Radeon™ RX 550, Pilihan Kartu Grafis Entry Level dengan Fitur Lengkap & Harga Terjangkau!

Radeon RX 550

Game eSports paling populer di dunia seperti League of Legends, DoTA 2, Counter Strike: Global Offensive, dan bahkan Overwatch nyatanya tidak harus menggunakan kartu grafis dengan harga mahal untuk menjalankannya! Ya, berkat produk kartu grafis terbaru dari AMD, Radeon™ RX 550 dengan fitur super lengkap namun dibanderol dengan harga sangat terjangkau di kisaran 1 Jutaan Rupiah, gamers dengan budget terbatas yang tetap menginginkan kualitas gaming mumpuni akhirnya bisa mewujudkan impiannya akan PC Gaming tangguh.

Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh kartu grafis Radeon™ RX 550 ini? Mari kita simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut!

Spesifikasi Teknis Kartu Grafis Radeon™ RX 550

Spesifikasi Radeon RX 550

Anda bisa melihat spesifikasi teknis lengkap dari kartu grafis Radeon™ RX 550 ini pada tabel berikut. Radeon™ RX 550 hadir dalam 2 varian dengan memori 2GB dan 4GB. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia dimana kedua varian akan berbeda dari segi harga dengan selisih sekitar 300 ribu hingga 400 ribu Rupiah.

Product Specifications Radeon RX 550 (DT)
Compute Units 8
Stream Processors 512
Clock Speeds (Boost / Base) 1183Mhz/1100MHz
Peak Performance (TFLOPS) Up to 1.1
Memory Speed (Effective) Up to 7.0 Gbps
Texture Units 32
ROPs 16
Memory Bandwidth Up to 112 GB/s
Memory Interface 128 bit
Memory Type GDDR5
GCN Architecture 4th Generation
AMD FreeSync™ Technology 5 Yes
DirectX® 12 and Vulkan™ Support  Yes
HDMI™ 4K60 support
DisplayPort Version 6 1.4
HDCP 2.2

Radeon™ RX 550 berbasis arsitektur Polaris dengan teknologi 14nm FinFET ini sudah dilengkapi dengan 8 compute units dan 512 stream processors dengan kecepatan GPU di kisaran 1,100MHz base/1,183MHz boost clock yang pastinya sudah tangguh untuk pengolahan grafis. Namun berkat arsitektur baru yang mengizinkan TDP lebih rendah, kartu grafis yang terbilang sangat efisien ini tidak membutuhkan banyak daya untuk bisa menjalankan game eSports atau menjalankan multimedia pada Home Theater PC. Oleh karena itu, desain Radeon™ RX 550 hanya mengambil tenaga dari slot PCIe motherboard, tanpa membutuhkan kabel power ekstra.

Fitur apa saja yang Ditawarkan oleh Radeon™ RX 550?

Tak hanya menawarkan harga yang bersahabat dan efisiensi dari segi daya, kartu grafis Radeon™ RX 550 juga menawarkan berbagai kelengkapan fitur, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Radeon Software versi terbaru yang disertakan pada paket instalasi driver kartu grafis Radeon™, mampu memberikan dorongan performa dan efisiensi daya optimal, cukup dengan melakukan sedikit pengaturan pada antarmuka yang disediakan. Dilengkapi dengan fitur Radeon Chill, Anda bahkan dapat menghemat daya kartu grafis sekaligus menjaga suhu agar tetap dingin secara otomatis. Anda juga bisa merekam kegiatan gaming Anda sambil melakukan streaming dengan mudah menggunakan fitur Radeon ReLive yang semua fitur ini bisa diaktifkan melalui Radeon Software.
  • Kompatibel dengan teknologi DirectX® 12 & Vulkan™ API, menjadikan kartu grafis Radeon™ RX 550 sebuah kartu grafis yang future proof, mengingat akan banyak bermunculan game dan aplikasi terbaru yang menerapkan teknologi tersebut untuk mendapatkan kinerja kartu grafis paling optimal, paling cepat dan paling efisien.
  • Mendukung fitur teknologi Radeon FreeSync™ yang dapat menghilangkan tearing & stuttering saat gaming, serta dukungan teknologi modern seperti port HDMI 2.0b dan koneksi DisplayPort 1.4, Radeon™ RX 550 juga sangat cocok untuk Home Theater PC karena sudah memungkinkan untuk menangani pemutaran video hingga resolusi 4K dengan dukungan decoding dan encoding HEVC serta dilengkapi dukungan video format High-Dynamic-Range (HDR) berkualitas tinggi.

Radeon RX 550 for 4K HTPC

Radeon™ RX 550, Pilihan Terjangkau untuk 4K Home Theater PC

  • Dilengkapi AMD Eyefinity Technology Radeon™ RX 550 juga mampu menghadirkan pengalaman gaming lebih leluasa dan immersive berkat kemampuan menggabungkan beberapa layar menjadi satu layar yang lebih luas.

Radeon RX 550 kompatibel dengan teknologi FreeSync

Bebas Stuttering dan Tearing Saat Gaming Berkat Dukungan Teknologi FreeSync™ Pada Radeon™ RX 550

  • Dukungan fitur Frame Rate Target Control yang dapat diakses melalui Radeon Software, juga mengizinkan Anda untuk menghemat daya dan menjaga suhu kartu grafis agar tetap dingin seperti halnya Radeon Chill, hanya saja tidak secara otomatis, melainkan harus menentukan batasan framerate per detik maksimal yang bisa dihasilkan kartu grafis secara manual.
  • Virtual Super Resolution (VSR) mengizinkan Radeon™ RX 550 untuk merender game ke resolusi lebih tinggi hingga 4K untuk kemudian di rescale ke resolusi lebih rendah sesuai dengan spesifikasi monitor yang gamers Memakai fitur ini kamu akan mendapatkan kualitas grafik menawan setara resolusi 4K saat memainkan game favorit pada layar Full HD 1080p milikmu.
  • Untuk yang ingin memainkan game Virtual Reality ringan menggunakan Radeon™ RX 550, Anda sudah bisa merasakan kualitas permainan mulus seperti halnya di dunia nyata berkat dukungan teknologi AMD LiquidVR™.

Menilik Performa Radeon™ RX 550 untuk Berbagai Kebutuhan

Radeon™ RX 550 merupakan kartu grafis yang sangat pas sekali untuk entry-level gamers karena harga yang sangat terjangkau namun cukup kompetitif untuk menjalankan game-game eSports populer seperti DoTA 2, League of Legends, Counter Strike: Global Offensive, Overwatch dan lain sebagainya. Anda bisa melihat pengujian berikut yang memastikan bahwa Radeon™ RX 550 bisa menjalankan semua game tersebut mulus di atas 60 FPS pada resolusi Full HD1.

Performa Gaming esports Radeon RX 550

Radeon™ RX 550 Tangguh Untuk Jalankan Beragam Game eSports Populer, Mulus di Atas 60 FPS!

Anda bahkan bisa memperoleh lebih banyak keuntungan saat gaming dengan mengaktifkan fitur Radeon Chill! Terbukti saat menjalankan game Counter Strike : Global Offensive, Radeon™ RX 550 mampu menghemat daya hingga 37% lebih banyak dan menjaga suhu kartu grafis hingga 15°C lebih dingin dibandingkan saat menonaktifkan fitur ini. Dengan mengurangi jumlah render frame  sesuai kebutuhan pengguna, terdapat peningkatan waktu respons saat bermain game hingga 41% lebih cepat saat mengaktifkan fitur ini, sehingga sangat bermanfaat terutama untuk atlit eSports yang membutuhkan kinerja tinggi saat bertanding. Anda bisa menyimak manfaat fitur Radeon Chill lebih banyak dengan menyimak artikel Radeon Chill, Fitur Kaya Manfaat untuk Pengguna Kartu Grafis Radeon™.

Manfaat Radeon Chill Pada Radeon RX 550

Dapatkan Keuntungan Lebih dengan Aktifkan Fitur Radeon Chill di Radeon™ RX 550

Lalu bagaimana performa Radeon™ RX 550 jika dibandingkan dengan produk kompetitor? Menurut review dari salah satu media terpercaya Relaxed Tech, Radeon™ RX 550 dengan harga hanya 1 Jutaan Rupiah mampu mengalahkan kartu grafis terintegrasi pada prosessor kompetitor dengan harga yang terbilang jauh lebih mahal!

Coba bayangkan posisi Anda sebagai gamers dengan dana terbatas, dibandingkan Anda membeli prosessor kompetitor dengan harga hampir 5 Juta Rupiah namun dengan performa kartu grafis terintegrasi tidak seberapa untuk gaming, akan lebih masuk akal jika Anda memilih kartu grafis Radeon™ RX 550 dan memasangkannya dengan prosessor powerful namun bersahabat di kantong seperti Ryzen™ 5 yang harganya hanya sekitar 2 Jutaan. Dengan modal sekitar 3 jutaan Anda sudah bisa mendapat performa PC gaming yang jauh lebih mumpuni untuk menjalankan game favorit Anda. Mana yang lebih menguntungkan? Pastinya Anda akan lebih diuntungkan dari segi value jika berinvestasi dengan Radeon™ RX 550.

Radeon RX 550 Mengalahkan Kartu Grafis Terintegrasi Intel HD

Tak hanya itu bagi Anda para professional yang membutuhkan kartu grafis terjangkau untuk pembuatan konten, Radeon™ RX 550 juga bisa menjadi pilihan upgrade terbaik dengan performa tinggi. Pada saat melakukan editing gambar di aplikasi Adobe Photoshop, Radeon™ RX 550 terbukti 7x lebih cepat dibanding kartu grafis terintegrasi Intel HD 530 pada prosessor i7-6700K dan kartu grafis Radeon™ R7 250 yang sudah berumur 2 tahun lalu2. Begitu juga pada saat melakukan editing video dengan aplikasi Adobe Premiere Pro, Radeon™ RX 550 kembali membuktikan kemampuannya sebagai yang paling cepat hingga 19x lipat dibandingkan kartu grafis terintegrasi Intel HD 530 dan kartu grafis Radeon™ R7 2503.

Performa Radeon RX 550 untuk Pembuatan Konten dengan Photoshop & Adobe Premiere Pro

Lalu bagaimana jika Radeon™ RX 550 dibandingkan dengan kartu grafis kompetitor GTX 750Ti yang dibanderol dengan kisaran harga hampir sama? Walaupun sama-sama memiliki kelebihan mampu memainkan game-game eSports populer di atas 60 FPS, Radeon™ RX 550 tetap mampu menawarkan value lebih tinggi bagi penggunanya. Anda bisa melihat perbandingannya secara jelas pada tabel di bawah ini, dimana Radeon™ RX 550 mampu menawarkan fitur tambahan mulai dari fitur Radeon Chill untuk penghematan daya yang tidak disajikan oleh kompetitor, fitur serupa dengan kompetitor: Radeon FreeSync™ untuk menghilangkan stuttering dan tearing namun dengan harga monitor  di pasaran yang jauh lebih terjangkau, mampu memberikan kualitas multimedia tak tanggung-tanggung hingga resolusi 4K, dan future ready karena dilengkapi berbagai dukungan teknologi masa depan seperti slot HDMI 2.0 yang akan menjadi standar monitor masa depan. Tentunya pada kasus ini, jelas untuk pilihan kartu grafis di bilangan harga 1 Jutaan, Radeon™ RX 550 adalah pemenang bagi mereka yang menginginkan kartu grafis serba guna dengan harga bersahabat.

Perbandingan Radeon RX 550 vs GTX 750Ti

Perbandingan Fitur Radeon™ RX 550 dengan GTX 750Ti

Radeon RX 550 Kompatibel dengan Monitor FreeSync, Lebih Terjangkau dibanding Kompetitor

Tersedia Monitor FreeSync™ yang Tawarkan Fitur Serupa Dengan Kompetitor Namun Dengan Varian Lebih Banyak dan Harga Lebih Terjangkau

Kesimpulan Mengapa Anda Harus Membeli Radeon™ RX 550

  • Cocok untuk Anda yang menginginkan kartu grafis terjangkau untuk gaming eSports mulus di atas 60 FPS!
  • Cocok untuk Anda yang ingin merakit Home Theater PC dengan harga terjangkau namun sudah mumpuni untuk multimedia berkualitas tinggi hingga resolusi 4K.
  • Cocok untuk gamers aktif yang sering menggunakan PC secara intensif untuk kegiatan gaming, namun ingin tetap menghemat pemakaian listrik dan menjaga suhu kartu grafis tetap dingin secara mudah karena Radeon™ RX 550 sudah dilengkapi dengan fitur Radeon Chill yang dapat melakukannya secara otomatis.
  • Cocok untuk professional yang membutuhkan kartu grafis harga terjangkau untuk kegiatan editing gambar atau video ringan menggunakan Adobe Photoshop dan Premiere Pro.
  • Cocok untuk Anda yang menginginkan kartu grafis yang sudah Future Proof karena kompatibel untuk menjalankan game dan aplikasi dengan API terbaru DirectX® 12 dan Vulkan™.
  • Radeon™ RX 550 mampu tawarkan value lebih dibanding kompetitor dengan fitur lebih banyak namun harga bersahabat.

Jadi tidak perlu lagi ragu untuk segera beralih menggunakan kekuatan Radeon™ RX 550! Segera dapatkan di toko terdekat langganan Anda.

Catatan Kaki:

  1. Pengujian dilakukan oleh AMD Performance Labs pada 2 Maret 2017 menggunakan Intel Core i7 6700K (@4.0GHz), 1x8GB DDR4-2667 MHz memory, AMD web driver 17.1.1, Intel Display Driver 20.19.15.4590 dan Windows 10 (64bit). Konfigurasi PC dengan perangkat dari produsen berbeda mungkin menyebabkan perbedaan hasil pengujian. Berikut merupakan game yang diujikan pada resolusi 1080p: Counter Strike: Global Offensive (Ultra Presets, DX9), DOTA 2 (Best Looking Preset, DX9), Overwatch (Medium Presets, DX11), Rocket League (High Presets, DX9), World of Warships (High Presets, DX9). Radeon™ RX 550 (2GB) mencetak skor 96.5, 84.2, 98.0, 81.5 dan 71.2 secara berurutan. Radeon™ R7 250 mencetak skor 59.0, 46.4, 44.4, 56.1 dan 43.3 secara berurutan. Intel HD 530 IGP mencetak skor 23.8, 23, 18.4, 18.5 dan 24.7 secara berurutan. Semua hasil skor pengujian merupakan hasil rata-rata FPS dari 3 kali pengujian dengan menggunakan pengaturan yang sama. Performa bisa berbeda dengan penggunaan driver terbaru.
  2. Pengujian dilakukan oleh AMD Performance Labs pada 14 Maret 2017 menggunakan Intel Core i7 6700K (@4.0GHz), 1x4GB DDR4-2666 MHz memory, AMD web driver 17.1.1, Intel Display Driver 20.19.15.4539 dan Windows 10 (64bit). Konfigurasi PC dengan perangkat dari produsen berbeda mungkin menyebabkan perbedaan hasil pengujian. Ketika menggunakan Adobe Photoshop (2017) untuk editing gambar 4K (300 dpi) dengan melakukan rotasi 180 derajat, crystalized dengan factor 10, di blurred menggunakan Gaussian Blur tool dengan factor 1 pix, dipertajam menggunakan Smart Sharpen tool dan dirotasi kembali 180 derajat. Software membutuhkan waktu render 87 detik (tanpa memakai GPU acceleration). Radeon™ RX 550, Radeon™ R7 250, Intel HD 530 IGP merender gambar dalam 18.7, 23.7, dan 39.6 detik secara berurutan menggunakan OpenCL acceleration yang diaktifkan. Semua hasil waktu merupakan rata-rata dari tiga kali pengujian. Performa bisa berbeda dengan penggunaan driver terbaru.
  3. Pengujian dilakukan oleh AMD Performance Labs pada 14 Maret 2017 menggunakan Intel Core i7 6700K (@4.0GHz), 1x4GB DDR4-2666 MHz memory, AMD web driver 17.1.1, Intel Display Driver 20.19.15.4590 dan Windows 10 (64bit). Konfigurasi PC dengan perangkat dari produsen berbeda mungkin menyebabkan perbedaan hasil pengujian. Ketika menggunakan Adobe Premier Pro (2017) klip video mp4 1080p 30 detik di flipped secara vertikal, menerapkan lens distortion, dan di blurred menggunakan Gaussian Blur tool dengan factor 1 pix. Software membutuhkan waktu render 202.2 detik (tanpa memakai GPU acceleration). Radeon™ RX 550 (2GB), Radeon™ R7 250 dan Intel HD 530 IGP mampu merender klip dalam 10.4, 15.9, dan 52.4 detik secara berurutan menggunakan OpenCL acceleration yang diaktifkan. Semua hasil waktu merupakan rata-rata dari tiga kali pengujian. Performa bisa berbeda dengan penggunaan driver terbaru.

 

 

 

Leave a Reply