5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang AMD APU Trinity

Logo APU

APU A Series

Seperti yang hampir semua pembaca tahu. Prosesor APU generasi kedua tersebut tidak lain adalah AMD A-Series dengan codename Trinity sudah hadir di Indonesia sejak akhir tahun 2012 lalu. Nah untuk pembaca yang masih bertanya – tanya ataupun ingin mengenal lebih dalam tentang AMD APU Trinity, ini dia 5 hal yang kita tahu tentang AMD APU Trinity:

  • AMD APU Trinity merupakan prosessor yang dilengkapi 4 buah core prosesor dengan clock speed mencapai 4,2 GHz (Turbo Core 3.0). Selain itu, prosesor AMD APU Trinity ini telah dilengkapi GPU terintegrasi seri HD 7000 dengan performa sekelas graphics card add-on. Alhasil dengan GPU tersebut pengguna memiliki pengalaman bermain game lebih baik dibandingkan GPU pada prosesor AMD APU terdahulu.
  • Tidak saja memiliki performa unggul, AMD APU Trinity juga dilengkapi feature GPU yang biasa dijumpai pada graphics card add-on milik AMD lainnya seperti Eyefinity (multi-monitor dengan 3 monitor atau lebih), DirectX 11, dan juga feature muti-GPU bernama Dual Graphics.
  • AMD APU Trinity menggunakan soket prosesor tipe terbaru yaitu FM2. Soket FM2 dikabarkan akan tetap kompatibel dengan prosesor AMD APU generasi selanjutnya sehingga memudahkan proses upgrade bagi pengguna.
  • Salah satu notebook Samsung yaitu Samsung Series 5 535 Notebook juga mengusung teknologi AMD APU Trinity A10-4665M didalamnya. Notebook ini termasuk dalam notebook Samsung series 5 dan  mempunyai 2.0GHz CPU Clock Speed.
  • Menurut techpowerup.com, APU mendominasi hampir 75% penjualan prosessor AMD akhir tahun 2012 lalu tepat setelah peluncuran nya lho.

Cukup mengesankan bukan, atau mungkin kamu mengetahui ilmu lainnya mengenai APU Trinity? Ayu tuliskan komentar kamu tentang AMD APU Trinity.

20 comments

    • Admin
      Author Reply

      Yap betul. Richland versi Desktop baru saja diluncurkan minggu lalu 😀
      Untuk berita lengkapnya bisa stay tune terus di fanpage atau twitter AMD Indonesia serta web AMD-ID.com

  1. EXIntel
    Reply

    menyedihkan. Berharap generasi selanjutnya bakal kompatibel dengan VGA seri 7, tapi malah tetap maksimal seri 6.

  2. hamdan
    Reply

    bung Admin…mau tanya dong…apa A10 5800K harus menambahkan kartu grafis lagi untuk bisa memainkan game model COD MW3??…soalnya di komputer rakitan saya selalu error muncul tulisan : DirectX encountered an unrecoverable error. Check the readme for possible solutions. TERIMAKASIH sebelumnya bung admin atas jawabannya…

    • Admin
      Author Reply

      Sepertinya ini ada masalah dengan game itu sendiri karena di forum-forum banyak yang membahas error tersebut dan solusinya pun beraneka macam.
      Saran saya, coba hapus dulu gamenya sebersih mungkin, kemudian install lagi.
      Coba menggunakan driver terbaru untuk VGAnya.
      Semoga terselesaikan 🙂

  3. john
    Reply

    saya pakai amd kaveri dan mb asrock fm2a88x extrem, tdk pakai vga lagi, kalau mau main game pes 2015 tidak bisa memory vga (gpu:vram 512mb) Pakah saya mesti pasang vga lagi? tks

  4. Egi
    Reply

    min,kenapa yah gambar a10-5800K sy kurang maximal klo maen game,dari segi gambarpun seperti tidak ada efek smooth tp melainkan seperti grafik dengan onbot 64bit.namun sy cb dngn prosesor a4 yg di bawah nya saja menampilkan grafik yg maximal.kira kira ada apa yah min dengan a10 saya,apakah rusak sehingga grafik in game jd g maksimal.klo bt performa lain sch tdk ada masalah…

    • Admin
      Author Reply

      Coba install AMD Catalyst terbaru yang sesuai dengan APU A10 tersebut di support.amd.com/en-us/download dan pakai autodetect biar ga salah unduh

  5. AMD user
    Reply

    Bro , kan processor gw Amd A8-4500M APU 1.9Ghz Turbo : 2.8Ghz , nah masalahnya, kok suhu ya panas betul , paling rendah 70 -80 C , biasanya 90 , browsing 100 , gaming = gk tau brapa , btw laptop gw Acer Aspire E1-451G , itu suhu normal atau rendah ,yg lainnya paling tinggi 50 -60 C , cuma processor yg tembus 100

Tinggalkan Balasan