AMD Ryzen™ 5: Hadirkan Nilai Lebih untuk Gamer dan Kreator dengan Harga Terjangkau!

  • AMD Hadirkan AMD Ryzen™ 5 yang tersedia dalam versi 6 Core 12 Thread dan 4 Core 8 Thread.
  • Berikan Nilai Lebih untuk Gamer dan Kreator dengan Harga Lebih Terjangkau.
  • Didukung Platform Motherboard Soket AM4 yang Future Proof.

AMD Ryzen 5

Setelah sukses merilis AMD Ryzen™ 7 yang suguhkan performa tinggi untuk berbagai kebutuhan, AMD baru saja merilis kembali salah satu jajaran prosessor andalannya yaitu, AMD Ryzen™ 5 series yang diperuntukkan untuk pengguna PC mainstream yang menginginkan prosessor mumpuni dengan kekuatan gaming maupun pembuatan konten professional dengan harga lebih terjangkau.

AMD Ryzen 5

AMD Ryzen™ sendiri sudah dibekali dengan teknologi bernama Simultaneous Multi-Threading (SMT), dimana teknologi ini memungkinkan 1 core fisik bisa mengerjakan 2 buah perkerjaan sekaligus, sehingga hal ini membuat perkerjaan komputasi menjadi lebih cepat selesai dan juga lebih efisien. AMD Ryzen™ 5 series hadir dengan 2 versi yakni dengan kekuatan 6 Core 12 Thread dan  4 Core 8 Thread.

 

Varian AMD Ryzen™ 5 dengan 6 Core & 12 Thread

AMD Ryzen 5

AMD Ryzen™ 5 varian 6 Core 12 Thread dengan kapasitas L3 Cache 16 MB terdiri atas dua seri yakni, AMD Ryzen™ 5 1600X dengan kecepatan tertinggi hingga 4.0GHz yang disertai dukungan terhadap teknologi Extended Frequency Range (XFR) dimana bisa hadirkan clock speed tambahan dengan adanya penggunaan pendingin tambahan berkinerja tinggi1 dan AMD Ryzen™ 5 1600 dengan kecepatan hingga 3.6GHz dengan TDP hanya 65W, cocok bagi Anda yang ingin membangun mini PC bertenaga namun tetap hemat daya untuk bermain game ataupun bekerja.

AMD Ryzen 5

Seri tertinggi yakni AMD Ryzen™ 5 1600X mampu sajikan performa lebih baik yang kompetitif dengan prosessor kompetitor direntang harga yang sama, dimana mampu memberikan lebih banyak Core & Thread yang bermanfaat bagi aplikasi yang membutuhkan kemampuan Multi-Thread tinggi seperti untuk pembuatan desain 3D maupun proses editing video. Terbukti pada pengujian menggunakan aplikasi Cinebench R15, AMD Ryzen™ 5 1600X dengan jumlah Core lebih banyak mampu mendapat keuntungan dengan performa lebih tinggi hingga 69% dibanding pesaingnya yang hanya memiliki 4 Core.

 

Varian AMD Ryzen™ 5 dengan 4 Core & 8 Thread

AMD Ryzen 5

Sedangkan untuk varian AMD Ryzen™ 5 dengan 4 Core 8 Thread dimana sudah bisa Anda peroleh dengan harga lebih terjangkau juga terdiri atas 2 seri yakni, AMD Ryzen™ 5 1500X dengan kecepatan hingga 3.7GHz dan kapasitas L3 Cache 16MB dan AMD Ryzen™ 5 1400 dengan kecepatan hingga 3.4 GHz.

AMD Ryzen™ 5 1500X mampu memberikan performa lebih baik saat menjalankan kegiatan multitasking, serta dukungan terhadap teknologi Extended Frequency Range (XFR) untuk Anda yang ingin mendapatkan tambahan performa melalui overclocking secara otomatis jika menggunakan pendingin berkualitas. Sedangkan untuk Anda yang menginginkan harga yang bersahabat di kantong bisa memilih AMD Ryzen™ 5 1400 dengan harga paling terjangkau di antara lini AMD Ryzen™ 5 yang lainnya, sangat cocok bagi Anda pengguna yang ingin membangun PC Gaming hemat biaya dan hemat daya karena memiliki TDP hanya sebesar 65W.

 

Optimalisasi untuk Gaming Terkini

 AMD Ryzen 5

Dengan diluncurkannya jajaran AMD Ryzen™ 5, AMD menegaskan komitmennya untuk memberikan kinerja gaming yang sangat baik dan memastikan judul game yang ada dan yang akan hadir di masa mendatang memperoleh keunggulan penuh dari AMD Ryzen™.

Beberapa pengembang game terkenal yang sudah memberikan dukungan optimal pada game terbarunya diantaranya adalah:

  • Bethesda Softworks : “Kami terkesan dengan evolusi teknologi dimunculkan oleh arsitektur Zen, yang dirancang untuk memberikan pengalaman gaming terbaik sekarang maupun masa depan, mulai dari eSports hingga virtual reality yang terus mendorong batasan-batasan yang dimiliki perangkat,” kata Vlatko Andonov, selaku presiden Bethesda Softworks. “Bekerja dengan sebuah mikroarsitektur yang semuanya baru, seperti keluarga prosessor AMD Ryzen™, menegaskan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan peningkatan pada permainan mereka dan membawa pengalaman interaktif yang terbaik untuk setiap pemain. Kami semua di Bethesda gembira bekerja dengan AMD untuk mengembangkan kinerja premium yang Ryzen™ tawarkan.”
  • Stardock and Oxide : “Saya selalu vokal untuk pemanfaatan keunggulan kinerja PC se-maksimal mungkin yang bisa ditawarkan. Itu sebabnya saya pendukung kuat dari DirectX® 12 dan Vulkan™ karena dengan menggunakan API ini memungkinkan kita untuk mengakses banyak Core CPU, dan itulah mengapa prosessor AMD Ryzen™ memiliki begitu banyak potensi,”kata Brad Wardell, selaku CEO Stardock and Oxide. “Sebaik AMD Ryzen™ sekarang – dan itu sangat cepat – kita sudah melihat bahwa kita dapat melakukan tweak performa pada game “Ashes of the Singularity” untuk mengambil lebih banyak keuntungan dari jumlah core dan kekuatan pemrosesan yang mengesankan. AMD Ryzen™ membawa sumber daya yang dapat digunakan dan akan mengubah apa yang orang harapkan dari sebuah pengalaman PC gaming.”

Serta masih banyak lagi pengembang game terkenal lainnya yang akan menghadirkan peningkatan optimal untuk prosessor AMD Ryzen™ sehingga akan banyak game di masa depan yang pastinya mampu memanfaatkan penuh kemampuan AMD Ryzen™.

 

Menggunakan Platform Motherboard Soket AM4 yang Future Proof!
AMD Ryzen 5

AMD hadirkan motherboard dengan soket AM4 untuk AMD Ryzen™ 5, dimana motherboard dengan soket AM4 ini telah didukung dengan teknologi future-Proof. Salah satunya adalah dukungan terhadap Memory DDR4 dan PCIe yang sudah menjadi standar saat ini, serta dukungan SSD M.2 dengan NVMe yang akan menjadi media penyimpanan data yang umum digunakan kedepannya. Begitupun untuk konektor USB 3.1 Gen 2 juga ikut disertakan. Tidak hanya itu, motherboard soket AM4 ini sudah mendukung berbagai varian AMD Ryzen™ serta AMD APU terbaru yang akan dirilis selanjutnya dalam satu soket saja. Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan besar bagi pengguna yang berencana untuk melakukan upgrade prosessor AMD yang lebih tinggi karena tidak perlu melakukan penggantian motherboard.

AMD Ryzen 5 AMD Ryzen 5

Motherboard AM4 sudah didukung dengan berbagai macam chipset yang masing-masing menyediakan fitur-fitur yang berbeda. Bagi Anda user enthusiast yang inginkan performa maksimal, chipset X370 sangat direkomendasikan dikarenakan telah mendukung overclocking, multi-GPU serta dukungan konektivitas melimpah, sedangkan untuk pengguna harian motherboard dengan chipset B350 dan A320 hadir dengan harga lebih terjangkau namun tetap mendukung konektivitas terkini dan overclocking (untuk B350 saja).

Bagi pengguna yang menginginkan membangun mini PC seperti HTPC misalnya, terdapat opsi motherboard Mini-ITX dengan chipset X300 untuk seri enthusiast dan A300 untuk seri mainstream yang akan hadir secara bertahap dari beragam vendor motherboard.

 

Ketersediaan di Indonesia

Product Line Model  

Cores

 

Threads

Base Clock (GHz) Boost Clock (GHz) Included Cooler TDP (Watts) Suggested Price, SEP (IDR)
AMD Ryzen™ 5 1600X 6 12 3.6 4.0 N/A 95 Rp. 3.490.000
AMD Ryzen™ 5 1600 6 12 3.2 3.6  

Wraith Spire

65 Rp.  2.990.000
AMD Ryzen™ 5 1500X 4 8 3.5 3.7  

Wraith Spire

65 Rp. 2.650.000
AMD Ryzen™ 5 1400 4 8 3.2 3.4  

Wraith Stealth

65 Rp. 2.350.000

AMD Ryzen 5
AMD Ryzen™ 5 yang dijadwalkan rilis secara global pada tanggal 11 April 2017, akan hadir secara bertahap di toko-toko komputer atau mall komputer terbesar di Indonesia. AMD juga akan mem-bundling prosessor AMD Ryzen™ 5 ini dengan pendingin Wraith Spire dan Wraith Stealth dimana keduanya sama-sama mampu memberikan kinerja pendingin yang optimal dan hening, seperti pendingin Wraith Cooler generasi sebelumnya.

Tidak sabar untuk mengetahui seberapa hebat AMD Ryzen™ 5 terbaru ini? Tunggu artikel kumpulan review AMD Ryzen™ 5 yang akan mengulas detail performa prosessor-prosessor ini pada berbagai aplikasi dan game.

Latest articles

Related articles

4 Comments

    • Udah ada kok, tapi baru saja berakhir 😀 mungkin lain kali bisa ikutan giveaway lainnya dari AMD ya, untuk tau info seputar giveaway silakan follow twitter kami di @AMDIndonesia atau facebook kami di @AMDINDO

    • Saat ini belum ada info resminya, ditunggu saja ya artikel berikutnya 😀 Kamu bisa lihat bagian NEWS di blog ini untuk tahu berita terbaru dari AMD

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here