AMD-FreeSync™-2-Bawa-Pengalaman-HDR10,-Gaming-Lebih-Lancar-dan-Berkualitas

AMD FreeSync™ 2 Bawa Pengalaman HDR10, Gaming Lebih Lancar dan Berkualitas

FreeSync™ 2 Hadirkan HDR10 untuk Monitor Gaming Masa Depan Didukung Lebih Banyak Vendor dibandingkan Kompetitor dan Bawakan Solusi “Plug and Play” dengan Dukungan Port HDMI

FreeSync 2

Bermain game adalah kegiatan hiburan yang biasa dilakukan sehari-hari untuk melepas penat dari rutinitas harian, untuk itu dalam bermain game tentu kita menginginkan game yang kita mainkan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan sehingga bisa menghasilkan hiburan yang berkualitas bagi diri kita sendiri.

FreeSync 2

Namun faktanya, sering kali ada banyak kendala dalam bermain game yang sering kali ditemui oleh para gamer, salah satunya adalah tampilan patah-patah yang dikenal sebagai “Stuttering”, lag dan tearing dimana hal ini cukup mengganggu kegiatan bermain game.

Untuk meminimalisir gangguan tersebut sudah diciptakan solusi berbasis software seperti V-Sync, namun terkadang masalah ini masih saja muncul terutama saat bermain game dengan Frame Rate tinggi. Oleh karena itu AMD menciptakan teknologi bernama AMD FreeSync™. Teknologi ini memungkinkan kartu grafis AMD Radeon™ untuk bisa melakukan sinkronisasi antara Render Rate dari kartu grafis dengan Refresh Rate monitor agar bisa lebih baik lagi dalam meminimalisir gangguan “patah-patah” sehingga membawa pengalaman gaming yang lebih mulus dan berkualitas.

FreeSync 2

Untuk menggunakan fitur AMD FreeSync™ dibutuhkan dukungan dari monitor yang mendukung fitur ini. Berdasarkan data internal AMD, saat ini ada 20 vendor yang sudah mendukung teknologi AMD FreeSync™ dimana jumlah ini lebih banyak dibandingkan kompetitor. Hal ini dikarenakan teknologi AMD FreeSync™ bersifat terbuka serta bebas royalti sehingga mempermudah dalam proses adopsi, tidak hanya itu AMD juga hadirkan kerjasama dengan perusahaan pembuat komponen Chip monitor seperti MStar dan Realtek untuk bawa dukungan AMD FreeSync™ ke banyak vendor1.

FreeSync 2

Dalam perjalanannya AMD FreeSync™ telah mendapatkan banyak perubahan fitur yang membuatnya menjadi semakin baik diantaranya adalah dukungan monitor gaming dengan Refresh Rate tinggi mencapai 144Hz di tahun 2015 serta dukungan Low Framerate Compensation (LFC) yang membuat kualitas visual saat AMD FreeSync™ aktif menjadi lebih baik serta dukungan “Plug and Play” yang dimulai dengan kehadiran support konektor HDMI 2.0. Ada juga driver AMD Radeon™ Software Crimson ditahun 2016 membuat AMD FreeSync™ menjadi semakin baik.

 

Sambut AMD FreeSync 2 Kini Dengan Dukungan HDR10 Gaming

FreeSync 2

Seperti yang sudah ketahui, Radeon™ Technology Group telah hadirkan kartu grafis Radeon™ RX series yang telah mendukung teknologi HDR10, dimana teknologi tersebut membawa kualitas visual yang lebih baik dengan dengan tingkat kecerahan dan kontras yang tinggi.

FreeSync 2

Namun sayangnya, pengalaman HDR Display ini memiliki input lag yang besar kepada monitor sehingga performa yang dihasilkan saat bermain game atau menampilkan konten multimedia tidak maksimal.

FreeSync 2

Oleh karena itu, sambutlah AMD FreeSync™ 2 yang hadir dengan dukungan monitor berbasis HDR10. Tidak hanya itu monitor yang sudah support dengan AMD FreeSync™ 2 hadir dengan low Latency sehingga membuat pengalaman bermain game menjadi lebih mulus dikarenakan minim Input Lag.

FreeSync 2 FreeSync 2

Dengan kombinasi antara Radeon™ RX Series dengan monitor yang telah mendukung AMD FreeSync™ 22, Anda akan mendapatkan performa gaming terbaik dengan visual “Briliant Pixels” yang menakjubkan.

Sebagai informasi tambahan, berikut beberapa contoh monitor gaming yang sudah mendukung teknologi AMD FreeSync™ dan akan bertambah di masa mendatang dengan kehadiran AMD FreeSync™ 2 yang telah mendukung HDR10:

ACER

FreeSync 2

BENQ

FreeSync 2

Samsung

FreeSync 2

Dan dengan kehadiran AMD FreeSync™ 2, impian Anda untuk menikmati pengalaman gaming dengan kualitas graphics menawan dan mulus bukanlah sebuah impian belaka. Nantikan inovasi-inovasi teknologi yang akan dikeluarkan oleh AMD untuk membuat pengalaman komputasi Anda semakin sempurna di masa depan!

 

Catatan Kaki :

  1. AMD FreeSync™ diadaptasi dari teknologi Adaptive V-Sync dari VESA yang merupakan organisasi yang menetapkan standar display, AMD FreeSync™ tidak membutuhkan module khusus dikarenakan sudah didukung oleh beragam vendor Chip Controller yang ada di monitor.
  2. Monitor yang mendukung AMD FreeSync™ 2 akan hadir secara bertahap di tahun 2017. Dibutuhkan kartu grafis Radeon™ RX series untuk hadirkan dukungan HDR10 di monitor AMD FreeSync™.

Leave a Reply