Radeon Enhanced Sync

Ucapkan Selamat Tinggal V-Sync dengan Hadirnya Fitur Terbaru Radeon™ Enhanced Sync!

  • AMD hadirkan teknologi Radeon™ Enhanced Sync untuk gaming lebih responsif.
  • Berikan pengalaman gaming lebih nyaman yang minim tearing.
  • Bekerja dengan lebih baik untuk pengguna monitor FreeSync™.

Radeon Enhanced Sync

Beberapa waktu yang lalu, AMD telah meluncurkan update driver terbaru yaitu Radeon™ Crimson ReLive 17.7.2 yang merupakan update driver terbesar tahun ini untuk pengguna kartu grafis AMD Radeon™ dan AMD APU.

Adapun fitur-fitur dan perubahaan terbaru yang disajikan Radeon™ Crimson ReLive 17.7.2 sebagai berikut:

  • Update Radeon™ Chill: Berikan dukungan game DirectX® 12 dan Vulkan® terbaru, Radeon™ Chill merupakan fitur smart frame limiter yang akan memungkinkan game yang dimainkan dapat beradaptasi dengan kondisi pengguna, sehingga menghasilkan konsumsi daya lebih rendah dan juga suhu lebih rendah.
  • Dukungan game terbaru: Telah mendukung berbagai game terbaru 2017 dan sudah teroptimalisasi agar berjalan dengan lebih responsif1.
  • Radeon™ ReLive (Update): Membantu membagikan momen terbaik Anda saat bermain game. Kualitas lebih baik dengan dukungan 100 MB/s dan penggunaan memori yang lebih rendah. Tidak hanya itu, streaming menjadi lebih nyaman dengan penggunaan frame kamera transparan dan fitur audio boost untuk microphone.
  • Radeon™ Wattman (Update): Sajikan fitur underclocking untuk Radeon™ RX 580
  • Radeon™ Enhanced Sync (Baru!): Anda dapat merasakan pengalaman gaming yang lebih mulus dengan latency lebih rendah dan minim tearing.

Selain memberikan update pada fitur-fitur unggulan, update Radeon™ Crimson ReLive 17.7.2 juga membawa fitur terbaru yaitu Radeon™ Enhanced Sync. Untuk itu kami akan bahas lebih dalam mengenai fitur yang mampu memberikan pengalaman gaming lebih mulus pada artikel berikut ini.

Dioptimalkan untuk Radeon™ RX Berikan Pengalaman Bermain Game yang Lebih Minim Latensi

Radeon Enhanced Sync

Radeon™ Enhanced Sync merupakan fitur khusus yang dioptimalkan untuk kartu grafis Radeon™ RX series (saat ini hanya mendukung kartu grafis Radeon™ RX 400 Series, Radeon™ RX 500 Series serta Radeon™ RX Vega), dimana fitur ini melengkapi fitur-fitur lainnya yang telah hadir sebelumnya seperti Radeon™ ReLive dan Radeon™ Chill. Fitur ini tawarkan latensi lebih rendah dan meminimalkan terjadinya tearing sehingga membuat setiap momen bermain game menjadi lebih nyaman.

Enhanced Sync vs V-Sync

Radeon Enhanced Sync

Secara sederhana, pada monitor standar yang tidak memiliki fitur Adaptive Sync (FreeSync™), framerate yang dihasilkan lebih tinggi dari refresh rate monitor (standar umumnya adalah 60 Hz) saat sedang menjalankan game. Karena hal tersebut, biasanya akan terjadi tampilan patah-patah yang sering kita sebut dengan “Tearing”.

Untuk meminimalisir Tearing, Developer game sebelumnya sudah menyediakan fitur V-Sync untuk membatasi framerate agar sesuai dengan refresh rate. Namun, fitur tersebut menghasilkan latensi yang besar yang berakibat pada game menjadi kurang responsif.

Radeon Enhanced Sync

Radeon Enhanced Sync

Oleh karena itu, AMD menghadirkan fitur Enhanced Sync yang menjadi alternatif selain fitur V-Sync. Fitur ini memberikan kelebihan yang juga ditawarkan oleh V-Sync yakni gaming dengan tearing yang lebih rendah. Namun Enhanced Sync tetap memberikan performa lebih responsif walau dengan framerate yang lebih tinggi dari refresh rate monitor yang dipakai.

Radeon Enhanced Sync

Tidak hanya itu, gejala micro-stuttering yang biasa ditemui pada game yang berjalan dibawah refresh rate standar akan mendapatkan keuntungan juga karena fitur Enhanced Sync juga meminimalkan stutter yang terjadi pada game dengan frame rate yang rendah. Alhasil, game menjadi lebih responsif.

Radeon™ FreeSync + Radeon™ Enhanced Sync Kombinasi Terbaik untuk Gaming dengan Visual Terbaik
Radeon Enhanced Sync

Bagi Anda yang sudah memiliki monitor FreeSync™ juga akan mendapatkan manfaat dengan adanya fitur Enhanced Sync ini, yaitu pengalaman gaming yang lebih mulus walaupun game yang dimainkan melebihi range dari FreeSync™ yang sudah ditetapkan (30 Hz-240 Hz). Anda bisa merasakan pengalaman bermain game yang lebih mulus dalam keadaan seperti apapun.

Radeon Enhanced Sync

Dan bagi Anda yang menggunakan monitor biasa, sangat direkomendasikan untuk menggunakan monitor yang telah mendukung FreeSync™, karena Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan yang diantaranya:

  • Mendukung LFC : Saat game yang dimainkan memiliki frame rate dibawah range refresh rate yang didukung oleh FreeSync™ (30-240 Hz), maka dengan adanya LFC Anda tetap bisa menikmati kelebihan FreeSync™ untuk bermain game dengan lebih mulus. Fitur ini tidak ditemui pada Enhanced Sync
  • Mendukung FreeSync™ 2 HDR 10 bit (Coming soon): Akan hadir monitor dengan standar HDR (High-dynamic-Range) yang tampilkan warna lebih baik dibandingkan monitor standar dan telah mendukung standar FreeSync™ untuk gaming kualitas terbaik2.
  • Multimedia Lebih baik : Tidak hanya pada game saja, manfaat FreeSync™ juga bisa dirasakan pada hiburan multimedia. FreeSync™ memberikan kualitas pemutaran video yang lebih baik, mendukung hingga resolusi 4K @60fps. Fitur ini tidak bisa dinikmati oleh pengguna monitor nonFreeSync™3.

Cara mengaktifkan Enhanced Sync

Radeon Enhanced Sync

Untuk Anda yang ingin mengaktifkan fitur Enhanced Sync, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Radeon™ Setting, lalu ke bagian tab “Gaming”. Setelah itu Anda pilih menu “Global Setting”.
  2. Klik Wait for Vertical Refresh” dan ubah menjadi “Enhanced Sync”.

Radeon Enhanced Sync

  1. Selanjutnya buka game yang ingin Anda mainkan, pastikan game ini sudah dalam keadaan Vsync “Off”. Setelah itu restart game Kini Anda sudah bisa langsung mencoba fitur terbaru Enhanced Sync.

Radeon Enhanced Sync

  1. (Optional) Fitur Enhanced Sync hanya mendukung game berbasis API DirectX® 9, DirectX® 10, DirectX® 11, DirectX® 12 dan Vulkan®. Untuk pengguna game berbasis OpenGL, bisa mengaktifkan OpenGL Triple Buffering agar mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih mulus sama halnya dengan Enhanced Sync.

Radeon Enhanced Sync

Kesimpulan

Radeon Enhanced Sync

Radeon™ Software hadirkan banyak fitur-fitur unggulan untuk kartu grafis Radeon™ Series mulai dari fitur rekam dan streaming game Radeon™ ReLive hingga fitur untuk menghemat daya Radeon™ Chill. Dan kini Anda khususnya para gamer semakin dimanjakan dengan fitur Radeon™ Enhanced Sync yang  suguhkan pengalaman gaming dengan mulus, minim tearing dan stuttering. Segera rasakan sendiri keunggulan dari fitur ini dengan menginstall Radeon Crimson ReLive 17.7.2 pada link berikut.

 

Catatan kaki :

  1. Berkat dukungan driver dan optimalisasi selama driver versi sebelumnya.
  2. Info selengkapnya bisa tuju ke : http://www.amd-id.com/2017/05/amd-freesync-2-bawa-pengalaman-hdr10-gaming-lebih-lancar-dan-berkualitas/
  3. Hanya ada di kartu grafis yang mendukung FreeSync serta untuk 4K @60 FPS playback hanya didukung oleh kartu grafis Radeon RX series : http://www.amd.com/en-us/innovations/software-technologies/technologies-gaming/freesync

4 comments

    • Admin
      Author Reply

      Hi, komponen seperti prosessor, kartu grafis pada laptop tidak bisa di upgrade karena tidak di perjual belikan secara bebas dan biasanya komponen tersebut sudah di solder dengan motherboard.

  1. Berarti Monitur wajib sudah didukung V-sync ya min…??
    Apa dengan menggunakan monitor yg blum ddukung V-scync bisa menggunakan fitur enhanced-sync….

Leave a Reply