Prosessor-AMD-Ryzen,-Sajikan-Performa-Tinggi-di-Dukung-dengan-SenseMI-Technology

Prosessor AMD Ryzen, Sajikan Performa Tinggi di Dukung dengan SenseMI Technology

• AMD Ryzen, Prosessor dengan Performa Tinggi Terbaru dari AMD Berbasis 14nm FinFET • Hadir dengan Maksimal 8 Core 16 Thread dalam Bentuk SoC yang Efisien • Hadirkan Performa Lebih Bertenaga dengan AMD SenseMI Technology

RIWAYAT AMD X86

AMD telah dikenal dengan produk prosessor berbasis x86 miliknya selama beberapa dekade. Telah banyak produk dan inovasi yang sudah dihadirkan salah satunya yang bermanfaat bagi banyak orang dimasa kini adalah inovasi berupa komputing berbasis 64 bit (arsitektur x86-64 ) yang menjadi basis untuk komputer terkini. Serta AMD jugalah yang menjadi pionir dalam teknologi arsitektur x86 seperti hadirkan Processor Quad Core berbasis SoC (System on Chip) pertama serta hadirkan Processor x86 pertama yang ada di konsol game terkemuka Xbox One dan Playstation 4. Lalu kira-kira apa lagi inovasi yang dikeluarkan AMD di tahun 2017 ini?

Sambutlah AMD Ryzen, Prosessor Performa Tinggi Terbaru untuk High-end Desktop PC

Ryzen

Di tahun 2017 AMD kembali menggemparkan dunia dengan hadirkan inovasi berteknologi mutakhir, prosessor dengan arsitektur “Ryzen”. Prosessor ini nantinya dapat pengguna jumpai sebagai produk prosessor untuk PC Desktop, APU, server dan bahkan notebook. Namun khusus untuk segmen Desktop,  “Ryzen” terkencang akan hadir untuk memenuhi keinginan konsumen enthusiast yang menginginkan PC High-End kualitas tinggi. Diharapkan dengan adanya inovasi ini mampu membangkitkan kembali era kejayaan AMD di masa lalu dan melanjutkan perjalanan AMD sebagai produsen prosessor dengan arsitektur x86 terdepan.

Teknologi Ryzen

Prosessor AMD Ryzen hadir dengan beberapa teknologi premium terkini diantaranya adalah :

  • Hadir dengan maksimal hingga 8 Core / 16 Thread
  • Clock Speed 3.4 Ghz+
  • L2 + L3 Cache Besar hingga 20MB
  • Dilengkapi teknologi terbaru AMD SenseMI Technology

Tidak hanya hadirkan teknologi kelas premium diatas, prosessor AMD Ryzen juga menggunakan teknologi fabrikasi 14nm FinFET terbaru yang hadirkan performa dan efisiensi jauh lebih baik dibandingkan fabrikasi 32nm dan 28nm yang digunakan pada prosessor AMD generasi sebelumnya.

Hadir dengan 8 Core didukung dengan Teknologi SMTSimultaneous Multi Threading Ryzen

Pada umumnya prosessor AMD yang ada sekarang ini hanya menghadirkan konfigurasi dimana 1 Core bisa mengolah 1 buah Thread (pekerjaan). Nah pada AMD Ryzen terbaru hal ini akan berubah dengan kehadiran teknologi bernama Simultaneous Multi-Threading (SMT) dimana memungkinkan untuk 1 buah “Core” fisik bisa mengolah 2 buah Thread (pekerjaan) sekaligus. Dengan adanya metode SMT ini membuat setiap Core yang ada “seolah-olah” akan dianggap sebagai dua buah “otak” oleh sistem operasi dikarenakan bisa mengolah 2 buah Thread.

High Bandwidth Low Latency Ryzen

Untuk menjamin performa antara masing-masing Core bisa berjalan baik saat menangani dua buah Thread, AMD menyematkan hingga 20MB “High-Bandwith Low Latency” Cache ke dalam prosessor AMD Ryzen yang akan membuat kinerja per Thread tetap maksimal saat penggunaan aplikasi berbasis Multi-Thread.

Fabrikasi 14nm FinFET Terkini Hadirkan Processor yang Lebih Efisien

14nm FinFET Ryzen

Densitas Transistor Lebih Tinggi pada Chip AMD Ryzen Berbasis 14nm FinFET Mampu Hasilkan Performa Tinggi dengan Efisiensi Daya Lebih Baik dibanding Prosessor Berbasis 28nm

Efisiensi Tinggi dengan Ryzen

Dapatkan 40% Instruction Per Clock Lebih Tinggi dengan Tingkat Konsumsi Daya Lebih Rendah dengan Prosessor AMD Ryzen

Tidak hanya hadir dengan teknologi SMT saja, AMD juga menghadirkan fabrikasi 14nm FinFET terkini untuk prosessor AMD Ryzen. Dengan didukung fabrikasi terkini serta ditambah dengan teknologi SMT terbaru membuat AMD Ryzen hadir sebagai prosessor dengan Performa/Watt yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Performa Lebih Bertenaga dengan AMD SenseMI Technology

SenseMI Technology Ryzen

Untuk hadirkan performa yang lebih bertenaga, prosessor AMD Ryzen hadirkan fitur khusus yang bernama AMD SenseMI Technology dengan keunggulan sebagai berikut:

Pure Power : AMD telah menyematkan lebih dari 100 sensor pada prosessor AMD Ryzen yang berfungsi untuk memonitor kondisi PC pengguna saat itu. Informasi-informasi tersebut kemudian digunakan untuk menentukan voltase, kecepatan prosessor dan mode operasi yang paling optimal untuk mendapatkan performa tinggi dengan daya seminimal mungkin secara otomatis.

Pure Power RyzenPrecision Boost : Merupakan fitur “Boost” pintar yang akan bekerjasama dengan fitur Pure Power untuk menghadirkan tambahan clockspeed yang lebih tinggi menyesuaikan dengan keadaan PC pengguna saat itu. Minimal peningkatan berkisar antara 25MHz per detik sampai dengan seribu kali lipat dari itu.

Precision Boost Ryzen

Extended Frequency Range (XFR) : Fitur ini merupakan fitur yang dinantikan oleh banyak pengguna, karena mampu menghadirkan clockspeed lebih tinggi dari yang ditawarkan fitur Precision Boost secara otomatis dengan penggunaan jenis pendingin yang lebih baik.

Extended Frequency Range (XFR) Ryzen

Neural Net Prediction : Dengan adanya fitur “pintar” satu ini memungkinkan prosessor Ryzen untuk melakukan prediksi lebih akurat dalam mengatur intruksi pekerjaan dalam CPU berdasarkan riwayat penggunaan aplikasi di masa sebelumnya.

Neural Net Prediction Ryzen

Smart Prefetch : Merupakan teknologi algoritma mutakhir yang dapat memprediksi perilaku masa depan suatu software sehingga data yang sekiranya dibutuhkan, sudah sejak awal disimpan dalam cache yang tersedia untuk dapat digunakan sewaktu-waktu setiap dibutuhkan.

Smart Prefetch Ryzen

Kenali Motherboard Socket AM4 untuk Prosessor Ryzen, Satu Socket untuk Beragam Platform!

motherboard AM4 Ryzen

Untuk menunjang performa prosessor AMD Ryzen, AMD turut menghadirkan motherboard dengan dukungan teknologi terbaru bersoket AM4 yang akan hadir berbarengan saat prosessor AMD Ryzen dirilis. Pada motherboard bersoket AM4 ini Anda sudah bisa menikmati fasilitas memori DDR4, teknologi PCIe® Gen 3, dan port NVMe/USB 3.1 Gen 2/SATAe.

AM4 Motherboard Chipset Ryzen

AM4 Motherboard Chipset Ryzen

AMD hadirkan beberapa seri chipset untuk motherboard terbaru ini, dimana hadir untuk beragam kalangan mulai dari pengguna essential, mainstream hingga enthusiast! Hadir pula motherboard dengan chipset X300 dan A/B300 khusus untuk pengguna essential dan enthusiast yang menginginkan PC dalam format SFF (Small Form Factor) seperti yang biasa digunakan untuk Mini HTPC (Home Theater PC). Berikut rangkuman lini prosessor Desktop terbaru AMD yang akan menggunakan soket AM4.

AM4 Motherboard Chipset Ryzen

AM4 Motherboard Ryzen

Berbagai produsen motherboard terkenal yang akan mendukung motherboard bersoket AM4 khusus untuk lini prosessor AMD Ryzen antara lain adalah ASRock, ASUS, BIOSTAR, GIGABYTE dan MSI. Mereka nantinya akan menyediakan motherboard untuk berbagai platform mulai dari Micro ATX hingga motherboard Gaming ATX, sedangkan untuk Mini-ITX akan segera menyusul.

Dukungan Pendingin Pihak Ketiga

3rd Party Cooler Ryzen

Produsen pendingin  pihak ketiga berkualitas seperti Noctua dan Corsair juga telah menyediakan dukungan untuk motherboard bersoket AM4. Nantinya akan ada sekitar 15 vendor yang bekerjasama untuk produksi pendingin khusus prosessor AMD Ryzen baik dalam bentuk air-cooling maupun liquid-cooling. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan stock-cooler AMD telah menyediakan pendingin bawaan mumpuni dengan teknologi serupa dengan Wraith Cooler.

Dukungan Produsen PC Built Up

Ryzen OEM

Prosessor AMD Ryzen juga telah mendapatkan hati dari berbagai produsen dan penggiat industri PC build-up yang sebagian besar berfokus ke PC gaming High-End untuk kalangan enthusiast. Mereka menyatakan puas akan performa yang dan fitur yang Ryzen hadirkan. AMD menargetkan PC gaming dan sistem VR OEM berbasis prosessor Ryzen bisa segera tersedia mulai awal tahun 2017 ini.

Ryzen

Arsitektur Zen akan Hadir diberbagai Lini Produk AMD Masa Depan

Zen Core Akan Segera Hadir

Tidak hanya hadir dalam prosessor Desktop saja,  core “Zen” juga akan hadir dalam produk lainnya seperti prosessor Server, prosessor Notebook hingga hadir dalam bentuk produk Embedded yang biasa digunakan untuk beragam kegiatan komersial seperti Videotron, peralatan Rumah Sakit, ATM, mesin parkir otomatis dan lain sebagainya. Seperti terlihat prosessor berbasis core Zen akan memegang peranan sangat penting dalam lini produk AMD kedepannya. Untuk Anda yang tidak sabar untuk segera mengetahui seberapa hebat performa prosessor dengan core Zen ini untuk berbagai keperluan mulai dari Design Grafis professional, gaming eSports hingga gaming 4K kualitas tertinggi dan bahkan Virtual Reality, Anda bisa melihat cuplikan video Demo prosessor AMD Ryzen berikut ini.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk beralih ke Ryzen?