CES 2019 Consumer

AMD Umumkan Ryzen™ Mobile 2nd Gen dan Processor Laptop Bertenaga Lainnya di CES Internasional 2019

CES 2019 Consumer

Setelah sukses menggemparkan dunia teknologi tahun lalu dengan perilisan processor AMD Ryzen™ Mobile yang memiliki performa #benerancepat dan powerful, AMD kembali memberikan kabar baik dengan mengumumkan beberapa produk processor untuk laptop terkini yang semakin cepat dan bertenaga pada ajang CES 2019.

 

Perkenalkan AMD RyzenTM Mobile 2nd Gen, Performa Meningkat dengan Daya Tahan Lebih Lama!

CES 2019 Consumer

Di jaman modern ini, laptop ultrathin semakin marak digandrungi untuk mendukung mobilitas penggunanya. Oleh karena itu, produk pertama datang dari generasi penerus AMD Ryzen™ Mobile yang masih menyandang gelar processor terkencang untuk laptop ultrathin yakni AMD Ryzen TM Mobile 2nd  Gen yang didukung oleh kartu grafis Radeon™ Vega. Adapun keunggulan pada processor ini  diantaranya:

  • Processor AMD Ryzen TM Mobile 2nd Gen menggunakan arsitektur CPU “Zen+” serta fabrikasi 12nm LP terbaru. Dimana menghasilkan kecepatan processor lebih tinggi hingga 4.0 Ghz, namun dengan daya lebih efisien tahan hingga 12 Jam1.
  • Pengguna bisa merasakan pengalaman asisten suara Cortana dan Alexa yang ada di Windows 10 untuk membantu aktivitas sehari-hari.
  • Rasakan pengalaman streaming konten video favorit di Youtube, Netflix dan Hulu hingga resolusi 4K @60 FPS.
  • Bermain game eSports terkini maupun game AAA dengan lancar di laptop ultrathin bukanlah hal yang mustahil berkat dukungan kartu grafis Radeon™ Vega yang optimalkan untuk bermain game.
  • Rasakan kenikmatan menonton video lebih lama dengan daya tahan baterai hingga 10 jam saat penggunaan di luar ruangan1.
  • Hidupkan dan masuk mode sleep dalam sekejap layaknya menggunakan smartphone.

CES 2019 Consumer

Secara garis besar processor AMD RyzenTM Mobile 2nd Gen dibagi menjadi tiga keluarga yakni Ryzen™ 3 untuk laptop low-value, Ryzen™ 5 untuk laptop kelas mid-end dan Ryzen™ 7 untuk laptop kelas high-end. AMD juga menghadirkan lini terbaru pada generasi kedua ini untuk para antusias yang menginginkan performa lebih bertenaga untuk gaming dan pembuatan konten yakni seri H dengan TDP 35W.

Tidak hanya itu, AMD juga menyediakan processor AMD Athlon 300U terbaru yang ditargetkan untuk laptop low-end dengan harga terjangkau. Kabar baiknya AMD Athlon 300U menggunakan CPU arsitektur “Zen” dengan kartu grafis Radeon™ Vega yang sama dengan processor AMD Ryzen™ Mobile 2nd  Gen.

CES 2019 Consumer

Bicara soal performa, AMD RyzenTM 2nd Gen dengan kartu grafis Radeon™ Vega memiliki performa yang lebih kencang dalam penggunaan aktivitas harian seperti browsing dan kegiatan pembuatan konten seperti editing dibandingkan processor kompetitor.

CES 2019 Consumer

Processor AMD RyzenTM Mobile 2nd Gen yang dilengkapi kartu grafis Radeon™ Vega juga handal untuk aktivitas bermain game bahkan di laptop ultrathin sekalipun. Performa gaming yang dihadirkan juga lebih unggul dibandingkan kompetitor berdasarkan pengujian game-game terkini.

 

Radeon Software Kini Lebih Mudah Untuk Di Unduh!

CES 2019 Consumer

Pada ajang CES 2019 AMD juga mengumumkan komitmen untuk menghadirkan update driver lebih baik untuk seluruh laptop AMD Ryzen™ Mobile. Untuk wujudkan hal ini, mulai dari Q1 2019 semua laptop berbasis Ryzen™ Mobile akan mendukung semua versi terbaru Radeon™ Software.

Pengguna bisa memilih dua pilihan yakni mengunduh melalui website resmi AMD atau bisa mengunduh melalui website resmi vendor laptop yang digunakan. AMD juga mengumumkan akan bekerjasama lebih erat dengan vendor laptop agar menghadirkan update driver lebih cepat dibandingkan sebelumnya 2.

 

Processor AMD ASeries Terbaru untuk Perangkat Google Chromebook Dengan Daya Tahan Baterai Yang Tahan Lama

CES 2019 Consumer

Selain itu, untuk melengkapi lini produk laptop, AMD juga turut mengumumkan processor terbaru AMD A-Series khusus yang dirancang untuk perangkat Chromebook. Bagi Anda yang asing dengan laptop ini, secara sederhana laptop ini memiliki fungsi layaknya laptop biasa, namun perbedaannya adalah operasi sistem yang digunakan berbasis Chrome OS rancangan Google*.

*info lengkapnya silahkan tuju pada tautan berikut.

 

Chromebook bertenaga processor AMD A-Series memberikan beberapa kelebihan dibandingkan Chromebook biasa, yakni:

  • Performa produktivitas yang lebih handal dibandingkan chromebook
  • Kompatibel dan bisa menjalankan dengan baik aplikasi berbasis Web Apps maupun Android yang ada di Chrome OS.3
  • Mendukung kartu grafis Radeon™ arsitektur GCN yang memberikan peningkatan performa akselerasi grafis saat browsing internet hingga bermain Web Game maupun Game Android. 3
  • Menghadirkan daya tahan baterai hingga 10 jam. Pengguna bisa menikmati saat menjalankan aktivitas di luar rumah tanpa takut baterai cepat habis.

CES 2019 Consumer

Terdapat dua seri AMD APU A-Series yakni AMD A6-9220C dan AMD A4-9120C. Keduanya juga telah mendukung teknologi HEVC dan VP9 untuk pengalaman multimedia yang lebih baik.

CES 2019 Consumer

Mengingat sebagian besar aktivitas yang dilakukan di perangkat Chromebook adalah browsing. Chromebook berbasis AMD 7th Gen A-Series menghadirkan performa yang lebih responsif saat browsing dibandingkan Chromebook yang menggunakan processor kompetitor.

CES 2019 Consumer

Pengguna Chromebook bertenaga AMD A-Series juga akan dimanjakan dengan performa kartu grafis Radeon™ yang lebih handal dibandingkan kartu grafis sekelas yang dimiliki kompetitor.

 

Jajaran Laptop AMD Terbaru di Tahun 2019

CES 2019 Consumer

Belum lengkap rasanya bila tidak memperlihatkan jajaran laptop-laptop yang menggunakan processor AMD Ryzen™ Mobile terbaru. Maka tidak lupa,  melalui ajang CES 2019 kemarin AMD juga menampilkan jajaran laptop terbaru yang akan dirilis di tahun 2019 ini. Untuk ranah laptop gaming, ada ASUS yang memamerkan laptop gaming andalanya dari keluarga TUF Gaming yakni ASUS FX505DY yang merupakan laptop pertama dengan processor AMD Ryzen™ 2nd  Gen seri H serta kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X dengan VRAM 4GB GDDR5.

CES 2019 Consumer

Untuk Chromebook, terpampang HP Chromebook 14 yang tersedia dalam dua varian yakni varian processor AMD A6-9220C dengan grafis Radeon™ R5, layar FHD 1920 x 1080p dan RAM 4GB serta varian processor AMD A4-9120C dengan grafis Radeon™ R4, layar HD 1366 x 768p. Kedua laptop ini mendukung koneksi super cepat USB-C yang mendukung teknologi fast charging.

CES 2019 Consumer

Acer juga ikut berpartisipasi dengan Chromebook 315 yang juga tersedia dalam dua varian processor yakni AMD A4-9120C dengan kartu grafis Radeon™ R4 dan AMD A6-9220C dengan kartu grafis Radeon™ R5. Chromebook ini hadir dengan RAM 4GB, Port USB-C yang mendukung fast charging serta dual speaker besar di sisi samping keyboard.

 

Kesimpulan

CES 2019 Consumer

Pada ajang CES 2019 ini AMD dengan bangga memperkenalkan solusi processor laptop dimana masih menjadi yang terkencang untuk processor ultrathin saat ini dan juga didukung dengan software yang lebih baik.

Bila tahun lalu AMD memfokuskan diri di sektor laptop Ultrathin dengan ke AMD Ryzen™ Mobile. Kini AMD mengumumkan ekspansi lebih besar melalui kehadiran processor AMD A-Series dan AMD Athlon untuk laptop low value dan Chromebook serta kehadiran AMD Ryzen Mobile seri H yang digunakan laptop gaming brand ternama. Dan dengan ini lengkap sudah processor terbaik dari AMD yang tangguh dan #benerancepat disegala sektor!

 

Alasan Untuk Membeli Laptop AMD Terbaru di Tahun 2019:

  1. Tersedia dalam beragam lini mulai dari laptop low-value harga terjangkau hingga laptop gaming dari brand ternama.
  2. Kaya fitur dengan dukungan Radeon Software Adrenalin yang ditingkatkan serta lebih mudah untuk di update.
  3. Didukung oleh banyak brand vendor ternama dengan mendukung berbagai teknologi terkini seperti USBC.
  4. Kini mendukung Chromebook berbasis Chrome OS yang bisa menjalankan Web-Apps dan aplikasi Android dengan baik. 3

 

Catatan Kaki:

  1. Berdasarkan pengujian AMD di laptop referensi, hasil mungkin berbeda antar laptop.
  2. Walaupun Anda sudah bisa mengunduh driver di luar website vendor akan tetapi kami tetap memberikan rekomendasi untuk mengunduh dan install driver yang disediakan oleh vendor laptop. Alasannya karena sudah teruji untuk berjalan dengan baik di laptop tersebut.
  3. Sebagian besar Chromebook sudah dilengkapi dengan Google Play Store akan tetapi dukungan aplikasi Android yang ada belum 100% sempurna. Harap hubungi pihak developer aplikasi Android tersebut, apabila terdapat masalah saat menjalankan aplikasi Android.

4 comments

    • Hi Imam,

      Harap bersabar ya, perilisan driver All in One untuk laptop Ryzen Mobile akan hadir pada akhir kuartal pertama 2019.

      Ada kemungkinan akan hadir melalui website resmi vendor laptop terlebih dahulu baru website AMD menyusul.

      Semoga membantu, salam.

Tinggalkan Balasan