Apa Itu AMD AGESA dan Manfaat Update AGESA untuk Prosessor AMD!

AMD Agesa

AMD sebagai perusahaan dibalik nama besar AMD Ryzen™ dan Radeon™ RX Series selalu berusaha menghadirkan kualitas produk sebaik mungkin untuk pengguna. Dalam segmen kartu grafis sendiri, AMD sering kali menghadirkan peningkatan performa, fix untuk beberapa bug dan peningkatan stabilitas melalui driver Radeon™ Crimson. Dan untuk meningkatkan performa prosessor AMD dihadirkan melalui metode update AMD AGESA. Ingin tahu lebih lengkap apa itu AMD AGESA beserta manfaat apa yang akan Anda dapatkan? Simak dalam artikel berikut ini.

Apa itu AMD AGESA?

AGESA (AMD Generic Encapsulated Software Architecture)  adalah sebuah modul firmware yang berisikan berbagai macam fungsi atau tools tertentu yang nantinya diterapkan oleh vendor motherboard kedalam “Update BIOS” dari masing-masing motherboard rancangan mereka. Nantinya, update AGESA tersebut akan berperan dalam penggunaan fungsi prosessor seperti “Core Processor”, Memory Controller dan Hypertransport Controller (Yang semenjak Ryzen™ hadir berganti menjadi Infinity Fabric).

Dan kini, AMD menghadirkan update versi terbaru AGESA untuk prosessor terbaru secara berkala yang nantinya akan digunakan vendor motherboard sebagai update untuk BIOS dari produk motherboard mereka. Pengguna yang telah melakukan update BIOS berisikan update AGESA didalamnya, biasanya akan mendapatkan dukungan untuk menggunakan prosessor terkini berdasarkan socket yang digunakan, serta mendapatkan peningkatan performa bahkan stabilitas melalui beberapa fitur tambahan serta penurunan latency.

AMD AGESA untuk Prosessor AMD Ryzen™

Sekarang AMD telah menghadirkan 2 update besar AGESA untuk Prosessor AMD Ryzen™. Kedua update ini secara umum fokus kepada peningkatan performa memory controller serta peningkatan stabilitas. Berikut untuk info selengkapnya:

AGESA  1.0.0.41

  • Meminimalkan DRAM latency hingga 6ns. Memungkinkan untuk peningkatan performa untuk aplikasi yang sensitif dengan kinerja memory.
  • Fix bug untuk FMA3 Code.
  • Fix “overclock sleep bug” saat masuk ke mode S3 Sleep.
  • AMD RYZEN™ Master tidak wajib menggunakan HPET.

AGESA 1.0.0.62

  • Update 26 parameter untuk peningkatan kompabilitas dan dukungan RAM dengan Clock lebih tinggi.

Untuk versi 1.0.04 sudah bisa didapatkan  pada beragam vendor motherboard. Namun untuk AGESA 1.0.0.6 masih belum merata dan sebagian besar sedang dipersiapkan untuk versi finalnya.

AMD Agesa

Standar memory yang disupport AMD Ryzen™

 

Dengan kehadiran update AGESA terbaru yang hadirkan peningkatan DRAM ini memungkinkan adanya peningkatan performa. Mengingat dibandingkan sebelumnya, dengan mengupdate AGESA (membutuhkan versi 1.0.0.6) pengguna bisa hadirkan Memory Clock lebih tinggi dibandingkan standart JEDEC (sampai dengan 2667 Mhz) baik melalui XMP2 atau Overclocking hingga mendukung DDR4-40003.

AMD Agesa

Contoh peningkatan kinerja dalam beberapa game dengan Memory Clock tinggi

Dengan menggunakan Memory Clock lebih tinggi, berdasarkan banyak test pihak ketiga bisa hadirkan peningkatan performa dalam kegiatan sehari seperti gaming hingga responsivitas pada berbagai aplikasi.

Cara Mendapatkan Update AMD AGESA Terbaru

AMD Agesa

Contoh tampilan update di salah satu website vendor motherboard

 

Seperti pada penjelasan sebelumnya, AMD AGESA hadir sebagai update BIOS yang akan disediakan oleh vendor motherboard nantinya. Namun tidak semua seri dari motherboard menyediakan update AGESA terbaru karena bergantung dari kebijakan vendor motherboard masing-masing.

Dan berikut ini adalah cara untuk mendapatkan Update:

1)    Kunjungi website dari motherboard yang Anda gunakan, kemudian Anda bisa menuju kebagian menu download atau dukungan dan pilih ke menu BIOS dan download file update BIOS yang berisikan AGESA (DOS)4.

List website motherboard dengan socket AM4 :

MSI :

Gigabyte:

ASRock:

ASUS:

BIOSTAR:

2)   Membaca buku manual atau hubungi pihak support dari vendor untuk cara melakukan update BIOS.

 

Ikuti Terus Perkembangan AGESA untuk RYZEN

AMD Agesa

Demikian informasi mengenai AMD AGESA yang bisa meningkatkan performa prosessor AMD Anda. Untuk mengikuti perkembangan tentang update AGESA serta info mengenai AMD Ryzen™, Anda bisa ikuti berita terkini pada AMD Community Forum yang nantinya salah satu perwakilan AMD akan berikan tips secara langsung.

 

Catatan kaki :

  1. Info lengkap update AGESA 0.0.4 kunjungi https://community.amd.com/community/gaming/blog/2017/03/30/amd-ryzen-community-update-2
  2. Info lengkap update AGESA 0.0.6  kunjungi https://community.amd.com/community/gaming/blog/2017/05/25/community-update-4-lets-talk-dram
  3. DDR4 4000 hanya hadir dalam OC dan dibutuhkan memory module dengan kualitas chip yang baik serta dibutuhkan pengetahuan cukup sebelum melakukan Overclocking, Overclocking dapat menghilangkan garansi. Lakukan dengan resiko sendiri.
  4.  Direkomendasikan menggunakan metode DOS dibandingkan melalui aplikasi update BIOS. Hubungi vendor motherboard untuk tata cara update melalui DOS.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here