Performa APU Ryzen with Vega

Review Performa Prosessor APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega: Harga Bersahabat dan Siap Gaming!

  • Performa “True Quad Core” yang Handal untuk Kegiatan Sehari-hari.
  • Siap Pakai untuk Gaming dengan dilengkapi Grafis Radeon™ Vega
  • Dapatkan Performa Lebih Baik dengan Overclock Menggunakan Ryzen Master.

Review Ryzen APU

AMD belum lama ini telah hadirkan prosessor APU Ryzen™ terbaru untuk PC Desktop dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi. Sesuai namanya, prosessor APU Ryzen™ terbaru ini hadirkan grafis kuat yang bisa langsung digunakan untuk bermain game terkini walau tanpa bantuan grafis diskrit.

Review Ryzen APU

Prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini hadir dalam dua varian. Varian pertama adalah Ryzen™ 5 2400G yang hadir dengan kekuatan 4 Cores 8 Threads berkecepatan maksimal hingga 3.9 GHz dan didukung grafis Radeon™ RX Vega 11 dengan 11 Compute Unit. Selain itu, terdapat varian dengan harga beli yang lebih terjangkau, yakni Ryzen™ 3 2200G dengan kekuatan 4 Cores 4 Threads berkecepatan hingga 3.7 GHz yang sudah dilengkapi grafis Radeon™ Vega 8 dengan 8 Compute Unit.

Review Ryzen APU

Untuk Anda yang mengincar APU Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega, Anda  tidak akan kesulitan dalam mencari motherboard yang cocok,  dikarenakan prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini sudah mendukung soket AM4 seperti yang didukung oleh prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya.  Pengguna bisa memilih beragam tipe chipset yang sudah disediakan dengan beragam fitur yang tersedia sesuai kebutuhan masing-masing1. Selengkapnya mengenai varian, fitur dan spesifikasi prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini bisa Anda simak juga pada artikel APU Ryzen™ dengan Radeon™ Vega, Prosessor Multitasking Handal dengan Performa Grafis Terintegrasi Terbaik!

Setelah mengenal varian dan spesifikasi prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini, pastinya Anda penasaran dengan performanya untuk kegiatan sehari-hari! Mari simak data hasil pengujian yang telah kami rangkum dari berbagai sumber pada pembahasan selanjutnya.

Performa Quad Core yang Handal untuk Kegiatan Sehari-hari!
Review Ryzen APU

Prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru masih mewarisi DNA “Zen” sebelumnya, namun hadirkan performa lebih baik berkat fitur bernama “Precision Boost 2”. Fitur ini juga hadir pada prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya, hanya saja terdapat perbedaan pada adanya kemampuan menghadirkan Boost Clock walau dalam kondisi terburuk sekalipun saat menggunakan aplikasi berat seperti game dan multitasking. Dengan adanya pembaruan teknologi pintar SenseMI seperti salah satunya adalah “Precision Boost 2” ini, mampu membuat prosessor APU Dekstop Ryzen™ terbaru menunjukkan kinerja CPU yang jauh lebih baik.

Review Ryzen APU Review Ryzen APU Review Ryzen APU

Anda bisa lihat, pada pengujian AnandTech menjalankan simulasi render 3D menggunakan aplikasi Cinebench, membuktikan prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini mampu hadir dengan kinerja yang unggul dibandingkan prosessor kompetitor dengan harga lebih mahal. Begitu pula saat pengujian menggunakan aplikasi desain grafis ternama Blender, sekali lagi mampu membuktikan keunggulan performa prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini yang terbilang cepat dalam menjalankan tugas rendering2.

Review Ryzen APU Review Ryzen APU Review Ryzen APU

 

Selain itu dalam pengujian lainnya oleh TomsHardware yakni pada aplikasi olah grafis Adobe Creative Cloud 2.0, pengujian photo editing dan web browser membuktikan performa prosessor APU Ryzen™ terbaru mampu hadirkan performa jauh lebih unggul dibandingkan prosessor AMD APU generasi sebelumnya dan hadirkan performa yang kompetitif bahkan lebih unggul untuk aplikasi sehari-hari tersebut dibandingkan dengan prosessor kompetitor3.

Siap Pakai untuk Gaming Terkini dengan Dilengkapi Grafis Radeon™ Vega!

Review Ryzen APU

Prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru sudah dilengkapi dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi. Dengan hadirnya grafis terintegrasi yang kuat ini, kini pengguna bisa memanfaatkan APU untuk dapatkan pengalaman bermain game setara konsol rumahan yang hemat daya dan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan PC rakitan yang menggunakan prosessor biasa dan kartu grafis diskrit.

Review Ryzen APU

Tidak hanya itu, didukung dengan perangkat lunak Radeon Software Adrenalin Edition, pengguna juga bisa mendapatkan beragam fitur tambahan seperti:

  • Radeon ReLive : Rekam momen gaming terbaik Anda dan bagikan kepada teman atau komunitas di website streaming terkemuka.
  • Radeon Software Gallery : Tampilkan info screenshot dan video kegiatan gaming yang Anda simpan untuk bisa Anda bagikan ke banyak website streaming terkemuka dan sosial media manapun kapan saja Anda inginkan.
  • AMD Link : Pantau aktivitas dan kondisi APU Desktop Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega yang Anda miliki dan merekam kegiatan gaming Anda langsung melalui ponsel pintar.
  • Radeon Overlay : Akses berbagai menu penting untuk pengaturan gaming dan pengaturan penting lainnya secara langsung tanpa harus keluar dari game.
  • Radeon Enchanced Sync : Alternative V-Sync yang mampu hadirkan pengalaman bermain game lebih mulus dan minim tearing di PC bertenaga APU Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega.
  • AMD APP Acceleration : Rasakan penggunaan aplikasi harian lebih mulus dan menonton video lebih jernih di resolusi tinggi hingga 4K dengan dukungan akselerasi perangkat keras OpenCL dan DirectX4.

Tak hanya fitur-fitur lengkap untuk gaming lebih baik yang didukung pada APU Desktop Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega, namun Anda juga bisa menikmati performa tangguh dari grafis Radeon™Vega terintegrasi untuk bermain beragam game terkini dengan lancar dan mulus seperti terlihat pada pengujian dari berbagai reviewer terkemuka berikut:

Review Ryzen APU Review Ryzen APU Review Ryzen APU

Dalam uji coba beberapa game AAA yang sering dimainkan oleh gamer masa kini oleh JagatReview, prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ternyata mampu memainkan game seperti Grand Theft Auto V, The Witcher 3, dan Battlefield 1 dengan performa sangat baik di resolusi Full HD5.

Review Ryzen APU

Website JagatOC yang menguji kinerja gaming pada APU Desktop Ryzen™ juga memberikan saran untuk mewajibkan penggunaan memori RAM DDR4 Dual Channel untuk mendapatkan performa paling optimal pada PC bertenaga APU Ryzen™! Ini dikarenakan grafis terintegrasi menggunakan  RAM sebagai video memori utama dalam bermain game, semakin besar Memory Clock yang digunakan maka akan semakin besar performa yang dihadirkan6.

Review Ryzen APU Review Ryzen APU Review Ryzen APU

Prosessor APU Dekstop Ryzen™ terbaru ini juga terbukti bisa memainkan berbagai macam game eSports yang populer dimainkan oleh gamers masa kini dilihat dari pengujian berikutnya oleh GamersNexus. Website GamersNexus juga menyebutkan hal yang serupa bahwa sangat direkomendasikan penggunaan RAM DDR4 Dual Channel untuk mendapatkan performa paling optimal dari PC bertenaga APU Dekstop Ryzen™ karena akan membawa dampak yang sangat signifikan seperti penurunan framerate per detik saat bermain game hingga setengahnya jika hanya menggunakan memori Single Channel7.

Dapatkan Performa Lebih Baik dengan Overclock Menggunakan Ryzen Master! 

Review Ryzen APU

Selain hadirkan Radeon Software untuk penuhi berbagai kebutuhan dalam bermain game, bagi Anda yang menginginkan performa lebih Anda juga bisa menggunakan perangkat lunak yang sudah disediakan oleh AMD bernama Ryzen Master. Tools ini berisikan informasi mengenai hardware dan beragam pengaturan untuk melakukan overclock8.

Website ternama JagatOC telah mencoba untuk melakukan overclock prosessor APU Ryzen™ 3 2200G baik overclock CPU, memori serta GPU Radeon™ Vega yang tersemat di dalamnya. Penasaran bagaimana hasilnya? Simak info berikut ini!

Review Ryzen APU

 

Review Ryzen APU

JagatOC telah  berhasil menemukan batas aman overclocking untuk APU Ryzen™ 3 2200G dengan overclock grafis Radeon™ Vega terintegrasi sebesar 1500 MHz dan Memori DDR4 sebesar 2933 MHz, yang mampu hadirkan peningkatan performa sebesar ±7%. Kegiatan Overclock ini menggunakan pendingin bawaan yang tersedia (Wraith Stealth cooler).

Review Ryzen APU

Sedangkan batas overclock maksimal yang dilakukan adalah pada clock CPU @4GHz, grafis terintegrasi Radeon™ Vega (IGP) pada @1650 MHz dan Memori DDR4 pada @3466 MHz CL14, yang hasilkan peningkatan hingga ±13% dibandingkan dengan kondisi standar atau default.

Review Ryzen APU Review Ryzen APU

Sedangkan untuk overclocking yang dilakukan oleh JagatOC kepada APU Ryzen™ 5 2400G dilakukan menggunakan Wraith Max yang Anda bisa beli terpisah atau menggunakan pendingin pihak ketiga. JagatOC menemukan kondisi yang lebih baik pada APU Ryzen™ 5 2400G, yakni dengan hasil grafis terintegrasi Radeon™ Vega (IGP) pada @1500MHz dan memori DDR4 3200 CL16 mampu hadirkan peningkatan performa sebesar ±7%.

Review Ryzen APU

Untuk hasil maksimal yang bisa didapat dengan APU Ryzen™ 5 2400G adalah CPU Clock pada @4GHz, GPU terintegrasi pada @1.7 GHz dan memori DDR4 3600 CL14 yang hasilkan peningkatan performa sebesar ±15% dibandingkan pada kondisi standar atau default. Untuk info lengkap seputar overclocking yang dapat dilakukan jika Anda pengguna APU Ryzen™ terbaru, silahkan cek artikel JagatOC di link berikut.

Perhatian : AMD tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi saat overclocking, kami rekomendasikan untuk pelajari terlebih dahulu pengetahuan dasar seputar overclocking dan bertanya kepada ahlinya baik di forum atau website terkait.

Kesimpulan

Review Ryzen APU

Dengan kombinasi “DNA” Zen untuk CPU dan Vega untuk grafis, prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru terbukti hadirkan performa yang unggul baik itu untuk pemakaian aplikasi sehari-hari ataupun untuk kegiatan bermain game dengan pengalaman layaknya bermain game di konsol dengan harga  terjangkau.

Spesifikasi :

  Ryzen 5 2400G Ryzen 3 2200G
CPU Base Clock 3.6GHz 3.5GHz
CPU Cores 4 Cores, 8 Threads (1 CCX) 4 Cores, 4 Threads (1 CCX)
CPU L1 Cache 64K I$, 32K D$ per core 64K I$, 32K D$ per core
CPU Max Boost Clock Sampai dengan 3.9GHz Sampai dengan 3.7GHz
Dukungan Memory Ram Sampai dengan DDR4-2933 (Dual Channel) Sampai dengan DDR4-2933 (Dual Channel)
GPU Clock Sampai dengan 1250MHz Sampai dengan 1100MHz
Total GPU Cores 11 Radeon Vega NCU (704 ALUs) 8 Radeon Vega NCU (512 ALUs)
Total GPU ROP 16 (32-bit) 16 (32-bit)
Total GPU TMU 44 32
Total Cache 6MB 6MB
TDP 65W 65W
Fitur AMD APP, AMD HSA, AMD SenseMi, DirectX 12 dan Vulkan Ready, AMD Radeon Software. AMD APP, AMD HSA, AMD SenseMi, DirectX 12 dan Vulkan Ready, AMD Radeon Software.
*Harga (MSRP)  Rp 2.399.000,00 (termasuk pajak) Rp 1.499.000,00 (termasuk pajak)

*Harga yang disarankan, Harga produk mungkin bisa berbeda-beda antar daerah.

 

Catatan kaki:

  1. Dibutuhkan update BIOS atau Motherboard terbaru yang memiliki sticker “Ryzen 2000 Series Ready”.
  2. Berdasarkan tes yang ada di Anandtech: https://www.anandtech.com/show/12425/marrying-vega-and-zen-the-amd-ryzen-5-2400g-review/8
  3. Berdasarkan tes yang ada di Tomshardware: http://www.tomshardware.com/reviews/amd-ryzen-5-2400g-zen-vega-cpu-gpu,5467-9.html
  4. Dibutuhkan perangkat lunak yang mendukung fitur akselerasi hardware seperti OpenCL, DXVA, Direct Compute dan VAAPI (Linux Saja).
  5. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh Jagatreview: http://www.jagatreview.com/2018/02/hands-on-review-radeon-vega-igp-di-amd-ryzen-3-2200g-amd-ryzen-5-2400g-1080p-gaming/
  6. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh JagatOC : http://www.jagatreview.com/2018/02/hindari-penggunaan-ram-single-channel-di-ryzen-3-2200g-dan-ryzen-5-2400g/
  7. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh GamerNexus : https://www.gamersnexus.net/guides/3244-amd-r5-2400g-memory-kit-benchmarks-and-single-vs-dual-channel
  8. Ryzen Master dan Radeon Software Adrenaline Edition bisa Anda unduh di: https://www.amd.com/en/technologies/ryzen-master dan https://support.amd.com/en-us/download

2 comments

Tinggalkan Balasan