2nd Gen Ryzen Threadripper

Uji Performa Ryzen™ Threadripper 2nd Gen, Handal Untuk Megatasking dan Pembuatan Konten

  • Menghadirkan Arsitektur “Zen+” dengan Peningkatan Performa dan Efisiensi Daya lebih baik dibanding generasi sebelumnya.
  • Ryzen™ Threadripper 2nd Gen WX Series, Handal Untuk Pembuat Konten Professional
  • Ryzen™ Threadripper 2nd Gen X Series, Pas Untuk Gamers Antusias yang Hobi Bermain pada Setting Multi-Monitor

2nd Gen Ryzen Threadripper

AMD dengan bangga merilis AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen, prosessor terkencang di dunia saat ini untuk PC High End Desktop (HEDT) dengan “otak inti” hingga 32 Core 64 Thread, serta mendukung Quad Channel Memory. Dengan teknologi luar biasa yang disajikan oleh prosessor High End terbaru ini, membuat Ryzen™ Threadripper 2nd Gen sangat kencang untuk kegiatan Megatasking seperti melakukan render grafis 3D sembari melakukan editing video ataupun untuk mengerjakan pembuatan konten professional lainnya.

2nd Gen Ryzen Threadripper

AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen merupakan prosessor generasi terbaru AMD dengan arsitektur “Zen+” dan fabrikasi 12nm FinFET terkini yang mengusung peningkatan dari segi performa dan efisiensi daya jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Tak hanya itu, terdapat juga dukungan teknologi Precision Boost Overdrive (PBO) yang memastikan setiap Core yang ada di Ryzen™ Threadripper 2nd Gen, mampu berjalan pada clockspeed yang maksimal, sehingga mendapatkan peningkatan performa multi-thread hingga 13% dibandingkan generasi sebelumnya.

2nd Gen Ryzen Threadripper

2nd Gen Ryzen Threadripper

Untuk mempermudah pengguna dalam memilih prosessor yang terbaik untuk pekerjaan dan aktivitas sehari-harinya, AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen hadir dalam 2 varian yakni:

  1. Ryzen™ Threadripper WX Series : Prosessor handal bagi para pembuat konten professional dan inovator yang menginginkan performa yang mulus saat melakukan banyak pekerjaan berat sekaligus (Megatasking).
  2. Ryzen™ Threadripper X Series : Hadir dengan harga lebih terjangkau. Sangat cocok bagi para antusias dan gamer yang menginginkan prosessor yang bertenaga untuk memainkan game di multi-monitor resolusi tinggi dengan menggunakan konfigurasi Dual-GPU/Quad GPU AMD CrossFireX dan Nvidia SLI.

Backwards Compatibility dengan Motherboard Socket TR4 Terdahulu dan Telah Mendukung Fitur Baru AMD StoreMI

Motherboard TR4 X399

Ryzen Threadripper 2nd Gen juga mendukung motherboard socket TR4 berbasis chipset AMD X399 yang digunakan di Ryzen™ Threadripper generasi pertama sebelumnya. AMD telah bekerjasama dengan berbagai vendor motherboard untuk menghadirkan dukungan update BIOS, demi mempermudah calon pengguna baru atau pengguna Ryzen™ Threadripper 1st  Gen yang ingin upgrade ke Ryzen™ Threadripper 2nd Gen.

AMD StoreMI

Motherboard X399 mendukung RAM Quad Channel DDR4 serta mendukung opsi storage hingga 4 slot SSD M.2 NVME dan 12 Hardisk/SSD SATA yang bisa pengguna kombinasikan dengan fitur AMD StoreMI yang menghasilkan peningkatan performa sistem hingga 9.8x lebih cepat dibandingkan solusi menggunakan hardisk atau SSD biasa.

Ryzen™ Threadripper 2990WX Untuk Megatasking dan Pembuatan Konten Professional!

2nd Gen Ryzen Threadripper

Setelah kami menjelaskan sedikit mengenai performa AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen, kita berlanjut kepada pembahasan performa yang akan menguji performa dari AMD Ryzen™ Threadripper 2990WX. Pada penjelasan performa ini kami mencantumkan berbagai sumber pengujian dari media review ternama, hingga pengujian langsung dari pembuat konten professional untuk menunjukkan performa AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen ini.

2nd Gen Ryzen Threadripper

2nd Gen Ryzen Threadripper

Pada pengujian PCWorld menggunakan simulasi grafis 3D Cinebench R15, Ryzen™ Threadripper 2990WX berhasil menempati urutan pertama sebagai prosessor terkencang pada pengujian multi-thread, yang berhasil mengungguli prosessor lainnya dan mendapatkan performa single-thread yang hampir setara dengan kompetitor.2nd Gen Ryzen Threadripper

2nd Gen Ryzen Threadripper

Hasil yang serupa didapatkan juga dengan pengujian perangkat lunak yang sering dipakai oleh pembuat konten yakni Blender serta V-Ray rendering. Ryzen™ Threadripper 2990WX terbukti bisa melakukan rendering 3D dengan cepat di aplikasi terkenal yang sering dipakai oleh para pembuat konten.

2nd Gen Ryzen Threadripper

PCWorld juga menguji Ryzen™ Threadripper 2990WX pada pengujian Megatasking dengan menjalankan render 3D di Blender serta melakukan editing dan rendering video di aplikasi Adobe Premiere Pro 2018 secara bersamaan. Hasilnya Ryzen™ Threadripper 2990WX menghaslkan performa yang cepat dan lebih unggul dibandingkan kompetitornya.

2nd Gen Ryzen Threadripper

Pengujian Megatasking juga dilakukan dengan melakukan encoding video Blu-ray + HEVC + Youtube + Vimeo secara sekaligus, dimana Ryzen™ Threadripper 2990WX mampu menghasilkan waktu yang lebih cepat dibandingkan kompetitor di rentang harga serupa.

Ryzen™ Threadripper 2950X, Harga Lebih Terjangkau Untuk Pekerjaan Harian dan Gaming Multi-Monitor di Resolusi Tinggi

2nd Gen Ryzen Threadripper

Bagi Anda yang menginginkan prosessor dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal untuk Megatasking dan bermain game resolusi tinggi, Ryzen™ Threadripper 2950X dengan 16 Core 32 Thread adalah pilihan yang tepat menghadirkan kombinasi yang seimbang untuk kebutuhan pekerjaan harian, hiburan di harga yang lebih bersahabat. Kami akan mengutip beberapa hasil pengujian dari media review terkenal untuk membuktikannya.

2nd Gen Ryzen Threadripper

Dalam pengujian yang dilakukan Hexus.net, Ryzen™ Threadripper 2950X terbukti masih menghadirkan performa yang lebih baik dalam pengujian kreasi konten menggunakan aplikasi Keyshot dibandingkan Ryzen™ Threadripper generasi sebelumnya dan lebih unggul dibandingkan kompetitor di harga yang sama yang hanya menghadirkan 10 Core 20 Thread saja.

2nd Gen Ryzen Threadripper

Dalam pengujian game terkenal FarCry 5, terbukti juga bahwa AMD Ryzen™ Threadripper 2950X mampu menghadirkan performa gaming yang handal di atas 60 FPS pada resolusi Full HD, dimana membawa peningkatan performa yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

2nd Gen Ryzen Threadripper

2nd Gen Ryzen Threadripper

Bagi Anda yang menginginkan membangun PC Desktop dengan konfigurasi Dual-GPU baik itu AMD CrossFireX atau Nvidia SLI untuk memainkan game di resolusi tinggi hingga 4K, Ryzen™ Threadripper 2950X adalah pilihan yang tepat dikarenakan menghasilkan performa yang handal untuk memainkan game resolusi tinggi dengan baik. Anda bisa menyimak pengujian Ryzen™ Threadripper 2950X menjalankan game F1 dan FarCry 5 di resolusi Ultra HD dimana mampu mencetak skor FPS yang lumayan baik.

Ryzen™ Threadripper 2nd Gen: Prosessor yang Direkomendasikan Oleh Pembuat Konten Professional!

Radeon Pro Render

Bagi yang penasaran dengan performa yang sesungguhnya dari Ryzen™ Threadripper 2nd Gen, Anda bisa melihat kedua video dibawah untuk melihat langsung bagaimana cepatnya proses pembuatan konten secara langsung oleh ahlinya.

Live Action: Pembuatan Konten 3D di Autodesk Maya

Live Action: Rendering di Redshift

Menghasilkan Rekor Dunia Overclocking!

2nd Gen Ryzen Threadripper Overclock

AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen juga telah mendapatkan pengakuan sebagai prosessor tercepat di dunia dari para overclocker mancanegara dan Indonesia seperti Alva Jonathan yang juga berhasil mencetak rekor dunia di Cinebench R15 dengan skor 4000+ point.

Hasil sebaik ini didapatkan dengan overclock extreme, dimana Ryzen™ Threadripper 2990WX mampu mencapai 5.2 Ghz dengan menggunakan pendingin LN2. Sebagai referensi, prosessor terkencang sebelumnya direntang harga setara, i9-7900X hanya mendapatkan skor 3327cb points.

2nd Gen Ryzen Threadripper Overclock

Selain itu tidak lama Alva Jonathan overclocker asal Indonesia bersama team JagatOC, melakukan overclocking secara mandiri menggunakan Ryzen™ Threadripper 2990WX dengan hasil 5.4 GHz serta mendapatkan rekor dunia lain, Cinebench dengan skor 8391, serta GPGPU PI dengan waktu 32 detik. Simak info lengkapnya pada video yang dibagikan oleh team JagatOC ini.

Kesimpulan

2nd Gen Ryzen Threadripper

Pada berbagai pengujian, AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen telah membuktikan dirinya sebagai prosessor tangguh untuk berbagai komputasi berat, berkat kekuatan performa 16 core 32 thread hingga 32 Core 64 Thread yang diusungnya. Sehingga sangat pas untuk para pembuat konten professional, antusias hingga gamers yang ingin menjalankan megatasking dalam satu waktu secara bersamaan tanpa masalah!

Untuk Anda yang ingin memiliki salah satu varian Ryzen™ Threadripper, varian Ryzen™ Threadripper 2990WX dan Ryzen™ Threadripper 2950X kini sudah tersedia di toko-toko terdekat di Indonesia. Jadi segera rakit PC Megatasking impian Anda sekarang dan rasakan kekuatan tangguhnya untuk segala tugas berat yang Anda butuhkan!

Tinggalkan Balasan