Review Ryzen 2nd Gen

Review Performa Prosessor Ryzen™ 2ND Gen: Handal untuk Gaming Terkini dan Pembuatan Konten Professional

  • Menggunakan Arsitektur Zen+ yang Hadirkan IPC dan Frekuensi Lebih Tinggi
  • Lebih Efisien dengan Penggunaan Fabrikasi 12nm Pertama di Industri Prosessor
  • Performa 8 Cores 16 Threads yang Handal untuk Gaming dan Pembuatan Konten Professional

Review Ryzen 2nd Gen

Setelah sukses dengan AMD Ryzen™ generasi pertama yang dirilis tahun 2017 lalu dan mendapatkan rating tinggi hingga 4.77/5 bintang dari berbagai website retail ternama, membuktikan bahwa AMD Ryzen™ hadirkan antusiasme yang tinggi dari berbagai kalangan, mulai dari gamers, pembuat konten professional sampai kalangan Enthusiast.

Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen

Melanjutkan kesuksesan AMD Ryzen™ generasi sebelumnya, AMD dengan bangga merilis prosessor Ryzen 2ND Gen yang hadirkan beragam peningkatan diantaranya adalah:

  1. Arsitektur Zen+: Menggunakan arsitektur Zen+ terbaru dengan peningkatan di sektor Cache membuat sistem menjadi lebih responsif, dan mendukung frekuensi lebih tinggi, hasilkan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) sebesar 3%, dengan efisiensi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya1.
  2. Fabrikasi 12nm: Menggunakan fabrikasi 12nm LP (Leading Performance) pertama di industri yang hasilkan frekuensi lebih tinggi dengan efisiensi yang lebih baik dibandingkan fabrikasi 14nm FinFET.
  3. Precision Boost 2: Merupakan salah satu fitur power-saving pintar pada teknologi AMD SenseMI yang tersemat di prosessor Ryzen™, Precision Boost 2 memungkinkan hadirnya Clock Boost saat skenario penggunaan multi-core, hadirkan performa lebih responsif saat multitasking dan gaming2.
  4. XFR2: Fitur lain yang ditingkatkan dari teknologi AMD SenseMI, pengguna bisa mendapatkan frekuensi tambahan saat menggunakan pendingin yang lebih baik berkat teknologi XFR (Extended Frequency Range) yang diperbarui. Kini teknologi XFR2 telah mendukung untuk skenario multi-core2.
  5. Performa DCC Terbaik: Hadirkan jumlah Core/Thread lebih banyak dari kompetitor, serta kinerja per Core yang meningkat. Hadirkan keunggulan dibidang DCC (Desktop Content Creator) lebih baik, cocok untuk pembuat konten yang menginginkan performa PC Desktop terbaik.
  6. Performa Gaming Hebat: Dengan fitur Precision Boost 2 dan XFR2 terbaru, Ryzen™ 2ND Gen mampu berikan performa gaming lebih baik terutama untuk game terkini yang membutuhkan performa multi-core tinggi.

Review Ryzen 2nd Gen

Bersamaan dengan rilisnya prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen, AMD juga merilis motherboard chipset X470 terbaru yang diciptakan khusus untuk Ryzen™ 2ND Gen agar mampu menghadirkan dukungan penuh untuk fitur Precision Boost 2 dan juga XFR2. Namun bagi Anda pemilik motherboard AM4 untuk Ryzen™ versi sebelumnya dengan chipset B350 atau X370, Anda tetap bisa upgrade ke prosessor AMD Ryzen 2ND Gen dengan mudah hanya dengan melakukan update BIOS saja3.

Review Ryzen 2nd Gen

Semua seri prosessor Ryzen™ terbaru ini hadir dengan pendingin Wraith Cooler dengan performa pendinginan maksimal berkualitas tinggi, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi soal suhu saat prosessor ini beroperasi intensif untuk mengolah segala kebutuhan komputasi harian Anda.

Setelah kami jelaskan tentang fitur dan beberapa peningkatan yang dihadirkan oleh generasi prosessor Ryzen™ 2ND Gen dibandingkan generasi sebelumnya, pastinya kalian penasaran kan dengan performa dari AMD Ryzen™ 2ND Gen ini? Mari kita simak data hasil pengujian yang telah kami rangkum dari berbagai sumber pada pembahasan selanjutnya.

 

Review Performa AMD Ryzen™ 2ND Gen: Performa 8 Cores Bertenaga Tinggi untuk Pembuatan Konten

Review Ryzen 2nd Gen

Dengan didukung kinerja CPU sampai dengan 8 Cores/16 Threads dengan “DNA” Zen+ yang handal, prosessor Ryzen™ 2ND Gen hadirkan performa yang handal untuk beragam kegiatan pembuatan konten professional mulai dari multimedia, game hiburan hingga ke desain manufaktur dan desain produk.

Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen

 

Mengutip dari Hot Hardware dalam benchmark sintetis terkenal untuk simulasi aplikasi pembuatan konten yakni Cinebench dan POV-Ray, terbukti Ryzen™ 2ND  Gen hadirkan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, serta unggul dibandingkan kompetitor4.

Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen

Dalam pengujian yang dilakukan oleh PC World, Ryzen™ 2ND Gen juga telah terbukti unggul dibandingkan kompetitor dan Ryzen™ generasi sebelumnya pada saat pengujian aplikasi desain grafis yang umumnya dipakai para pembuat konten professional seperti Blender, V-Ray dan HandBrake5.

 

Ryzen™ 2ND Gen: Tawarkan Performa Gaming yang Handal dan Kompetitif!

Review Ryzen 2nd Gen

Ryzen™ 2ND Gen juga hadirkan performa gaming yang handal dengan dukungan fitur Precision Boost 2 dan XFR2 yang hadirkan peningkatan performa saat bermain game secara otomatis, dengan jaminan frekuensi prosessor yang jauh lebih tinggi dibanding pada generasi sebelumnya.

Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen

Kami mengambil data dari Kitguru, dimana pada website ini diuji Ryzen™ 2ND Gen dalam mode stock, overclock dengan menggunakan air cooling dan overclock dengan pendingin water cooling. Dari pengujian ini bisa diambil kesimpulan bahwa Ryzen™ 2ND Gen mampu hadirkan performa gaming yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya serta mampu hadirkan performa yang sangat kompetitif6.

Penggunaan pendingin yang lebih baik juga terbukti mampu hadirkan performa yang lebih tinggi saat dalam mode overclocking, dimana hadirkan performa tambahan yang meningkatkan kualitas saat bermain game.

Review Ryzen 2nd Gen Review Ryzen 2nd Gen

Selain itu kami juga mengutip hasil dari pengujian bit-tech.net yang juga membuktikan bahwa Ryzen™ 2ND Gen hasilkan perfoma yang kompetitif dan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya untuk keperluan gaming modern masa kini7.

 

Kesimpulan

Review Ryzen 2nd GenDengan berbagai hasil review yang kami hadirkan, bisa mendapatkan kesimpulan bahwa Ryzen™ 2ND Gen hadirkan performa yang kompetitif, tidak hanya untuk hiburan gaming saja, namun untuk pekerjaan khususnya untuk desain grafis atau pembuatan konten professional. Setiap prosessor AMD Ryzen™ 2ND Gen sudah disertakan juga dengan pendingin Wraith Cooler berkualitas tinggi yang siap pakai bagi Anda yang ingin membangun PC berbasis AMD Ryzen™ 2ND Gen, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal suhu. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan tentunya prosessor generasi Ryzen™ 2ND Gen bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan prosessor performa tinggi yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan harian Anda.

 

Spesifikasi & Harga:

MODEL CORES THREADS CLOCK SPEED MAX BOOST/ BASE (GHZ) Smart Prefetch Cache TDP COOLER SEP*

(Termasuk Pajak)

Ryzen™ 7 2700X 8 16 4.3/3.7 20MB 105W Wraith Prism (LED) Rp.4.899.000,-
Ryzen™ 7 2700 8 16 4.1/3.2 20MB 65W Wraith Spire (LED) Rp.4.599.000,-
Ryzen™ 5 2600X 6 12 4.2/3.6 19MB 95W Wraith Spire Rp.3.399.000,-
Ryzen™ 5 2600 6 12 3.9/3.4 19MB 65W Wraith Stealth Rp.2.999.000,-

*Harga yang disarankan, Harga produk mungkin bisa berbeda-beda antar daerah.

 

Catatan Kaki:

  1. Berdasarkan uji internal AMD dengan perangkat lunak AIDA64, hasilkan 16% L1 latency lebih baik, 34% L2 latency lebih baik, 13% L3 latency lebih baik dan 11% latency lebih baik. Dengan total peningkatan IPC sebesar 3% dibandingkan generasi sebelumnya.
  2. Precision Boost 2 & XFR2 lebih unggul dibandingkan Precision Boost & XFR versi sebelumnya yang hanya optimal pada skenario Single Core saja.
  3. Silahkan kunjungi website dari motherboard yang Anda gunakan untuk unduh file BIOS dan mengetahui tata cara update
  4. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Hot Hardware pada: https://hothardware.com/reviews/amd-2nd-generation-ryzen-processors-and-x470-chipset-review
  5. Berdasarkan pengujian yang dilakukan PC World pada: https://www.pcworld.com/article/3268953/components-processors/2nd-gen-amd-ryzen-7-2700x-review.html?page=2
  6. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Kitguru pada: https://www.kitguru.net/components/leo-waldock/amd-ryzen-7-2700x-review-2nd-gen-ryzen-breaks-4ghz-out-of-the-box/3/
  7. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Bit-tech pada: https://www.bit-tech.net/reviews/tech/cpus/amd-2nd-gen-ryzen-7-2700x-and-ryzen-5-2600x-review/1/+

Tinggalkan Balasan