Radeon Chill

Radeon Chill, Fitur Kaya Manfaat untuk Pengguna Kartu Grafis Radeon™

Radeon Chill

Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas mengenai salah satu fitur terbaru persembahan AMD yang memiliki banyak manfaat untuk pengguna setia kartu grafis Radeon™, yakni Radeon Chill. Kira-kira apa saja kegunaan selengkapnya dari fitur ini dan bagaimana cara mengaktifkannya? Mari kita simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut.

Apa Itu Radeon Chill?

Radeon Chill

Radeon Chill merupakan inovasi AMD untuk menjawab kebutuhan gamers akan performa gaming yang mumpuni namun tetap hemat daya menggunakan kartu grafis Radeon™. Tak hanya itu, fitur ini juga berguna untuk mempertahankan suhu kartu grafis Radeon™ tetap dingin walau sedang bekerja berat, sehingga kartu grafis menjadi lebih awet dan tahan lama terhindar dari overheat.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Radeon Chill memungkinkan kartu grafis Radeon™ untuk hanya melakukan rendering frame sesuai kebutuhan tanpa mengurangi kenyamanan dalam bermain game. Seperti yang kita tahu, kartu grafis modern seperti Radeon™ RX seri 500 terbaru mampu memainkan game-game eSports dengan tingkat framerate di atas 60 FPS, sedangkan mayoritas monitor yang digunakan oleh gamers sekarang ini tidak mampu menyajikan framerate di atas 60Hz. Tentunya kelebihan frame yang dihasilkan oleh GPU atau kartu grafis tidak akan menambah performa saat gaming dikarenakan monitor yang tidak memadai untuk menampilkannya.

Radeon Chill

Untuk itulah AMD kemudian membuat sebuah fitur bernama Radeon Chill untuk meningkatkan efisiensi GPU dalam bekerja dimana mampu secara dinamis menyesuaikan frame yang dihasilkan kartu grafis sesuai pergerakan pengguna saat bermain game. Saat pengguna Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah melalui Radeon Software.

Radeon Chill

Tentunya dari peniadaan proses pengolahan frame berlebih yang tidak diperlukan akan memberikan dampak positif dari segi penghematan daya yang dipakai oleh kartu grafis untuk mengolah frame serta mampu menjaga suhu kartu grafis tetap dingin tanpa memberi pinalti pada performa gaming. Bahkan waktu respons bisa meningkat karena semakin sedikit frame yang diolah oleh kartu grafis untuk ditampilkan ke monitor. Tentunya fitur ini akan sangat diperlukan terutama oleh gamers kompetitif yang sering berlaga di pertandingan game eSports.

Siapa saja yang bisa menggunakan fitur Radeon Chill?

Pengguna kartu grafis Radeon™ dengan dukungan DirectX™ 9 & DirectX™ 11 dengan Windows® 7/8.1/10 bisa menggunakan fitur ini dengan nyaman saat gaming, dengan catatan game yang dijalankan sudah termasuk dalam whitelist yang ditentukan oleh AMD, diantaranya adalah:

No Game Title Whitelist API
1 League of Legends DX9
​2 ​Dota 2 DX11
​3 ​Team Fortress 2 ​DX9
4 Overwatch DX11
5 Counter Strike DX9
6 Paragon DX11
7 CrossFire DX9
8 Fallout 4 DX11
9 Far Cry Primal DX11
10 Deus Ex: Mankind Divided DX11
11 Warframe DX11
12 Dark Souls III DX11
13 The Witcher 3 DX11
14 Far Cry 4 DX11
15 PlanetSide 2 DX9
16 World of Warcraft DX9/DX11
17 Rise of the Tomb Raider DX11
18 Tomb Raider (2013) DX9/DX11
19 The Elder Scrolls V: Skyrim DX9

Radeon Chill

Untuk kedepannya diharapkan dukungan fitur Radeon Chill bisa diperluas ke lebih banyak judul game terkini dan juga API generasi terbaru.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Radeon Chill?

Bagi pengguna kartu grafis Radeon™ yang ingin menikmati manfaat dari fitur terbaru Radeon Chill, Anda bisa mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

  1. Masuk ke Radeon Setting dengan klik kanan desktop.
  2. Pilih menu tab Gaming.
  3. Pilih menu tab Global Setting.
  4. Masuk ke pengaturan Global WattMan.
  5. Scroll ke bawah sampai ke pengaturan Chill.
  6. Aktifkan Global Switch.
  7. Kemudian Apply.

Anda bisa melihat langkah selengkapnya pada video berikut ini:

Manfaat Radeon Chill Dalam Kegiatan Gaming Harian

Untuk bisa mengerti bagaimana sebenarnya manfaat Radeon Chill dalam kegiatan gaming harian, Anda bisa melihat simulasi di gambar berikut ini yang menggambarkan adanya optimalisasi di beberapa judul game eSports populer saat mengaktifkan Radeon Chill menggunakan Radeon™ RX 500 Series.

Radeon Chill

  • Saat memainkan game Overwatch, kartu grafis Radeon™ RX 580 mampu menghasilkan hingga 64% waktu respons lebih cepat saat gaming dengan penghematan daya hingga 24% dibanding saat tidak mengaktifkan Radeon Chill.
  • Saat memainkan game League of Legends, kartu grafis Radeon™ RX 570 mampu menghemat daya hingga 43% lebih banyak dengan suhu kartu grafis 20°C lebih dingin dibanding saat tidak mengaktifkan Radeon Chill.
  • Saat memainkan game DoTA 2, kartu grafis Radeon™ RX 560 mampu menghemat daya hingga 28% lebih banyak dengan suhu kartu grafis 8°C lebih dingin dibanding saat tidak mengaktifkan Radeon Chill.
  • Saat memainkan game Counter Strike: Global Offensive, kartu grafis Radeon™ RX 550 mampu menghemat daya hingga 37% lebih banyak dengan suhu kartu grafis 8°C lebih dingin dibanding saat tidak mengaktifkan Radeon Chill.

Manfaat Radeon Chill untuk Bisnis iCafe

Tak hanya bermanfaat untuk end-user atau gamers biasa, para pemilik warnet yang PC nya menggunakan kartu grafis Radeon™ yang kompatibel dengan fitur Radeon Chill juga dapat menikmati keuntungan terutama dari segi penghematan daya yang berdampak pada tagihan listrik yang menjadi lebih murah bila dibandingkan dengan penggunaan kartu grafis kompetitor. Anda bisa melihat simulasi keuntungan iCafe jika memakai kartu grafis Radeon™, dimana pada kasus kali ini menggunakan seri terbaru Radeon™ RX 500 Series.

Radeon Chill

Kartu grafis Radeon™ RX 580 yang merupakan seri tertinggi dari Radeon™ RX 500 Series, merupakan pilihan terbaik untuk gamers atau iCafe yang ingin menjalankan game terkini hingga kualitas grafis terbaik di resolusi 1440p. Dengan menggunakan kartu grafis ini dan mengaktifkan fitur Radeon Chill, iCafe dapat menghemat penggunaan daya hingga 48% lebih banyak dan menghemat biaya tagihan listrik hingga $3000 per tahunnya saat memainkan game Counter Strike: Global Offensive bila dibandingkan dengan menggunakan kartu grafis kompetitor GTX 1060 (6GB) pada kisaran harga lebih mahal.

Radeon Chill

Tak hanya itu, iCafe juga dapat menghemat daya hingga 21% lebih banyak serta menghemat biaya tagihan listrik hingga $535 per tahunnya saat memainkan game League of Legends menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 580 bila dibandingkan dengan menggunakan kartu grafis kompetitor.

Radeon Chill Radeon Chill

Untuk iCafe yang menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 570 dimana merupakan pilihan terbaik untuk jalankan game terkini hingga kualitas grafis terbaik di resolusi 1080p, saat mengaktifkan fitur Radeon Chill, iCafe dapat menghemat penggunaan daya hingga 45% lebih banyak dan menghemat biaya tagihan listrik hingga $2900 per tahunnya saat memainkan game Counter Strike: Global Offensive bila dibandingkan dengan menggunakan kartu grafis kompetitor GTX 1060 (3GB) pada kisaran harga yang sama.

Radeon Chill

Radeon Chill

Untuk iCafe yang menggunakan kartu grafis menengah Radeon™ RX 560 untuk jalankan game terkini hingga di resolusi 1080p di setting Medium-High, saat mengaktifkan fitur Radeon Chill, iCafe dapat menghemat biaya tagihan listrik hingga $1500 per tahunnya saat memainkan berbagai game eSports seperti League of Legends, Overwatch, DoTA 2, dan Counter Strike: Global Offensive bila dibandingkan dengan menggunakan kartu grafis kompetitor GTX 1050 pada kisaran harga yang lebih mahal.

Radeon Chill Radeon Chill Radeon Chill

Sedangkan untuk iCafe yang menggunakan kartu grafis Low End Radeon™ RX 550 yang tangguh untuk jalankan game eSports di atas 60 FPS pada resolusi 1080p, saat mengaktifkan fitur Radeon Chill, iCafe dapat menghemat daya hingga 37% lebih banyak dengan penurunan suhu kartu grafis hingga 15°C lebih dingin dibandingkan saat menonaktifkan fitur Radeon Chill saat memainkan game Counter Strike: Global Offensive. Bahkan efisiensi daya dan penurunan suhu kartu grafis tidak menimbulkan pinalti pada performa, terbukti dengan adanya peningkatan waktu respons saat gaming hingga 41% lebih cepat berkat lebih sedikitnya frame yang harus di render kartu grafis saat Radeon Chill diaktifkan.

Radeon Chill

Tentunya jika dibandingkan dengan kartu grafis kompetitor GTX 750Ti dengan kisaran harga yang sama, Radeon™ RX 550 merupakan pilihan yang lebih baik untuk gamers maupun iCafe dikarenakan sudah mampu memainkan game-game eSports terkini hingga >60 FPS pada resolusi Full HD, bahkan sudah dilengkapi dengan adanya fitur penghemat daya Radeon Chill, dukungan monitor FreeSync dengan harga pasaran yang jauh lebih terjangkau, sudah mampu memutar konten 4K dengan mudah sehingga cocok digunakan untuk Home Theatre PC berkualitas tinggi dan sudah dilengkapi slot HDMI 2.0 yang merupakan standar monitor masa depan. Anda bisa mendapatkan kartu grafis ini dengan harga 1 Jutaan Rupiah saja dimana sangat bersahabat untuk pengguna yang memiliki dana terbatas.

Radeon Chill Radeon Chill Radeon Chill Radeon Chill

Kesimpulan

Radeon Chill

Bagi Anda yang menginginkan kartu grafis untuk sekedar gaming harian atau membuka bisnis iCafe tentunya Radeon™ RX 500 Series terbukti merupakan pilihan yang  jauh lebih unggul dibandingkan dengan kartu grafis kompetitor. Bahkan dengan adanya fitur terbaru Radeon Chill, Anda bisa memperoleh lebih banyak keuntungan jika memakai kartu grafis Radeon™ baik dari segi penghematan daya listrik, suhu kartu grafis yang lebih dingin hingga performa gaming yang lebih baik. Tentunya dengan kisaran harga mulai dari 1 Jutaan Rupiah, dan didukung dengan berbagai fitur tambahan, tak perlu ragu lagi beralih ke Radeon™ RX 500 Series sebagai pilihan upgrade terbaik untuk PC Gaming Anda dan memajukan bisnis iCafe Anda. Tertarik dengan beragam pilihan dari Radeon™ RX 500 Series? Anda bisa simak informasi selengkapnya pada artikel Diciptakan untuk Gamer, Radeon™ RX 500 Series Hadir dengan Beragam Fitur Unggulan.

Leave a Reply