AMD SenseMi Technology

AMD SenseMi, Teknologi Pintar Prosessor AMD Ryzen™ untuk Performa Tinggi dan Hemat Daya

  • AMD SenseMI Teknologi, merupakan teknologi pintar yang tersemat pada Prosessor AMD Ryzen.
  • Fitur ini mengizinkan prosessor beradaptasi dengan kegiatan pengguna, menghasilkan performa terbaik dan lebih hemat daya.
  • Fitur ini mampu berikan peningkatan performa otomatis dengan adanya fitur Precision Boost dan XFR.

AMD SenseMi Technology

AMD Ryzen™  memiliki performa yang menakjubkan. Menggunakan arsitektur “Zen” Core, Ryzen™ memberikan peningkatan performa hingga 52% lebih powerful dibandingkan generasi sebelumnya1. Oleh karena itu Ryzen™ menjadi prosessor terkencang AMD saat ini! Anda pun juga akan dimanjakan dengan performa tinggi hingga 8 Core 16 Thread yang siap untuk menunjang aktivitas harian mulai dari office, gaming hingga pembuatan konten dengan kualitas terbaik.

Salah satu faktor yang membuat prosessor Ryzen™ berbeda dengan prosessor AMD pada generasi sebelumnya, adalah adanya teknologi pintar yang sangat berperan penting pada efektivitas dan efisiensi performa Ryzen™. Ingin tahu selengkapnya mengenai kehebatan teknologi terbaru ini? Simak pembahasannya berikut ini!

Perkenalkan Teknologi Pintar Pada Prosessor Ryzen™, AMD SenseMI!

AMD SenseMi Technology AMD SenseMi Technology

Meski memiliki performa yang kencang, bukan berarti Ryzen™ boros daya. Dengan fabrikasi 14nm FinFET, performa per watt menjadi lebih baik, yang tentunya lebih hemat daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bahkan AMD juga memperkenalkan teknologi power saving terbaru yaitu, AMD SenseMi Technology yang berisikan fitur-fitur power saving pintar membuat performa per watt Ryzen™ semakin mantap, diantaranya:

1.  Pure Power

AMD SenseMi Technology

Teknologi Pure Power merupakan teknologi power saving yang memanfaatkan ribuan sensor yang ada pada prosessor AMD Ryzen™.
AMD SenseMi Technology

Dengan menggunakan sensor yang ada, memungkinkan prosessor untuk bisa menyesuaikan performa berdasarkan kondisi penggunaan aplikasi, kondisi suhu dan daya yang menghasilkan hingga 1.4x performa/watt lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan fitur tersebut2.

2.  Precision Boost

AMD SenseMi Technology

Precision Boost merupakan fitur pengganti dari AMD Turbo Core yang hadirkan clock tambahan untuk meningkatkan performa. Fitur terbaru ini lebih pintar dengan dukungan sensor yang ada pada teknologi Pure Power.

AMD SenseMi Technology

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Precision Boost didukung dengan teknologi Pure Power mampu memberikan clock tambahan hingga 4.0 GHz3 untuk prosessor Ryzen™ 7 yang berdampak pada performa aplikasi menjadi lebih baik, tanpa mengorbankan daya berlebih.

3.  Extended Frequency Range (XFR)

AMD SenseMi Technology

Extended Frequency Range (XFR) merupakan fitur overclocking otomatis yang akan meningkatkan kecepatan prosessor diatas kecepatan yang ditetapkan oleh Precision Boost dengan bantuan pendingin yang lebih berkualitas.

AMD SenseMi Technology

Sebagai contoh adalah untuk Ryzen™ 7 1800X memiliki Precision Boost hingga 4.0 GHz, dengan XFR Anda bisa mendapatkan clock tambahan hingga 4.1 GHz secara otomatis.

AMD SenseMi Technology

Untuk merasakan clock tambahan dari fitur XFR ini, Anda bebas menggunakan jenis pendingin berkualitas tinggi mulai dari pendingin udara, Liquid Cooling hingga pendingin LN2. Penggunaan XFR ini sudah otomatis sehingga tidak membutuhkan pengaturan pada perangkat lunak tambahan4.

4.  Neural Net Prediction

AMD SenseMi Technology

Merupakan teknologi berbasis AI (Kecerdasan Buatan) yang hadir dalam setiap “Core” dari AMD Ryzen™ dimana teknologi ini memprediksi penggunaan aplikasi Anda dan memastikan aplikasi yang digunakan menggunakan komponen dari setiap “otak inti” dalam prosessor AMD Ryzen™ dengan seoptimal mungkin.

AMD SenseMi Technology

Dengan fitur ini Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan performa per watt terbaik untuk setiap pekerjaan yang dilakukan oleh prosessor.

5.  Smart Prefetch

AMD SenseMi Technology

Smart Prefetch hadirkan algoritma yang mengatur dan memprediksi data apa yang akan diolah ke prosessor. Setiap data akan disimpan dengan baik di Cache dan akan dipakai kembali saat dibutuhkan. Hal ini berdampak pada performa aplikasi yang lebih responsif hadirkan efisiensi waktu dan lebih hemat daya.

AMD SenseMi Technology

Untuk hadirkan teknologi Smart Prefetch dengan baik, AMD  memberikan peningkatan dalam hal Cache untuk prosessor AMD Ryzen™ yang kini mendukung hingga 8 MB L3 Cache per 4 Core dengan bandwidth yang lebih tinggi. Hal ini berdampak kepada aplikasi menjadi lebih responsif saat digunakan.

Kesimpulan

AMD SenseMi Technology

Dengan adanya teknologi AMD SenseMi membuktikan komitmen AMD yang tidak hanya berfokuskan pada performa, namun juga efisiensi dari prosessor AMD Ryzen™. Teknologi AMD SenseMi juga akan diterapkan untuk prosessor AMD lainnya yang menjadi dasar menghadirkan prosessor-prosessor dengan performa yang terbaik serta tetap efisien di masa depan. Dengan segala kelebihan ini, tentu tak perlu ragu lagi untuk segera upgrade prosessor lama milikmu ke produk terbaru AMD, prosessor Ryzen™. Anda bisa menyimak segala informasi mengenai prosessor terbaru AMD Ryzen™ di link berikut.

 

Catatan Kaki :

  1. Dibandingkan Prosessor AMD FX dengan codename “Piledriver” generasi sebelumnya.
  2. Dibandingkan Prosessor AMD Ryzen™ tanpa fitur AMD Pure Power.
  3. Core Clock yang didapatkan dari Precision Boost bergantung dari masing-masing seri Prosessor, untuk clock tertinggi (Dalam hal ini R7 1800X max @4.0 GHz) didapat dari penggunaan Dual Core, sedangkan untuk penggunaan 4 Core dan selebihnya pada prosessor akan mendapatkan Clock Precision Boost yang lebih rendah.
  4. Besar dari Clock XFR bergantung dari kemampuan pendingin prosessor yang digunakan. Sedangkan berapa batas dari Clock XFR bisa didapatkan, bergantung dari seri Prosessor yang digunakan.  

Leave a Reply