Ryzen™ 2ND Gen

Prosessor Desktop Ryzen™ 2nd Gen: Performa Lebih Baik dan Efisien untuk Gamers & Pembuat Konten!

  • AMD Luncurkan Ryzen™ 2ND Gen Terbaru yang Lebih Efisien dengan Fabrikasi 12nm.
  • Hadirkan Efisiensi dan Performa Lebih Kompetitif untuk Gamer dan Pembuat Konten.
  • Performa Lebih Maksimal dengan Fitur Precision Boost 2 dan Extended Frequency Range 2 yang Ditingkatkan.

Ryzen™ 2ND Gen

Tahun 2017 merupakan tahun dimana kembalinya AMD menghadirkan inovasi prosessor dengan kinerja tinggi. AMD telah meluncurkan kurang lebih 20 seri prosessor, termasuk didalamnya keluarga AMD Ryzen™ yang diluncurkan untuk berbagai platform.

Ryzen™ 2ND Gen

Kehadiran prosessor AMD Ryzen™ ke pasaran memberikan dampak kompetisi yang lebih baik, dimana Ryzen™ mampu menghadirkan era prosessor multi-core bertenaga tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau untuk publik, dibandingkan era sebelum AMD Ryzen™ hadir. Dan kini AMD kembali menunjukkan eksistensinya dengan meluncurkan produk terbaru Ryzen generasi kedua “Pinnacle Ridge”.

 

Perkenalkan Prosessor AMD Ryzen 2ND Gen: Performa Ditingkatkan dengan Efisiensi Lebih Baik

Ryzen™ 2ND Gen

Melanjutkan kesuksesan Ryzen™ generasi pertama pada tahun sebelumnya, AMD kembali meluncurkan prosessor andalan yang merupakan pembaruan dari AMD Ryzen™ generasi pertama yakni AMD Ryzen™ 2ND Gen “Pinnacle Ridge”. Dengan arsitektur yang jauh lebih maju dibandingkan sebelumnya, tentunya AMD Ryzen™ 2ND Gen mampu memberikan performa lebih baik dengan fitur yang lebih kaya hingga dukungan teknologi motherboard yang lebih baik dengan tetap menggunakan soket AM4 untuk memudahkan upgrade bagi para pengguna Ryzen™ generasi sebelumnya.

MODEL CORES THREADS CLOCK SPEED MAX BOOST/ BASE (GHZ) Smart Prefetch Cache TDP COOLER SEP*

(Termasuk Pajak)

Ryzen™ 7 2700X 8 16 4.3/3.7 20MB 105W Wraith Prism (LED) Rp.4.899.000,-
Ryzen™ 7 2700 8 16 4.1/3.2 20MB 65W Wraith Spire (LED) Rp.4.599.000,-
Ryzen™ 5 2600X 6 12 4.2/3.6 19MB 95W Wraith Spire Rp.3.399.000,-
Ryzen™ 5 2600 6 12 3.9/3.4 19MB 65W Wraith Stealth Rp.2.999.000,-

*Harga MSRP yang disarankan, harga bisa berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing toko.

Terdapat 4 varian pilihan untuk Anda yang ingin menggunakan AMD Ryzen™ 2ND Gen, dimana produk ini dibagi dalam dua segmen yaitu AMD Ryzen™ 7 dengan 8 Cores 16 Threads untuk Anda yang menginginkan performa terbaik untuk berbagai kebutuhan, serta Ryzen™ 5 dengan 6 Cores 12 Threads untuk performa mumpuni dengan harga lebih terjangkau. Walaupun semua varian menawarkan performa tinggi, tak perlu khawatir soal suhu karena setiap prosessor sudah dilengkapi dengan pendingin Wraith Cooler yang optimal dan hening. Bahkan pada varian tertinggi Anda bisa mendapatkan GRATIS pendingin Wraith Prism dengan LED RGB lho!

 

Lebih Efisien dan Bertenaga dengan Dukungan Arsitektur Terbaru

Ryzen™ 2ND Gen

Prosessor AMD Ryzen 2ND Gen hadir dengan DNA Arsitektur “Zen+” yang mengalami peningkatan performa per Core hingga 3% lebih baik,  peningkatan hingga 34% lebih baik pada sisi “Cache”, serta pengingkatan kinerja “Memory” sebesar 11% yang hasilkan performa lebih baik dalam berbagai aktivitas serta lebih responsif dalam menjalankan berbagai macam pekerjaan1.

Ryzen™ 2ND Gen

AMD Ryzen™ 2ND Gen juga telah menggunakan fabrikasi 12nm LP (Leading Performance)2 yang hadirkan peningkatan CPU Clock hingga mencapai 4.35 GHz serta hadirkan Clock Speed yang lebih tinggi pula saat dalam keadaan penggunaan aplikasi multi-core dibandingkan dengan AMD Ryzen dengan fabrikasi 14nm FinFET di generasi sebelumnya. Walau hadir dengan CPU Clock lebih tinggi, namun tidak perlu khawatir akan masalah konsumsi daya karena fabrikasi 12nm LP membuat prosessor AMD Ryzen 2ND Gen menjadi jauh lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

Ryzen™ 2ND Gen

Berdasarkan uji internal AMD menunjukkan, Ryzen 2ND Gen menggunakan konsumsi daya yang lebih rendah hingga 11% pada clock yang sama dengan prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya, namun mampu hadirkan peningkatan kinerja yang lebih baik saat dalam keadaan default hingga 16% dibandingkan Ryzen™ generasi pertama dalam uji benchmark terkenal Cinebench R153. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa arsitektur terbaru dari AMD berhasil membawa peningkatan signifikan baik dalam hal performa maupun efisiensi.

 

Performa Lebih Bersaing dengan Harga Lebih Terjangkau

Ryzen™ 2ND Gen Ryzen™ 2ND Gen

Berdasarkan uji internal AMD, prosessor AMD Ryzen 2ND Gen unggul dalam berbagai aplikasi pembuatan konten dan benchmark aplikasi grafis 3D terkemuka dibandingkan kompetitor4.

Ryzen™ 2ND Gen Ryzen™ 2ND Gen

Sedangkan dalam komparasi performa gaming, AMD Ryzen  2ND  Gen mampu hadir dengan performa yang setara dengan kompetitor dan bisa memainkan berbagai macam game dengan baik pada setting grafis Ultra di resolusi Full HD 1080p5.

Ryzen™ 2ND Gen

Berdasarkan uji internal diatas membuktikan, AMD Ryzen 2ND Gen hadir dengan performa gaming yang setara dengan kompetitor, namun hadirkan performa lebih baik dalam penggunaan aplikasi pembuatan konten seperti grafis dan multimedia. Kabar baiknya, semua ini bisa Anda dapatkan dengan harga jauh lebih bersahabat dibandingkan kompetitor. Sudah jelas tentunya mana pilihan terbaik untuk Anda yang mendambakan performa tinggi dengan harga terjangkau.

 

Performa Lebih Maksimal dengan Fitur Precision Boost 2 dan XFR 2

Ryzen™ 2ND Gen

AMD telah hadirkan beberapa fitur penghemat daya pintar dalam teknologi bernama AMD SenseMI seperti Precision Boost 2 dan Extended Frequency Range 2 (XFR 2) yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan pengguna untuk hadirkan performa maksimal dengan efisiensi terbaik secara otomatis. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang teknologi AMD SenseMI ini, Anda bisa mengunjungi  artikel berikut ini AMD SenseMi, Teknologi Pintar Prosessor AMD Ryzen™ untuk Performa Tinggi dan Hemat Daya.

Ryzen™ 2ND Gen

Dengan menggunakan fabrikasi 12nm, fitur Precision Boost yang merupakan bagian dari teknologi AMD SenseMI, mampu hadir lebih baik pada Ryzen™ generasi kedua dibandingkan fitur Precision Boost pada Ryzen™ generasi pertama. Prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen hadir dengan performa multi-thread lebih baik, dengan adanya peningkatan Turbo Clock saat menggunakan aplikasi multi-thread, yang sangat bermanfaat untuk menjalankan aplikasi grafis 3D  dan multimedia yang manfaatkan banyak Core/Thread6.

Ryzen™ 2ND Gen

Ryzen™ 2ND Gen juga hadir dengan fitur XFR generasi kedua, dimana bila dibandingkan dengan fitur XFR yang ada pada Ryzen™ generasi sebelumnya, pengguna bisa mendapatkan performa tambahan jauh lebih tinggi diatas Turbo Clock standar saat menggunakan pendingin berkualitas lebih baik. Positifnya kini performa lebih tinggi ini mampu hadir pada semua Core/Thread tidak hanya pada satu core saja! Fitur XFR 2 bermanfaat untuk para enthusiast yang ingin dapatkan performa lebih secara otomatis dengan bantuan penggunaan pendingin lebih baik seperti Watercooling7.

 

Telah Menggunakan Wraith Prism: Pendingin Bawaan Ryzen™ 2ND Gen Kualitas Tinggi yang Penuh Gaya

Ryzen™ 2ND Gen

Tidak hanya hadirkan prosessor jauh lebih bertenaga dengan harga lebih terjangkau, AMD juga hadirkan pendingin bawaan terbaru bernama Wraith Prism yang telah dipaketkan untuk setiap pembelian prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen tertinggi yakni Ryzen™ 7 2700X. Hadir dengan dukungan direct contact heatpipe, pendingin ini mampu mentransfer panas lebih baik dibandingkan pendingin Wraith Max yang ada pada prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya,   bahkan pendingin ini juga bisa diatur kecepatan kipasnya dengan suara lebih hening.

Pengguna bisa mendapatkan ekstra performa 4% dengan bantuan fitur XFR 2 saat menggunakan pendingin Wraith Prism di prosessor AMD Ryzen 2ND Gen. Tidak hanya itu pendingin ini juga menghadirkan fitur Chrome RGB yang sangat gaya dan modern, membuat Wraith Prism  menjadi pendingin terbaik yang bisa Anda temukan dari bundling prosessor di pasaran saat ini.

 

Kaya Fitur dengan Hadirnya Chipset Motherboard X470 Terbaru!

Ryzen™ 2ND Gen

Prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen hadir dengan platform lebih pintar dibanding generasi sebelumnya. Tetap menggunakan dukungan satu soket AM4, pengguna bisa melakukan upgrade PC dengan lebih mudah dan bebas berkreasi menentukan pilihan komponen motherboard dalam membangun PC Desktop mulai dari PC Mini-ITX hingga PC Gaming Standar. Ditambah lagi dengan dukungan hingga 2020, membuat setiap motherboard dengan soket AM4 terjamin dengan baik dukungannya hingga beberapa tahun kedepan.

Ryzen™ 2ND Gen

Bersamaan dengan diluncurkannya prosessor Ryzen 2ND Gen, AMD bekerjasama dengan partner terkemuka menghadirkan chipset motherboard terbaru X470 yang hadirkan peningkatan struktur catu daya di motherboard agar mendukung penuh kinerja prosessor Ryzen™ terbaru, serta hadir dengan dukungan fitur Precision Boost 2, XFR 2 dan fitur terbaru bernama AMD StoreMI.

Ryzen™ 2ND Gen

AMD StoreMI adalah fitur terbaru eksklusif untuk motherboard AM4 dengan chipset terbaru X470, berupa metode “Caching” yang memanfaatkan 3 jenis storage yakni SSD, Hard Disk dan RAM untuk dibuat menjadi satu virtual storage drive yang bisa digunakan sebagai tempat sementara penyimpanan data berkecepatan tinggi, hasilkan performa penggunaan aplikasi harian yang lebih responsif.

Ryzen™ 2ND Gen

Salah satu manfaat penggunaan AMD StoreMI adalah Anda bisa mendapatkan performa hingga 12X lebih baik dibandingkan penggunaan storage konvensional yang terpisah-pisah. Aplikasi pendukung AMD StoreMI dapat diunduh gratis untuk pengguna motherboard AM4 X470  di link berikut.

Ryzen™ 2ND Gen

AMD juga tetap hadirkan dukungan prosessor AMD Ryzen 2ND Gen untuk Chipset motherboard AM4 seri 300 sebelumnya, sehingga bagi pemilik motherboard AM4 dengan chipset seri 300, Anda tinggal tuju ke website resmi motherboard yang digunakan dan update BIOS Anda ke versi terbaru untuk bisa menggunakan prosessor AMD Ryzen 2ND Gen.

Atau bagi Anda calon pembeli prosessor Ryzen 2ND Gen yang tidak ingin repot dengan keharusan untuk update BIOS, pastikan untuk membeli motherboard AM4 yang sudah terdapat stiker dengan tulisan “AMD Ryzen Desktop 2000 Series” agar mendapatkan dukungan penuh secara langsung untuk prosessor AMD Ryzen 2ND Gen terbaru.

 

Kesimpulan

Ryzen™ 2ND Gen

Berdasarkan informasi yang sudah kami jelaskan di atas, bisa disimpulkan bahwa prosessor AMD Ryzen 2ND Gen hadir dengan fokus  utama kepada pembaruan performa yang lebih kencang, baik itu untuk kebutuhan bermain game hingga aplikasi sehari-hari yang biasa dipakai pembuat konten seperti aplikasi 3D grafis dan multimedia. Didukung dengan fitur Precision Boost 2 dan XFR 2, prosessor AMD Ryzen 2ND Gen juga mampu hadirkan performa yang lebih baik dan lebih optimal dalam penggunaan aplikasi berbasis multi-thread dibandingkan prosessor Ryzen™ generasi sebelumnya.

Ryzen™ 2ND Gen

Prosessor AMD Ryzen 2ND Gen juga menawarkan kemudahan upgrade dengan dukungan platform AM4 berteknologi pintar yang akan terus didukung hingga tahun 2020. Pengguna bebas memilih menggunakan motherboard seri chipset 300 seperti yang dipakai pada Ryzen™ generasi sebelumnya atau bisa memilih memakai motherboard AM4 dengan chipset terbaru AMD  X470 yang hadirkan beberapa dukungan fitur tambahan seperti AMD StoreMI, Precision Boost 2 dan XFR 2. Dengan begitu banyaknya ragam pilihan, tentunya pengguna bisa lebih leluasa untuk memilih yang sesuai dengan dana yang dimiliki dan sesuai dengan kebutuhan harian masing-masing.

Ingin tahu bagaimana performa prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen dalam hal menjalankan berbagai tugas komputasi baik gaming, aplikasi harian maupun pembuatan konten professional? Nantikan rangkuman review ketangguhan prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen pada artikel selanjutnya!

 

Catatan kaki:

  1. Berdasarkan uji internal AMD menggunakan aplikasi benchmark terkenal AIDA64.
  2. Berdasarkan fabrikasi 12nm LP (Leading Performance) dari Global Foundries yang beroperasi di New York, USA.
  3. Berdasarkan uji internal AMD dengan menggunakan spesifikasi: Motherboard Reference, SSD Samsung 850 Pro, 2x8GB DDR4 3200, Geforce GTX 1080 dan Windows 10 RS3
  4. Berdasarkan uji internal AMD dengan menggunakan spesifikasi: Reference Motherboard AMD, Gigabyte AORUS Z370 (untuk Intel), SSD Samsung 850 Pro, 2x8GB DDR4 3200, Geforce GTX 1080 dan Windows 10 RS3
  5. Berdasarkan uji internal AMD dengan menggunakan spesifikasi: Reference Motherboard AMD, Gigabyte AORUS Z370 (untuk Intel), SSD Samsung 850 Pro, 2x8GB DDR4 3200, Geforce GTX 1080 dan Windows 10 RS3
  6. Berdasarkan uji internal AMD menggunakan aplikasi OCCT dengan spesifikasi testbed: Reference Motherboard AMD, SSD Samsung 850 Pro, 2x8GB DDR4 3200, Geforce GTX 1080 dan Windows 10 RS3.
  7. AMD XFR 2 hanya akan aktif saat prosessor menggunakan pendingin terbaik yang mampu hasilkan suhu dibawah 60°C saat penggunaan aplikasi multitasking. Hasil bisa berubah-rubah bergantung pada aplikasi yang digunakan.

4 comments

  1. herdias
    Reply

    “radeon setting are currently unavailable. please try again after connecting amd graphics”. Solusinya gimana min?
    spec: ryzen 5 2400g, Gigabyte a320m-ds2 (bios updated f10), win10 64bit win updated mei 2018, amd driver 18.51, ram 2x4gb 2400mhz.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Herdias,

      Admin menyarankan untuk clean install driver yg bermasalah tersebut dengan aplikasi DDU Uninstaller, setelah itu coba install kembali driver yang tepat.

      Terimakasih, salam

Tinggalkan Balasan