Asus X454YI

Asus X454YI: Notebook Harga Terjangkau dengan AMD APU Hemat Daya

Perkembangan teknologi semakin pesat kini menyebabkan penggunaan notebook menjadi suatu kebutuhan yang cukup di perlukan untuk membantu kegiatan belajar siswa-siswi di sekolah. Mulai dari mencari informasi tentang bahan pelajaran di internet sampai mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Asus X454YI

Untuk itu bersamaan dengan tahun ajaran baru yang sudah dimulai, AMD bersama dengan Asus bekerjasama menghadirkan sebuah notebook terbaru yaitu Asus X454YI. Notebook ini ditenagai oleh prosessor AMD APU generasi ke-6 “Carrizo-L” yang hemat daya yaitu AMD APU A8-7410 Quad Core dengan kartu grafis Radeon™ R5 M330 2GB. Kombinasi dari keduanya menghasilkan notebook yang handal untuk berbagai kegiatan mulai dari mengerjakan tugas, edit foto atau video, multimedia hingga gaming sekalipun.

Asus X454YI

Pasalnya jeroan yang tersemat dalam Asus X454YI ini, yaitu prosessor AMD APU A8-7410 memiliki 4 buah core dengan kecepatan up to 2.5 Ghz yang cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari. Selain memiliki performa yang bisa di andalkan, AMD APU A8-7410 juga merupakan salah satu prosessor hemat daya di kelasnya dengan TDP hanya sebesar 12W.

Sementara kartu grafis Radeon™ R5 M330 yang juga mendukung perfoma Asus X454YI, berbalut arsitektur Graphics Core Next (GCN) terkini yang mendukung fitur AMD APP (OpenCL) serta DirectX 12. Dengan VRAM sebesar 2 GB, kartu grafis ini mampu untuk menunjang kebutuhan hiburan multimedia hingga gaming online atau gaming mainstream dengan baik.

Asus X454YI

Selain dibekali dengan performa yang mumpuni, Asus X454YI sendiri memiliki layar resolusi HD berukuran 14 inch (1366×768) dan didukung dengan RAM berkapasitas 4GB DDR3. Penyimpanan sebesar 500GB HDD dalam notebook ini juga cukup untuk menyimpan berbagai file-file penting. Asus X454YI juga memiliki design keyboard yang ergonomis sehingga nyaman untuk digunakan dalam mengetik. Tak hanya itu, touchpad berukuran besar yang dilengkapi teknologi Smart Gesture untuk merespon beragam gaya sentuh dengan cepat dan akurat.

Adapun keunggulan lain yang di miliki Asus X454YI adalah dilengkapi dengan teknologi ASUS IceCool Technology yang memberikan kenyamanan saat bekerja ataupun bermain, teknologi Asus Sonic Master yang tampilan kualitas audio premium, serta teknologi AMD Enduro Power Management yang dapat mengatur secara otomatis penggunaan daya, sehingga lebih hemat. Penggunaan baterai Polymer juga membuat notebook ini 2.5x lebih tahan lama! Sangat pas untuk dibawa kemanapun tanpa takut kehabisan daya saat sedang mengerjakan tugas penting. Varian satu ini bisa didapatkan dengan harga resmi Rp. 4.799.000,00.

Processor AMD® APU A8-7410 Processor dengan Radeon™ R5 Graphics
System Operation DOS
Memory  4 GB DDR3
Display 14.0″ HD (1366×768)
Discrete Graphic AMD Radeon™ R5 M330 2GB
Optical Driver Super-Multi DVD
Card Reader 3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC)
Camera HD Web Camera
Networking Terintegrasi 802.11 b/g/n
Built-in Bluetooth™ V4.0 (Optional)
10/100/1000 Base T
Ports 1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
1 x USB 3.0 port(s)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
Audio ASUS SonicMaster Technology
Dimensions 34.8 x 24.28 x 2.72 cm (WxDxH)
Package weight 2.1 kg with Battery

Tak hanya itu kini terdapat juga varian dengan harga lebih terjangkau yang sama-sama menggunakan APU “Carrizo-L” yang hemat daya, yakni AMD APU A6-7310 Quad Core berkecepatan hingga 2.4GHz dilengkapi grafis terintegrasi Radeon™ R4 Graphics. Namun untuk performa lebih tinggi AMD & Asus juga menyematkan kartu grafis diskrit Radeon™ R5 M330 dengan Dedicated  Memory 2GB. Walau dengan ukuran RAM lebih kecil yakni 2GB DDR3 varian ini tetap mampu diandalkan untuk multitasking. Varian ini juga sudah dilengkapi dengan penyimpanan cukup besar yakni HDD dengan kapasitas 500GB. Anda bisa memperolehnya dengan harga resmi Rp. 4.399.000,00.

Processor AMD® APU A6-7310 Processor dengan Radeon™ R4 Graphics
System Operation DOS
Memory  2 GB DDR3
Display 14.0″ HD (1366×768)
Discrete Graphic AMD Radeon™ R5 M330 2GB
Optical Driver Super-Multi DVD
Card Reader 3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC)
Camera HD Web Camera
Networking Terintegrasi 802.11 b/g/n
Built-in Bluetooth™ V4.0 (Optional)
10/100/1000 Base T
Ports 1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
1 x USB 3.0 port(s)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
Audio ASUS SonicMaster Technology
Dimensions 34.8 x 24.28 x 2.72 cm (WxDxH)
Package weight 2.1 kg with Battery

Kesimpulan :

Bagi Anda yang mencari sebuah notebook handal untuk segala kebutuhan baik dalam kegiatan sehari-hari bahkan hiburan, notebook Asus X454YI dengan AMD APU A8-7410 & AMD APU A6-7310 ini sangat cocok untuk Anda. Dibanderol dengan harga terjangkau hanya sekitar 4 jutaan saja, Anda bisa dapatkan performa maksimal yang hemat daya. Ditambah Anda juga bisa dapatkan GAME ORIGINAL GRATIS dari setiap pembelian notebook ini dengan varian APU A8. Tunggu apa lagi, segera dapatkan notebook ini di toko-toko terdekat di kota Anda untuk menemani kegiatan belajar di tahun ajaran baru ini!

Asus X454YI

Catatan:

  1. TDP = satuan dari efisiensi daya yang di hasilkan oleh Processor. semakin rendah, maka akan semakin rendah suhu processor tersebut dan hemat daya. TDP 12w yang ada di AMD APU A8 7410 & APU A6-7310 sendiri, termasuk dalam kategori processor hemat daya yang memungkinkan untuk memiliki daya tahan baterai selama 4-5 jam saat pemakaian harian.

63 comments

  1. Bayu, Muhammad
    Reply

    Sangat mengharapkan adanya Gaming Review untuk produk ini, sebagai pertimbangan tambahan sebelum membeli. Terima kasih.

  2. Faizal
    Reply

    Min, yang HP AF118AU kan grafis R5nya dedicated sama prosesornya, apa gak memengaruhi performa? Sedangkan asus ini sama lenovo g40 terpisah? Jadi lebih bagus yang mana min?

  3. Halo AMD saya mau bertanya, notebook Asus X454YI dengan Asus X454YA (A8) penggunaan RAM maksimalnya berapa ya dan memiliki berapa slot RAM? Dual Channel atau Single Channel?
    Untuk bisa memakai RAM dgn jumlah maksimal menggunakan OS Win 10 32 bit atau 64 bit?
    Bisa pakai driver AMD terbaru ga ya untuk notebook ini?

    Maaf banyak bertanya karena sedang mencari notebook dengan prosesor AMD A8. hehehe
    Terimakasih banyak atas jawabannya 🙂

  4. Untuk notebook ini beneran ada tidak ya? Saya sudah tanya ke CS Asus dan mereka bilang kalau untuk Notebook Asus X454YI dengan Processor AMD A8 tidak dipasarkan di Indonesia. Yang bener yang mana nih AMD? Mohon jawabannya. Atau ada usul Notebook lain dengan spesifikasi yang hampir sama dengan notebook ini?

  5. Abdi
    Reply

    Min, ane mau nanya, ane beli ini laptop, tapi main dota 2 set low dapat fps rendah, kalau di set high fps nya hanya turus sedikit, kurang lebih kayak di set low hanya beda saat mindahin kursor, kalau yang low lebih smoth dari pada high, tp fps kurang lebih sama, itu masalahnya dimana yaa ??
    bisa dual channel gak laptop ini ??

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Notebook ini tidak mendukung mode Dual Channel. namun, mendukung ekspansi RAM sampai dengan 8 GB DDR3 1866 Mhz.
      Untuk masalah game DOTA 2, Coba mimin sarankan untuk mencoba mengubah game tersebut ke mode “High Performance” Caranya bisa
      dilihat di video yang dibuat oleh komunitas disini :

    • Admin
      Author Reply

      Hai Rizky, untuk Radeon R4 Graphics ini adalah grafis terintregrasi dari Processor AMD A8 7410 sedangkan Radeon R5 M330 adalah seri dari grafis diskrit
      yang ada di Notebook ini. Grafis diskrit ini adalah sebutan untuk komponen grafis tambahan yang akan dipakai untuk saat kebutuhan berat seperti bermain
      game atau edit multimedia. 🙂

      • Oh, iya makasih min. ngomong” ane pke Asus x454yi yang versi lama Processor AMD A6 7310 APU with Radeon r4 + r5 M320. klo yang ane baca” di website katanya grafis terintegrasi itu tergantung besarnya ram yang di pake ya? max untuk tambahan ram di laptop ini brpa min? soalnya ane liat socket yang tersedia cman 1 tmpat ram nih.

  6. Risky pradana adam
    Reply

    Oh, gitu ya. Ngomong” ane pke yang varian lama AMD A6 7310 APU with Radeon R4 + R5 M320. Klo untuk slot ramnya kan cma 1 nih, bisa max smpe brpa kpasitasnya? Yang ane baca” di website lain ktanya grafis yang terintegrasi itu tergantung kpasitas ram yang digunakan, gmana min?

    • Admin
      Author Reply

      untuk satu slot mendukung hingga 8GB DDR3/DDR3L Memory. sedangkan untuk masalah grafis yang terintregrasi, akan menyesuaikan dengan RAM yang digunakan.
      apabila memakai diatas 4GB RAM. maka VRAM yang ada di grafis terintregrasi di APU akan bertambah menjadi 1GB.

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Dalam hal spesifikasi keduanya sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk kebutuhan developer seperti yang kamu sebutkan. Pilihan ada di tangan kamu, Mimin hanya berikan rekomendasi untuk agar upgrade RAM yang ada ke 8GB untuk performa yang lebih baik 🙂

  7. galang yoga
    Reply

    min,saya ingin bertanya mana lebih baik performanya antara asus x550ze-xx111d denganx555dg-xx133d utk penggunaan aplikasi semacam autocad,inventor,solidworks dll min? mohon sarannya ya..

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Untuk dalam hal performa. ASUS X55DG memiliki performa lebih baik. Mengingat menggunakan Processor AMD APU 6th terbaru dengan codename AMD Carrizo yang memiliki performa lebih baik dibandingkan ASUS X55ZE dengan Processor AMD APU yang lebih lawas. Untuk aplikasi grafis 3D yang kamu sebutkan, sudah cukup mumpuni. Namun, maimin sarankan untuk membeli Notebook dengan Processor AMD FX serta gunakan RAM min 8GB. agar performa maximal 🙂

  8. galang yoga
    Reply

    menanggapi saran yg telah mimin berikan,sebagai contoh notebook yg berprocessor amd fx yg performanya mumpuni utk aplikasi grafis 3d dgn budget 6jtan bermerk asus itu apa ya?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Galang. Mimin merekomendasikan untuk membeli Notebook Asus X550ZE dengan Processor AMD FX 7600P sudah mumpuni untuk kegiatan yang kamu lakukan. Untuk hadirkan performa maximal, Mimin sarankan untuk upgrade Memory RAM ke 8GB 🙂

  9. Anton sanjaya
    Reply

    Laptop saya asus x454ya A8 7410,ram 4giga..apa bisa di upgrade vga nya atau di tambah dengan vga external?
    Trus ram nya support dual channel gak?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Anton, perlu kamu ketahui, untuk komponen Notebook yang bisa di Upgrade hanyalah Hardisk serta RAM saja, sedangkan untuk komponen Procesor dan grafis tidak bisa di Upgrade mengingat sudah menyatu dengan komponen Board di Notebooknya. untuk Processor AMD A8 7410 yang ada di Notebook Asus X45YA hanya mendukung mode Single Channel dengan support ekspansi hingga kapasitas 8GB DDR3 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yhono, Notebook tersebut memakai grafis AMD Radeon R5 yang menggunakan VRAM dengan jenis “Shared Memory” secara default memiliki kapasitas 512 MB dan akan bertambah mengikuti ukuran kapasitas Ram yang digunakan, semakin besar kapasitas Ram Notebook maka akan semakin besar VRAM yang ada 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Danny, dalam hal kegiatan sehari-hari AMD A9-9400 hadirkan kinerja yang lebih baik, dikarenakan hadir dengan Clock Speed yang lebih tinggi. Sedangkan untuk gaming keduanya kurang lebih setara 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Chan, benar sekali kartu grafis yang dipakai telah menggunakan VRAM 2GB, antara Lenovo G41-35 dan Asus X454YI keduanya memakai spesifikasi yang hampir sama jadi dalam hal performa tidak berbeda jauh, mimin rekomendasikan untuk melakukan survey ke forum yang ada di internet untuk info lengkapnya 🙂

Leave a Reply