Grand Launching AMD Ryzen

Simak Kemeriahan Event Peluncuran Perdana AMD Ryzen™ di Indonesia!

Senin, 17 April 2017 – Bertempat di Balai Kartini, Jakarta Pusat, AMD secara resmi telah meluncurkan prosessor terbarunya di Indonesia yaitu AMD Ryzen™. Prosessor yang digandrungi oleh banyak kalangan mulai dari gamer hingga professional ini memang menyajikan performa yang luar biasa namun dibanderol dengan harga yang terjangkau bila dibandingkan dengan performa yang ditawarkan. Tak heran apabila peluncuran prosessor yang terkenal dengan 8 Core 16 Threads ini mendapat antusiasme yang tinggi. Simak saja bagaimana keseruan acara Grand Launching AMD Ryzen™ pada artikel berikut ini.

Grand Launching AMD Ryzen

Acara Grand Launching AMD Ryzen™ dimulai pada pukul 3 sore WIB, dimana acara dimulai dengan press conference bersama para media lokal terlebih dahulu yang membahas mengenai rilis resmi prosessor terbaru AMD Ryzen™ 7 dan Ryzen™ 5 di Indonesia. Pada sesi ini dijelaskan mengenai keunggulan prosessor AMD Ryzen™ 7 dan AMD Ryzen™ 5 secara umum, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama para perwakilan AMD.

Acara kemudian dilanjutkan dengan media touring dan sesi experience, dimana pembawa acara mengajak para media berkeliling ke 12 booth yang memamerkan demo PC bertenaga AMD Ryzen™ dan kartu grafis Radeon™. Para awak media bisa mencoba performa dari demo PC yang memakai produk dari masing-masing partner untuk mendemokan kemampuannya. Berikut deskripsi dari masing-masing booth yang tersedia saat acara berlangsung:

  1. ASRock : Menyediakan display produk motherboard berbasis AM4 disertai dengan demo PC yang menggunakan Ryzen™ dan motherboard dari ASR
  2. Asus : Menyediakan display produk motherboard berbasis AM4 dan demo PC yang menggunakan Ryzen™, motherboard Asus, kartu grafis Radeon™ RX dari Asus.
  3. BIOSTAR : Menyediakan display produk motherboard berbasis AM4 disertai dengan demo PC yang menggunakan Ryzen™ dan motherboard dari BIOSTAR.
  4. Digital Alliance : Menyediakan display produk kartu grafis Radeon™ RX dari Digital Alliance disertai demo PC yang menggunakan Ryzen™ dan Kartu grafis Radeon RX dari Digital Alliance.
  5. GIGABYTE : Menyediakan display produk motherboard berbasis AM4 dan kartu grafis Radeon™ RX disertai demo PC yang menggunakan Ryzen™, motherboard GIGABYTE Aorus dan kartu grafis Radeon™ RX dari Gigabyte.
  6. HIS : Menyediakan display produk kartu grafis Radeon™ RX disertai demo PC yang menggunakan Ryzen™ dan Kartu grafis Radeon™ RX dari HIS.
  7. MSI : Menyediakan display produk motherboard berbasis AM4 dan kartu grafis Radeon™ RX Series disertai demo PC yang menggunakan Ryzen™, Motherboard MSI, dan kartu grafis Radeon™ RX dari MSI. Demo PC yang ditampilkan adalah demo Virtual Reality dengan menggunakan Omni VR Walker (sejenis treadmill), dimana Anda bisa merasakan berjalan dan berlari seperti benar-benar masuk kedalam game saat memainkan game First Person Shooter. Dilengkapi dengan controller senjata berbentuk seperti senjata sungguhan.
  8. PowerColor : Menyediakan display produk kartu grafis Radeon™ RX PowerColor disertai demo PC yang menggunakan Ryzen™ dan Kartu grafis Radeon™ RX dari PowerColor.
  9. Sapphire : Menyediakan display produk kartu grafis Radeon™ RX Sapphire disertai demo PC yang menggunakan Ryzen™ dan Kartu grafis Radeon™ RX dari Sapphire.
  10. Demo Virtual Reality Experience menggunakan PC bertenaga AMD Ryzen™ 7 1800X dan Radeon™ RX 480 yang dilengkapi pendingin dari ID Cooling.
  11. Demo perbandingan benchmark Cinebench R15 antara prosessor kompetitor Intel i7 6900K dan AMD Ryzen™ 7 1800X dimana hasil menunjukkan AMD Ryzen™ memiliki kinerja jauh lebih cepat dengan skor lebih tinggi.
  12. Demo Gaming PC bertenaga AMD Ryzen™ dimana mainkan game 3D seperti Doom dan menghasilkan FPS hingga ratusan FPS pada settingan tertinggi.

Grand Launching AMD Ryzen

Tidak hanya media lokal yang dapat berkeliling booth demo, tetapi para peserta undangan dan tamu VIP lainnya seperti youtuber, blogger, anggota Komunitas AMD Indonesia dan anggota AMD Red Team juga dipersilahkan untuk berkeliling booth sambil mengikuti Photo Competition dengan segudang hadiah dan merchandise ekslusif AMD Ryzen™. Mereka dipersilakan untuk mencoba setiap demo PC kemudian mengambil foto seru di setiap booth demo yang mereka kunjungi dengan gaya kreatif dan unik, kemudian menguploadnya ke timeline facebook masing-masing dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dan para peserta terlihat sangat antusias ada yang berfoto bersama teman, bersama produk AMD atau sambil bermain game di booth. Ada juga yang asyik berfoto bersama cosplayer serta Red Team Angel yang hadir.

Usai mencoba PC yang didemokan, berfoto dan mengumpulkan minimal 7 cap pada kartu activity masing-masing, para peserta dapat menuju ke area spinwheel untuk mendapatkan merchandise eksklusif Ryzen™ serta menikmati makan malam sebelum acara utama dimulai. Pada Grand Launching AMD Ryzen™ kali ini, AMD juga memberikan kesempatan bagi AMDers yang tidak bisa hadir untuk ikut merasakan keseruan acara serta merchandise eksklusif AMD Ryzen™ melalui Grand Launching AMD Ryzen™ Giveaway. Cara untuk mengikuti giveaway ini sangat mudah, yaitu hanya like dan share kemeriahan acara Grand Launching ini dari Live Post di Fan Page Facebook resmi AMD Indonesia.

Grand Launching AMD Ryzen

Tak hanya itu, para peserta undangan juga dimanjakan dengan kehadiran tujuh PC AMD Ryzen™ rakitan para peserta yang lolos pada kompetisi Show Your Ryzen. Ketujuh PC keren ini dipamerkan di Ryzen™ Hall of Fame dan para peserta undangan bisa memilih PC mana yang menjadi favorit mereka. PC Paling favorit pilihan peserta undangan inilah yang akan mendapatkan Grand Prize AMD Ryzen™  7 pada akhir acara.

Grand Launching AMD Ryzen

Setelah sesi experience selesai, tepat pukul 7 malam WIB acara utama pun dimulai dan para undangan serta tamu VIP dipersilakan untuk menduduki kursi yang tersedia. Pembukaan diawali dengan sambutan Ryan Sim selaku ASEAN Sales Director AMD yang mengucapkan terima kasih pada hadirin yang sudah menyempatkan untuk datang ke acara Grand Launching AMD Ryzen™.

Grand Launching AMD Ryzen

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi yang dibawakan oleh Don Woligroski selaku  Desktop CPU Marketing Manager at AMD yang menjelaskan mengenai keunggulan AMD Ryzen™. Salah satunya adalah dimana AMD Ryzen™ ini telah didukung oleh teknologi Simultaneous Multi-Threading (SMT) yang memungkinkan 1 Core fisik dapat mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus. Ada juga  teknologi Extended Frequency Range yang dapat melakukan overclock secara otomatis berdasarkan cooling yang digunakan. Untuk konsumsi daya, walaupun AMD Ryzen™ merupakan prosessor dengan kecepatan tinggi tetap sangat hemat daya dengan TDP hanya 65W-95W. Selain itu,  Don Woligroski juga menjelaskan masing-masing variant yang ada pada AMD Ryzen™ 7 dan Ryzen™ 5.  AMD Ryzen™ 7 hadir dengan 8 Core 16 Thread, memberikan kinerja yang lebih tinggi, lebih efisien serta peningkatan performa hingga 52% dibandingkan generasi sebelumnya. Dalam pengujian benchmark AMD Ryzen™ unggul dibandingkan dengan kompetitior namun dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan untuk Ryzen™ 5 sendiri hadir dengan varian 4 Core 8 Thread dan juga 6 Core 12 Thread yang diperuntukkan bagi kalangan menengah dengan budget terbatas.

Presentasi kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai keunggulan kartu grafis Radeon™ yang tentu saja sangat cocok dipasangkan dengan prosessor AMD Ryzen™. memiliki berbagai fitur mulai dari Radeon™ Chill yang dapat menghemat daya serta mengurangi suhu hingga FreeSync™ technology untuk atasi stuttering dan tearing saat bermain game terkini.

Grand Launching AMD Ryzen Grand Launching AMD Ryzen

Setelah itu, peserta juga diajak untuk mengikuti kuis berhadiah yang mementingkan kekompakan. Dan sebagai penyegar, peserta juga disuguhkan pertunjukan tabur genderang yang sangat mengagumkan untuk disimak sebagai simbolik peluncuran resmi AMD Ryzen™ di Indonesia.

Grand Launching AMD Ryzen

Usai pertunjukan, acara dilanjutkan dengan demo yang dibawakan oleh Alva Jonathan, overclocker ternama di Indonesia. Pada demo kali ini, Alva mendemokan overclock dengan menggunakan AMD Ryzen™ 7 1700 secara ekstrim! Dimana akhirnya demo overclock ini memecahkan rekor sebagai Ryzen™ 7 1700 tercepat di dunia saat ini karena mampu menembus kecepatan hingga 5.2GHz!

Grand Launching AMD Ryzen Grand Launching AMD Ryzen

Setelah demo overclock yang fantastis dan menarik bagi para peserta undangan ini, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang kemudian lanjut ke sesi penghargaan. Pada kesempatan ini, AMD memberikan penghargaan langsung kepada mereka yang telah berjasa menghidupkan AMD di berbagai segi mulai dari komunitas, Youtube, blog dan lain-lain. Ada empat kategori yang diberikan, yaitu:

  1. AMD Community Contributor yang diberikan pada perwakilan Komunitas AMD Indonesia, komunitas AMD yang paling besar saat ini di Indonesia.
  2. AMD iCafe dan eSports influencer yang telah membantu perkembangan AMD eSports Gaming Arena dan kegiatan AMD eSports di Indonesia.
  3. The best Youtuber untuk Youtuber IT yang berjasa memberikan review berkualitas mengenai AMD dianugerahkan kepada Gaptech ID.
  4. The best Reviewer diberikan kepada Alva Jonathan yang merupakan reviewer IT dari media Jagat Review dan Jagat OC.

Grand Launching AMD Ryzen

Semua penerima penghargaan kemudian berfoto bersama seluruh perwakilan AMD. Hingga akhirnya sampai kita pada penghujung acara, dan pengumuman pemenang Photo Competition pun diumumkan. Terpilih 5 pemenang dengan foto terlucu dan terunik yang masing-masing mendapatkan hadiah dari AMD & Partners serta 1 orang pemenang utama yang mendapatkan AMD Ryzen™ 5. Tak hanya itu, diumumkan juga pemenang kompetisi SHOW YOUR RYZEN™ yaitu PC bertema Red In The Black dengan voting terbanyak yang berhak mendapatkan 1 unit AMD Ryzen™ 7. Ada 5 orang peserta undangan yang beruntung dalam undian yang berhasil memenangkan beragam hadiah dari AMD dan partners. Dan acarapun ditutup dengan sesi foto bersama perwakilan AMD, partners,  dan seluruh peserta undangan.

Grand Launching AMD Ryzen Grand Launching AMD Ryzen

Keceriaan, pengalaman seru dan pengetahuan hingga segudang hadiah telah dibagikan dalam acara Grand Launching kali ini. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta undangan yang turut meramaikan acara kali ini dan dukungannya yang senantiasa kepada AMD sehingga AMD terus bisa memberikan beragam inovasi yang terbaik untuk para pengguna. Nantikan dan sampai bertemu lagi pada acara AMD selanjutnya yang tak kalah seru!

Grand Launching AMD Ryzen

Leave a Reply