Review Acer Aspire 3

Acer Aspire 3 A315-41 Bertenaga Ryzen™ Mobile: Laptop 5 Jutaan yang Sanggup Libas Game Sekelas Rise of Tomb Raider!

Review Acer Aspire 3

AMD telah meluncurkan prosessor APU Ryzen™ Mobile beberapa waktu lalu yang berhasil mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat. Tak hanya mengisi lini laptop Ultrathin premium, Ryzen™ Mobile juga kini mengisi lini laptop mainstream dengan harga yang terjangkau namun performa tetap tangguh. Salah satunya adalah Acer Aspire 3 A315-41 yang merupakan hasil kerjasama AMD dengan Acer.

Review Acer Aspire 3

Kelebihan yang diusung laptop Acer Aspire 3 A315-41 ini antara lain telah dibekali dengan layar 15” resolusi HD, didukung RAM hingga Dual Channel 8GB DDR4 serta dilengkapi media penyimpanan Hard Disk berkapasitas 1TB yang bisa di-upgrade menjadi dual storage HDD+SSD karena sudah tersedia slot m.2 pada masing-masing varian.  Anda bebas memilih diantara dua varian yang bertenaga AMD Ryzen™ 3 2200U yang dilengkapi kartu grafis Radeon™ Vega 3 terintegrasi dengan harga terjangkau di kisaran 5 Jutaan Rupiah ataupun memilih varian bertenaga AMD Ryzen™ 5 2500U yang dilengkapi kartu grafis Radeon™ Vega 8 terintegrasi dengan performa lebih tinggi  untuk komputasi harian. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki masing-masing.

Review Acer Aspire 3

Segmen Pengguna yang Tepat untuk Acer Aspire 3 A315-41 Bertenaga Ryzen™ Mobile:

  1. Mahasiswa dan professional dengan mobilitas tinggi yang sering bekerja di luar ruangan karena sangat hemat daya sehingga bisa dipakai hingga berjam-jam tanpa perlu mengisi dayaterlalu sering.
  2. Pembuat konten yang inginkan kinerja mumpuni untuk editing foto atau video sehari-hari berkat dukungan fitur akselerasi grafis AMD APP Acceleration.
  3. Gamers karena mampu menjalankan beragam game populer terkini berkat dukungan DirectX® 12 serta Vulkan™ API.
  4. Penikmat multimedia karena telah mendukung berbagai konten modern di berbagai situs streamingpopuler dunia hingga resolusi tinggi 4K UHD.

Lantas bagaimana dengan ketangguhan performa laptop ini? Agar tidak penasaran, kami sengaja melakukan pengujian menggunakan salah satu varian terendah dari laptop Acer Aspire 3 A315-41 yang bertenagakan Ryzen™ 3 2200U dengan kartu grafis terintergrasi Radeon™ Vega 3.

Varian dengan tenaga Ryzen™ 3 2200U ini memiliki RAM bawaan sebesar 4GB DDR4, namun dalam pengujian kali ini, kami juga menyertakan dukungan RAM Dual Channel 8GB DDR4 untuk memberikan gambaran performa keseluruhan setelah melakukan upgrade RAM.

Untuk pengujiannya sendiri kami menggunakan tiga skenario, yakni:

  • Baterai High Performance: Menggambarkan kondisi saat pengguna menggunakan laptop diluar ruangan, dengan pengaturan daya yang diatur ke High Performance”.

 

  • Plug-In High Performance: Menggambarkan kondisi saat penggunaan laptop di dalam ruangan seperti dikantor dan sebagainya yang memungkinkan pemakaian adapter, dengan pengaturan daya yang diatur ke High Performance”.

 

  • Dual Channel High Performance: Menggambarkan kondisi yang sama dengan saat memakai adapter, namun dengan menggunakan RAM Dual Channel 8GB DDR4, serta pengaturan daya yang juga diatur ke High Performance”.

Review Acer Aspire 3

Pengujian pertama yang kami lakukan menggunakan aplikasi Cinebench R15 yang menggambarkan simulasi render grafis 3D, terlihat adanya perbedaan hasil yang sangat signifikan saat menggunakan adapter dibandingkan hanya mengandalkan baterai.  Namun tidak terlihat adanya perbedaan saat beralih menggunakan RAM Dual Channel.

Review Acer Aspire 3

Sedangkan dalam ujicoba grafis 3DMark Pro suite, pada hasil test Cloud Gate dan Ice Strome, perbedaaan hasil yang diberikan cukup signifikan disetiap skenario. Kartu Grafis terintegrasi Radeon™ Vega 3 memiliki peran yang penting dalam ujicoba ini dan penggunaan RAM Dual Channel terbukti akan meningkatkan performa dibandingkan dengan penggunaan RAM Single Channel.

Review Acer Aspire 3

Selanjutnya dalam ujicoba Firestrike dan Sky Diver di aplikasi 3DMark, perbedaan performa tidak terlalu jauh pada penggunaan baterai saja atau dengan adapter, namun terdapat peningkatan performa yang tinggi pada penggunaan RAM Dual Channel.

Review Acer Aspire 3

Sama halnya dalam ujicoba grafis UNIGINE Heaven, perbedaan performa tidak terlalu besar pada penggunaan baterai atau adapter, tapi justru terdapat perbedaan performa yang cukup besar saat menggunakan RAM Dual Channel.

Review Acer Aspire 3

Aplikasi pengujian serupa yang lebih fokus ke latar pemandangan, UNIGINE Valley malah menampilkan hasil yang berbeda disetiap skenario, namun lagi-lagi penggunaan RAM Dual Channel terbukti mampu memberikan peningkatan performa yang terbaik dibanding skenario lainnya.

Review Acer Aspire 3

Kami juga melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi Blender, dimana aplikasi ini sering dipakai oleh para pembuat konten professional. Kecepatan performa yang cukup signifikan terjadi pada saat beralih dari penggunaan baterai ke penggunaan adapter namun tidak ada perubahan besar saat menggunakan RAM Dual Channel.

Review Acer Aspire 3

Terakhir, kami menguji performa laptop ini untuk gaming berat dengan menggunakan benchmark bawaan dari game franchise terkenal, Rise of Tomb Raider yang sering disingkat oleh para gamer menjadi ROTR. Alhasil, peningkatan performa terjadi pada penggunaan adapter walau tidak terlalu signifikan,  namun saat menggunakan RAM Dual Channel, peningkatan performa terjadi hingga 2x lipat lebih tinggi dibandingkan saat memakai RAM Single Channel.

Kesimpulan

Review Acer Aspire 3

Berdasarkan rangkaian pengujian yang telah dilakukan, kita bisa menarik kesimpulan bahwa laptop bertenaga Ryzen™ Mobile 3 2200U masih bisa diandalkan saat bepergian dan hanya menggunakan baterai karena performa yang tidak terlalu jauh dibandingkan dengan penggunaan adapter. Namun kami menyarankan untuk menggunakan RAM Dual Channel yang bisa menyuguhkan peningkatan performa hingga 30-50% lebih tinggi dibandingkan penggunaan RAM Single Channel.

 

Alasan untuk membeli Acer Aspire 3 A315-41 bertenaga Ryzen™ Mobile:

  1. Notebook dengan Ryzen™ Mobile pertama yang menyediakan pilihan untuk segmenmainstream dengan harga lebih terjangkau mulai dari 5 Jutaan.
  2. Didukung dengan kartu grafis terintegrasi (IGP) Radeon™ Vega yang powerful dan handal untuk berbagai kebutuhan.
  3. Didukung dengan fitur Dual Channel yang bisa di-upgrade hingga 16 GB DDR4 untuk performa multi-tasking jauh lebih tinggi.
  4. Didukung fasilitas Dual Storage, M.2 dan SATA yang hadirkan media penyimpanan jauh lebih cepat dan lebih lega.

Tinggalkan Balasan