Ini-Dia-Alasan-Wajib-Merakit-PC-Bertenaga-APU-Desktop-Ryzen™

Ini Dia Alasan Wajib Merakit PC Bertenaga APU Desktop Ryzen™ dengan Memori Dual Channel!

Review Ryzen APU

Banyak pengguna ingin membangun PC gaming bertenaga mantap namun dengan harga terjangkau. Hal ini juga yang mendorong AMD kemudian menghadirkan prosessor APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega terbaru yang dibanderol pada harga mulai 1 Jutaan Rupiah saja. Sudah menggunakan arsitektur core “Zen” bertenaga tinggi dan hemat daya, serta dilengkapi grafis terintegrasi Radeon™ Vega yang merupakan grafis terintegrasi terbaik saat ini di kelas APU Desktop, mengizinkan pengguna untuk bisa memainkan berbagai game tanpa harus membeli kartu grafis diskrit tambahan.

Ryzen APU

Prosessor APU Desktop Ryzen™ hadir dalam dua varian yakni APU Ryzen™ 5 2400G berkekuatan 4 Cores 8 Threads dilengkapi grafis Radeon™ RX Vega 11, serta APU Ryzen™ 3 2200G berkekuatan 4 Cores 4 Threads dilengkapi grafis Radeon™ Vega 8 yang dibanderol pada harga lebih terjangkau. Kedua varian ini mampu hadirkan performa mantap untuk gaming terkini dengan harga jauh lebih bersahabat dibandingkan solusi PC yang membutuhkan kartu grafis diskrit dengan harga mahal. Tentunya dengan hadirnya dua varian APU terbaru ini, memberikan kelegaan tersendiri bagi gamer kere hore yang menginginkan performa tinggi dengan budget terbatas. Namun ada hal yang tetap harus diperhatikan jika ingin merakit PC bertenaga APU Desktop Ryzen™ dengan performa optimal. Anda harus memastikan untuk menggunakan memori Dual Channel pada sistem Anda untuk mendapatkan performa tertinggi dari sistem berbasis APU Desktop Ryzen™!

APU Ryzen Dual Channel

Salah satu alasan mengapa wajib menggunakan memori Dual Channel pada sistem berbasis APU Desktop Ryzen™ adalah karena penggunaan memori Single Channel bisa memotong hingga SETENGAH performa PC Anda sehingga sangat tidak disarankan! Penggunaan memori Dual Channel akan sangat bermanfaat untuk menambah bandwidth memori yang dibutuhkan grafis terintegrasi Radeon™ Vega sehingga dapat bekerja optimal. Berikut adalah hasil pengujian dari berbagai sumber yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli memori untuk  sistem berbasis APU Desktop Ryzen™ milik Anda.

APU Ryzen Dual Channel APU Ryzen Dual Channel

Dalam pengujian yang dilakukan oleh PC Perspective menggunakan APU Ryzen™ 5 2400G, bisa Anda lihat bahwa penggunaan memori Dual Channel dapat mendongkrak performa dalam benchmark sintetis hingga 30-40%1. Bahkan pada sistem yang menggunakan jenis APU lebih rendah, APU Ryzen™ 3 2200G namun menggunakan memori Dual Channel, performa yang didapatkan masih jauh lebih tinggi hingga 20% dibandingkan sistem yang menggunakan APU Ryzen™ 5 2400G dengan memori Single Channel.

APU Ryzen Dual Channel

Pengujian serupa juga dilakukan oleh PC World, dimana berhasil membuktikan peningkatan performa signifikan dari penggunaan memori RAM single channel ke dual channel hingga 35%2. Pada pengujian benchmark sintetis menggunakan aplikasi 3DMark Fire Strike 1.1 Graphics, bisa terlihat bahwa kinerja Ryzen™ 3 2200G saat menggunakan memori DDR4/2400 Single Channel hanya menghasilkan skor 1,807. Namun saat menggunakan memori  DDR4/2400 Dual Channel, performa yang didapatkan bisa mencapai angka 2,785 dan terus meningkat seiring dengan penggunaan memori dengan kecepatan clock lebih tinggi.

APU Ryzen Dual Channel

Anda juga bisa melihat pengujian yang dilakukan oleh website lokal terpercaya JagatReview yang juga membuktikan adanya peningkatan performa hingga dua kali lipat saat bermain game F1 2017 pada sistem berbasis APU Ryzen™ 5 2400G jika menggunakan memori RAM DDR4 Dual Channel. Saat menggunakan memori RAM DDR4 Dual Channel 2x8GB Anda bisa mendapatkan hingga 48 FPS di game tersebut, sedangkan jika Anda hanya menggunakan memori RAM DDR4 Single Channel 1x8GB Anda hanya akan mendapatkan 26 FPS3. Tentu akan sangat merugikan bukan jika Anda tidak bisa mendapatkan performa optimal dari sistem berbasis APU Dekstop Ryzen™ milik Anda hanya karena penggunaan memori Single Channel?

APU Ryzen Dual Channel

Pengujian pada game lainnya juga dilakukan oleh Gamers Nexus dimana dalam pengujian game Sniper Elite 4 di resolusi Full HD pada pengaturan grafis High, penggunaan memori RAM DDR4 Dual Channel mampu hadirkan peningkatan framerate per detik hingga 20-30% lebih baik dibandingkan menggunakan memori RAM DDR4 Single Channel 4. Anda bisa melihat pada sistem berbasis APU Ryzen™ 5 2400G dengan memori DDR4 Single Channel berkecepatan  3200MHz CL14 Trident Z, framerate per detik rata-rata yang dihasilkan tidak sampai 20 FPS. Namun terlihat perubahan signifikan saat menggunakan memori DDR4 Dual Channel berkecepatan  3200MHz CL14 Trident Z dimana mampu menghasilkan rata-rata hampir 30 FPS pada sistem yang sama.

APU Ryzen Dual Channel APU Ryzen Dual Channel

Tak hanya melakukan pengujian pada game Sniper Elite 4,Gamers Nexus juga melakukan pengujian pada game eSports populer seperti DoTA 2 dan Rocket League. Pada kedua game ini, terdapat pola hasil serupa dengan pengujian sebelumnya, dimana APU Ryzen™ 5 2400G yang menggunakan memori Dual Channel bisa mendapatkan peningkatan rata-rata framerate per detik yang cukup signifikan dengan selisih mencapai hingga lebih dari 20 FPS dibandingkan saat menggunakan memori Single Channel. Tentu dari hasil pengujian-pengujian di atas, sudah jelas bahwa jika Anda ingin mendapatkan performa paling optimal dari sistem PC bertenaga APU Desktop Ryzen™, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan memori Dual Channel berkecepatan tinggi.

Kesimpulan

APU Ryzen Dual Channel

Berdasarkan hasil pengujian pada banyak website review terkemuka, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penggunaan memori Dual Channel mampu hadirkan peningkatan performa hingga 40% lebih tinggi dibandingkan  menggunakan memori Single Channel, khususnya pada saat bermain game. Jadi jika Anda berkeinginan untuk merakit PC berbasis APU Desktop Ryzen™ tanpa grafis tambahan, sebaiknya siapkan memori Dual Channel berkecepatan tinggi untuk mendapatkan performa paling optimal untuk sistem Anda.

 

Catatan :

  1. Berdasarkan pengujian yang dilakukan PC Perspective di : https://www.pcper.com/reviews/Graphics-Cards/AMD-Ryzen-5-2400G-Memory-Speed-Performance-Analysis
  2. Berdasarkan pengujian yang dilakukan PC World di : https://www.pcworld.com/article/3253306/computers/ryzen-apu-review-ryzen-plus-vega-saves-budget-gamers.html?page=2
  3. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Jagat Review di : http://www.jagatreview.com/2018/02/hindari-penggunaan-ram-single-channel-di-ryzen-3-2200g-dan-ryzen-5-2400g/
  4. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Gamers Nexus di : https://www.gamersnexus.net/guides/3244-amd-r5-2400g-memory-kit-benchmarks-and-single-vs-dual-channel

Leave a Reply