APU Ryzen with Vega

Simak 10 Fakta Menarik Tentang Prosessor APU Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega yang Perlu Anda Ketahui!

APU Ryzen

AMD telah hadirkan prosessor terbaru APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega yang telah sangat ditunggu-tunggu di tahun 2018 ini. Tak hanya mampu tawarkan pengalaman bermain game menakjubkan hanya dengan grafis terintegrasi terbaik di kelas APU Desktop saat ini, prosessor APU Desktop Ryzen™ yang baru saja diluncurkan oleh AMD ini juga banyak hadirkan fitur dan teknologi terbaru untuk pengguna.

Ingin tahu apa saja fitur dan teknologi terbaru dari prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini? Mari kita bahas tentang 10 fakta menarik dari prosessor APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega yang perlu Anda ketahui di pembahasan berikut!

1.  Merupakan Tipe Terbaru Lini Prosessor AMD Ryzen™

APU Ryzen

Dibangun dengan DNA Core “Zen” yang sama dengan prosessor Desktop Ryzen™ versi sebelumnya, Anda akan mendapatkan performa unggul dengan efisiensi yang tidak jauh berbeda dengan prosessor Ryzen™ Desktop yang sudah hadir sebelumnya. Perbedaannya hanya terletak pada hadirnya grafis Radeon™ Vega yang sudah terintegrasi dalam prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini.

APU Ryzen

Tentunya dengan adanya grafis Radeon™ Vega terintegrasi pada APU Desktop Ryzen™, Anda bisa langsung bermain game pada PC Desktop Anda tanpa memerlukan kartu grafis diskrit tambahan dengan performa setara konsol game populer terkini. Jika ingin mendapatkan performa tambahan, Anda juga bisa menyertakan kartu grafis diskrit kapanpun Anda butuhkan di masa depan.

2.  Terdapat 2 Model Untuk Dipilih Saat Ini

APU Ryzen

AMD hadirkan APU Desktop Ryzen™ terbaru dalam dua pilihan yakni APU Ryzen™ 5 2400G dan APU Ryzen™ 3 2200G. APU Ryzen™ 5 2400G hadir dengan kombinasi CPU 4 Cores, 8 Threads dan grafis Radeon™ RX Vega 11 yang bisa Anda temukan pada kisaran harga Rp 2.399.000,00. Sedangkan untuk APU Ryzen™ 3 2200G yang hadir dengan kombinasi CPU 4 Cores, 4 Threads dan grafis Radeon™ Vega 8, bisa Anda temukan pada harga kisaran Rp 1.499.000,00.

Kedua tipe prosessor terbaru dari AMD ini tentunya merupakan pilihan menarik mengingat sudah dilengkapi grafis terintegrasi handal dan dibanderol dengan harga relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan PC Rakitan yang menggunakan prosessor dan kartu grafis diskrit yang lebih mahal harganya.

  Ryzen 5 2400G Ryzen 3 2200G
CPU Base Clock 3.6GHz 3.5GHz
CPU Cores 4 Cores, 8 Threads (1 CCX) 4 Cores, 4 Threads (1 CCX)
CPU L1 Cache 64K I$, 32K D$ per core 64K I$, 32K D$ per core
CPU Max Boost Clock Sampai dengan 3.9GHz Sampai dengan 3.7GHz
Dukungan Memory Ram Sampai dengan DDR4-2933 (Dual Channel) Sampai dengan DDR4-2933 (Dual Channel)
GPU Clock Sampai dengan 1250MHz Sampai dengan 1100MHz
Total GPU Cores 11 Radeon Vega NCU (704 ALUs) 8 Radeon Vega NCU (512 ALUs)
Total GPU ROP 16 (32-bit) 16 (32-bit)
Total GPU TMU 44 32
Total Cache 6MB 6MB
TDP 65W 65W
Fitur AMD APP, AMD HSA, AMD SenseMi, DirectX 12 dan Vulkan Ready, AMD Radeon Software. AMD APP, AMD HSA, AMD SenseMi, DirectX 12 dan Vulkan Ready, AMD Radeon Software.
*Harga (MSRP)  Rp 2.399.000,00 (termasuk pajak) Rp 1.499.000,00 (termasuk pajak)

*Harga yang disarankan, Harga produk mungkin bisa berbeda-beda antar daerah.

3.  Tidak Sulit dalam Mencari Motherboard

APU Ryzen

Sama seperti generasi prosessor Desktop Ryzen™ yang sudah lebih dulu hadir, APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega terbaru juga hadirkan dukungan socket AM4 yang juga digunakan pada prosessor Ryzen™ sebelumnya, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mencari Motherboard terbaru. Tersedia berbagai pilihan chipset untuk motherboard Socket AM4 yang bisa Anda pilih, mulai dari tipe A320 dan B350 untuk segmen menengah ke bawah dengan budget terbatas dan tipe X370 untuk segmen high-end yang inginkan performa tertinggi dengan fitur paling lengkap, ditambah dengan keleluasaan dalam overclock.

4.  Pengalaman Bermain Game Setara Konsol Modern Berkat Grafis Terintegrasi Terkencang Saat Ini di Kelas APU Desktop

APU Ryzen

Dengan menyematkan grafis terintegrasi terkencang di kelas APU Desktop1 saat ini pada chip APU Desktop Ryzen™, membuat Anda bisa merakit PC Mini-ITX yang mampu memberikan pengalaman bermain game setara dengan konsol modern, tanpa perlu grafis diskrit tambahan.

APU Ryzen

APU Ryzen

Ini dibuktikan dengan pengujian internal yang dilakukan oleh AMD, prosessor APU Desktop Ryzen™ mampu hadirkan pengalaman bermain game eSports yang sangat baik pada resolusi Full HD, termasuk hadirkan pengalaman bermain mulus pada game dengan dukungan API terkini DirectX® 12 dan Vulkan™2.

5.  Buka Potensi Pasar Lebih Besar Bagi AMD

APU Ryzen

Berdasarkan riset  Jon Peddie Research (JPR), menyebutkan bahwa mayoritas pengguna PC Desktop sebesar 30% masih menggunakan grafis terintegrasi karena harga yang lebih terjangkau. Beberapa diantaranya adalah PC Desktop yang ada dirumah sakit, PC untuk iCafe, Home Theater PC, PC Desktop di badan pemerintahan, PC Gaming terjangkau, dan lain sebagainya. Dengan hadirnya APU Desktop Ryzen™ dengan kekuatan grafis terintegrasi powerful Radeon™ Vega, tentunya bisa menjadi kesempatan untuk AMD dalam menghadirkan produk ke lebih banyak segmen pengguna. Hal ini tentunya juga akan menguntungkan bagi pengguna karena bisa mendapatkan alternatif tenaga PC dengan performa CPU dan GPU yang lebih baik, handal dalam menjalankan berbagai aktivitas, dan tentunya dengan harga bersahabat di kantong.

6.  Mendukung Overclocking, APU Ryzen™ Mampu Hadirkan Potensi Performa Lebih Tinggi!

APU Ryzen

Prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru ini juga telah mendukung unlocked multiplier sehingga memberi kebebasan kepada pengguna yang menginginkan performa lebih tinggi untuk melakukan overclock. Dengan memakai komponen penunjang terbaik, berdasarkan pengujian dari AMD Anda bisa hadirkan peningkatan performa hingga 39% lebih tinggi melalui overclocking3.

7.  APU Ryzen™: Langkah Awal Sebelum Munculnya Varian Ryzen™ yang Akan Semakin Bertambah!

APU Ryzen

Dirilisnya APU Desktop Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega merupakan langkah awal sebelum rilisnya produk-produk baru berbasis “Zen” yang akan datang. Ryzen™ Generasi Kedua yang merupakan prosessor “Pure CPU” tanpa grafis terintegrasi, akan segera hadir dengan performa CPU lebih baik dibanding generasi sebelumnya, cocok bagi pengguna yang ingin memasangkannya dengan kartu grafis tambahan yang lebih bertenaga.  Namun jika Anda lebih menyukai solusi praktis tanpa grafis diskrit, dengan harga terjangkau dan hemat daya, tentunya PC berbasis APU Desktop Ryzen™ ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk Anda.

8.  Tingkatkan Performa Multitasking dengan Algoritma Boost Core Terbaru!

APU Ryzen

Prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya hadir dengan Teknologi AMD SenseMI yang merupakan teknologi AI buatan yang mampu memaksimalkan performa Ryzen™ secara otomatis dengan daya lebih efisien.

APU Ryzen

Untuk APU Desktop Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega, AMD juga menyematkan teknologi yang sama namun dengan pembaruan di salah satu fitur AMD SenseMI, yakni dengan merilis “Precision Boost 2”. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Precision Boost 2 ini terbilang lebih efektif karena mengizinkan APU Desktop Ryzen™ mencapai Clock Boost lebih tinggi dan lebih stabil terutama saat penggunaan aplikasi yang memerlukan banyak Threads (seperti saat menjalankan games).

APU Ryzen

Dengan hadirnya fitur terbaru ini, prosessor APU Desktop Ryzen™ terbaru tidak hanya unggul di kekuatan grafisnya saja, namun hadirkan performa sehari-hari yang lebih baik dibandingkan prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya.

9.  Mendukung untuk Multimedia Kualitas Tinggi Hingga 4K!

APU Ryzen

Grafis Radeon™ Vega yang tersemat pada APU Desktop Ryzen™ terbaru, tak hanya tangguh untuk gaming terkini tapi juga sudah tangguh untuk dukungan multimedia hingga resolusi 4K Ultra HD, hal ini berkat adanya dukungan “Video Core Next (VCN)” yang merupakan hardware tangguh khusus multimedia yang sudah terintegrasi langsung pada chip APU Desktop Ryzen™, sehingga memungkinkan APU Desktop Ryzen™ mampu memutar film kualitas tinggi mulus tanpa hambatan.

Tak hanya itu Anda juga bisa menikmati streaming film online kualitas tinggi dengan mudah di layanan terkemuka seperti Youtube, Hulu, Netflix dan Amazone Prime karena sudah mendukung berbagai format multimedia seperti H.264, HEVC dan VP94. Bahkan Anda bisa menikmati konten HDR dan bermain game mulus dengan APU Desktop Ryzen™ berkat kekuatan Radeon™ Vega yang sudah dilengkapi dukungan display High Dynamic Range (HDR) ataupun dukungan teknologi Radeon FreeSync™.

10.  Overclock Lebih Mudah dengan Ryzen Master

APU Ryzen

Tidak perlu menjadi overclocker handal untuk mendapatkan performa lebih tinggi di APU Desktop Ryzen™, karena Anda bisa melakukan overclocking dengan aplikasi AMD Ryzen Master! AMD Ryzen Master sangat mudah digunakan dengan tampilan pengaturan yang sederhana, mudah dipahami dan bisa di unduh secara gratis di link berikut. Dengan aplikasi ini, dapatkan peningkatan dari segi kecepatan CPU clock, GPU clock, memory clock dan bahkan pengaturan voltase yang mudah dipahami oleh awam sekalipun!

Kesimpulan

APU Ryzen

Menggabungkan arsitektur Core CPU “Zen” yang diperbaharui disertai grafis Radeon™ Vega yang handal, APU Desktop Ryzen™ mampu hadirkan performa game dan multitasking terbaik di kelas APU Desktop saat ini dengan harga yang terjangkau. Jika Anda sedang ingin merakit PC keluarga dengan budget terbatas atau mencari prosessor dengan harga bersahabat sekaligus kuat dan tahan lama, APU Desktop Ryzen™ dengan grafis Radeon™ Vega adalah jawaban paling pas untuk Anda.

 

Catatan :

  1. Pengujian oleh AMD Performance labs tanggal 12/08/2017 menggunakan Ryzen 5 2400G, dan tanggal 09/04/2015 menggunakan Core i7-5775c dengan spesifikasi sistem sebagai berikut. PC dengan spesifikasi dan konfigurasi komponen berbeda manufaktur dapat menyebabkan hasil berbeda pula. Hasil dapat bervariasi tergantung pada versi driver yang digunakan. Konfigurasi sistem:  semua sistem menggunakan Samsung 850 PRO 512GB SSD, OS Windows 10 RS2. Sistem dengan Socket AM4: prosessor Ryzen 52400G, 16GB (2 x 8GB) DDR4-2667 RAM, Graphics Driver 1710181048-17.40-171018a-319170E 23.20.768.0 :: 12/08/2017. Sistem dengan Socket LGA1150: prosessor Core i7-5775c, 8GB (2x4GB) DDR3-1867 MHz RAM, Graphics Driver 10.18.15.4256:: 09/04/2015 Pengujian benchmark 3DMark 11 dipakai untuk mengetahui kekuatan grafis. Kedua prosessor di atas mampu mencapai skor berikut dalam pengujian 3DMark 11 ‘performance’ benchmark v1.0.132.0: Ryzen 5 2400G: 5042.  Juga di v1.0.132.0 Core i7-5775c, prosessor Desktop Intel dengan grafis terintegrasi Intel dengan performa tertinggi, hanya mencapai skor 3094.
  2. Menggunakan sistem pengujian dengan Memori DDR4 2667 MHz Dual Channel, Windows 10 Pro, serta driver terbaru.
  3. Overclocking dapat menyebabkan kerusakan komponen PC jika tidak dilaksanakan dengan baik, pelajari terlebih dahulu sebelum melakukan Overclocking, AMD tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi karena kesalahan pengguna.
  4. Membutuhkan aplikasi yang mendukung akselerasi perangkat keras seperti DXVA, OpenCL dan VA-API (Khusus Linux). Agar bisa memanfaatkan akselerasi konten multimedia dengan baik.

Tinggalkan Balasan