Overclock APU Ryzen

Overclocking APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega untuk Dapatkan Performa Maksimal!

Review Ryzen APU

Setelah sukses dengan prosessor Ryzen™ generasi pertama di tahun 2017, AMD hadirkan update prosessor APU Desktop Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega yang tidak hanya hadirkan peningkatan dari segi performa, namun juga hadir dengan harga yang menarik dan siap pakai untuk bermain game, karena sudah dilengkapi grafis terintegrasi dengan performa setara grafis konsol modern.

APU Ryzen

APU Ryzen

Hadir dalam dua seri yakni APU Ryzen™ 5 2400G dan APU Ryzen™ 3 2200G, prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini unggulkan kombinasi CPU Quad Core yang bertenaga untuk gaming modern maupun multi-tasking dan pembuatan konten berkat adanya grafis Radeon™ Vega terintegrasi, namun dibanderol dengan harga lebih terjangkau dibandingkan kombinasi prosessor dengan kartu grafis diskrit terpisah. Anda bisa menyimak informasi umum seputar spesifikasi, fitur dan harga APU Desktop Ryzen™ di artikel APU Ryzen™ dengan Radeon™ Vega, Prosessor Multitasking Handal dengan Performa Grafis Terintegrasi Terbaik!

APU Ryzen Dual Channel APU Ryzen Dual Channel

Dikarenakan prosessor APU Desktop Ryzen™ menggunakan kartu grafis terintegrasi, seperti yang sudah dibahas dalam artikel Ini Dia Alasan Wajib Merakit PC Bertenaga APU Desktop Ryzen™ dengan Memori Dual Channel! kami merekomendasikan penggunaan RAM DDR4 Dual Channel agar Anda bisa mendapatkan performa yang maksimal pada PC Anda. Anda bisa melihat adanya peningkatan performa signifikan hingga setengah kali lipatnya pada pengujian yang dilakukan oleh website JagatOC1 diatas dibandingkan dengan penggunaan RAM DDR4 Single Channel saat menjalankan game F1 2017 menggunakan APU Ryzen™ 5 2400G.

Tak hanya dengan menggunakan RAM DDR4 Dual Channel, terapat juga cara lain untuk meningkatkan performa APU Desktop Ryzen™, yakni dengan cara melakukan overclocking CPU.  Ingin tahu mengenai overclocking pada APU Desktop Ryzen™ lebih lengkap? Simak pada pembahasan artikel kali ini!

Mengenal Overclocking APU Desktop Ryzen™ Untuk Dapatkan Performa Terbaik

Overcloking APU Desktop Ryzen

Anda bisa menghadirkan performa lebih maksimal pada prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru dengan cara melakukan overclock, karena APU Desktop Ryzen™ ini sudah hadirkan unlock multiplier. Anda bisa melihat peningkatan performa signifikan pada grafik di atas setelah GPU clock pada APU Ryzen™ 5 2400G ditingkatkan secara bertahap, dimana APU Ryzen™ 5 2400G mampu memperoleh angka lebih tinggi hingga 39% pada pengujian 3DMark® Fire Strike berkat overclock dibanding pada kondisi default.

Namun untuk Anda yang ingin mencoba melakukan overclocking, ada baiknya untuk mempelajari detail mengenai overclocking terlebih dulu, karena terdapat resiko kerusakan yang dapat menghilangkan garansi. Pahami lebih lanjut mengenai overclocking prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru dengan menyimak penjelasan dalam beberapa tanya jawab berikut:

Pertanyaan 1: Apa Itu Overclocking?

Overcloking APU Desktop Ryzen

Ada banyak website yang memberikan arti sendiri akan overclocking, namun sebagian besar memiliki kesimpulan, Overclocking merupakan kegiatan yang “memaksa” sebuah komponen hardware (dalam hal ini prosessor) untuk berjalan lebih kencang, dengan menaikkan batas yang ditetapkan oleh pabrikan.
Overcloking APU Desktop Ryzen

Dalam kegiatan overclocking prosessor, merubah nilai “multiplier” merupakan yang terpenting. AMD dalam hal ini, memberikan kebebasan bagi pengguna untuk melakukan overclocking dengan memberikan  opsi “unlocked multiplier” atau dengan kata lain, pengguna bisa melakukan overclocking dengan semaksimal mungkin, berbeda dengan prosessor dari kompetitor.

AMD juga memberikan kebebasan dalam memilih motherboard dengan hadirkan opsi overclocking penuh pada chipset X370/X300 dan B350  serta  overclocking Memori / RAM saja, untuk penggunaan motherboard dengan chipset A320/A300 yang harganya jauh lebih terjangkau.

Pertanyaan 2: Apa Manfaat Overclocking untuk Pengguna APU Desktop Ryzen™?

Review Ryzen APU

Overclocking mampu membawa peningkatan yang signifikan pada performa prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru, terutama untuk sektor grafis, mengingat grafis Radeon™ Vega merupakan tipe grafis terintegrasi yang tidak sekuat grafis diskrit. Grafis terintegrasi pada umumnya bergantung pada memori dari RAM utama sebagai VRAM saat menjalankan tugas olah grafis seperti bermain game atau pembuatan konten, sehingga melakukan overclock pada GPU Clock grafis terintegrasi atau Integrated Graphics (IGP) serta melakukan overclock RAM utama akan berdampak kepada meningkatnya performa.

Review Ryzen APU Review Ryzen APU

Website ternama seperti JagatOC telah melakukan pengujian overclock pada prosessor APU Ryzen™ 5 2400G dan mendapatkan perkiraan batas aman harian untuk overclock GPU Clock pada 1,5 GHz dan RAM pada 3200 MHz CL16 yang menghasilkan peningkatan performa olah grafis sekitar 7%.

Review Ryzen APU

Sedangkan untuk batas overclock maksimal yang bisa dilakukan pada APU Ryzen™ 5 2400G berdasarkan pengujian JagatOC adalah pada kecepatan CPU Clock 4,075 MHz, dengan GPU Clock sebesar 1,7 GHz dan memori RAM DDR4 3600 CL14, yang terbukti mampu menghadirkan peningkatan performa olah grafis sebesar 13% lebih tinggi dibandingkan mode default2. Dari hasil pengujian ini bisa dilihat bahwa overclock pada APU Desktop Ryzen™ mampu memberikan peningkatan performa yang cukup signifikan yang Anda inginkan!

Tak hanya itu JagatOC3 juga melakukan tes yang membuktikan peningkatan performa dengan overclocking RAM.

Overcloking APU Desktop Ryzen Overcloking APU Desktop Ryzen Overcloking APU Desktop Ryzen Overcloking APU Desktop Ryzen

Dalam pengujian di atas yang menggunakan APU Desktop Ryzen™ 3 2200G, terdapat peningkatan performa APU Desktop Ryzen™ hingga 3-9% dibandingkan saat RAM DDR4 pada kondisi default. Dapat diambil kesimpulan bahwa overclocking RAM utama juga dapat membawa manfaat bagi pengguna yang ingin hadirkan performa lebih tinggi di sistem bertenaga APU Desktop Ryzen™ milik mereka.

 Pertanyaan 3: Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Overclocking?

Step 1: Sebelum melakukan overclocking, sangat direkomendasikan untuk mengganti pendingin bawaan dengan jenis pendingin yang lebih baik untuk hadirkan suhu yang lebih terjaga saat overclocking berlangsung. Pastikan sirkulasi udara casing PC Desktop milik Anda juga sudah terjaga dengan baik untuk menghindari overheat atau kerusakan saat menjalankan overclocking.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Step 2: Selanjutnya Anda bisa mempelajari istilah dasar dan berbagai tips overclocking yang ada di internet, salah satu artikel yang kami rekomendasikan untuk Anda baca seperti pada link berikut.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Overcloking APU Desktop Ryzen

Step 3: Sebelum melakukan overclock, pengguna direkomendasikan mengunduh beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk stress test untuk menguji kestabilan sistem setelah melakukan overclocking,  seperti Memtest64/Memtest86, Prime95, AIDA64 dan 3DMark4.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Pertanyaan 4: Bagaimana Cara Melakukan Overclocking?
Overcloking APU Desktop Ryzen

Ada banyak tutorial di internet yang mengajarkan cara melakukan overclock pada sistem bertenaga APU Desktop Ryzen™. Untuk contoh mudah kali ini, kami mengutip tes overclocking yang dilakukan oleh website TechSpot5 yang menggunakan prosessor APU Ryzen™ 3 2200G dengan Motherboard B350. Cara yang sama juga bisa diaplikasikan untuk APU Ryzen™ 5 2400G.  Direkomendasikan untuk mematikan fitur “Core Performance Boost” sebelum melakukan overclock agar hasil yang didapat stabil.

Overcloking APU Desktop Ryzen Tampilan Default Ryzen Master

Overclocking bisa dilakukan dalam dua cara yakni melalui BIOS atau melalui aplikasi Ryzen Master yang anda bisa unduh di link berikut. Setelah selesai melakukan instalasi, Anda bisa membuka dan memilih salah satu profile (misal dalam tutorial ini adalah pada game mode) dan tuju ke bagian CPU Clock untuk mulai mencoba meningkatkan CPU Clock APU Ryzen™ milik Anda.

Anda bisa mencoba menaikkan CPU Clock secara bertahap dari 3.5 GHz ke 3.7 GHz misalnya. Selain menaikkan CPU Clock, jangan lupa untuk naikkan juga Voltase Core agar hasil yang didapatkan lebih stabil. Setelah itu Anda bisa mencoba menjalankan aplikasi stress test seperti menggunakan Prime95 atau Aida64 sampai mendapatkan hasil maksimal, sebagai contoh pada tutorial kali ini hasil maksimal yang bisa didapatkan adalah 3.9 GHz.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Hasil CPU Clock Stabil yang Berhasil Didapatkan Setelah Percobaan Overclock

Overcloking APU Desktop Ryzen

Gambaran dalam merubah voltase CPU

Setelah itu silahkan tuju ke bagian “GFX Speed” untuk meningkatkan GPU Clock. Banyak website ternama menemukan IGP Radeon™ Vega 8 pada APU Ryzen™ 3 2200G bisa di overclock hingga 1,3 GHz dengan baik.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Sama seperti CPU, Anda juga perlu untuk meningkatkan voltase lewat opsi APU GFX Voltage dengan menaikkan secara perlahan serta menaikkan SoC Voltage juga ke 1.1 agar mendapatkan hasil yang stabil.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Setelah itu anda bisa mencoba menguji hasil overclock menggunakan aplikasi stress test seperti 3D Mark atau bermain game berat. Setelah mendapatkan hasil overclock yang stabil, Anda bisa rasakan manfaatnya dan menggunakannya untuk sehari-hari dengan mengaktifkan kembali profile yang sudah Anda simpan sebelumnya di Ryzen Master.

Overcloking APU Desktop Ryzen

Setelah Overclock, APU Ryzen™ 3 2200G Mampu Menjalankan Game F1 2017 Sangat Lancar di Rata-Rata Framerate 47 FPS!

Kesimpulan

Dengan penjelasan yang sudah kami berikan, bisa diambil kesimpulan bahwa overclocking dapat bermanfaat baik itu bagi seorang gamers atau pembuat konten dengan hadirkan performa tambahan yang bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari.

Namun, kami juga ingin mengingatkan  kembali bahwa overclocking juga berpotensi merusak komponen kalau dilakukan dengan tidak hati-hati. Untuk itu kami rekomendasikan untuk membaca dan mengikuti berbagai tips dan petunjuk yang ada di internet sebelum mencobanya sendiri di rumah.

 

Catatan:

1. dan 2. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh JagatOC di: http://oc.jagatreview.com/2018/02/teaser-ryzen-3-2200g-ryzen-5-2400g-overclocking-radeon-vega-igp-ke-1-6-1-7ghz/

3. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh JagatOC di: http://oc.jagatreview.com/2018/02/overclocking-ram-murah-dan-mudah-memory-try-it-pada-msi-a320m-pro-vd-s-ryzen-3-2200g-raven-ridge/3/

4. Perangkat lunak untuk stress test bisa anda unduh di: https://www.techpowerup.com/download/ atau http://downloads.guru3d.com

5. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh TechSport di: https://www.techspot.com/article/1579-overclocking-guide-ryzen-3-2200g/

Leave a Reply