Notebook Entry-Level Tetap Unggul Jalankan Multitasking dengan AMD APU E1 Dual Cores!

E1

Di zaman modern seperti sekarang ini, notebook merupakan perangkat andalan yang digunakan oleh banyak orang. Entah itu pelajar sekolah, mahasiswa, ataupun pekerja kantoran kebanyakan membutuhkan perangkat ini untuk mengerjakan aktivitas harian mereka mulai dari editing dokumen di aplikasi Office, membaca email ataupun browsing internet untuk mencari artikel pendukung tugas atau pekerjaan yang sedang dikerjakan. Notebook banyak dipilih sebagai perangkat andalan mengingat kemampuan dan fungsi layaknya sebuah PC Desktop namun bisa dibawa kemanapun saat dibutuhkan.

Namun memilih sebuah notebook bukanlah perkara mudah, karena selain harus mempertimbangkan dari segi performa juga butuh pertimbangan matang dari segi harga. Jika Anda menginginkan notebook yang mumpuni untuk aktivitas harian dengan kisaran dana terjangkau hanya 3 jutaan Rupiah saja, mungkin notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores bisa menjadi pilihan ideal untuk Anda.

AMD APU E1 Dual Cores, Prosessor Hemat Daya yang Kaya Fitur!

E1

Untuk menjawab kebutuhan konsumen akan notebook tangguh dengan harga terjangkau, AMD menghadirkan prosessor AMD APU E1 Dual Cores yang dikhususkan untuk notebook entry-level rentang harga 3 jutaan Rupiah. Menggunakan cores “Puma” untuk varian E1-6010 berkecepatan 1.35GHz dan “Puma+” untuk varian E1-7010 berkecepatan up to 1.5GHz notebook ini tak hanya handal untuk kegiatan harian tapi juga hemat daya dengan TDP hanya 10W.

E1

Tak hanya itu, AMD APU E1 Dual Cores  juga sudah terintegrrasi dengan grafis Radeon™ R2 Graphics yang hadir dengan 2 Compute Unit berarsitektur Graphic Core Next berkecepatan 300-600MHz sehingga mampu menjalankan olah grafis mumpuni untuk keperluan multimedia.

E1

E1

Terdapat beberapa fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores, diantaranya:

  • AMD Quick Stream Technology yang mampu hadirkan pengalaman streaming video lebih lancar berkat penggunaan bandwith internet untuk streaming yang dijadikan prioritas utama secara otomatis saat Anda menonton video di situs favorit.
  • AMD Perfect Picture with AMD Steady Video yang mampu secara otomatis meningkatkan kualitas video yang kamu tonton menjadi lebih baik dengan berbagai teknik seperti edge-enhancement dan noise reduction yang mampu menghadirkan detail lebih tajam. Disertai dengan fitur AMD Steady Video dapat membantu meminimalisir “getaran” yang biasa hadir di video yang direkam diluar ruangan menjadi lebih nyaman untuk ditonton1.
  • AMD Start Now Technology memungkinkan notebook layaknya smartphone yang mampu beralih dari mode sleep ke mode wake up hanya dalam hitungan detik. Tidak hanya itu, notebook juga mampu memperkirakan kapan harus masuk ke mode sleep atau hibernasi secara otomatis saat tidak digunakan sehingga mampu membuat penggunaan daya menjadi lebih hemat.
  • AMD Zero Core Technology yang didukung oleh teknologi AMD PowerTune mampu hadirkan fitur power saving pintar yang menyesuaikan kebutuhan daya berdasarkan aplikasi yang dipakai bahkan mampu hadirkan konsumsi daya sangat rendah saat notebook dalam kondisi long idle2.
  • Radeon Software Crimson Edition hadir sebagai software yang otomatis bisa Anda gunakan setelah instalasi driver kartu grafis Radeon™. Notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores sendiri telah mendukung penggunaan software yang merupakan penerus dari AMD Catalyst Control Centre ini dimana mampu hadirkan user interface yang lebih modern serta diperbaharui secara berkala untuk hadirkan performa maksimal pada notebook Anda.
  • AMD Wireless Display juga merupakan salah satu teknologi yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores dimana mampu menghubungkan notebook Anda dengan proyektor atau monitor yang mendukung teknologi Miracast melalui koneksi nirkabel.

Pengujian Performa Notebook Bertenaga AMD APU E1 Dual Cores

Walau ditujukan sebagai prosessor notebook kelas entry-level namun bukan berarti AMD APU E1 Dual Cores  memiliki kemampuan yang rendah. Anda bisa melihat kemampuan luar biasa notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores ini melalui pengujian performanya saat multitasking menjalankan aplikasi-aplikasi yang cukup menyiksa prosessor. Kali ini kami menggunakan notebook dengan tenaga prosessor AMD APU E1-6010 Dual Cores berkecepatan 1.35GHz yang sudah dilengkapi grafis terintegrasi APU Radeon™ R2 Graphics, menggunakan sistem operasi Windows 10 64-bit dan driver terbaru Radeon Software Crimson Edition dengan pengaturan balanced (bukan high performance).

E1

Dalam pengujian kami mencoba menjalankan video playback dengan format Blu-Ray resolusi Full HD (1920x1080p) dengan ukuran file mencapai 3GB. Terbukti video yang terbilang berat ini bisa berjalan dengan lancar pada notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores tanpa kendala apapun! Bahkan pada pengujian ini bisa terlihat bahwa CPU resource yang dipakai hanya sekitar 31% saja, menandakan bahwa penggunaan CPU dalam menjalankan aplikasi berat tidak memakan daya berlebih pada notebook ini sehingga memungkinkan Anda menonton film favorit Anda hingga waktu yang lama.

E1

Apakah kemampuan notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores hanya sebatas itu saja? Tentu saja tidak! Kami juga mencoba melakukan pengujian yang lebih “menyiksa” CPU dengan menjalankan 2 video playback dengan format Blu-Ray resolusi FullHD (1920x1080p) sekaligus bersamaan dengan editing dokumen di aplikasi Wordpad. Terbukti pada pengujian kinerja multitasking pada notebook entry-level ini, dua video tersebut masih tetap berjalan dengan mulus tanpa mengganggu kinerja notebook menjalankan aplikasi lain seperti aplikasi office.

E1

Walau sudah hadirkan test yang cukup menyiksa, nyatanya notebook ini tidak terlihat kewalahan menjalankan tugasnya dengan load CPU hanya mencapai 48% saja. Hasil pengujian ini tentunya mampu membuktikan kepada Anda bahwa walaupun termasuk dalam jajaran notebook entry-level, notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores tetap mumpuni untuk multitasking harian dan tetap hemat daya. Dengan notebook ini tentunya Anda tak perlu khawatir dalam mengerjakan berbagai tugas harian Anda mulai dari browsing di internet sambil membuka aplikasi email, chat, office atau sambil mendengarkan musik sekaligus! Bonus plusnya, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sangat terjangkau di kantong.

Simak Rekomendasi Notebook Bertenaga AMD APU E1 Dual Cores yang Bisa Anda Pilih di Pasaran Indonesia Saat Ini!

Bagi Anda yang berminat memiliki salah satu notebook bertenaga AMD APU E1 Dual Cores, Anda bisa menyimak rekomendasi kami kali ini dimana rata-rata dijual hanya pada kisaran harga 3 jutaan Rupiah saja! Dibawah ini merupakan beberapa varian yang sudah tersedia di pasaran Indonesia pada tahun 2016.

ASUS X540YA

 E1

Bekerjasama dengan vendor terkemuka Asus, AMD menghadirkan notebook Asus X540YA dengan desain stylish berbasis tenaga AMD APU E17010 Dual Cores yang merupakan versi pembaharuan dari AMD APU E1-6010 di generasi sebelumnya. Hadir dengan Clock Speed lebih kencang hingga 1.5GHz notebook ini tentunya tak hanya nyaman untuk multitasking beragam aplikasi pendukung kerja harian, tapi juga nyaman digunakan untuk multimedia seperti mendengar musik dan menonton film favorit Anda. Apalagi notebook ini juga telah mengusung layar lebar hingga 15.6” resolusi HD (1366x768p) yang memberikan keleluasaan tersendiri dari segi pandangan. Tak hanya itu layar notebook ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi anti glare juga membuat notebook ini lebih nyaman digunakan di luar ruangan sehingga Anda bisa leluasa menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Notebook ini juga telah dilengkapi dengan teknologi ASUS Sonic Master yang mampu menyajikan kualitas audio kelas premium. Anda bisa mendapatkan notebook tangguh nan hemat daya ini dengan dukungan garansi global resmi selama 2 tahun sebesar Rp. 900.000,00 dari Asus pada kisaran harga Rp. 3.299.000,00.

Spesifikasi Umum:

  • AMD APU E1-7010 Dual Cores (up to5GHz)
  • Kartu grafis Radeon™ R2 Graphics terintegrasi APU
  • Layar 6″ HD (1366x768p)
  • RAM 2 GB DDR3 up to 8GB
  • HDD 500GB
  • Sistem Operasi DOS
  • USB 3.0, WIFI
  • DVD Writer
  • 2 Tahun Garansi Global Rp. 900.000,00
ASUS X555YA

E1

Varian lainnya dari hasil kerjasama AMD dan Asus dengan ukuran layar besar hingga 15.6” resolusi HD (1366x768p) adalah Asus X555YA. Masih menggunakan AMD APU E1-7010 Dual Cores yang sama dengan varian sebelumnya notebook ini tentunya juga handal digunakan untuk multitasking beragam aplikasi harian dan multimedia, hanya saja dibuat dengan desain yang terlihat lebih modern. Untuk tampilan gambar dengan kualitas warna yang lebih baik notebook ini juga sudah dilengkapi teknologi ASUS Splendid Video. Tak lupa dilengkapi dengan teknologi ASUS Sonic Master untuk kualitas audio premium layaknya di bioskop, sehingga sangat cocok digunakan untuk menonton film atau musik favorit di saat lelah beraktivitas. Anda bisa memperolehnya pada kisaran harga Rp. 3.399.000,00.

Spesifikasi Umum:

  • AMD APU E1-7010 Dual Cores (up to5GHz)
  • Kartu grafis Radeon™ R2 Graphics terintegrasi APU
  • Layar 6″ HD (1366x768p)
  • RAM 2 GB DDR3 up to 8GB
  • HDD 500GB
  • Sistem Operasi DOS
  • USB 3.0, WIFI
  • DVD Writer
  • 2 Tahun Garansi Global Rp. 900.000,00
ASUS X454YA

E1

Jika Anda penyuka notebook dengan tampilan kasual dengan ukuran layar standar 14” resolusi HD (1366x768p), Anda bisa memilih varian ketiga hasil kerjasama AMD dan Asus yakni Asus X454YA. Notebook ini juga menggunakan tenaga AMD APU E1-7010 Dual Cores yang sama dengan varian-varian sebelumnya hanya saja lebih ringkas dengan ukuran yang lebih kecil dan berat hanya 2.1Kg. Sangat cocok untuk mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan jenis notebook yang mudah dibawa kemana-mana untuk berbagai keperluan. Anda bisa memperolehnya pada kisaran harga Rp. 3.399.000,00.

Spesifikasi Umum:

  • AMD APU E1-7010 Dual Cores (up to5GHz)
  • Kartu grafis Radeon™ R2 Graphics terintegrasi APU
  • Layar 14″ HD (1366x768p)
  • RAM 2 GB DDR3 up to 8GB
  • HDD 500GB
  • Sistem Operasi DOS
  • USB 3.0, WIFI
  • DVD Writer
  • 2 Tahun Garansi Global Rp. 900.000,00
LENOVO G40-45

 E1

Pilihan terakhir yang bisa menjadi salah satu rekomendasi notebook terjangkau untuk Anda miliki, adalah hasil kerjasama AMD dengan Lenovo dengan nama seri Lenovo G40-45. Notebook ini walaupun hadir dengan tenaga AMD APU E1-6010 Dual Cores dengan kecepatan lebih rendah dibanding varian-varian sebelumnya yakni 1.35 GHz namun sudah teruji pada pengujian sebelumnya bahwa notebook ini tetap dapat diandalkan untuk urusan multitasking dan multimedia berkat dukungan kartu grafis Radeon™ R2 Graphics terintegrasi APU. Selain itu, Lenovo G40-45 ini juga sudah memiliki dukungan teknologi Dolby® Advanced Audio V2™ yang mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi saat mendengar musik atau streaming video di situs favorit. Dari semua varian, notebook ini merupakan varian paling terjangkau dengan harga hanya Rp. 3.099.000,00 saja dimana Anda juga telah otomatis mendapatkan bonus Windows 10 Original. Tentu notebook ini cocok untuk pelajar atau mahasiswa praktis yang tidak ingin repot-repot melakukan instalasi sistem operasi terlebih dulu untuk bisa segera merasakan kehebatannya. Notebook ini terbilang ringan dan cukup tipis dengan berat hanya 2.1Kg dan dengan ketebalan hanya 24mm sehingga sangat praktis dibawa kemanapun saat dibutuhkan.

Spesifikasi Umum:

  • AMD APU E1-6010 Dual Cores (1.35GHz, 1M Cache)
  • Kartu grafis Radeon™ R2 Graphics terintegrasi APU
  • Layar 14″ HD (1366x768p)
  • RAM 2 GB DDR3 up to 8GB
  • HDD 500GB
  • Sistem Operasi Windows 10 Original
  • USB 3.0, WIFI
  • DVD
  • 1 Tahun Garansi

Kesimpulan

Sepanjang pembahasan mengenai notebook bertenaga AMD APU E1 di atas, bisa disimpulkan bahwa walau notebook ini hanya mengandalkan tenaga CPU Dual Cores namun kinerjanya dalam hal multitasking pekerjaan harian hingga kegiatan hiburan atau multimedia yang cukup berat seperti menonton film Blu-Ray resolusi HD (1920x1080p) sudah tidak perlu diragukan lagi! Keuntungan lainnya Anda bahkan bisa mendapatkannya dengan harga ramah di kantong sekitar 3 jutaan Rupiah sehingga cocok untuk berbagai kalangan yang membutuhkan notebook mumpuni namun memiliki budget terbatas. Segera dapatkan keempat varian notebook di atas pada toko-toko langganan terdekat di kota Anda, sebelum kehabisan!

Catatan:

  1. Disarankan untuk memakai video player yang mendukung, diantaranya adalah Windows Media Player, VLC dan MPC-HC.
  2. Hadirkan pemakaian daya menyentuh 0 Watt saat dalam keadaan long idle seperti saat notebook dalam keadaan ditutup dalam waktu yang lama.

Latest articles

Related articles

8 Comments

  1. Admin tlg tanya, ASUS X540YA-E1 itu bisa diupgrade gk RAMnya? Sdh tny ke mana2 jwbnnya masih meragukan, soalnya trmsk produk baru, dan tdk ada ram doornya.

  2. hi admin,
    untuk x540ya apakah ada slot memory tambahan? soalnya saya lihat dibagian bawah tidak ada “jendela” untuk menambah memory ram seperti di X454YA,..
    thank you

  3. Admin mau tanya dong. Maksutnya asus x540ya ini bisa di ekspansi ke 8gb gmn ya? Soalnya kemaren nyoba mau upgrade ram ternyata tidak ada slot nya, padahal di “task manager” , “cpu-z” dan “astra32” ke detect slot nya lebih dari 1. Btw mohon dijawab ya min , terima kasih.😂😂

    • Hi Yoshi, untuk masalah jumlah slot memory yang ada di Notebook Asus X540YA, mimin rekomendasikan untuk konsultasikan masalah ini ke pihak Asus Indonesia selaku vendor Notebook tersebut 🙂

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here