Fakta Ryzen

Ketahui 10 Fakta Menarik Tentang Prosessor Terbaru AMD Ryzen™!

Fakta Ryzen

Seperti yang Anda tahu, kemunculan prosessor AMD generasi terbaru yaitu Ryzen™ 3, 5 dan 7 serta Threadripper mendapatkan banyak tanggapan positif dari penggemar produk AMD. Dalam kesempatan ini, AMD mau mengulas sedikit pengetahuan dan fakta menarik yang mungkin tidak kamu ketahui seputar prosessor Ryzen™ terbaru ini. Yuk kita lihat satu per satu!

Fakta #1: TechRadar menyebut bahwa Ryzen “Threadripper” merupakan prosessor paling kuat yang pernah mereka uji!

TechRadar yang merupakan salah satu website teknologi ternama di dunia menyebutkan di artikel mereka bahwa “AMD Ryzen™ Threadripper adalah prosessor paling powerful yang pernah kami uji”. Dengan 16 core, 32 thread dan fitur factory unlocked1 menjadikan Ryzen™ Threadripper prosessor berperforma serta bertenaga tinggi. Mulai dari keperluan pembuatan konten digital, 3D rendering serta gaming dan streaming bisa dilakukan sekaligus dalam satu waktu jika menggunakan kekuatan Ryzen™ Threadripper satu ini. Kelebihan lainnya adalah harga yang terbilang sangat kompetitif dibandingkan kompetitor!

Fakta #2: Tim eSport Professional, Fnatic, saat ini menggunakan Ryzen™ di semua PC tim mereka!

Industri eSport belakangan ini semakin populer di kalangan gamer. Tak terkecuali para gamer pro yang pastinya membutuhkan hardware serta software terbaik untuk mendukung pengalaman gaming mereka. Karena inilah Fnatic memilih Ryzen™ sebagai tenaga terbaik saat ini yang mampu menunjang performa mereka agar tetap kompetitif. Anda bisa melihat PC tangguh berbasis Ryzen™ yang mereka gunakan di video berikut.

Fakta #3:  Soket AM4 dari AMD sangat fleksibel! Anda bisa memulai merakit PC Anda dengan prosessor 2-core hingga kemudian akhirnya upgrade ke prosessor 8-core 16-thread.

Pengguna komputer terus-menerus menuntut teknologi yang lebih baik, itulah sebabnya AMD tidak percaya pada solusi yang justru menghambat pengguna mendapatkan performa yang lebih tinggi. Platform AM4 merupakan solusi hardware yang sangat fleksibel, sehingga konsumen dengan anggaran yang relatif rendah bisa mewujudkan PC impiannya dengan mudah tanpa menutup kemungkinan upgrade. Mulailah dengan memiliki CPU 2-core atau APU, dan kemudian upgrade ke CPU 4-core atau bahkan 8-core / 16-thread (seperti Ryzen ™ 7 1800X) tanpa harus melakukan upgrade motherboard dan komponen yang menyertainya. AMD berkomitmen untuk selalu menyediakan solusi sistem yang simpel dan sederhana, dan itulah tujuan lahirnya Ryzen™!

Fakta #4: Sebelum menjadi prosessor desktop terkuat, Ryzen™ awalnya hanya merupakan proyek sampingan!

Threadripper merupakan perwujudan dari gairah sekelompok kecil karyawan AMD yang membayangkan sebuah prosessor multi-core yang powerful di dunia. Tak disangka, prosessor Desktop yang paling kuat8 saat ini justru berawal dari sekedar proyek hobi!

Fakta #5: Sejak peluncuran Ryzen™, pengembangan performanya semakin efektif!

Ryzen™ terus dikembangkan sejak peluncuran pertamanya yang menghebohkan. Dengan begitu banyak core dan thread yang dimiliki, bersama dengan teknologi cerdas seperti “SenseMi Technology” yang tertanam di dalamnya, Ryzen™ kini dimanfaatkan secara lebih efektif oleh banyak pengembang game terkemuka di dunia. Game populer seperti Total War ™: Warhammer®, Ashes of the Singularity™, Rise of the Tomb Raider™, dan DOTA ™ 2 telah mengambil manfaat dan dikembangkan sedemikian rupa melalui patches terbaru untuk memberikan pengguna Ryzen™ peningkatan kinerja yang signifikan1.

Pada artikel ini, Eli Becht membahas bagaimana salah satu judul game yang paling dinanti tahun ini, Destiny 2, akan memanfaatkan core CPU tambahan yang tersedia – dimana sangat cocok untuk pengguna AMD Ryzen™ yang menyediakan banyak core. Destiny 2 juga menghadirkan dukungan 4K ultra-HD, framerate yang tidak terkunci, dan opsi lainnya yang berfokus pada PC, yang memungkinkan pengguna AMD untuk memanfaatkan kekuatan penuh sistem AMD mereka untuk pengalaman gaming lebih baik dari sebelumnya.

Fakta #6: Ryzen™ menawarkan kemerdekaan: seluruh lini menawarkan CPU yang dapat di Overclock!

AMD sangat mendukung kemerdekaan dan kreativitas pengguna, oleh karena itu CPU Ryzen™ dirancang sebagai prosessor yang sudah di unlock2, mengizinkan pengguna untuk mendorong performa perangkat mereka lebih tinggi lagi. Pengguna dibebaskan memilih dari beragam solusi pendingin dan komponen yang tersedia, sehingga tidak dibatasi ingin merakit sistem seperti apa.

Setiap CPU Ryzen™ juga dilengkapi dengan fitur Extended Frequency Range3 (XFR), yang merupakan teknologi overclocking otomatis dengan bantuan pendingin berkualitas. XFR akan mendorong performa Ryzen™ lebih tinggi secara dinamis di atas spesifikasi SenseMI Precision Boost, jika suhu CPU memungkinkan untuk mencapai frekuensi kecepatan lebih tinggi untuk mendapatkan performa ekstra. AMD ingin memberikan kemerdekaan untuk kustomisasi kepada pengguna dan bermain dengan sistem mereka, dan multiplier unlocks adalah etos penting dari itu.

Fakta #7: CPU Ryzen™ menawarkan memori cache paling besar di kelasnya.

CPU Ryzen™ menawarkan memori cache paling banyak, lebih dari produk pesaing yang sebanding4 saat ini di pasaran, sehingga dapat memberi kepada pengguna kapasitas memori yang lebih dari cukup untuk menampung data Smart Prefetch yang tepat untuk mempercepat tugas, permainan, dan tugas terkait kinerja CPU lainnya.

AMD memberikan kepada pengguna, kekuatan untuk menggunakan sistem mereka demi kepentingan apapun, dan membuka jalan dengan mempersenjatai prosessor Ryzen™ ini dengan memori cache kelas dunia yang dilengkapi teknologi SenseMI Smart Prefetch, hanyalah salah satu cara AMD mencapai tujuan ini.

Fakta #8: Youtuber terkenal, H3H3 Productions menggunakan Ryzen™ 7

H3H3 Productions adalah channel Youtube dengan subscriber lebih dari 4,5 juta orang. Ethan dan Hila Klein saat ini sudah memproduksi berjam – jam konten video yang menghibur, yang semuanya membutuhkan waktu dan tenaga untuk di render. AMD UK mengirim sistem berbasis Ryzen kepada H3H3 dan sekarang mereka telah merasakan memiliki PC multi-core modern. Performa Ryzen™ yang luar biasa telah memungkinkan mereka menghemat waktu dalam proses rendering video, memberikan mereka kebebasan untuk membuat video komedi berkualitas tinggi lebih banyak lagi.

Fakta #9: Ryzen™ mampu menyamai performa single-core Intel dan menawarkan performa pemrosesan 75% lebih tinggi dibanding dengan kompetitor.

Kinerja single-core Ryzen™ setara dengan penawaran prosessor Intel di pasaran saat ini5. Tapi AMD mampu bersinar lebih terang dalam kompetisi dengan fakta sederhana bahwa Ryzen™ menawarkan kinerja pemrosesan multi-threaded hingga 75% lebih tinggi dibanding kompetitor6, memberikan kemampuan yang sangat luar biasa dibanding sebelumnya untuk prosumer. Contoh dari perbedaan ini adalah Intel 4-thread Core i5-7600K, dibandingkan dengan 12-thread Ryzen™ 5 1600X milik AMD, padahal keduanya memiliki harga yang hampir setingkat7, namun Ryzen™ mampu memberi lebih banyak kepada konsumen.

CPU AMD Ryzen™ menawarkan kinerja yang luar biasa, dengan memanfaatkan rangkaian core dan thread yang mumpuni untuk mewujudkannya.

Fakta #10: Threadripper adalah prosesor desktop berkinerja TERTINGGI yang pernah ditawarkan untuk konsumen PC Desktop saat ini.

Dengan 16 core dan 32 thread, ada beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh Threadripper, mulai dari pengeditan video UltraHD, gaming sekaligus merekamnya dan melakukan streaming, hingga rendering 3D, CAD, dan banyak lagi. Pengguna bisa melakukan semuanya – pada saat bersamaan. Threadripper adalah masa depan dari sistem game live streaming, dimana mampu menghilangkan kebutuhan akan penggunaan sistem ganda atau dua PC terpisah untuk melakukannya.

Sederhananya, Threadripper adalah prosesor paling kuat yang ada saat ini yang pernah diluncurkan untuk konsumen PC Desktop8. Berkat adanya Ryzen™ Threadripper, konsumen akhir kini bisa menikmati tenaga besar yang dulunya hanya bisa dinikmati pada PC Workstation.

Fakta mana yang menurutmu paling mengejutkan terkait prosessor terbaru AMD Ryzen™?

 

Catatan:

  1. Pengujian oleh lab performa AMD 30 Maret 2017 menggunakan sistem dengan spesifikasi berikut ini. Konfigurasi komponen PC yang bervariasi bisa menghasilkan hasil berbeda. AMD Ryzen™ 7 1800X: Gigabyte GA-AX370-Gaming 5, prosessor Ryz​en™ 7 1800X, dengan NVIDIA GTX 1080 8GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2933 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 378.92 :: 03/30/2017. Konfigurasi komponen PC yang bervariasi bisa menghasilkan hasil berbeda. Performa bisa berubah dengan versi driver berbeda. Dalam Total War: Warhammer, resolusi 1080p dengan high detail preset, Ryzen 7 1800X mencapai rata-rata 133 FPS sebelum update patch, dan 147 FPS setelah update patch ‘Brettonia’ tgl. 27 Maret, menghasilkan tambahan performa hingga 10% (147/133=110%). Dalam Ashes of the Singularity, resolusi 1080p dengan high detail preset memakai normal batches benchmark, Ryzen 7 1800X mencapai rata-rata 69 FPS sebelum update patch, dan 92 FPS setelah update patch v2.11, menghasilkan tambahan performa hingga 33% (92/69=133%). Dalam DOTA2 di resolusi 1080p dengan kualitas pengaturan tournament-optimized, Ryzen 7 1800X mampu mencapai miniml 79 FPS sebelum update patch, dan minimal 91 FPS setelah update patch tgl. 20 Maret, menghasilkan tambahan performa hingga 15% (91/79=115%). RZN-52. Pengujian oleh lab performa AMD 6 Juni 2017 menggunakan sistem berikut ini. Konfigurasi komponen PC yang bervariasi bisa menghasilkan hasil berbeda. Hasil bisa berbeda juga tergantung penggunaan versi driver yang digunakan. Konfigurasi sistem: Prosessor AMD Ryzen™ 7 1800X, 2x8GB DDR4-3200 (14-14-14-36), GeForce GTX 1080 (382.33 driver), Asus Crosshair VI (BIOS 9943), Windows® 10 x64 build 1607, resolusi 1920×1080. ::2017:06:06. Dalam Rise of the Tomb Raider, resolusi 1080p dengan medium detail preset, Ryzen 7 1800X mampu mencapai rata-rata 123.4 sebelum update patch, dan 160.2 FPS setelah update patch v770.1, menghasilkan penambahan performa hingga 30% (160.2/123.4=130%). RZN-65
  1. Overclocking prosessor AMD, termasuk di dalamnya tanpa limitasi, pengubahan clock frequencies / multipliers atau memory timing / voltage, untuk mengoperasikan prosessor di atas spesifikasi pabrik akan menghanguskan garansi produk AMD, bahkan ketika overclocking dilakukan menggunakan hardware dan/atau software dari AMD. Melakukan ini juga bisa menyebabkan hilangnya garansi  yang ditawarkan dari vendor atau toko.  Pengguna menanggung semua resiko yang mungkin ditimbulkan oleh overclocking prosessor AMD, termasuk, tanpa limitasi, kerusakan hardware, berkurangnya performa sistem dan/atau kehilangan data penting, data corruption atau berkurangnya ketahanan produk.  GD-106
  2. AMD mendefinisikan pendingin prosessor premium sebagai kombinasi suhu ruang dan solusi thermal yang menghasilkan suhu prosessor di bawah 60 derajat Celsius sementara CPU memproses pekerjaan yang terjadi di sistem. GD-118
  3. Prosessor AMD Ryzen 7 (MSRP di bawah $800) memiliki lebih banyak memori cache dibandingkan prosessor Intel Core i7 (di bawah $800 di Newegg.com per tgl. 27 Jan. 2017) dimana memiliki hingga 16.5 MB memori cache; prosessor AMD Ryzen 5 (MSRP di bawah $300) memiliki lebih banyak memori cache dibanding prossessor intel Core i5 (di bawah $300 di Newegg.com per tgl. 27 Jan. 2017) dimana memiliki hingga 7 MB memori cache; prosessor AMD Ryzen 3 (MSRP dibawah $200) memiliki lebih banyak memori cache dibandingkan prosessor intel Core i3 (dibawah $200 di Newegg.com per tgl. 27 Jan. 2017) dimana memiliki hingga 4.5 MB memori cache. RZN-2
  4. Pengujian oleh lab performa AMD. Konfigurasi komponen PC yang bervariasi bisa menghasilkan hasil berbeda. Socket AM4: Ryzen™ 7 1800X (@3.5 GHz), dengan NVIDIA TITAN X (Pascal) 12GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Socket 2011: STRIX X99 GAMING, Core i7-6900K (@3.5 GHz), dengan NVIDIA TITAN X (Pascal) 12GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Socket 1151: Z270 SLI, Core i7-7700K (@3.5 GHz), dengan NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, Windows 10. Cinebench R15 1T digunakan untuk menguji performa IPC single-threaded; Pengujian dilakukan menggunakan Ryzen 7 1700 dan Intel Core i7-7700K pada kecepatan yang dikunci di 3.5 GHz. Ryzen 7 1700 mencapai skor 142 dalam pengujian single thread Cinebench R15. Core i7-6900K mencapai skor 152 dalam pengujian single thread Cinebench R15. Core i7-7700K mencapai skor 146 dalam pengujian single thread Cinebench R15. RZN-12
  5. Pengujian oleh lab performa AMD pada 11 Des. 2016 menggunakan sistem berikut ini. Konfigurasi komponen PC yang bervariasi bisa menghasilkan hasil berbeda. AMD Ryzen™ 7 1800X: Myrtle AM4, Ryzen™ 7 1800X, dengan NVIDIA TITAN X (Pascal) 12GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Socket AM4: Ryzen™ 7 1700, dengan NVIDIA GTX 1070 6 GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Socket AM4: Ryzen™ 7 1700X, dengan NVIDIA GTX 1080 6 GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Konfigurasi sistem: Socket AM4: Ryzen™ 5 1600X (6c12t), Fatal1ty AB350 GAMING K4, NVIDIA GeForce GTX 1080, 16GB (2x8GB) DDR4-2933 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SSD, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7878. Socket AM4: Ryzen™ 5 1600X (6c12t), Ryzen™ 5 1600 (6c12t), Ryzen™ 5 1500X (4c8t), Ryzen™ 5 1400 (4c8t), Fatal1ty AB350 GAMING K4, NVIDIA GeForce GTX 1080, 16GB (2x8GB) DDR4-2933 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SSD, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7878 :: 5/1/2017. Socket 1151: Core i5-7600K (4c4t), Core i5-7600 (4c4t), Core i5-7500 (4c4t), Core i5-7400 (4c4t), B250 GAMING M3, NVIDIA GeForce GTX 1080, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SSD, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7878 :: 5/1/2017.  Socket 2011:  Core-i7 6850K (6c12t), STRIX X99 GAMING, NVIDIA GTX 1080 6 GB, 16GB (2x8GB) DDR4-2400 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SSD, Windows 10 RS2, Driver grafis 378.78. :: 12/11/2016. Core i7-6800K: Extreme: STRIX X99 GAMING, Core i7-6800K Extreme, dengan NVIDIA GTX 1080 6 GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, OS Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Socket 1151: Z270 SLI, Core i7-7700K, dengan NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2400 RAM, Windows 10 RS2, Driver grafis 21.21.13.7633 :: 12/11/2016. Skor benchmark Cinebench nt untuk prosessor berikut ini adalah: Core i7-6850K: 1158, Ryzen 7 1800X: 1601.4, up to 38% lebih cepat dibanding Core i7-6850K (1601.4/1158= 138%). Core i7-6800K: 1108.2, Ryzen 7 1700X: 1536.6, up to 38% lebih cepat dibanding Core i7-6800K (1536.6/1108.2= 139%). Core i7-7700K: 966.7, Ryzen 7 1700: 1410.6, up to 46% lebih cepat dibanding Core i7-7700K (1240/705= 146%).  Core i5-7600K: 705.4, Ryzen 5 1600X: 1240.4, up to 75% lebih cepat dibanding Core i5-7600K (1240/705= 175%). Core i5-7600: 651.8, Ryzen 5 1600: 1144.1, up to 75% lebih cepat dibanding Core i5-7600 (1144.1/651.8= 175%). Core i5-7500: 601.2, Ryzen 5 1500X: 811.3, up to 35% lebih cepat dibanding Core i5-7500 (811.3/601.2= 135%). Core i5-7400: 550.8, Ryzen 5 1400: 701.3, up to 27% lebih cepat dibanding Core i5-7400 (811.3/601.2= 127%). RZN-54
  6. Harga: Core i5-7600K (4c/4t, $239.99 di Newegg.com per 23 Agustus 2017) dan Ryzen 5 1600X (6c/12t, $239.99 per 23 Agustus 2017).
  7. Diuji oleh lab performa AMD pada 22 Juli 2017 menggunakan sistem berikut ini. Konfigurasi komponen PC yang bervariasi bisa menghasilkan hasil berbeda. Performa bisa berubah dengan versi driver berbeda. Konfigurasi sistem: AMD Ryzen Threadripper 1950X dan 1920X pada motherboard ASUS ROG X399 Zenith Extreme, Intel Core i9-7900X pada motherboard X299 AORUS Gaming 9. Seluruh sistem menggunakan 32GB (4 x 8GB) DDR4-3200 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SSD, OS Windows 10 RS2, Geforce TX 1080 Ti, Driver grafis 384.76 :: 7/22/2017. Cinebench R15 nT dipakai untuk simulasi performa CPU multi-threaded; AMD Ryzen™ Threadripper 1950X mencetak skor 3042, sementara Intel Core i9-7900X Extreme (Prosessor consumer desktop Intel tercepat) mencetak skor 2212. Untuk perbandingan skor benchmark 3042/2212 = 1.38× atau lebih unggul AMD Ryzen Threadripper 1950X sebanyak 38%; AMD Ryzen™ Threadripper 1950X mencetak skor 2451 untuk perbandingan skor benchmark 2451/2212 = 1.11× atau lebih unggul AMD Ryzen Threadripper 1920X sebanyak 11%. Cinebench R15 1T digunakan untuk mensimulasikan performa CPU single-threaded; AMD Ryzen™ Threadripper 1950X mencetak skor 167, sementara Intel Core i9-7900X Extreme (Prosessor consumer desktop Intel tercepat) mencetak skor 197 untuk perbandingan skor benchmark 167/197 = 0.85× atau AMD Ryzen Threadripper 1950X 15% lebih rendah; AMD Ryzen™ Threadripper 1950X mencetak skor 167 untuk perbandingan skor benchmark 167/197 = 0.85× atau AMD Ryzen Threadripper 1920X 15% lebih rendah. AMD Ryzen™ Threadripper 1950X mencetak skor 3042, sementara AMD Ryzen 7 1800X (prosessor desktop consumer AMD tercepat kedua setelah Threadripper) mencetak skor 1601 dengan perbandingan skor benchmark 3042/1601 = 1.90× atau AMD Ryzen Threadripper 1950X 90% lebih unggul.  RZN-46

Leave a Reply