AMD Raven Ridge

AMD Rilis Prosessor Ryzen™ Dengan Radeon™ Vega Terintegrasi, Prosessor Terkencang di Dunia untuk Notebook Ultrathin!

  • Prosessor notebook terbaru, berikan terobosan inovatif dengan satukan kemampuan CPU Ryzen™ dan grafis Radeon™ Vega dalam satu prosessor.
  • Peningkatan kualitas arsitektur pada prosessor terbaru, hadirkan performa kompetitif dan efisien pada notebook AMD.
  • Dirancang untuk notebook super Tipis “Ultrathin”.

AMD Raven Ridge

AMD Raven Ridge

Pada tahun 2017 ini AMD hadirkan dobrakan yang sangat besar untuk dunia teknologi, yakni dengan kehadiran AMD Ryzen™ dan Ryzen™ Threadripper sebagai prosessor Desktop tangguh untuk keperluan professional dan gaming, prosessor server AMD EPYC™ dengan kekuatan 32 Cores 64 Threads, hingga kehadiran kartu grafis Radeon™ RX Vega untuk gaming enthusiast hingga Virtual Reality, membuktikan AMD mampu menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan performa dan harga yang kompetitif, memberikan banyak keuntungan dan penawaran pilihan produk berkualitas bagi masyarakat baik itu gamer hingga konten kreator professional.

AMD Raven Ridge

Semua produk terbaru AMD di tahun 2017 seperti Ryzen™, Ryzen™ Threadripper, EPYC™ dan Radeon™ Vega bahkan sudah mengisi banyak lini produk dari brand terkemuka, seperti High-End PC dari Alienware, Acer, Dell, Lenovo, HP, hingga Apple iMac Pro terbaru dan superkomputer Project47 dengan kekuatan komputasi luar biasa 1PetaFLOPS. Tak berhenti sampai disana, AMD kembali meluncurkan varian produk terbaru lainnya yang tak kalah inovatif dan bertenaga tinggi, yakni prosessor Ryzen™ dengan tenaga grafis Radeon™ Vega. Penasaran seperti apa kehebatan dari prosessor yang dirancang khusus untuk notebook super tipis ini? Simak pembahasan selengkapnya di artikel kali ini!

Ryzen™ Bergabung dengan Radeon™ Vega: Kombinasi Paling Mantap untuk Notebook Pilihanmu!

AMD Raven Ridge

AMD di tahun 2017 ini kembali memperkenalkan prosessor baru yang akan mengisi sektor mobile, yakni prosessor Ryzen™ dengan Radeon™ Vega terintegrasi. Satukan performa dari core “ZEN” dan core “VEGA” dalam sebuah prosessor, pastinya bisa terbayang bagaimana handal dan efisiennya prosessor ini untuk segala macam kebutuhan Anda.

AMD Raven Ridge

Prosessor ini akan mengisi lini notebook Ultrathin yang merupakan sebutan untuk notebook super tipis dengan bobot sangat ringan dimana pada masa serba cepat dan serba dinamis seperti sekarang, membuat jenis notebook ini memiliki semakin banyak peminat. Notebook Ultrathin  ini pastinya ditujukan untuk pengguna yang mendambakan mobilitas sekaligus performa yang tinggi dalam pekerjaan maupun kebutuhan komputasi harian lainnya. Namun, tantangan terbesar untuk notebook jenis ini adalah membutuhkan prosessor yang berperforma tinggi namun tetap hemat daya untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itulah AMD menelurkan prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan ini.

AMD Raven Ridge

Target awal rancangan performa prosessor Ryzen™ dengan Radeon™ Vega Terintegrasi

AMD Raven Ridge

AMD berhasil melampaui target hingga 200% kenaikan performa CPU dan 128% kenaikan performa GPU pada prosessor Ryzen™ terintegrasi Radeon™ Vega, dengan penghematan daya 58% lebih banyak dibanding generasi sebelumnya.

Berbekal 4 tahun dalam pengembangannya, prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi ini sudah dapat dipastikan sebagai prosessor tercepat di dunia untuk prosessor notebook Ultrathin saat ini!  AMD bahkan telah melampaui target yang semula hanya memiliki peningkatan 50% lebih baik di sektor CPU, 40% lebih baik di sektor grafis dan 50% lebih hemat daya, menjadi 200% performa lebih baik di sektor CPU, 128% performa lebih baik di sektor grafis namun tetap hadirkan efisiensi daya hingga 58% lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya1.

Hadir dalam 2 Seri: Prosessor Ryzen™ 7 2700U & Prosessor Ryzen™ 5 2500U
AMD Raven Ridge

Model CPU Cores Threads Max Clock (GHz) Graphics Graphics Compute Units[i] Max GPU Clock (MHz) L2/L3 Cache (MB) TDP (Watts)
Ryzen™ 7 2700U with Radeon™ Vega 10 Graphics 4 8 3.8 Radeon™ Vega 10 10 1300 6 15W (9-25 cTDP)
Ryzen™ 5 2500U with Radeon™ Vega 8 Graphics 4 8 3.6 Radeon™ Vega 8 8 1100 6 15W (9-25 cTDP)

Prosessor Ryzen™ dengan Radeon™ Vega terintegrasi hadir dalam dua varian, yakni Ryzen™ 7 2700U dan Ryzen™  5 2500U. Keduanya menawarkan kekuatan dengan konfigurasi 4-Core 8-Thread core “Zen” di dalamnya dengan dukungan 10 Compute Unit grafis Radeon™ Vega untuk varian Ryzen™ 7 dan 8 Compute Unit grafis Radeon™ Vega untuk varian Ryzen™ 5. Keduanya hadir dengan TDP 15W, sehingga sangat hemat daya dan cocok sekali untuk diaplikasikan ke notebook Ultrathin.

AMD Raven Ridge AMD Raven Ridge

Prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi juga dilengkapi dukungan untuk display berteknologi Freesync 2.0 dan display berteknologi HDR, sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati gaming mulus tanpa stuttering ataupun tearing termasuk multimedia berkualitas tinggi hanya dengan sebuah notebook! Notebook bertenaga prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi  juga mendukung display eksternal hingga resolusi 4K @60hz, memungkinkan pengguna untuk menyambungkan perangkat ke televisi layar besar untuk menikmati pengalaman gaming dan multimedia lebih memukau.

AMD Raven RidgeTidak hanya itu, prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi juga dilengkapi dukungan multimedia terkini didalamnya, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konten video dengan berbagai format modern hingga resolusi 4K @60 FPS2.

Performa Handal dan Efisien dengan Teknologi AMD SenseMi Terbaru

AMD Raven Ridge

Prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi juga hadir dengan teknologi AI unggulan dari AMD bernama teknologi Sense MI (Machine Intelligence), yang terdiri atas:

  • Pure Power : AMD telah menyematkan lebih dari 100 sensor pada prosessor yang berfungsi untuk memonitor kondisi PC pengguna saat itu. Informasi yang didapat akan dipakai untuk menentukan performa terbaik secara otomatis, sambil menjaga penggunaan daya notebook agar tetap hemat.
  • Precision Boost 2 : AMD hadirkan fitur Precision Boost 2 yang merupakan update dari fitur Precision Boost yang ada pada generasi prosessor Ryzen™ Pada update kali ini, saat mengerjakan pekerjaan berat di aplikasi gaming atau multitasking, Precision Boost 2 tidak akan menurunkan frekuensi kecepatan prosessor untuk menghemat daya seperti halnya yang terjadi pada Precision Boost sebelumnya, namun justru tetap menjaga kecepatan paling optimal supaya performa tetap stabil.

AMD Raven Ridge

AMD Raven Ridge

Precision Boost 2 Mendorong Frekuensi Kecepatan Prosessor di Semua Core Pada Tingkat Paling Optimal!

  • Mobile XFR : AMD juga hadirkan versi “mobile” dari fitur XFR yang sebelumnya sudah diterapkan pada prosessor Ryzen™ untuk PC Desktop, dimana pada versi mobile ini tetap akan menghadirkan performa lebih baik dengan bantuan clock speed tambahan secara otomatis saat laptop memiliki pendingin bertenaga tinggi, seperti pada laptop gaming atau notebook Ultrathin kelas premium3.

AMD Raven Ridge

Mobile XFR, Memberikan Clock Speed Tambahan dengan Bantuan Pendingin Bertenaga Tinggi Pada Notebook Premium!

  • Neural Net Prediction : Dengan adanya fitur “pintar” satu ini memungkinkan prosessor Ryzen™ dengan kekuatan grafis Radeon™ Vega terintegrasi untuk melakukan prediksi lebih akurat dalam mengatur intruksi pekerjaan dalam CPU berdasarkan riwayat penggunaan aplikasi di masa sebelumnya. Sehingga kedepannya ketika menjalankan tugas yang sama, CPU akan bisa bekerja lebih cepat dan responsif!
  • Smart Prefetch : Merupakan teknologi algoritma mutakhir yang dapat memprediksi perilaku masa depan suatu software sehingga data yang sekiranya dibutuhkan, sudah sejak awal disimpan dalam cache yang tersedia pada prosessor untuk dapat digunakan sewaktu-waktu setiap kali dibutuhkan. Hal ini tentunya dapat mempercepat kinerja prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi dan membuatnya lebih efisien dalam mengerjakan suatu tugas komputasi.

Dengan adanya pembaharuan dari fitur “pintar” teknologi AMD SenseMi ini, pengguna tentunya bisa merasakan manfaat dari performa yang lebih baik dan lebih efisien yang ditawarkan oleh prosessor AMD terbaru ini dalam kegiatan atau pekerjaan sehari-hari.

Berbasiskan Teknologi System on Chip (SoC),  Hadirkan Notebook Yang Lebih Tipis dengan Daya Tahan Baterai Lebih Lama!

AMD Raven Ridge

Prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi hadir dengan teknologi berbasis System on Chip (SoC) yang terdiri 6 komponen inti yang salah satunya adalah CPU berbasis arsitektur “Zen” dan grafis Radeon™ “Vega”. Semua komponen inti tersebut disatukan pada “jalur” berkecepatan tinggi yang disebut Infinity Fabric, hadirkan prosessor yang sangat responsif dan hemat daya dibandingkan SoC sebelumnya.

AMD Raven Ridge

Dengan didukung teknologi Infinity Fabric dan optimalisasi lainnya, prosessor  terbaru ini mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan prosessor AMD berbasis SoC sebelumnya4.

AMD Raven Ridge

Hadirkan produk notebook terkini dengan ketebalan 24% lebih tipis!

Tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, peningkatan performa dan teknologi pada prosessor terbaru ini serta adanya fitur Configurable TDP memungkinkan untuk hadirkan suhu yang lebih rendah, sehingga akan lebih mudah untuk diaplikasikan ke berbagai macam tipe laptop baik itu Ultrathin, Convertible, 2 in 1,  notebook mainstream maupun laptop gaming5.

Prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega, Hadirkan Performa Menakjubkan untuk Gaming dan Pekerjaan Sehari-hari!

AMD Raven Ridge

Prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi hadir dengan kekuatan grafis yang menakjubkan, karena telah didukung dengan arsitektur berbasis “Vega” terbaru, yang berhasil memimpin dalam berbagai pengujian. Salah satunya adalah pada pengujian 3DMark® Time Spy yang merupakan pengujian performa PC Gaming dalam menjalankan game berbasis API DirectX® 12, terbukti bahwa chip grafis Radeon™ Vega yang terdapat pada prosessor Ryzen™ terbaru ini mampu unggul jauh melebihi prosessor AMD generasi sebelumnya dan prosessor kompetitor6!

AMD Raven Ridge

Tak hanya itu, prosessor Ryzen™ terbaru ini juga dapat diandalkan untuk bermain game-game eSports terkini seperti League of Legends, DoTA 2, Overwatch, CS:GO dan Quake Champions hanya dengan mengandalkan kekuatan chip grafis Radeon™ Vega terintegrasi! Berkat hadirnya prosessor mobile terbaru dari AMD ini, pengguna akhirnya bisa merasakan pengalaman bermain game dengan lancar dan mulus pada resolusi Full HD dengan hanya menggunakan sebuah notebook super tipis Ultrathin 6.

AMD Raven Ridge

Tidak hanya kekuatan grafisnya saja yang unggul, prosessor mobile dengan basis arsitektur “Zen” ini juga mampu menghadirkan pengalaman membuka aplikasi lebih cepat hingga 41% dibandingkan generasi sebelumnya6.

AMD Raven Ridge AMD Raven Ridge

 Core “Zen” yang tersemat pada prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi juga hadirkan peningkatan signifikan dibandingkan generasi prosessor mobile AMD generasi sebelumnya di berbagai pengujian, baik benchmark sintetis seperti Cinebench R15 maupun aplikasi yang digunakan sehari-hari. Terbukti dalam semua pengujian tersebut, prosessor Ryzen™ mampu menghadirkan performa yang kompetitif dibandingkan pesaing di kategori notebook Ultrathin6.

Kesimpulan
AMD Raven Ridge AMD Raven Ridge

Berbekal pengembangan selama 4 tahun, akhirnya tercipta prosessor mobile generasi terbaru dari AMD dengan performa menakjubkan, yakni Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi. Hadirkan arsitektur berbasis core CPU “Zen” dipadukan dengan grafis berarsitektur “Vega” tentunya Anda bisa mendapatkan performa yang handal untuk segala keperluan, baik untuk game maupun kegiatan harian. Tidak hanya itu ditunjang dengan teknologi AMD SenseMI terbaru, membuat prosessor ini sangat efisien dan bisa diaplikasikan pada notebook super tipis Ultrathin. Buat Anda yang sudah sangat penasaran dengan berbagai varian notebook yang akan menggunakan prosessor terbaru dari AMD ini, diperkirakan pada Q4 2017, akan diumumkan secara lebih mendetail mengenai desain awal dari beberapa vendor terkemuka.

AMD Raven Ridge

Bersiap-siaplah, karena pada event AMD CES TECH DAY pada Januari 2018 mendatang, akan dibocorkan informasi lebih lengkap mengenai prosessor mobile terbaru dari AMD ini. Penasaran? Tunggu update  berita terbarunya secara cepat dan aktual dengan mengunjungi Facebook AMD Indonesia dan Twitter AMD Indonesia.

 

Catatan Kaki :

  1. Lebih baik dalam benchmark Cinebench R15 1T, nT dan 3DMark Firestrike dibandingkan AMD 7th Gen
  2. Dibutuhkan media player yang mendukung teknologi DXVA, seperti Cyberlink media player, Kodi, MPC-HC, Pot Player dan VLC.
  3. Tidak semua notebook mendukung fitur ini, kontak dari vendor masing-masing apakah mendukung fitur ini atau tidak.
  4. Berdasarkan tes dengan baterai notebook 50Wh prosessor Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi mampu hadirkan daya tahan baterai 9.2 Jam, dimana lebih lama dibanding5 jam di 7th Gen APU pada tes pemutaran video VP9.
  5. Vendor bisa mengatur TDP agar bisa diaplikasikan mulai dari tablet tipis 2 in 1 hingga laptop gaming sekalipun.
  6. Berdasarkan tes internal AMD dengan menggunakan notebook AMD Reference Platform dengan spesifikasi prosessor Ryzen™ 7 2700U/Ryzen™ 5 2500U, 2x4GB DDR4 2400, Samsung SSD 850 Pro, Windows 10 x64, resolusi

1 comment

Leave a Reply