Lenovo IdeaPad 320: Notebook Bertenaga 7th Gen APU 2017 Terbaru, Tangguh untuk Berbagai Macam Kegiatan Komputasi!

Kabar gembira bagi Anda yang ingin memiliki notebook terbaru handal untuk berbagai macam kegiatan komputasi dengan harga yang relatif terjangkau. Kini hadir kembali varian notebook bertenaga AMD 7th Gen APU 2017 terbaru, Lenovo IdeaPad 320 yang dibanderol mulai harga 4 Jutaan Rupiah saja.  Walau harganya terbilang terjangkau, jangan anggap notebook satu ini tak mampu menangani berbagai tugas yang Anda butuhkan, karena dengan kekuatan  AMD 7th Gen APU 2017 terbaru, notebook ini sudah sangat tangguh untuk mengerjakan beragam aplikasi harian, multitasking, menjalankan multimedia 4K HEVC hingga gaming casual atau gaming mainstream terkini.

lenovo-ideapad-320 A9

Lenovo-IdeaPad-320-A12

AMD 7th Gen APU A9-9420 Dual Core dan AMD 7th Gen APU A12-9720P Quad Core yang tertanam pada notebook Lenovo IdeaPad 320 adalah prosessor terbaru dari AMD dengan kecepatan hingga 3.6 GHz. Lebih cepat dibanding generasi AMD 6th Gen APU terdahulu, hal ini tentu berdampak pada performa yang lebih tinggi dan responsif untuk pekerjaan harian, termasuk hiburan multimedia hingga gaming. Telah disertai dengan dukungan RAM DDR4 terbaru juga menambah kemampuannya dalam hal multi-tasking menjalankan berbagai aplikasi yang Anda butuhkan secara bersamaan. Walaupun memiliki performa lebih tinggi dibanding pendahulunya, prosessor ini tetap hemat daya dengan TDP hanya 15W.

Lenovo IdeaPad 320 terdiri atas beberapa varian yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan performa mulus untuk kegiatan sehari-hari namun dengan harga terjangkau karena terbatasnya dana, Anda bisa memilih varian dengan AMD 7th Gen APU A9-9420 with Radeon™ R5 Graphics tanpa kartu grafis diskrit. Namun bila Anda menginginkan dorongan performa lebih tinggi untuk kegiatan yang lumayan berat seperti  gaming mainstream hingga kegiatan editing konten ringan, maka disarankan untuk memilih varian dengan kartu grafis diskrit Radeon™ R7 M530 2GB GDDR5, yang sudah mampu menjalankan game resolusi HD dengan lancar juga mampu melakukan editing foto/video dengan mulus di kisaran harga kurang dari 5 Jutaan Rupiah.

Lenovo IdeaPad 320

Jika Anda tidak khawatir soal harga dan menginginkan performa terbaik untuk berbagai keperluan, mulai dari kebutuhan desain professional, multimedia kualitas tinggi hingga gaming terkini mulus, Anda bisa memilih varian dengan tenaga AMD 7th Gen APU A12-9720P Quad Core  yang sudah dilengkapi tenaga grafis Radeon™ R8 M535DX 4GB GDDR5. Dengan adanya fitur Dual Graphics yang dimiliki, Anda bisa mendapat dorongan performa yang Anda butuhkan tanpa kompromi, saat mengerjakan pekerjaan berat menggunakan notebook ini.

Selain performa prosessor dan kartu grafis yang tangguh, desain Lenovo IdeaPad 320 juga menawan dan cukup ramping dengan dimensi 378 x 260 x 22,9 mm sehingga mudah dibawa kemana-mana. Dengan ukuran layar adalah 14” hingga 15.6” resolusi HD (1366x768p) pastinya notebook  ini termasuk dalam dimensi standar yang masih terbilang mudah dimasukkan ke dalam tas, sehingga sangat pas untuk Anda yang sering berpindah-pindah tempat. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan teknologi anti-glare yang membuat notebook ini sangat nyaman digunakan berlama-lama untuk menemani aktivitas harian Anda.

Tak perlu khawatir soal ketahanan dan kekokohan notebook, karena Lenovo IdeaPad 320 telah menggunakan desain sleek unibody chasis dengan pelindung khusus untuk mencegah keausan. Tak hanya itu terdapat detail karet pada penutup bawah untuk memaksimalkan ventilasi serta memperpanjang umur notebook.

Fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati dari notebook Lenovo IdeaPad 320 ini adalah adanya touchpad yang telah di desain ulang untuk pengalaman penggunaan yang lebih user friendly dengan gerakan multifinger, sentuh, klik dan zoom yang mudah dan intuitif. Untuk media penyimpanan, Anda akan dimanjakan dengan kapasitas Hard Disk sebesar 1 TB yang sudah pasti mampu menyimpan ribuan file penting atau koleksi lagu dan film favorit milik Anda. Sedangkan dari sisi audio, notebook ini juga telah dilengkapi speaker Dolby Audio yang mampu memberikan suara sebening kristal dengan distorsi yang sangat minimal. Untuk Anda yang berminat memiliki notebook Lenovo IdeaPad 320 ini, silakan lihat spesifikasi lengkap  yang ditawarkan berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda.

Spesifikasi Lengkap Lenovo IdeaPad 320

Prosessor                             AMD 7th gen APU A9-9420/AMD 7th Gen APU A12-9720P

Display                                  14” HD/15.6″ HD (1366 x 768p), anti-glare

Multi-Touch                           None

Graphics                                Radeon™ R5 Graphics / AMD Radeon™ R7 M530 2GB GDDR5/

                                                AMD Radeon™ R8 M535DX 4GB GDDR5

Memory                                 RAM 4GB DDR4/RAM 8GB DDR4

Webcam                                0.3MP, integrated monaural microphone

Storage                                  HDD / SATA 6.0Gb/s: 1TB 5400RPM

Optical drive                         None

Dimensions (W x D x H)     378 x 260 x 22.9 mm

Weight                                   Starting at 2.2 kg

Case colour                          Denim Blue, Onyx Black, Blizzard White, Platinum Grey

Battery                                   2-cell (30Wh)

Battery life1                          Up to 5 hours

AC adaptor                            45W

Keyboard                               6-row, multimedia Fn keys

Touchpad                             One-piece touchpad

Fingerprint reader               None

Audio support                     HD audio, Dolby® Audio™ / stereo speakers, 2 x 1.5W / microphone, audio jack

Ethernet                               Yes

Wireless LAN                     11ac, 1×1, Wi-Fi + Bluetooth 4.1 combo adapter

Wireless WAN                    None

NFC                                     None

Ports                                   2 x USB 3.0

                                            1 x USB Type-C

                                            HDMI

                                            Ethernet (RJ45)

                                            4-in-1 Card Reader (MMC, SD, SDHC, SDXC)

                                            audio jack

Anda bisa mendapatkan notebook Lenovo IdeaPad 320 A9-9420 ini di harga mulai 4 Jutaan Rupiah, dimana untuk versi DOS dengan grafis terintegrasi saja bisa didapatkan pada harga Rp. 4.299.000 dan untuk versi DOS dengan grafis diskrit bisa didapatkan pada harga Rp. 4.999.000.

Terdapat juga versi Lenovo IdeaPad 320 A9-9420 yg sudah dilengkapi dengan Pre-Installed Windows 10, dimana untuk versi dengan grafis terintegrasi dibanderol Rp. 4,599,000, sedangkan untuk versi dengan grafis diskrit dibanderol pada harga Rp 5,349,000.

Untuk versi Lenovo IdeaPad 320 A12-9720P dengan tenaga jauh lebih tinggi bisa Anda dapatkan pada harga Rp. 7,899,000. Semuanya bisa Anda segera dapatkan di toko terdekat di kota Anda.

Dapatkan Bonus Game Original Gratis di Setiap Pembeliannya!

Nikmati juga bonus game original GRATIS dari Square Enix Collective untuk setiap pembelian varian notebook Lenovo IdeaPad 320 bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9420 baik varian tanpa kartu grafis diskrit maupun dengan kartu grafis diskrit.  Khusus untuk pembelian varian dengan tenaga 7th Gen APU A12-9720P, Anda bahkan bisa mendapatkan tambahan bonus untuk GRATIS BERLANGGANAN Adobe Creative Photography Plan yang akan sangat berguna untuk Anda yang sering melakukan kegiatan editing konten professional. Untuk informasi promo selengkapnya,  Anda bisa mengunjungi artikel Beli Laptop AMD Bisa Dapat Beragam Keuntungan GRATIS!

Untuk menjalankan berbagai kegiatan komputasi harian Anda, Lenovo IdeaPad 320 ini tentunya merupakan investasi menarik dengan harga bersahabat dan performanya yang tangguh. Terlebih lagi Anda bisa mendapatkan tambahan beragam bonus menarik dengan membeli notebook ini. Jadi, jangan ragu lagi dan segera dapatkan di toko-toko komputer langganan Anda.

Alasan Membeli Notebook Lenovo IdeaPad 320!

  1. Menggunakan AMD 7th Gen APU 2017 terbaru dengan performa lebih cepat dibanding generasi terdahulu.
  2. Tersedia dalam varian diskrit dan non-diskrit yang bisa dipilih untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  3. Hemat daya dan ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun saat diperlukan.
  4. Menawarkan beragam bonus, mulai dari GAME GRATIS hingga GRATIS LANGGANAN software Adobe Creative Photography Plan.

Latest articles

Related articles

119 Comments

    • Hi Agus.

      Kamu bisa dengan mudah membedakanya melalui menu Radeon Setting dan tuju ke tab “Setting” dan kamu akan menjumpai seri kartu grafis diskrit dan non diskrit disana dengan informasi yang lengkap.

      Semoga membantu, salam.

    • Hi Adi.

      Kamu hanya perlu mengaktifkan mode “High Performance” power plan yang ada di control panel. Maka otomatis akan menggunakan kartu grafis saat bermain game.

      Semoga membantu, Salam.

    • Hi Jack.

      Berdasarkan spesifikasi yang tertera, Lenovo 320 menggunakan grafis diskrit Radeon 530. Namun apabila fitur dual grafis aktif maka akan berubah nama menjadi R8 M535DX.

      Semoga membantu, salam.

    • Hi Adi.

      Perlu kami informasikan kamu cukup merubah powerplan ke “High-Performance” nantinya game akan menggunakan kartu grafis untuk render utama secara otomatis.

      Semoga membantu, terima kasih.

  1. Min, gimana cara aktifin dual graphics? Ane main Pes 17 ga bisa setting medium/high karena VGA yang kebaca cuma yang integrated aja
    Makasih

    • Hi Jalu.

      Perlu kami informasikan untuk PES tidak mendukung opsi Dual Graphich sehingga terjadi masalah seperti itu. Sedangkan untuk game lain selama sudah di high-performance akan otomatis jalan di vga diskrit.

      Terima kasih, salam.

    • Hi Rendy.

      Untuk ketersediaan slot Ram silahkan bertanya kepada pihak Lenovo yang lebih mengetahuinya. Rendy bisa hubungi pihak Lenovo di service center atau media sosial resmi.

      Semoga membantu, Terimakasih

    • Hi Galih

      Perlu kami informasikan keduanya sama-sama menggunakan processor dan spesifikasi lain seperti kapasitas RAM dan hardisk yang serupa. Perbedaan ada pada masing-masing fitur eklusif dari vendor tersebut. Pilihan kami kembalikan ke kamu. 🙂

      Terima kasih, salam.

  2. Min kok laptop saya vramnya berkurang ya setelah update windows atau instal ke win terbaru..
    Awalnya pake win 10 2015 vramnya 3027 trus saya update atau instal ulang yg ke win 10 2017 vramnya jadi 1024..
    Laptop saya Asus X555QG AMD A10 apu..
    Gimana ya min

    • Min kok laptop saya vramnya berkurang ya setelah update windows atau instal ke win terbaru..
      Awalnya pake win 10 2015 vramnya 3027 trus saya update atau instal ulang yg ke win 10 2017 vramnya jadi 1024..
      Laptop saya Asus X555QG AMD A10 apu..
      Gimana ya min??

    • Hi Fajar

      Ada kemungkinan fitur Dual Graphics tidak aktif saat menggunakan windows terbaru. Mimin rekomendasikan untuk mencoba mengaktifkan kembali melalui menu gaming >> global setting >> Crossfire ubah ke mode “on”.

      Terima kasih, semoga membantu.

    • Hi, bila prosessornya A10 ke atas maka bisa di dual channel. Hanya seri prosessor A9 yang belum support dual channel. Untuk memastikannya kamu bisa konsultasikan langsung dengan Lenovo Indonesia ya.

    • Hi Ahmad, perlu admin beritahukan di driver terbaru fitur Dual Graphics telah digantikan dengan AMD CrossfireX yang berdampak kepada perubahan seri menjadi R7

      Walaupun seri telah berubah, namun performa yang dihadirkan tetap sama seperti sebelumnya.

      Terimakasih, salam.

  3. Min, utk seri ideapad 320 – 14ast a9 9420 ada yg pke dedicated r17m m1-70 2gb, itu tipe apa ya? Dan Ddr3 atau gddr5 ya?

    • Hi Faizal,

      Untuk seri yang menggunakan kartu grafis diskrit adalah seri ip 320-14ast, untuk kartu grafis diskrit untuk Radeon 530 menggunakan DDR3 sedangkan Radeon 535DX sudah menggunakan GDDR5.

      Terimakasih, salam.

  4. AMD 7th gen APU A9-9420/AMD 7th Gen APU A12-9720P, RAM 4GB DDR4 mau di upgrade ke RAM 8GB DDR4. mau tanya min. klo harga RAM nya berapa yg. 8 giga. trus slot nya 1 atau 2, klo 2 berarti saya beli nya yg. 4 giga. minta ptunjuknya. trims..

  5. Admin, saya baru beli lenovo ideapad 320 15abr, amd a12 9720p, hdd 2tb, ram 8gb ddr4, vga amd r8 m535dx 4gb, kenapa vga yg seharusnya kebaca r8 m535dx kok malah kebacanya r7?? padahal saya sudah update radeon settingnya ke versi terbaru. mohon pencerahannya

    • Hi Ahmad,

      Perlu admin informasikan untuk driver terbaru, fitur AMD Dual Graphics telah berganti nama menjadi AMD CrossfireX, efek dari pergantian ini juga akan merubah nama kartu grafis.

      Namun tetap akan menghadirkan performa yang sama dengan R8 m535dx.

      Terimakasih, salam.

  6. min, saya pakai laptop ini, AMD A9 + VGA (kartu diskrit). Beberapa hari lalu saya cek di AMD Radeon Settings – System yang tertera adalah AMD Radeon 530 dan AMD Radeon R5. Setelah saya update software AMD Radeon, saya cek kembali pada aplikasi AMD Radeon Settings menu system, yang tertera adalah AMD Radeon R7 M440 dan AMD Radeon R5. dan sedangkan yang tertera di artikel ini adalah AMD A9 dengan kartu diskrit AMD Radeon R7 M520. itu yang bener yang mana ? apa saya ada kesalahan pada saat instal driver VGA ? Terimakasih..

  7. Min, lenovo saya yg RAM 4GB VGA Radeon R5.
    Kalau mau nambah kartu grafis jadi R7 M530 harus nambah RAM jadi 8 GB dulu atau gimana ?
    Satu lagi min harga Graphic Card segitu sekitaran brapa ya ?

    Terima kasih sebelumnya…

    • Hi, kartu grafis pada laptop tidak dapat di ganti atau ditambahkan karena tidak dijual secara bebas. Bila bawaan laptop kamu hanya igpu, maka kamu bisa menambah vram hingga 2GB dengan mengupgrade RAM utama kamu.

    • Hi Dimas, tergantung game yang ingin kamu mainkan karena karakteristik tiap game berbeda2. Secara overall A12 sudah bisa menjalankan game-game mainstream.

    • Hi Riza,

      Untuk vga diskrit umumnya tidak terdeteksi di game setting, namun tetap bisa terpakai untuk bermain game, mengingat berjalan di background secara otomatis saat bermain game.

      Serta, untuk performa lebih maksimal admin rekomendasikan untuk ubah pengaturan power plan Windows ke “High-performance”

      Terimakasih.

    • Hi Bayu,

      Perlu kami informasikan laptop Lenovo IP320 bisa untuk di install ke driver terbaru, admin rekomendasikan untuk menghapus driver yang ada terlebih dahulu dengan aplikasi DDU uninstaller.

      Terimakasih, salam.

    • Hi Dimas.

      Perlu kami informasikan. Grafis Radeon R5 di AMD APU A9 sudah mendukung fitur shared VRAM otomatis yang akan menambah ukutan VRAM bawaan secara otomatis saat sedang digunakan bermain game.

      Terima kasih, salam.

    • Hi Wahyudi.

      Kami rekomendasikan untuk mencoba upgrade RAM menjadi 8GB serta merubah powerplan menjadi “High-performance”.

      Agar performa yang dihasilkan lebih maksimal.

      Semoga membantu, terima kasih 🙂

    • Hi Aulia, bila kamu menggunakan laptop, kamu bisa coba konsultasikan dengan customer service brand laptop yang digunakan karena virtualization berdasarkan BIOS yang disematkan oleh masing2 brand.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here