Gaming Review Acer Swift 3

Acer Swift 3 Bertenaga Ryzen Mobile, Laptop Tipis yang Powerful untuk Gamers dan Professional

  • Acer Swift 3 merupakan laptop Ultrathin Perdana di Indonesia dengan tenaga Ryzen Mobile!
  • Ryzen Mobile menggunakan kombinasi arsitektur CPU “Zen” dan Grafis Radeon Vega yang tangguh untuk berbagai kebutuhan.
  • Dengan bodi tipis, bobot ringan dan daya tahan baterai panjang, Acer Swift 3 mampu diandalkan untuk berbagai kegiatan di luar ruangan.

Gaming Review Acer Swift 3

Untuk kebutuhan kerja dan gaming diluar ruangan, laptop masih menjadi pilihan banyak pengguna dikarenakan hadirkan fungsi yang sama layaknya PC Desktop, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Bahkan tren laptop Ultrathin yang identik dengan bodi tipis dan bobot ringan kini semakin menjamur dengan munculnya beragam model modern yang menjadi primadona di berbagai kalangan pengguna masa kini.

Laptop Ultrathin sendiri adalah standar baru yang hadirkan laptop dengan ketebalan lebih tipis dibandingkan laptop konvensional (< 1 inch) serta lebih ringan (<2 Kg). Dengan kepraktisannya yang mudah dibawa kemanapun diperlukan, laptop Ultrathin sangat cocok bagi pengguna yang mengutamakan mobilitas tinggi seperti marketing, professional yang bekerja di bidang kreatif, pelajar atau mahasiswa hingga penulis seperti blogger ataupun traveler.

Laptop Ultrathin, tidak sekedar tipis dan ringan, Performa dan daya tahan baterai juga penting!

Namun jangan sembarang memilih laptop Ultrathin karena tidak semua bisa memenuhi kebutuhan Anda sebagai pengguna yang dinamis. Laptop Ultrathin yang ideal dan dapat  menjadi jawaban bagi yang telah lama mendambakan laptop tipis haruslah dapat memberikan performa bertenaga dengan daya tahan baterai yang lama.  Untuk memenuhi keinginan pengguna yang mendambakan laptop tipis yang mudah dibawa kemana-mana, disertai dengan efisiensi daya yang tinggi, AMD kemudian mengumumkan prosessor terbaru untuk ranah perangkat mobile yakni Ryzen Mobile dengan grafis Radeon Vega terintegrasi, sebagai prosessor bertenaga tinggi untuk laptop Ultrathin. Hadirnya Ryzen Mobile yang saat ini memiliki dua varian, yakni Ryzen™ 7 2700U dan Ryzen™ 5 2500U mampu memberikan kinerja yang terbaik untuk laptop Ultrathin modern, baik untuk bekerja ataupun bermain game, dimana pengguna bisa bekerja di waktu yang lama tanpa perlu melakukan charging baterai laptop terlalu sering.

Gaming Review Acer Swift 3

Spesifikasi Varian Ryzen Mobile yang Mentenagai Laptop Ultrathin

AMD Ryzen Mobile: Prosessor Tercepat Untuk Laptop Ultrathin

Gaming Review Acer Swift 3

Untuk hadirkan laptop Ultrathin yang bertenaga tinggi, pada akhir tahun 2017 AMD mengumumkan prosessor terbaru untuk laptop yakni AMD Ryzen Mobile. Prosessor dengan kombinasi CPU “Zen” dan grafis Radeon Vega terintegrasi dalam satu buah chip prosessor ini mampu menghadirkan peningkatan cukup luar biasa dibandingkan dengan prosessor mobile AMD 7th Gen APU generasi sebelumnya. Ryzen Mobile yang dirancang menggunakan teknologi 14nm FinFET ini sukses hadirkan peningkatan performa CPU hingga 200% lebih baik, peningkatan performa GPU hingga 128% lebih baik serta 58% lebih hemat daya dibanding prosessor AMD APU Mobile generasi sebelumnya.

Dengan peningkatan performa yang signifikan serta konsumsi daya yang jauh lebih efisien, tak berlebihan rasanya jika APU Ryzen Mobile dinyatakan sebagai prosessor mobile terkencang untuk laptop Ultrathin saat ini. Tak hanya bertenaga tinggi, AMD Ryzen Mobile juga membawa fitur fitur modern yang dapat membantu kinerja harian Anda sebagai berikut:

  • AMD SenseMi: Hadir dengan teknologi hemat daya yang sama dengan prosessor AMD Ryzen™ di ranah PC Desktop, kini hadir dengan Precision Boost 2 dan Mobile Extended Frequency Range (mXFR) untuk hadirkan performa menjalankan aplikasi harian lebih baik.
  • Arsitektur Vega :Mendukung arsitektur grafis GCN generasi kelima “Vega” terbaru yang lebih efisien dengan hadirkan peningkatan performa hingga 2x lipat dibandingkan grafis Radeon™ yang ada pada AMD APU mobile generasi sebelumnya.
  • Dukungan Konten HDR:Mendukung konten High Dynamic Range (HDR) dengan detail sempurna, tentunya mampu memberikan kualitas visual terbaik saat bermain game ataupun saat memproses konten multimedia di resolusi Full HD hingga resolusi 4K.
  • Dukungan FreeSync 2.0: Dilengkapi dengan dukungan terhadap fitur FreeSync 2.0, Anda juga bisa menikmati gaming HDR dengan kualitas grafis menakjubkan seperti nyata dalam permainan Anda, tanpa terganggu performa patah-patah ataupun tearing. Anda bisa mendapatkan pengalaman gaming pada kualitas grafis terbaik menggunakan laptop bertenaga Ryzen Mobile.

 3 Alasan Kenapa Mobilitas Membutuhkan Kekuatan AMD Ryzen:

  1. Peningkatan performa hingga lebih dari 171% dibandingkan prosessor AMD 7th Gen APU generasi sebelumnya. Berkat prosessor tercepat di laptop Ultrathin Ryzen™ 7 2700U Anda dapat merasakan kinerja prosessor jauh lebih cepat, multitasking layaknya pro dengan kinerja sekelas desktop.
  2. Terbaik di kelasnya dengan menghadirkan kombinasi prosessor “Zen” dan Radeon “Vega” Graphics yang merupakan grafis terintegrasi terkuat saat ini di kelas APU mobile dalam satu chip. Anda dapat bekerja dan bermain game di perangkat mobile dengan performa optimal berkat kombinasi ideal ini.
  3. Prosessor AMD Ryzen Mobile mampu hadirkan efisiensi daya baterai yang luar biasa sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja maupun waktu gaming yang lebih panjang.

Acer Swift 3: Laptop Ultrathin Perdana di Indonesia dengan Tenaga AMD Ryzen Mobile!

Gaming Review Acer Swift 3

Untuk memberikan pilihan laptop Ultrathin bertenaga tinggi sekaligus hemat daya, AMD bekerjasama dengan Acer kemudian menghadirkan laptop terbaru dengan jenis Ultrathin, Acer Swift 3 yang disematkan dengan tenaga AMD Ryzen Mobile. Acer Swift 3 adalah salah satu laptop Ultrathin perdana dengan tenaga Ryzen Mobile yang hadir di Indonesia, dimana menghadirkan dua varian yakni Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U dan bertenaga Ryzen™ 5 2500U.

Gaming Review Acer Swift 3

Acer Swift 3 hadir dengan beberapa fitur premium yang dapat memanjakan Anda, seperti kehadiran fingerprint scanner, pelindung layar kuat berlapis Corning Gorilla Glass 3 dan juga adanya fitur Backlight Keyboard yang mengizinkan Anda untuk tetap bisa bekerja dalam keadaan ruang dengan pencahayaan kurang sekalipun.

Kedua varian menawarkan layar lebar 15.6” dengan resolusi Full HD sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai multimedia kualitas tinggi dan sering berkutat melakukan pekerjaan  yang membutuhkan detail seperti editing konten foto atau video. Namun walau menggunakan layar lebar, laptop dengan bahan terbuat dari Aluminium tetap terasa ringan layaknya sebuah laptop standar dengan ukuran layar 14”.

Menyinggung soal performa, karena sudah menggunakan tenaga AMD Ryzen Mobile dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi tentunya Anda sudah tidak perlu meragukan lagi mengenai kinerja laptop ini untuk kebutuhan bekerja ataupun bermain game terkini. Mari simak pengujian kami menggunakan Acer Swift 3 bertenaga Ryzen Mobile untuk membuktikan sendiri ketangguhan performanya!

Uji Performa Acer Swift 3 Bertenaga Ryzen Mobile

 Gaming Review Acer Swift 3

Dari penjelasan di atas Anda pasti sudah mendapat gambaran bagaimana unggulnya APU Ryzen Mobile terbaru dibanding AMD APU mobile generasi sebelumnya. Kami telah melakukan beberapa tes singkat untuk mengetahui performa dari Acer Swift 3 bertenaga AMD Ryzen Mobile untuk memberikan Anda gambaran lengkap mengenai ketangguhannya untuk berbagai kebutuhan.

Acer Aspire Swift 3 (SF315-41-R6J9)
Processor AMD RYZEN 7 2700U 4 Core 8 Thread up to 3,8 Ghz, with Radeon RX Vega 10
Layar 15.6″ IPS Full HD (1920 x 1080 pixel) with Corning® Gorilla® Glass, Wide viewing angle up to 170 degrees.
Grafis Radeon RX Vega 10 dengan 10 Compute Unit @ 1.3 Ghz GPU Clock
Ram 8GB DDR4 @2400 Mhz (Dual Channel)
Storage 1 TB HDD + 256 GB M.2 SSD
Webcam Yes
Konektivitas 802.11a/b/g/n/ac Wireless LAN

Bluetooth 4.1

Konektor 1x USB 2.0

2x USB 3.0

Network (RJ-45)

HDMI Output

1x USB 3.1 Gen 1 Type-C

Audio/Mic Jack

Baterai 4-cell Li-Ion 3320mAh up to 10 Hours standby4
Berat ±2.1 kg
OS Linux
Harga Rp. 12.499.000

Catatan: Pengujian yang kami lakukan menggunakan versi Acer Swift 3 dengan seri SF315-41-R6J9 bertenaga Ryzen™ 7 2700U dengan Radeon™ RX Vega 10 yang menggunakan konfigurasi RAM Dual Channel.

Benchmark Sintetis

Gaming Review Acer Swift 3

Dalam hasil tes beberapa CPU benchmark yang menggambarkan kegiatan sehari-hari, Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U mampu hadirkan nilai yang cukup baik. Contohnya pada pengujian PC Mark 10 yang menguji simulasi pengerjaan beragam tugas kerja essensial, produktivitas dan kreasi konten digital pada PC modern, Anda bisa mendapatkan nilai skor lumayan tinggi di bilangan 2,919 dengan menggunakan laptop ini.

Gaming Review Acer Swift 3

Beralih pada pengujian yang menggunakan aplikasi benchmark Cinebench R15 yang melakukan simulasi kinerja rendering photorealistic 3D, bisa dilihat bahwa performa Acer Swift 3 dengan Ryzen™ 7 2700U ini mampu menawarkan kinerja tinggi bahkan hampir setara dengan kinerja prosessor Desktop kompetitor dengan mencetak skor 484 cb pada pengujian CPU multi-thread dan  skor 139 cb pada pengujian CPU Single Thread.

Gaming Review Acer Swift 3

Pengujian menggunakan benchmark di aplikasi CPU-Z juga mampu menampilkan hasil serupa, dimana kekuatan CPU Single Thread dan Multi Thread dari Ryzen™ 7 2700U yang tersemat pada laptop Acer Swift 3 juga mampu mendekati bahkan melebihi kekuatan prosessor Desktop kompetitor!

Gaming Review Acer Swift 3

Sedangkan untuk pengujian kekuatan grafis terintegrasi Radeon™ Vega yang tersemat pada Ryzen™ 7 2700U di laptop Acer Swift 3, kami menggunakan pengujian 3DMark Firestrike, dimana mampu hasilkan skor tinggi sebesar 2,220. Tingkatan skor yang cukup tinggi ini menunjukkan bahwa kekuatan Radeon™ Vega  terintegrasi pada Ryzen™ 7 2700U sudah terbilang mumpuni untuk menjalankan kegiatan yang membutuhkan kekuatan olah grafis tinggi seperti menjalankan game-game terkini.

Performa Bermain Game

Gaming Review Acer Swift 3

Game : World Rally Championship 7

Setting Grafis : High, Texture Medium, 1080P

Hasil : 35 FPS (Rata-rata)

Dalam tes yang dilakukan pada game rally terkenal World Rally Championship 7, Acer Swift 3 juga mampu hadirkan performa game yang cukup baik, dimana dengan setting grafis TINGGI, Acer Swift 3 ini ternyata bisa memainkan game yang cukup berat ini dengan sangat lancar!

Gaming Review Acer Swift 3 Game : Rise of The Tomb Raider

Setting Grafis : Low, 1080P, DirectX® 12

Hasil : 25 FPS (Rata-rata)

 Game Rise of Tomb Raider (RoTR) masih menjadi salah satu game yang disukai oleh mayoritas penggemar game terkini, dengan pesona grafisnya yang sangat indah. Walaupun terbilang game berat dengan efek grafis berkualitas tinggi, Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U ternyata masih bisa memainkan game ini dengan sangat baik jika melakukan penyesuaian grafis ke Low.

Gaming Review Acer Swift 3

Game : Battlefied 1

Setting Grafis : Low, 1080P, DirectX® 11

Hasil : 32 FPS (Rata-rata)

Game berat lainnya yang mengambil tema perang dunia pertama, Battlefield 1, ternyata juga bisa dimainkan dengan baik pada laptop ultrathin Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U dengan hasil rata-rata sebesar 30 FPS.

Gaming Review Acer Swift 3

Game : Pro Evolution Soccer 2018

Setting Grafis : Low, 1080P, DirectX® 11

Hasil : 30 FPS (Rata-rata)

Game bertema pertandingan sepakbola yang sangat populer di kalangan gamers sejuta umat ini, di tahun 2018 mendapatkan pembaharuan besar-besaran di sisi grafis dengan kualitas yang lebih baik pada versi Pro Evoultion Soccer 2018. Namun, walaupun kini game ini sangat menantang untuk dijalankan karena adanya peningkatan kualitas grafik, laptop Ultrathin Acer Swift 3 bertenaga Ryzen™ 7 2700U ternyata tetap bisa memainkan game ini dengan sangat baik dengan hasil rata-rata 30 FPS.

Gaming Review Acer Swift 3 Game : Grand Theft Auto V

Setting Grafis : Normal, 1080P, DirectX® 11

Hasil : 30 FPS (Rata-rata)

Game Grand Theft Auto V merupakan game yang ternyata masih banyak dimainkan oleh gamers hingga saat ini sejak kemunculannya pada tahun 2015. Game ini termasuk game yang cukup berat walaupun sudah berumur 2 tahun, namun Acer Swift 3 dalam hasil tes kali ini terbukti mampu memainkan game ini dengan baik dengan hasil rata-rata permainan pada 30 FPS.

Kesimpulan

 Gaming Review Acer Swift 3

Dengan hadirkan performa yang handal, baik itu untuk kebutuhan sehari-hari atau gaming sekalipun, membuat Acer Swift 3 bertenaga Ryzen Mobile ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan perangkat laptop yang tipis, ringan dan handal untuk berbagai kegiatan diluar ruangan.  Berikut alasan tepat untuk segera membeli laptop Ultrathin Acer Swift 3 bertenaga Ryzen Mobile:

  1. Hadir dalam bentuk Ultrathin, lebih tipis dan ringan dari laptop konvensional namun tetap bertenaga.
  2. Didukung prosessor APU Ryzen Mobile yang hadirkan performa lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dan lebih efisien.
  3. Hadirkan fitur premium seperti fingerprint scanner, backlight keyboard dan layar dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Segmen Pengguna yang Tepat untuk Miliki Acer Swift 3 Bertenaga Ryzen Mobile:

  1. Content editor karena sudah terbukti memiliki kinerja tinggi untuk rendering 3D dan olah grafis.
  2. Gamers karena sudah terbukti mampu menjalankan beragam game populer terkini dan sudah dilengkapi dukungan FreeSync 2.0 untuk eliminasi stuttering dan screen tearing saat gaming!
  3. Penikmat Multimedia kualitas tinggi, karena mendukung berbagai konten HDR dengan detail gambar menawan.
  4. Pelajar dan professional dengan mobilitas tinggi yang sering bekerja di luar ruangan karena bobot ringan sehingga mudah dibawa kemanapun serta sangat hemat daya sehingga bisa dipakai hingga berjam-jam tanpa perlu charging terlalu sering.

2 comments

Tinggalkan Balasan