Ini-Dia-Tips-Optimalkan-Performa-PC-Bertenaga-APU-Desktop-Ryzen™!

Ini Dia Tips Optimalkan Performa PC Bertenaga APU Desktop Ryzen™!

Review Ryzen APU

Di tahun 2017 merupakan tahun kebangkitan AMD dengan hadirnya prosessor Ryzen™ dan Ryzen™ Threadripper dengan arsitektur berbasis core “Zen” yang mampu memberikan peningkatan performa hingga 51% lebih tinggi dibandingkan prosessor AMD generasi sebelumnya. Tak hanya itu prosessor Ryzen™ terbaru ini juga mampu memberikan performa jauh lebih efisien daya1, berkat dukungan teknologi fabrikasi 14nm FinFET.

Ryzen APU

Memasuki tahun 2018, AMD kembali berinovasi dengan menghadirkan prosessor terbaru APU Desktop Ryzen™. Tak hanya memiliki “DNA” arsitektur  core “Zen” serupa dengan pendahulunya, APU Desktop Ryzen™ ini juga sudah disertai dengan grafis terintegrasi terbaik yang bisa Anda dapatkan di kelas APU Desktop saat ini, yakni grafis Radeon™ Vega. Prosessor APU Desktop Ryzen™ ini juga dibangun dengan teknologi fabrikasi 14nm FinFET namun dengan performa dan fitur yang disempurnakan sehingga lebih bertenaga dan efisien daya.

Review Ryzen APU

APU Desktop Ryzen™ terbaru hadir dalam dua varian, yakni APU Ryzen™ 5 2400G dengan kekuatan CPU 4 Cores 8 Threads berkecepatan hingga 3.9 GHz yang didukung dengan GPU 11 Compute Unit, serta APU Ryzen™ 3 2200G  dengan kekuatan CPU 4 Cores 4 Threads berkecepatan hingga 3.7 GHz yang didukung GPU 8  Compute Unit. Keduanya bisa didapatkan pada kisaran harga terjangkau mulai 1 jutaan hingga 2 jutaan Rupiah saja. Informasi lengkap mengenai spesifikasi APU Desktop Ryzen™ ini bisa Anda simak juga pada artikel APU Ryzen™ dengan Radeon™ Vega, Prosessor Multitasking Handal dengan Performa Grafis Terintegrasi Terbaik!

Kira-kira varian manakah yang cocok dengan budget dan kebutuhan Anda? Setelah menentukan varian mana yang akan Anda beli, alangkah baiknya jika  Anda menyimak juga tips merakit PC bertenaga APU Desktop Ryzen™ berikut ini untuk memperoleh performa paling optimal di PC Anda.

1. Pastikan Motherboard yang Anda Gunakan Sudah Mendukung BIOS Terbaru

Review Ryzen APU

Prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru telah mendukung motherboard soket AM4 yang digunakan pada prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya. Sehingga bagi Anda pengguna prosessor AMD Ryzen codename “Summit Ridge” yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu ataupun bagi Anda pengguna AMD 7th Gen APU Desktop dengan codename “Bristol Ridge” yang ingin upgrade ke prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru, disarankan untuk melakukan update BIOS terlebih dahulu ke versi terbaru untuk mendapatkan performa optimal pada sistem Anda.

Update BIOS pada motherboard AM4 lama Anda, bisa dilakukan dengan mengunduh file terbaru lewat website motherboard resmi atau meminta pertolongan kepada pihak toko atau distributor motherboard yang digunakan.

Tips Membangun PC Ryzen APU

Sedangkan bagi calon pengguna baru yang belum pernah memakai sistem berbasis motherboard soket AM4 sebelumnya, bisa memilih motherboard terbaru dari berbagai produsen yang telah menyediakan BIOS terupdate pada lini motherboard nya. Calon pengguna bisa membedakannya dengan motherboard soket AM4 generasi lama dengan memastikan adanya stiker bertuliskan “AMD Ryzen Desktop 2000 Ready” pada box motherboard yang ingin dibeli.

2. Sangat Dianjurkan untuk Gunakan Memori Dual Channel!

Review Ryzen APU

APU Desktop Ryzen™ terbaru hadir dengan grafis Radeon™ Vega yang sudah terintegrasi dengan chip prosessor. Sama seperti prosessor AMD APU generasi sebelumnya, grafis terintegrasi akan menggunakan RAM sebagai VRAM, sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan memori Dual Channel untuk performa lebih optimal.

Dengan menggunakan RAM Dual Channel, bandwidth yang dihasilkan tentunya menjadi lebih tinggi, sehingga kinerja olah grafis menjadi lebih optimal. Agar performa olah grafis menjadi lebih cepat direkomendasikan juga untuk menggunakan RAM  DDR4 berkecepatan 2667 MHz atau lebih. Prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru sendiri telah mendukung penggunaan RAM DDR4 hingga kecepatan 3200MHz.

Berikut kami tampilkan beberapa pengujian dari website ternama yang membuktikan bahwa penggunaan memori Dual Channel bisa meningkatkan performa APU Desktop Ryzen™.

Tips Membangun PC Ryzen APU Tips Membangun PC Ryzen APU

Berdasarkan hasil pengujian Jagat Review, menunjukan perbedaan hasil yang cukup signifikan antara penggunaan RAM Single Channel vs Dual Channel dimana performa bisa terpotong hingga setengahnya saat menggunakan RAM Single Channel. Tak hanya itu, penggunaan memori dengan kecepatan tinggi juga dapat meningkatkan performa gaming secara signifikan, dibuktikan pada pengujian dalam game Battlefield 12.

Tips Membangun PC Ryzen APU Tips Membangun PC Ryzen APU

Gamers Nexus juga mendapatkan hasil yang serupa dengan pengujian Jagat Review sebelumnya, dimana dalam pengujian pada game eSports ternama Overwatch dan DoTA 2 terdapat peningkatan yang cukup signifikan saat menggunakan RAM  Dual Channel dibandingkan dengan penggunaan RAM Single Channel. Secara linear juga terdapat peningkatan performa saat menggunakan memori dengan kecepatan lebih tinggi3.

3. Perbesar Ukuran Shared Memory untuk Grafis Radeon™ Vega Terintegrasi

Tips Membangun PC Ryzen APU

Dikarenakan sifat grafis terintegrasi Radeon™ Vega yang menggunakan shared memory dari RAM utama sebagai VRAM, maka sangat direkomendasikan untuk memperbesar ukuran shared memory (UMA) yang digunakan untuk mendapatkan performa yang optimal. Pengguna bisa mengaturnya melalui opsi BIOS/UEFI yang tersedia. Sebaiknya atur penggunaan shared memory setidaknya sebesar 2GB4.

4. Pertimbangkan Overclocking RAM untuk Pengguna Motherboard Chipset A320

Tips Membangun PC Ryzen APU

Motherboard berbasis chipset A320 sering kali menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin membangun PC berbasis APU Desktop Ryzen™ dengan harga terjangkau. Walaupun memiliki keterbatasan dengan absennya beberapa fitur dan juga tidak adanya opsi untuk overclocking CPU dan Integrated Graphic (IGP) yang ada pada APU Desktop Ryzen™, namun pengguna Motherboard A320 masih bisa mendapatkan peningkatan performa dengan melakukan overclocking RAM5.

ryzen_apu_memory_matters-100749061-orig

 

Sumber Gambar: PC World

Pengguna juga bisa mendapatkan tambahan performa jika menggunakan RAM dengan clock yang lebih tinggi. Hal ini berlaku juga di semua motherboard AM4 bahkan dengan chipset lain yang lebih mahal.

5. Menggunakan Windows 10 Terbaru!

Tips Membangun PC Ryzen APU

Windows 10 adalah Operating System yang direkomendasikan untuk prosessor APU Desktop Ryzen™, karena hadirkan banyak kelebihan dan fitur-fitur terbaru dari Microsoft dan akan terus berkembang seiring waktu. Agar pengalaman Anda dalam menggunakan PC Desktop selalu optimal, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Windows Update terbaru (Update 1709 build 16299 atau lebih baru). Pengguna bisa mengunduh update terbaru melalui Windows Update atau bagi yang belum melakukan instalasi Windows 10, direkomendasikan untuk mengunduhnya dengan Windows 10 Update Assistant. Sebaiknya jangan mengunduh aplikasi installer selain resmi dari Microsoft demi keamanan PC Anda.

6. Sesuaikan Aktivitas Harian dengan Pengaturan Profile di Ryzen Master Utilities

Tips Membangun PC Ryzen APU

AMD hadirkan perangkat lunak Ryzen Master Utilities tidak hanya untuk melakukan monitoring terhadap aktivitas prosessor dan untuk kebutuhan overclocking saja, namun juga untuk menyesuaikan performa prosessor dengan kebutuhan aktivitas harian Anda. Khusus untuk pengguna yang sering menggunakan sistemnya untuk bermain game, sebaiknya lakukan optimalisasi performa di profil “Game Mode” pada Ryzen Master Utilities. Pengguna bisa mendapatkan peningkatan performa hingga 5-10% lebih baik di game yang dimainkan, pengguna juga bisa kembalikan kembali ke pengaturan awal dengan mudah dengan melakukan klik “Reset Profile”.  Unduh Ryzen Master Utilities di link berikut. Simak juga tutorial lengkap pengaturan performa gaming pada APU Desktop Ryzen™ 3 2200G dengan menggunakan profil “Game Mode” di Ryzen Master Utilities pada pengujian TechSpot.

7. Rutin Update Driver untuk Dapatkan Performa Terbaik

Tips Membangun PC Ryzen APU

Untuk hadirkan performa yang optimal pada sistem berbasis APU Desktop Ryzen™ milik Anda, sebaiknya lakukan update driver Radeon Software ke versi terbaru secara berkala, untuk mendapatkan manfaat dari fitur-fitur terbaru yang disediakan AMD dan mendapatkan peningkatan performa dalam bermain game-game terkini.

Tips Membangun PC Ryzen APU

Sebagai gambaran, pada pengujian menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 480, setelah melakukan update driver ke versi terbaru, terbukti adanya peningkatan performa signifikan di beberapa game ternama. Sehingga, untuk bisa mendapatkan performa paling optimal pada sistem berbasis APU Desktop Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega milik Anda sesuai dengan perkembangan aplikasi dan game yang semakin hari semakin banyak perbaikan dan penambahan fitur, sebaiknya pengguna juga melakukan update driver secara rutin. Anda bisa mengunduh driver terbaru di link berikut.

Kesimpulan

Review Ryzen APU

Dengan dirilisnya APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega  membuka jalan untuk pengguna dengan budget terbatas mewujudkan PC Desktop impian yang siap pakai untuk gaming, bertenaga untuk aplikasi sehari-hari namun dengan harga lebih terjangkau berkat dukungan grafis terintregrasi terbaik di kelas APU Desktop saat ini. Dengan tips-tips yang sudah dikemukakan pada artikel ini semoga bisa membantu pengguna yang ingin segera mengadopsi APU Desktop Ryzen™ terbaru pada sistemnya untuk mendapatkan performa yang paling optimal dalam kinerja harian maupun gaming terkini.

 

Catatan:

  1. Dibandingkan prosessor AMD generasi sebelumnya dengan arsitektur “Excavator”.
  2. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh Jagatreview: http://www.jagatreview.com/2018/02/hands-on-review-radeon-vega-igp-di-amd-ryzen-3-2200g-amd-ryzen-5-2400g-1080p-gaming/
  3. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh GamerNexus : https://www.gamersnexus.net/guides/3244-amd-r5-2400g-memory-kit-benchmarks-and-single-vs-dual-channel
  4. Harap merujuk kepada buku manual motherboard apabila mendapat kesulitan dalam mengakses menu untuk mengubah kapasitas VRAM.
  5. AMD tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi saat Overclocking, harap pelajari terlebih dahulu melalui berbagai forum atau website terkait sebelum mencoba dan pastikan untuk menggunakan pendingin berkualitas baik.

Tinggalkan Balasan