Freesync

Fitur Radeon FreeSync™ Kini Tersedia di Konsol dan Mendukung HDR!

Freesync

Radeon FreeSync™ merupakan fitur andalan dari AMD yang menghadirkan kemampuan bermain bebas tearing dan stuttering, sehingga mewujudkan pengalaman bermain game lebih nyaman. Fitur ini sudah hadir sejak lama, eksklusif untuk pengguna kartu grafis Radeon™ RX dan kami yakin pasti sebagian dari Anda sudah merasakan manfaat bermain game dengan monitor yang mendukung fitur Radeon FreeSync™ ini.

Kelebihan Radeon FreeSync™ : Bebas Royalti, Mendukung Konten HDR dan Telah Hadir di Perangkat Konsol Modern!

Freesync

Kelebihan Radeon FreeSync™

Bagi pengguna baru atau calon pengguna yang ingin menggunakan kartu grafis Radeon™ dan belum mengetahui tentang fitur eksklusif Radeon FreeSync™, kami akan jelaskan secara singkat beberapa kelebihan Radeon FreeSync™ di pembahasan berikut:

  • Terbuka, Bebas Royalti: AMD tidak mensyaratkan royalti kepada pihak vendor untuk menggunakan dukungan fitur ini pada produk monitornya, selain itu tidak dibutuhkan modul tambahan seperti yang ada pada Nvidia G-Sync, mengingat fitur ini sudah didukung oleh produsen chipset yang ada di monitor/TV pada umumnya.
  • Banyak Pilihan: Terdapat pilihan hingga 200 lebih monitor yang mendukung fitur Radeon FreeSync™.
  • Harga Terjangkau: Dikarenakan bebas royalti dan tidak butuh modul tambahan, berdampak kepada harga monitor yang lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan monitor berteknologi Radeon FreeSync™ dengan refresh rate tinggi 240Hz pada harga yang lebih murah daripada monitor Nvidia G-Sync dengan fitur serupa.
  • Mudah Digunakan: Didukung oleh kartu grafis Radeon™ terkini maupun grafis terintegrasi yang ada pada APU Ryzen™ terbaru, untuk menikmati manfaat dari fitur ini, Anda cukup menghubungkannya dengan monitor yang telah mendukung fitur Radeon FreeSync™ dan mengaktifkannya lewat aplikasi Radeon Setting dan OSD di monitor yang telah mendukung.
  • Mendukung HDR: Teknologi HDR (High Dynamic Range) yang mampu hadirkan dukungan kontras warna yang lebih baik, lebih nyata dan nyaman dimata, kini sudah didukung dengan fitur Radeon FreeSync™ 2.0.
  • Mendukung Konsol Terkini: Teknologi Radeon FreeSync™ kini sudah didukung oleh konsol Xbox One dan akan hadir pada Playstation 4 kedepannya.

Freesync

Berikut perkembangan yang telah terwujud pada ekosistem kartu grafis Radeon™ selama tahun 2017:

  1. Dukungan terhadap 45 Game berbasis Vulkan™: Sudah ada sekitar 45 judul game berbasiskan teknologi API Vulkan™ yang sudah siap untuk dimainkan dan didukung lewat driver Radeon™ terbaru saat ini.
  2. Dukungan terhadap 68 Game berbasis DirectX® 12: Walau game DirectX® 11 masih mendominasi namun perkembangan game DirectX® 12 mencatatkan perkembangan signifikan. Driver Radeon™ terbaru telah mendukung hingga 68 judul game berbasis DirectX® 12 yang ada di pasaran.
  3. 300+ Panel Monitor dan TV dengan dukungan FreeSync: Sudah ada sekitar 200+ lebih panel monitor yang mendukung Radeon FreeSync™, dengan tambahan sekitar 100 Panel yang sebagian berasal dari televisi yang sudah bersertifikat Radeon FreeSync™ dan siap untuk digunakan. Jumlah ini tentunya lebih banyak dibandingkan teknologi serupa dari kompetitor G-Sync yang membutuhkan royalti tambahan, sehingga hadirkan harga jual monitor yang lebih mahal.

Lalu dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi grafis Radeon™ di tahun 2017, apa saja yang dihadirkan di tahun 2018, terutama dari segi teknologi Radeon FreeSync™?

Radeon FreeSync di Tahun 2018: Mendukung Konten HDR, Hasilkan Kualitas Gambar Lebih Nyata!

Freesync

Perkembangan monitor dan televisi layar besar dengan teknologi HDR (High Dynamic Range) sudah ada di depan mata. Dengan menggunakan teknologi HDR, tampilan layar monitor mampu hasilkan warna yang lebih cerah, dengan kontras yang lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan teknologi HDR.

AMD menghadirkan dukungan teknologi HDR lewat teknologi Radeon FreeSync™ 2, yang merupakan versi pelengkap Radeon FreeSync™ generasi sebelumnya, yang telah menghadirkan teknologi HDR sekaligus pengalaman bermain game dengan bebas tearing dan stuttering seperti pada generasi sebelumnya.

Selain itu teknologi Radeon FreeSync™ 2 juga menghadirkan fitur Low Frame Rate Compensation (LFC) yang akan berguna bagi pengguna monitor atau televisi layar besar dengan resolusi tinggi untuk tetap menikmati pengalaman bermain game sebaik mungkin tanpa stutter dan tearing dengan respons yang baik walau dengan FPS kurang dari 30 FPS.

Radeon FreeSync™ 2, Kini Turut Hadir di Konsol, TV Layar Lebar dan Smart TV!

Freesync

Pengguna kartu grafis Radeon™ juga bisa menikmati teknologi Radeon FreeSync™ tidak hanya di PC Desktop dan Laptop saja, namun juga di konsol Xbox One dan Playstation 4 di waktu mendatang.

Mengingat, seperti yang sudah kami jelaskan di awal artikel sudah ada 200+ panel monitor yang sudah mendukung teknologi AMD Radeon™ FreeSync termasuk laptop juga didalamnya, selain itu juga sudah ada 100+ panel tambahan yang sudah memiliki sertifikat di tahun 2018 ini, dimana diantaranya adalah televisi layar besar dan Smart TV yang dipersiapkan untuk pengguna konsol rumahan Xbox One dan Playstation 4.

Freesync

Samsung CHG70 HDR Curve Screen

Samsung adalah produsen televisi pertama yang mendukung penuh fitur AMD Radeon FreeSync™ dimana sudah menghadirkan 20 televisi layar lebar yang sudah memiliki sertifikasi fitur Radeon FreeSync™ ini. Menariknya sebagian besar dari televisi layar lebar dan Smart TV dari Samsung tersebut telah mendukung fitur Radeon FreeSync™ 2 diantaranya dukungan konten HDR dan dukungan fitur LFC.

Global Samsung TV Model Number Resolution Curved Screen Size
NU8000 UHD N 55″
NU8000 UHD N 65″
NU8000 UHD N 75″
NU8000 UHD N 82″
NU8500 UHD Y 55″
NU8500 UHD Y 65″
Q6F QUHD N 55″
Q6F QUHD N 65″
Q6F QUHD N 75″
Q6F QUHD N 82″
Q7F QUHD N 55″
Q7F QUHD N 65″
Q7F QUHD N 75″
Q8C QUHD Y 55″
Q8C QUHD Y 65″
Q8F QUHD N 55″
Q8F QUHD N 65″
Q8F QUHD N 75″
Q9F QUHD N 65″
Q9F QUHD N 75″

Pengguna bisa memainkan langsung berbagai game yang ada pada Xbox One dan Playstation 4 di waktu mendatang melalui televisi layar lebar dan Smart TV yang mendukung, sedangkan untuk vendor selain Samsung akan menyusul kedepannya.

Kesimpulan

Freesync

Pada tahun 2018 ini kembali membuktikan komitmen AMD untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang terbaik melalui Radeon FreeSync™ 2, dengan permainan bebas stuttering dan tearing yang kini bisa dinikmati di lebih banyak monitor dan televisi dibandingkan teknologi serupa dari kompetitor. Bahkan dengan kehadiran dukungan tambahan terhadap konten HDR dan LFC memungkinkan kualitas tampilan gambar menjadi lebih nyata dengan performa mulus, dengan tetap mendapatkan keuntungan yang sama dengan Radeon FreeSync™ generasi sebelumnya. Untuk tutorial mengaktifkan fitur Radeon FreeSync™ simak video berikut.

Punya pengalaman positif yang ingin Anda bagikan seputar penggunaan fitur Radeon FreeSync™? Share di komentar yuk!

Tinggalkan Balasan