GAMING REVIEW Lenovo IdeaPad 110, Notebook Gaming Terjangkau Bertenaga AMD APU A9!

GAMING REVIEW: Lenovo IdeaPad 110, Notebook Gaming Terjangkau Bertenaga AMD APU A9!

Lenovo IdeaPad 110 7th Gen APU A9-9400

Butuh notebook untuk multimedia dan gaming namun budget pas-pasan? Lenovo IdeaPad 110 bisa menjadi pilihan yang tepat, karena hanya dengan harga 4 Jutaan Rupiah, notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9400 Dual-Core ini sudah mampu menjalankan segala keperluan baik itu pekerjaan harian, editing foto atau video, menonton video di resolusi 4K berkat tertanamnya hardware HEVC hingga cukup powerful untuk gaming mainstream terkini! Walau AMD 7th Gen APU A9-9400 ini hanya memiliki 2 buah core, namun dengan arsitektur terbaru “Excavator”, AMD 7th Gen APU A9-9400 yang tersemat pada notebook ini sudah dapat melaju dengan kecepatan hingga 3.2 GHz dengan peningkatan performa hingga 52% dan peningkatan kinerja GPU terintegrasi hingga 36% dibanding generasi sebelumnya. Tidak hanya memiliki performa lebih tinggi, AMD 7th Gen APU A9-9400 juga terbilang hemat daya sehingga cocok untuk kalangan mobile yang sering berpindah tempat dan jauh dari jangkauan listrik.

Berikut spesifikasi lengkap dari notebook Lenovo IdeaPad 110 ini:

  • Prosessor : AMD APU A9-9400 up to 3.2 Ghz
  • Kartu Grafis : Kartu grafis terintegrasi Radeon™ R5 Graphics
  • Layar : 14” HD (1366x768p)
  • Memory : RAM 4GB DDR4
  • Hard Disk : 1TB HDD
  • Optical Drive : DVD Recordable
  • Audio : 1x Stereo Speaker
  • Webcam : 0.3 MP with Analog Microphone
  • WiFi : WiFi 11 a/c
  • Warna : hitam
  • Sistem Operasi : DOS
  • Garansi Resmi : 1 Tahun
  • Harga resmi : 4.199.000,00

Lalu Bagaimanakah performa Lenovo IdeaPad 110 dalam memainkan game-game terkini? Yuk simak pengujian kami selengkapnya berikut ini!

Pengujian Game

Sebelum melaksanakan pengujian, agar mendapatkan performa maksimal dari notebook yang akan diujikan, kami menggunakan pengaturan pada power option: ke Maximize Performance dengan sistem operasi terbaru Windows 10 64-bit. Kali ini kami akan melakukan pengujian menggunakan dua  judul game yang banyak dimainkan oleh gamers  kalangan mainstream yakni GRID Autosport & Pro Evolution Soccer 2016.

GRID Autosport

GRID AUTOSPORT Lenovo IdeaPad 110

Bagi Anda yang hobi beradu kecepatan dengan bermain game balap mobil, mungkin sudah lama mengenal game berjudul GRID Autosport yang satu ini! GRID Autosport yang dirilis secara global sejak tahun 2015 ini merupakan pilihan game bertema racing dari Codemaster yang cukup populer dimainkan hingga sekarang karena menawarkan permainan seru dengan kualitas grafis yang terlihat nyata.

Minimum Requirements:

  • CPU : AMD Athlon X2 5400+
  • RAM : 2 GB
  • OS : Windows Vista
  • Video Card : AMD Radeon HD 2400
  • Sound Card : yes
  • Free Disk Space : 29 GB

Pada pengujian game ini kami menggunakan pengaturan grafis in-game di tingkat Low, pada Resolusi HD (1280x720p). Kabar gembira untuk pengguna notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9400, karena ternyata Anda sudah dapat menjalankan game ini dengan sangat baik pada rata-rata framerate per detik mencapai 43 FPS!

Pro Evolution Soccer 2016

PES 2016 Lenovo IdeaPad 110

Tak hanya game GRID Autosport yang akan kami ujikan pada pengujian performa notebook AMD kali ini, tapi juga game olahraga Pro Evolution Soccer yang sudah dikenal oleh banyak gamers  dari segala umur di seluruh dunia. Sebagai informasi, game ini merupakan game olahraga populer yang dirilis oleh Konami, dimana selalu menawarkan peningkatan kualitas grafis dan fitur-fitur terbaru pada setiap versinya.

Minimum Requirements :

  • CPU : AMD Athlon ll X2 240 or equivalent processor
  • RAM : 1 GB
  • OS : Windows 8.1/8/7/Vista SP2
  • Video Card : ATI Radeon X 1300 or better
  • Sound Card : yes
  • Free Disk Space : 8 GB

Lalu bagaimana performa notebook bertenaga AMD 7th Gen APU saat menjalankan game olahraga Pro Evolution Soccer 2016? Menggunakan pengaturan grafis pada kualitas Low, di Resolusi HD (1280x720p), notebook Lenovo IdeaPad 110 ternyata sanggup menjalankan game ini dengan mudah pada rata-rata framerate per detik mencapai 60 FPS. Sehingga bagi Anda yang menjadikan game ini sebagai game wajib pengisi waktu senggang, tidak perlu khawatir akan soal performa bila sudah menggunakan notebook satu ini.

Benchmark Gaming Lenovo IdeaPad 110

Kesimpulan

Berdasarkan pengujian gaming di atas terhadap notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9400, bisa disimpulkan bahwa notebook Lenovo IdeaPad 110 walau hanya mengandalkan 7th Gen APU A9 Dual Core tanpa grafis diskrit, tetap dapat diandalkan untuk menjalankan game-game populer seperti GRID Autosport dan Pro Evolution Soccer 2016. Tentunya notebook ini merupakan pilihan yang sangat menggiurkan mengingat harganya yang terjangkau hanya pada kisaran 4 jutaan namun mampu memberikan kinerja yang mumpuni untuk pekerjaan sehari-hari maupun memainkan game –game terkini. Tertarik untuk memilikinya? Segera dapatkan di toko-toko terdekat di kota Anda!

38 comments

    • Admin
      Author Reply

      Untuk PES udah bisa kok, kalau untuk GTA V belum pernah coba sih, tapi sepertinya kurang kuat karena A9 kan hanya dual core, sedangkan untuk jalankan GTA V butuh CPU 4 Core 🙂 kalau mau jalankan GTA V mungkin bisa beli yang pakai APU A10 ke atas

  1. Ivan
    Reply

    Mas admin tolong diperbanyak pengujian terhadap game lainnya dan dishare…
    Soalnya saya baru berani pake laptop ini buat main Fifa Online 3 dan tidak ada masalah.
    Buat game lainnya takut nggak sanggup…!!!

    Oh iya Windows yg saya pake WINDOWS 7 dan RAM nya saya upgrade jadi 8GB. Apakah ada pengaruh pada performanya..?
    Kira-kira game apa saja yg cocok dengan spesifikasi laptop yg saya punya…?
    Terima kasih sebelumnya…

    • Admin
      Author Reply

      Ya, upgrade RAM bisa mempengaruhi performa terutama pada varian A9 yang hanya pakai GPU terintegrasi dimana dengan menambah RAM bisa menambah VRAM untuk GPU terintegrasinya, untuk multitasking juga jadi lebih lancar dengan tambah RAM. Untuk game apa saja yang cocok, mungkin bisa coba game-game kasual yang ringan, seperti PES, PB, game esports seperti DoTA 2 juga masih bisa dengan penyesuaian setting tentunya.

    • Admin
      Author Reply

      Untuk saat ini sih belum ada pilihan lain selain Lenovo, nanti kalau ada yang baru dari vendor lainnya akan mimin bikin artikelnya ya 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk A9 ini kan hanya dual core, jadi sebaiknya untuk jalankan CAD 3D pakai yang di atasnya saja yang sudah 4 core, seperti notebook dengan 7th Gen APU A10, pilihannya ada Acer e5-553g, hp 15-ba004ax dan asus x555qg

  2. Sore min,ane baru beberapa hari beli laptop Lenovo Ideapad 110 A9 VGA R5 M430 2G Dedicated layar 15’6, liat reviews yg admin ulas jadinya ane tertarik terus beli, kata yg jual itu prosesor nya udh Quadcore padahal reviews admin dual-core, trus kata penjual slot RAM nya 2, ane belum bongkar sih. Trus ane liat spesifikasi laptop ane pakai GPU-Z, CPU-Z ,Speccy, dxdiag dll, di aplikasi speccy tertera prosesor AMD A9-9400 RADEON R5 , COMPUTE CORE 2C+3G 2,4GHz, RAM 4.00G Dual Channel Unknown (?-0-0-0)
    Grafik Ari Microsoft display adapter(Lenovo)
    ATI AMD RADEON R5 M430 (Lenovo)
    Crossfire disable ..

    Yang mau ane tanyakan apa benar laptop ane prosesor nya Quadcore sedangkan yg admin reviews dual qore?
    Apa benar slot RAM laptop ane 2 ?
    Apa maksud dr crossfire disable? Apa mungkin VGA R5 M430 belum aktif ,apa harus di lihat di pengaturan bios nya ?
    Thanks 🙏😁🙋✌

    • Admin
      Author Reply

      A9 itu hanya dual core, bukan 4 core, tapi memang kekuatan per corenya lebih tinggi dibanding kekuatan A8 yang quad core. Slot RAM setau mimin memang dua, tapi tidak bisa dual channel ya, hanya single channel, dan untuk crossfire, notebook ini memang tidak bisa crossfire/dual graphic, hanya bisa SWITCHable graphic dari GPU terintegrasi APU atau GPU dedicatednya yang R5 M430, kalau kamu aktifkan maximize performance di power options windows, yang aktif otomatis yang R5 M430nya

  3. hardi
    Reply

    mw tanya min, laptop lenovo ideapad 110 sy udah terlanjur downgrade dri win 10 ke win 8, ada problem gak nemu driver vga amd a9 radean r5 buat windows 8, yg ada cuma win 7 dan 10, ada solusi slain install ulang balik ke win 10?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Harits, Lenovo IdeaPad 110 memiliki dua variant yaitu dengan monitor 14″ tanpa kartu grafis diskrit dan 15.6″ dengan kartu grafis diskrit. Pada pengujian ini laptop yang digunakan adalah variant tanpa kartu grafis diskrit.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aboet, mimin sendiri belum pernah mencoba secara langsung sehingga belum bisa memastikan, mungkin kamu bisa coba langsung dengan settingan di sesuaikan mulai dari low terlebih dahulu.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, bisa sebutkan judul gamenya? namun secara overall game online, eSports dan game mainstream sudah bisa, yang penting settingannya disesuaikan tiap game karena karakteristik setiap game berbeda2.

Leave a Reply