Review Ryzen 3

Review Performa Ryzen™ 3: Dapatkan Performa Tangguh Harga Bersahabat dengan Prosessor “True Quad Core” Terbaru AMD!

  • Ryzen™ 3 Hadirkan Prosessor “True Quad Core Tangguh dengan Harga
  • Performa Sangat Kompetitif untuk Produktivitas dan Hiburan
  • Ryzen™ 3 + Radeon™ RX Series: Kombinasi Tepat untuk Gaming Full HD dan Multimedia Berkualitas!

Review Ryzen 3

Prosessor adalah salah satu komponen penting yang harus dipertimbangkan secara matang pemilihannya saat membangun PC impian. Hal ini dikarenakan prosessor sangat berperan penting sebagai “otak utama” yang menentukan tangguh tidaknya performa suatu PC dalam melaksanakan tugas, baik itu untuk pekerjaan kantoran atau pembuatan konten professional hingga kegiatan hiburan seperti bermain game dan multimedia.

Review Ryzen 3Nah, prosessor Ryzen™ hadir sebagai lini prosessor terbaru berarsitektur mutakhir “Zen”, yang berhasil memberikan peningkatan performa hingga 52% lebih baik dibandingkan sebelumnya1. Dengan fabrikasi 14nm FinFET, prosessor Ryzen™ terbaru, termasuk salah satunya Ryzen™ 3 mampu menawarkan performa/watt lebih baik dibandingkan produk kompetitor dengan harga jauh lebih bersahabat, sehingga kini Anda tak perlu bimbang lagi mengenai pilihan prosessor Quad Core manakah yang paling tepat untuk disematkan pada rakitan PC terbaik yang ingin Anda hadirkan.

Review Ryzen 3

Berikut untuk pilihan varian lengkap produk prosessor Ryzen™ 3 dari AMD:

Nama Produk Model Cores Threads Base Clock (GHz) Boost Clock (GHz) XFR Clock (GHz) Pendingin TDP (Watts) Harga (disarankan)
AMD Ryzen 3 1300X 4 4 3.5 3.7 3.9 Wraith Stealth 65 Rp.1.799.000
AMD Ryzen 3 1200 4 4 3.1 3.4 3.45 Wraith Stealth 65  Rp.1.499.000

Melanjutkan kesuksesan performa yang dihadirkan pada produk Ryzen™ 7 dan Ryzen™ 5 yang telah lebih dulu muncul ke pasaran sebelumnya, varian Ryzen™ 3 mampu hadir dengan kemampuan Quad Core performa tinggi dengan tingkat TDP yang jauh lebih rendah namun menawarkan pilihan dengan harga lebih bersahabat untuk konsumen dengan budget terbatas. Ryzen™ 3 juga sudah di bundling dengan pendingin Wraith Stealth yang efektif mendinginkan suhu prosessor tanpa suara berisik dan prosessor ini juga sudah mendukung fitur Precision Boost dan Extended Frequency Range (XFR) yang bisa menambah performa secara otomatis2.

Review Ryzen 3

Ryzen™ 3 sama seperti prosessor Ryzen™ 7 dan Ryzen™ 5 yang telah hadir sebelumnya, juga  telah didukung motherboard soket AM4 yang hadir dengan berbagai fitur terkini seperti USB 3.1 Gen 2, PCIe M.2 dan SATA Express. Tidak hanya itu Ryzen™ 3 juga dapat di overclocking dengan mudah untuk meningkatkan performanya asalkan menggunakan tipe motherboard yang tepat. Anda diizinkan untuk melakukan CPU Overclocking menggunakan motherboard AM4 premium dengan chipset B350 & X370. Namun jika Anda memiliki budget sangat terbatas untuk pembelian komponen, Anda tetap bisa mendapatkan tambahan performa dengan melakukan Memory Overclocking yang didukung pada semua chipset motherboard AM4, termasuk motherboard AM4 harga terjangkau dengan chipset A320.

Setelah mengetahui secara singkat beragam keunggulan dan fitur yang bisa Anda dapatkan dengan prosessor Ryzen™ 3, mari kita kupas lebih mendalam mengenai performa Ryzen™ 3 dalam berbagai pengujian dari situs review terkemuka untuk mengetahui kehebatan sesungguhnya dari prosessor ini!

Ryzen™ 3 1200: Prosessor Quad Core Bertenaga Tinggi dengan Harga Sangat Bersahabat!

Review Ryzen 3 Review Ryzen 3

Berdasarkan benchmark yang dilakukan oleh situs bit-tech.net, prosessor Ryzen™ 3 1200 dengan harga di bawah 2 Juta Rupiah ternyata mampu hadirkan performa yang terbilang sangat kompetitif dalam pengujian Cinebench yang menggambarkan kemampuan proses render 3D. Terbukti Ryzen™ 3 1200 baik dalam keadaan stock speed maupun Overclock ke 4.0 GHz mampu memberikan performa yang tidak jauh berbeda dengan kompetitor di pengujian single threaded, bahkan pada pengujian multi-threaded mampu mengungguli prosessor kompetitor yang harganya jauh lebih mahal.

Review Ryzen 3 Review Ryzen 3 Review Ryzen 3

Beralih ke pengujian selanjutnya, berdasarkan tes beberapa aplikasi terkenal yang biasa digunakan untuk pembuatan konten grafis dan editing video professional seperti Terragen 4 dan HandBrake, terlihat bahwa Ryzen™ 3 1200 dengan kekuatan 4 Core 4 Thread ini, kembali menghadirkan performa yang sangat responsif dan bertenaga. Tak hanya itu, Ryzen™ 3 1200  juga terbukti tangguh untuk menjalankan Virtual Reality dimana bisa dilihat pada hasil tes VRMark yang menampilkan performa Ryzen™ 3 yang mampu menandingi prosessor kompetitor dengan harga jauh lebih mahal.

Review Ryzen 3 Review Ryzen 3

Dalam soal efisiensi, prosessor Ryzen™ 3 1200 juga tak kalah dengan kompetitor, dimana mampu hadirkan konsumsi daya yang paling rendah saat dalam keadaan default. Bahkan dalam keadaan  telah mengalami Overclocking, Ryzen™ 3 1200 masih terbilang hadirkan konsumsi daya yang sangat efisien.

Ryzen™ 3 1300X: Tawarkan Performa Lebih dengan Clock Speed Lebih Tinggi!
Review Ryzen 3 Review Ryzen 3 Review Ryzen 3

Ryzen™ 3 1300X hadir dengan clock speed lebih tinggi dibanding Ryzen™ 3 1200, dimana masih bisa meningkatkan lagi kecepatannya secara otomatis berkat bantuan teknologi Precision Boost dan Extended Frequency Range (XFR). Berdasarkan pengujian dari website review terpercaya AnandTech, terbukti pada aplikasi produktivitas yang umumnya digunakan para pembuat konten, Ryzen™ 3 1300X mampu mengejar kemampuan dari prosessor kompetitor yang berharga lebih mahal.

Review Ryzen 3

Dalam pengujian  pada game-game terkenal, Ryzen™ 3 1300X juga hadir dengan hasil sangat memuaskan dimana mampu bersaing dengan Prosessor Quad Core milik kompetitor. Anda bisa memainkan beragam game populer seperti Rise of Tomb Raider, Rocket League, hingga game Grand Theft Auto V dengan mudah di resolusi FULL HD pada kualitas grafis terbaik.

Review Ryzen 3 Review Ryzen 3

Tak perlu khawatir soal konsumsi daya, karena walaupun memiliki clock speed yang lebih tinggi dibanding Ryzen™ 3 1200, tak membuat Ryzen™ 3 1300X menjadi boros. Serapan daya oleh prosessor Ryzen™ 3 1300X tetap berada di bawah 70W walau dalam keadaan full load.

Ryzen™ 3 & Kartu Grafis Radeon™ RX 500, Kombinasi Tepat untuk Bermain Game Terkini!

Review Ryzen 3

Kami merekomendasikan untuk menggunakan kartu grafis seri Radeon™ RX 500 agar dapat bermain game-game terkini pada kualitas terbaik. Seri Radeon™ RX 500 telah dilengkapi dengan teknologi “14nm FinFET” serta arsitektur “Polaris Enhanced” yang mampu menghadirkan pengalaman bermain game dengan lebih efisien dan hening5 dibandingkan kartu grafis Radeon™ generasi sebelumnya. Selain itu Anda juga akan mendapatkan manfaat dari fitur unggulan untuk gaming lainnya yang terdapat pada seri Radeon™ RX 500, diantaranya:

  • DirectX® 12 & Vulkan™ Ready : kartu grafis seri Radeon™ RX 500 telah mendukung teknologi Async Compute yang memungkinkan banyak pekerjaan olah grafis bisa dilakukan secara bersamaan sehingga meningkatkan performa pada aplikasi dan game berbasis API DirectX® 12 dan Vulkan™ terkini.
  • Radeon FreeSync : Bermain game lebih mulus, bebas tearing dan stuttering, dengan teknologi Radeon FreeSync di monitor yang mendukung.
  • Radeon ReLive : Rekam dan bagikan aktivitas bermain game Anda tanpa mengurangi performa menggunakan Radeon Relive.
  • Radeon Chill : Bermain game lebih hemat daya, hening dengan suhu kartu grafis lebih terjaga berkat dukungan teknologi Radeon Chill yang membuat kartu grafis mampu beradaptasi dengan kegiatan bermain game sesuai kebutuhan pengguna6.
  • Dukungan HEVC & VP9 : Rasakan pengalaman menikmati konten multimedia premium dan hemat daya di situs terkemuka seperti Youtube dan Netflix dengan kartu grafis seri Radeon™ RX 500 yang sudah mendukung pemutaran video format HEVC & VP9 yang banyak terdapat di platform streaming video terkini.
  • VR Ready : Kombinasi prosessor Ryzen™ 3 dengan kartu grafis seri Radeon™ RX 500 ternyata sudah mampu menghadirkan pengalaman Virtual Reality dengan harga jauh lebih terjangkau. Didukung teknologi AMD LiquidVR, mampu hadirkan pengalaman Virtual Reality terbaik pada PC bertenaga kartu grafis seri Radeon™ RX 5007.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang kelebihan kartu grafis seri Radeon™ RX dari AMD, Anda bisa mengunjungi tautan Diciptakan untuk Gamers, Radeon™ RX 500 Series Hadir dengan Beragam Fitur Unggulan.

Kesimpulan

Review Ryzen 3

Ryzen™ 3 berkekuatan 4 Core 4 Threads telah hadir melengkapi lini seri prosessor Ryzen™ lainnya dengan menghadirkan inovasi terbaru dan pengalaman komputasi yang lebih baik untuk pelanggan PC mainstream dengan harga sangat terjangkau di bawah 2 Juta Rupiah! Berbasiskan arsitektur “Zen”, prosessor ini tentunya mampu menghadirkan peningkatan IPC yang besar dibandingkan generasi prosessor AMD sebelumnya serta didukung fabrikasi 14nm FinFET terkini, membuat lini prosessor Ryzen™ termasuk Ryzen™ 3, mampu menghadirkan konsumsi daya yang rendah dan juga efisien. Dengan memasangkan prosessor harga terjangkau ini dengan kartu grafis seri Radeon™ RX 500, Anda bahkan bisa mendapatkan pengalaman terbaik untuk gaming terkini, multimedia premium hingga dukungan konten Virtual Reality mulus tanpa harus menghabiskan dana terlalu besar untuk bisa memiliki sebuah PC Gaming yang tangguh. Tunggu apalagi? Segera dapatkan prosessor Ryzen™ 3 di toko terdekat langganan Anda! Anda bisa memiliki Ryzen™ 3 1200 dengan harga Rp. 1.499.000 dan Ryzen™ 3 1300X dengan harga Rp. 1.799.000.

Catatan Kaki:

  1. Dibandingkan dengan prosessor AMD generasi sebelumnya dengan arsitektur excavator.
  2. Ryzen™ X series hadirkan nilai Precision Boost dan XFR lebih baik dibandingkan Ryzen™ non X.
  3. Bit-Tech Tested Bed : Motherboard Asus Crosshair VI Hero, Memory 16GB (2 x 8GB) Corsair Vengeance 3.000MHz DDR4, Graphics card XFX Radeon™ R9 390 DD 8GB, PSU Corsair RM850i, SSD OCZ Arc 100 240GB, CPU cooler NZXT Kraken X42, Operating system Windows 10 64-bit. https://www.bit-tech.net/reviews/tech/cpus/amd-ryzen-3-1200-review/1/
  4. Anandtech Tested Bed : Motherboards ASUS Crosshair VI Hero, Cooling Noctua NH-U12S SE-AM4, Power Supply        Corsair AX860i, Memory Corsair Vengeance DDR4-3000 C15 2x8GB, Memory Settings DDR4-2400 C15, Video Cards(Sapphire Nitro R9 Fury 4GB, Sapphire Nitro RX 480 8GB, Sapphire Nitro RX 460 4GB (CPU Tests)), Hard Drive Crucial MX200 1TB, Optical Drive LG GH22NS50, Case Open Test Bed, Operating System Windows 10 Pro 64-bit. https://www.anandtech.com/show/11658/the-amd-ryzen-3-1300x-ryzen-3-1200-cpu-review/2
  5. Dibandingkan dengan kartu grafis dengan fabrikasi 28nm sebelumnya.
  6. Untuk melihat list game yang mendukung fitur Radeon Chill, silahkan tuju ke situs https://gaming.radeon.com/en/radeonsoftware/crimson-relive/chill/.
  7. Dibutuhkan Headset yang mendukung seperti HTC Vive, Oculus Rift, Sulon Q dan sebagainya yang dijual terpisah.

Leave a Reply