Launching Ryzen Mobile

Simak Liputan Kemeriahan Acara Peluncuran Prosessor Ryzen™ Mobile di Indonesia

Kabar gembira bagi Anda penyuka perangkat mobile dengan performa tangguh bertenaga prosessor RyzenTM! Kini Anda akan segera bisa memiliki dan menikmati performanya, karena AMD secara resmi telah meluncurkan prosessor RyzenTM Mobile terbaru untuk Notebook Ultrathin di Indonesia bekerja sama dengan vendor terkemuka ASUS, ACER, Dell, HP dan LENOVO.

Prosessor RyzenTM Mobile yang juga dikenal dengan code nameRaven Ridge” digadang-gadang sebagai prosessor tercepat di dunia saat ini untuk segmen Notebook Ultrathin. Dengan menggabungkan arsitektur “Zen” x86 beserta teknologi AMD “SenseMI” yang tersemat didalamnya dan grafis revolusioner “Vega”, prosessor ini mampu menghasilkan performa komputasi 44% lebih baik dan performa grafis 161% lebih baik dari kompetitornya, namun tetap memiliki TDP yang rendah, yaitu hanya 15W saja. Sangat efisien, bukan?

Selain itu, didukung dengan kekuatan prosessor 4 Core dan 8 Thread, Anda bisa menikmati performa super cepat yang cocok untuk multitasking dan berkat kartu grafis “Vega” didalamnya Andapun bisa merasakan performa olah grafis yang mumpuni bahkan sanggup menjalankan teknologi display terkini seperti dukungan untuk game atau video HDR. Prosessor RyzenTM Mobile yang telah resmi diluncurkan terdiri dari dua tipe yaitu AMD Ryzen™ 7 2700U dan AMD Ryzen™ 5 2500U. Berikut spesifikasi selengkapnya.

Model CPU Cores Threads Max Clock (GHz) Graphics Compute Units Max GPU Clock (MHz) L2/L3 Cache (MB) cTDP (Watts)
Ryzen™ 7 2700U dengan Grafis Radeon™ RX Vega 10 4 8 3.8 10 1300 6 15W
Ryzen™ 5 2500U dengan Grafis Radeon™ Vega 8 4 8 3.6 8 1100 6 15W

Cuplikan Kemeriahan Acara Peluncuran Prosessor Ryzen™ Mobile di Indonesia

Acara yang mengundang berbagai media terkemuka di Indonesia ini, dibuka dengan sajian hidangan makan siang lezat. Para awak media dipersilakan untuk berfoto-foto bersama para cosplayer  dan mencoba langsung performa Ryzen™ Mobile dan PC OEM di booth demo yang sudah disediakan dari ACER, ASUS, DELL, HP, LENOVO. Pada bagian depan terdapat demo AMD Notebook Gaming terkencang di dunia saat ini, yaitu Asus ROG STRIX GL702ZC yang tangguh dalam menjalankan Gaming Virtual Reality.

Launching Ryzen Mobile

Para media undangan yang sedang menyantap makan siang dan saling bercengkrama

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

AMD Notebook Gaming Asus ROG STRIX GL702ZC yang sanggup menjalankan gaming virtual reality

Selanjutnya, masuk kebagian venue acara, terdapat demo AMD EYEFINITY yang menjalankan game bergenre balap, ditenagai oleh Ryzen™ 7 8 Core 16 Threads dan Radeon™ RX 580 pada produk pc Desktop premium HP Pavilion Power 580-142D. Selain itu, ada juga demo yang mempertunjukan kemampuan fitur AMD FreeSync™ dalam memainkan game Battlefield 1 yang mulus tanpa patah-patah menggunakan Lenovo Desktop Legion Y720 Tower bertenaga Ryzen™ 7 1800x 8 Core 16 Threads dan Radeon™ RX 570.

Launching Ryzen Mobile

HP Pavilion Power Desktop PC bertenaga Ryzen™ 7 dan Radeon™ RX 580 yang menampilkan demo AMD Eyefinity untuk sensasi berbeda dalam memainkan game bergenre balap

Launching Ryzen Mobile

AMD FreeSync™ dapat membuat game Battlefield 1 yang dijalankan oleh Lenovo Desktop Legion Y720 Tower bertenaga Ryzen™ 7 dan Radeon™ RX 570 berjalan mulus tanpa patah-patah

Selain mempertunjukkan kemampuan perangkat bertenaga Ryzen™ dalam hal gaming, ada juga demo yang memperlihatkan kemampuan perangkat Ryzen™ untuk pekerjaan professional seperti, demo render 3D yang disajikan oleh PC Desktop Dell Inspiron 5675 bertenaga Ryzen™ 7 1700x 8 Core 16 Thread serta pembuatan konten professional yang disajikan oleh PC Desktop Acer GX-281 bertenaga Ryzen™ 7 1700x 8-Core 16-Thread dan kartu grafis Radeon™ RX 480.

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

Penampakan PC Dell Inspiron 5675 dan PC Acer GX-281, dua PC yang menjalankan demo untuk pembuatan konten professional

Dan yang paling ditunggu-tunggu juga kehadirannya, AMD Notebook dengan Ryzen™ mobile seperti Notebook Ultrathin slim Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U, HP ENVY X360 bertenaga Ryzen™ 5 2500U, Lenovo IDEAPAD 720s bertenaga Ryzen™ 5 2500U dan Ryzen™ 7 2700U, diperlihatkan pada acara peluncuran kali ini.

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

Penampakan Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

HP ENVY X360 bertenaga Ryzen™ 5 2500U

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

Lenovo IDEAPAD 720s bertenaga Ryzen™ 5 2500U dan Ryzen™ 7 2700U

Tidak lama usai makan siang bersama, acara puncak pun dimulai dengan presentasi dari AMD Consumer Sales Director for Asia Pasific and Japan, Peter Chamber yang menjelaskan tentang keunggulan dari Ryzen™ Mobile yang tersemat Radeon™ RX Vega. Beliau menyatakan bahwa Ryzen™ Mobile akan meneruskan prestasi yang telah dicetak Ryzen™ Desktop karena performanya yang tangguh bila dibandingkan dengan kompetitor sekalipun.

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

Presentasi oleh Peter Chamber, AMD Consumer Sales Director for Asia Pasific and Japan

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh perwakilan dari masing-masing Brand ACER, ASUS, HP dan Lenovo untuk menjelaskan keunggulan produk berbasis Ryzen™ andalan mereka. Usai presentasi, acara hiburan dalam bentuk tarian dikemas semenarik mungkin untuk menunjukkan keunggulan dari Ryzen™ Mobile dan berhasil memukau perhatian penonton. Acara kemudian disambung dengan foto bersama para perwakilan AMD, Business Development Manager AMD International Sales & Service, Ltd Armawati Cen, Business Development Manager, MNC & Consumer AMD International Sales & Service, Ltd Charly Widjaja Saputra bersama Peter Chambers serta tak lupa diikuti sesi foto bersama perwakilan dari masing-masing brand yang bekerja sama dengan AMD untuk peluncuran produk notebook dan PC berbasis Ryzen™. Ada juga sesi pemberian plakat penghargaan dari pihak AMD untuk para brand yang telah berjasa menghadirkan teknologi bertenaga produk terbaru AMD di Indonesia.

Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile Launching Ryzen Mobile

Launching Ryzen Mobile

Acara semakin menarik, ketika overclocker ternama di Indonesia Alva Jonathan juga turut hadir untuk mempresentasikan demo kehebatan notebook berbasis Ryzen™. Dimulai dengan demo Notebook Asus ROG STRIX GL702ZC bertenaga Ryzen 7 1700 yang dibandingkan dengan PC desktop berbasis Ryzen 7 1700. Kemampuan keduanya ternyata tidak jauh beda yang dibuktikan dengan benchmark cinebench! Dimana pada notebook ROG (tanpa overclock) mampu menghasilkan skor cinebench 1410, yang tidak jauh berbeda angkanya dengan PC Desktop bertenaga Ryzen, artinya performa dari notebook ini bisa dibilang sangat powerful untuk kegiatan kelas berat.

Demo kedua adalah Notebook Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U yang dibandingkan dengan notebook kompetitor bertenaga i7 8550U, dimana Acer Swift 3 mampu menghasilkan skor cinebench 500an, yang termasuk angka sangat tinggi untuk prosessor dengan TDP 15W saja, hal ini bisa terwujud berkat kekuatan grafis Radeon™ Vega terintegrasi. Walaupun tanpa kartu grafis diskrit, Acer Swift 3 juga mampu menunjukan ketangguhannya dalam bermain game, dimana mampu memainkan game the witcher 3 di 40 FPS pada resolusi HD dengan lancar dan tak lupa game Overwatch diatas 60 FPS. Sangat hebat jika dibandingkan dengan kompetitor, i7 8550 yang hanya mampu berjalan dibelasan FPS. Anda bisa simak video demo oleh Alva Jonathan selengkapnya di link berikut ini.

Launching Ryzen Mobile

Dengan demikian, terbukti bahwa Ryzen™ Mobile memang sangat powerful. Meski tanpa kartu grafis diskrit sekalipun, perangkat bertenaga Ryzen™ Mobile sudah kuat untuk segala kebutuhan, mulai dari pekerjaan harian, multitasking, gaming berat hingga editing konten sekalipun. Karena TDP prosessor yang rendah, tentunya terdapat peningkatan dari segi desain perangkat yang mampu sajikan laptop dalam bentuk sangat tipis dan memiliki daya tahan baterai yang tinggi. Tidak heran jika Ryzen™ Mobile dijuluki sebagai “the world fastest processor for ultrathin notebook”!

Setelah sesi live demo oleh Alva Jonathan selesai, sampailah pada penghujung acara yaitu sesi kuis serta tanya jawab dengan hadiah berupa merchandise menarik dari AMD. Sekian liputan acara peluncuran prosessor Ryzen™ Mobile di Indonesia yang memberikan banyak kejutan bagi penggemar teknologi khususnya penyuka mobilitas tinggi yang menginginkan kemudahan serta kehebatan untuk gaming maupun pembuatan konten professional. Nantikan terus inovasi-inovasi terbaru dari AMD selanjutnya!

4 comments

    • Hi Galih,

      Mayoritas laptop mendukung ram Dual Channel. Untuk upgrade memori Ram, bisa menghubungi service center dari brand terkait terdekat di kotamu.

      Terimakasih, salam.

Tinggalkan Balasan