Dell A9 Benchmark

Dell Inspiron 3180: Laptop Mungil 11” Bertenaga AMD 7th Gen APU A9, Mantap untuk Kerja Harian & Gaming Lancar!

Bagi Anda pengguna yang masih berada pada jenjang pendidikan, umumnya menginginkan laptop yang ringan dan nyaman untuk digunakan serta bertenaga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari terutama untuk mengerjakan tugas seperti membuat dokumen, browsing internet ataupun streaming video favorit.

Dell A9 Benchmark

Untuk memenuhi  kebutuhan tersebut, AMD bekerjasama dengan Dell menghadirkan laptop 11” Dell Inspiron 3180 yang dibekali oleh prosessor AMD 7th Gen APU A9 dengan dukungan kartu grafis Radeon™ R5 Graphics. Dimana menghasilkan performa tangguh untuk aktivitas harian hingga hiburan terkini.

Dell Inspiron 11 3180

Processor AMD 7th Gen APU A9- 9420E  dengan kecepatan hingga 3,6 Ghz AMD 7th Gen APU A9- 9420E  dengan kecepatan hingga 3,6 Ghz
Grafis AMD Radeon™ R5 dengan 3 Compute Unit (192 SP) GPU Clock 800 Mhz AMD Radeon™ R5 dengan 3 Compute Unit (192 SP) GPU Clock 800 Mhz
Layar 11.6” HD (1366×768) Anti-Glare LED-Backlit Display 11.6” HD (1366×768) Anti-Glare LED-Backlit Display
Ram 4GB DDR4 4GB DDR4
Hardisk 500GB 500 GB
Webcam 720p HD Webcam 720p HD Webcam
I/O 1x HDMI v1.4a

1x USB 3.1 Gen 1

1x USB 2.0

1x Headphone/Mic

1x Micro SD card reader (SD/SDHC/SDXC)

1x HDMI v1.4a

1x USB 3.1 Gen 1

1x USB 2.0

1x Headphone/Mic

1x Micro SD card reader (SD/SDHC/SDXC)

Koneksi Combo Wi-fi

802.11bgn + Bluetooth 4.0, 2.4 GHz,

Combo Wi-fi

802.11bgn + Bluetooth 4.0, 2.4 GHz,

Sound Stereo Speaker dengan Dell AudioMaxx Stereo Speaker dengan Dell AudioMaxx
Batterai + Adapter 2 Cell 32whr dengan 45W adapter 2 Cell 32whr dengan 45W adapter
Operasi Sistem Windows 10 Home Ubuntu
Harga Rp 3.949.000,- Rp 3.699.000,-

Penasaran dengan bagaimana performanya apabila diterapkan ke aplikasi sehari-hari hingga gaming? Kami akan menyajikan hasil pengujian dari Dell Insipron 3180 baik itu berupa benchmark yang menggambarkan kegiatan sehari-hari maupun hiburan berikut ini.

Dalam pengujian kali ini kami menggunakan 2 skenario, yakni:

  • Baterai: Pengujian yang dilakukan dalam kondisi laptop menggunakan baterai, menggambarkan keadaan pengguna sedang menggunakan laptopnya di luar ruangan.
  • Adapter: Pengujian yang dilakukan dalam kondisi laptop menggunakan adapter, menggambarkan keadaan pengguna saat sedang beraktivitas didalam ruangan, seperti rumah atau kantor.

 

Pengujian Benchmark

Dell A9 Benchmark

Dalam pengujian Cinebench R15 yang menggambarkan simulasi render grafis 3D, membuktikan AMD 7th Gen APU A9-9420E yang digunakan tetap handal dalam keadaan memakai baterai. Yang saat menggunakan adapter menghasilkan peningkatan performa.

Dell A9 Benchmark

Sedangkan dalam benchmark Geekbench kembali memperlihatkan A9-9420E dalam Dell Inspiron 3180 kinerja yang mumpuni walau dalam keadaan penggunaan baterai dengan tidak ada perbedaan performa yang terpaut jauh dibandingkan menggunakan adapter.

Dell A9 Benchmark

Selanjutnya, kami menggunakan PCMark yang merupakan aplikasi yang menguji kinerja perangkat dalam aktivitas harian. Mulai dari edit dokumen di LibreOffice/Microsoft Office, browsing di internet, editing photo hingga video calling. Pada PCMark 8, terdapat 2 skenario yakni PCMark CPU untuk pengujian default serta PCMark (OpenCL) untuk pengujian dengan bantuan akselerasi grafis.

Dan dalam pengujian yang kami lakukan, terdapat peningkatan hasil pada pengujian di PCMark (OpenCL) yang menandakan kartu grafis Radeon™ R5 Graphics mampu memberikan peningkatan performa saat aktivitas sehari-hari.

Dell A9 Benchmark

Sedangkan dalam pengujian benchmark grafis 3DMark menghasilkan hasil yang beragam. Saat pengujian skenario 3DMark Cloud Gate dan Sky Diver yang lebih memberatkan kinerja CPU dibandingkan GPU, terdapat perbedaan performa yang cukup signifikan saat menggunakan adapter, sedangkan untuk skenario 3DMark Firestrike, perbedaan yang dihasilkan tidak begitu terlihat.

 

Pengujian Games

Dell A9 Benchmark

Game: Burnout Paradise Ultimate

Developer/Publisher: EA, Criterion Publisher

Setting: Low

Hasil: 51 FPS

Walaupun Dell Insipron 3180 tidak di peruntukan khusus untuk bermain game layaknya laptop gaming biasa, namun pengguna bisa memainkan beberapa game, salah satunya game balapan Burnout Paradise Ultimate. Anda bisa memainkan game ini dengan lancar karena frame-rate yang dihasilkan tinggi yakni 51 FPS.

Dell A9 Benchmark

Game: Call of Duty, World at War
Developer/Publisher: Activision,Treyach

Setting: Low

Hasil: 24 FPS

Game Call of Duty bertema perang dunia kedua yang masih menghadirkan grafis terbaik dikelasnya juga masih mampu dimainkan dengan baik. Tinggal disesuaikan pengaturannya.

Dell A9 Benchmark

Game: PES 2016
Developer/Publisher: Konami

Setting: Low

Hasil: 28 FPS

Game terakhir yang kami uji adalah PES 2016, dimana game ini adalah salah satu game yang dimainkan oleh banyak pengguna bahkan hingga saat ini. Dan berdasarkan hasil pengujian yang kami lakukan, Anda juga bisa bisa memainkannya dengan lancar.

Dell A9 Benchmark

Selain itu, kami juga menguji Dell Inspiron 3180 baik dalam kondisi menggunakan baterai maupun saat memakai adapter, dimana terlihat laptop ini masih mampu menghadirkan performa yang baik saat bermain game saat menggunakan baterai. Namun bagi Anda yang menginginkan performa yang lebih terutama untuk game racing seperti Burnout Paradise, kami menyarankan menggunakan adapter untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Dell A9 Benchmark

Sedangkan dalam pengujian daya tahan baterai, Laptop Dell Inspiron 3180 bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9420E mampu memberikan daya tahan baterai yang tahan lama hingga 8 jam saat posisi idle serta 5 jam atau lebih saat posisi multitasking, tergantung pemakaian.

 

Kesimpulan

Dell A9 Benchmark

Dell Inspiron 11 3180 yang dibekali oleh AMD 7th Gen APU A9-9420E adalah perangkat laptop yang bisa diandalkan terutama bagi para pelajar maupun pekerja yang menginginkan laptop yang ringan, tipis namun bertenaga untuk aktivitas harian bahkan untuk hiburan seperti game untuk melepas penat. Dengan ukurannya yang kecil memudahkan laptop ini untuk dibawa kemana saja saat diperlukan, apalagi mengingat daya tahan baterainya yang juga cukup panjang mulai 5 hingga 8 jam.

Semoga dengan penjelasan serta data hasil dari pengujian yang kami lakukan, bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari laptop terbaru.

 

Alasan untuk membeli Dell Inspiron 11 3180 bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9420E:

  1. Cocok bagi Anda yang hobi bepergian dan menginginkan laptop ringan, ringkas dengan dukungan layar yang baik saat penggunaan diluar ruangan.
  2. Bertenaga dengan didukung kartu grafis yang cukup kencang dikelasnya untuk kegiatan olah grafis bahkan untuk menonton video HEVC terkini dan bermain beberapa game terkenal.
  3. Hadirkan pilihan warna yang menarik sesuai dengan karakter Anda.

 

4 comments

Tinggalkan Balasan