS) ini memiliki grafis yang terbilang sangat kompleks dibandingkan dengan game sejenis dengan ratusan bahkan ribuan objek yang mampu berjalan bersamaan dalam mode perang. Namun hambatan grafis itu bukan masalah untuk kartu grafis Radeon™ RX 480 karena sekali lagi mampu menempati posisi teratas dengan FPS lebih dari 40 FPS dengan pengaturan High Preset pada resolusi 1440p.

Ready untuk Vulkan API yang Hadirkan Peningkatan Signifikan

RX 480

Selain unggul dalam game berbasis DirectX® 12 seperti yang dapat di lihat melalui pengujian-pengujian diatas, ternyata Radeon™ RX 480 juga berikan peningkatan performa yang signifikan pada game berbasis API Vulkan™. Salah satu game yang kini sudah mendukung API terbaru ini adalah game online terkenal, “DOTA 2”. Terlihat bahwa kartu grafis Radeon™ RX 480 mampu mengalami peningkatan performa hingga 30% lebih tinggi dengan menggunakan API next-gen satu ini. Hal ini membuktikan bahwa Radeon™ RX 480 merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin memainkan game-game masa depan yang akan banyak menggunakan API next-gen sebagai dongkrak performa grafisnya. Bahkan game dengan kualitas grafis tinggi ber-genre first person-shooter yang baru-baru ini diluncurkan oleh Bethesda SoftworksDOOM” telah terbukti mampu berjalan dengan sangat baik pada kartu grafis Radeon™ RX 480! Anda bisa melihat hasil pengujian game “DOOM” pada Radeon™ RX 480 di sini.

RX 480

Radeon™ RX 480 juga Hadirkan Kinerja Terbaik untuk Virtual Reality

RX 480

Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi terbaru yang memberikan pengalaman gaming menakjubkan yang dapat membuat Anda seolah-olah berada di dalam dunia game itu sendiri. Tentunya untuk dapat menjalankan gaming VR ini tentu dibutuhkan kartu grafis dengan performa yang tidak main main, dimana biasanya memiliki harga yang juga tinggi. Sejak pertama kali diperkenalkan, Radeon™ RX 480 di klaim mampu untuk melibas game (VR) dan hal tersebut tentu saja mampu mendapat banyak sekali perhatian dari kalangan gamers dengan harga jual yang terbilang sangat terjangkau. Untuk membuktikannya, kami melakukan pengujian dengan menggunakan “SteamVR Performance Test”.

RX 480

Dari pengujian ini Radeon™ RX 480 terbukti mampu menjalankan VR dengan score lebih dari 6! Perlu diketahui bahwa standar kartu grafis diyatakan mampu menjalankan VR pada SteamVR Performance Test ini harus melebihi angka minimum yaitu 6. Tentunya dari hasil pengujian ini bisa disimpulkan bahwa satu buah kartu grafis Radeon™ RX 480 sudah mampu untuk melibas game VR dengan lancar. Bahkan saat dua buah kartu grafis Radeon™ RX 480 di uji dalam mode Dual CrossFireX sanggup berikan performa mencapai 40% lebih baik dibandingkan konfigurasi 2 buah kartu grafis kompetitor!

Konsumsi Daya

RX 480

Meski memiliki performa yang memukau, bukan berarti kartu grafis Radeon™ RX 480 mengkonsumsi daya lebih tinggi juga. Berkat penggunaan fabrikasi 14nm FinFET dan arsitektur GCN generasi ke empat, Radeon™ RX 480 termasuk hemat daya dengan performa yang ditawarkan. Terlihat bahwa maksimal konsumsi daya dari kartu grafis ini hanya sekitar 265 watt.

Pengujian Performa Radeon™ RX 480 Menggunakan Prosessor Tertinggi AMD: FX Series

AMD FX Series Prosessor

Untuk mendapatkan kinerja terbaik tentunya sangat disarankan untuk memasangkan kartu grafis Radeon™ RX 480 dengan seri prosessor tertinggi dari AMD yakni AMD FX Series. Dengan prosessor AMD FX Series Anda dapat menikmati performa hingga clock tertinggi dengan jumlah inti hingga 8 Cores dan mendapat dukungan penuh untuk menjalankan beragam aplikasi dan game  modern berbasis API Next-Gen DirectX® 12 dan Vulkan™. Walaupun memiliki performa tinggi tak perlu khawatir soal suhu karena kini AMD FX Series juga sudah dilengkapi dengan bundle pendingin mumpuni Wraith Cooler. Ingin tahu bagaimana kinerja Radeon™ RX 480 jika dipasangkan dengan prosessor AMD FX Series ini? Mari kita simak pengujiannya berikut ini!

Spesifikasi Sistem

Kami menggunakan spesifikasi sebagai berikut untuk pengujian kali ini dimana Anda bisa menggunakannya sebagai panduan untuk merakit PC Gaming tangguh dengan budget mulai dari 9.6 Jutaan Rupiah.

Test Bed Platform uji RX 480

cpuz-gpuz spek sistem rx 480 + fx 8350

Benchmark Sintetis

Pengujian RX 480 FireStrike

Pada pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike yang mampu memberikan gambaran kekuatan olah grafis untuk PC Gaming high-performance dalam menjalankan aplikasi atau game berbasis DirectX® 11, Radeon™ RX 480 mampu mencapai perolehan skor tinggi hingga 9109.

Pengujian RX 480 Firestrike Extreme

Radeon™ RX 480 juga ternyata mampu menghasilkan skor tinggi hingga 5189 pada pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike Extreme yang menguji kekuatan olah grafis Radeon™ RX 480 dalam menjalankan aplikasi atau game berbasis DirectX® 11 namun pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding pengujian sebelumnya.

Pengujian RX 480 Time Spy

Tak hanya unggul untuk menjalankan aplikasi berbasis DirectX® 11, Radeon™ RX 480 juga sudah mumpuni untuk menjalankan aplikasi atau game berbasis API Next-Gen terbaru DirectX® 12. Hal ini bisa dilihat dari hasil pengujian 3DMark Time Spy yang menunjukkan angka hingga 3873. Terbukti dari tiga pengujian sintetis di atas, padanan prosessor AMD FX-8350 8 Cores dengan Radeon™ RX 480 merupakan senjata handal untuk Anda yang ingin merakit PC Gaming tangguh dalam menjalankan aplikasi berbasis DirectX® 11 maupun DirectX® 12.

Lalu bagaimana performa prosessor AMD FX-8350 8 Cores dengan Radeon™ RX 480 saat menjalankan judul-judul game terkini yang populer di kalangan gamers? Mari kita simak hasil pengujian selengkapnya pada pembahasan berikut!

Games Benchmark (DirectX® 11)

Kami menggunakan tiga judul game berbasis DirectX® 11 yang cukup populer sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini, diantaranya Grand Theft Auto V (GTA V), Dirt Rally dan The Witcher 3.

Pada game GTA V  kami menggunakan pengaturan grafis Very High, 16xAF, FXAA. Pada game Dirt Rally kami menggunakan pengaturan grafis Ultra Preset. Sedangkan pada game The Witcher 3 kami menggunakan pengaturan grafis Ultra Preset.

DirectX 11 Performance RX 480 + FX 8350

Dari hasil pengujian di atas terbukti bahwa padanan prosessor AMD FX-8350 8 Cores dengan Radeon™ RX 480 mampu menjalankan beragam game berbasis DirectX® 11 yang terkenal dengan spesifikasi minimumnya yang berat hingga lebih dari 50 FPS di resolusi tinggi Full HD (1920x1080p) pada pengaturan grafis terbaik! Hal ini membuktikan bahwa paduan prosessor AMD FX-8350 8 Cores dengan Radeon™ RX 480 merupakan racikan ideal untuk Anda yang mendambakan performa tinggi dengan kualitas visual memukau untuk memainkan game terkini incaran Anda.

Games Benchmark (DirectX® 12)

Untuk Anda yang ingin memainkan game terbaru berbasis API Next-Gen, kami juga melakukan pengujian menggunakan tiga judul game berbasis DirectX® 12 terbaru di tahun 2016 diantaranya Hitman (2016), Total War: Warhammer dan Rise of The Tomb Raider.

Pada pengujian Hitman (2016) kami menggunakan pengaturan grafis Ultra Detail, FXAA, 16xAF, SSAO.

Hitman 2016 DX 12 FX 8350 + RX 480

Pada pengujian Total War: Warhammer kami menggunakan pengaturan grafis Ultra Preset, 16xAF, FXAA.

Total War Warhammer FX 8350 + RX 480

Sedangkan pada pengujian Rise of The Tomb Raider kami menggunakan pengaturan grafis Very High, FXAA, 16xAF, PureHair, HBAO+.

Rise of The Tomb Raider FX 8350 + RX 480

Rise of The Tomb Raider FX 8350 + RX 480

Dari hasil pengujian terbukti juga bahwa padanan prosessor AMD FX-8350 8 Cores dengan Radeon™ RX 480 tak hanya unggul untuk menjalankan game berat berbasis DirectX® 11 tapi juga sudah mumpuni menjalankan game terbaru berbasis DirectX® 12 hingga di atas 60 FPS pada resolusi tinggi Full HD (1920x1080p) dengan pengaturan grafis terbaik. Tentunya dengan menggunakan prosessor AMD FX-8350 8 Cores dan Radeon™ RX 480 Anda bisa mendapatkan sebuah PC Gaming handal yang future-proof dimana masih mampu untuk menjalankan berbagai game modern berbasis API Next-Gen di masa depan.

DirectX 12 Performance RX 480 + FX 8350

Kesimpulan

RX 480

Berdasarkan pengujian ini, bisa di ambil kesimpulan bahwa kartu grafis Radeon™ RX 480 dengan arsitektur Polaris ini hadir dengan peningkatan performa yang cukup mumpuni dengan konsumsi daya yang lebih hemat dan siap Anda ajak untuk memainkan game AAA baik itu yang berbasis DirectX® 11, DirectX® 12 ataupun Vulkan API di resolusi tinggi dengan settingan terbaik. Ditambah kartu grafis ini sudah support gaming Virtual Reality yang dibanderol hanya dengan kisaran harga mulai dari $300 atau sekitar 3,6 Jutaan Rupiah. Tunggu apalagi? Segera miliki kartu grafis ini di toko-toko terdekat di kota Anda dan pasangkan dengan prosessor tertinggi AMD FX Series untuk mendapatkan PC Gaming handal future-proof dengan performa terbaik.

RX 480

Namun apabila Anda menginginkan pilihan lain dengan harga yang lebih terjangkau, platform kartu grafis Polaris juga memiliki seri lainnya yang akan hadir menyusul Radeon™ 480 yaitu Radeon™ RX 470 untuk full HD gaming dan Radeon™ RX 460 untuk E-Sports gaming yang lebih efisien. Anda bisa menyimak selengkapnya artikel mengenai seri Radeon™ RX pada link berikut.

Leave a Reply