Tips Mencegah Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Kalau sebelumnya, AMD berbagi tips untuk para pengguna laptop sekarang saat nya tips and trik mencegah agar laptop tidak cepat panas. Yuk langsung saja kita bahas tips – tips nya:

  • Untuk pengguna laptop yang sering menyalakan laptop di tempat atau di permukaan yang lembut seperti kasur, bantal ataupun pangkuan kamu; kebiasaan ini harus dikurangi karena akan menyebabkan sirkulasi udara yang ada pada laptop menjadi tidak lancar sehingga udara yang keluar masuk akan terhambat dan akhirnya laptop kita akan jadi cepat panas.
Bermain laptop di kasur

Bermain laptop di atas kasur

 

  • Jika kamu adalah seorang gamer hardcore, aturlah lama waktu bermain game menggunakan laptop. Terlalu lama menggunakan laptop dapat menyebabkan PC ataupun laptop cepat panas. Selain itu, cara ini juga dapat melindungi LCD dikarenakan LCD adalah salah satu bagian laptop yang rentan panas.

  • Hindari ruangan tertutup atau ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik. Sebaiknya gunakan laptop di ruangan ber-AC atau di tempat terbuka.

  • Jika kurang mengerti, sebaiknya jangan melakukan overclocking  terhadap laptop, karena dapat menyebabkan komponen – komponen laptop bekerja secara berlebihan sehingga laptop menjadi mudah panas meskipun overclock akan menyebabkan kinerja komputer akan terasa lebih cepat.
  • Walaupun dalam sebuah laptop sudah terdapat kipas pendingin, tapi lebih baik jika kita juga menggunakan cooling pad saat menggunakan laptop apalagi jika sering menggunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Cooling fan untuk laptop

Cooling fan untuk laptop

 

  • Bersihkanlah lubang sirkulasi udara pada laptop dari debu agar sirkulasi udara lancar.  Kita bisa menggunakan mini vacuum cleaner yang bisa didapatkan di toko komputer terdekat.

 

Itu dia sedikit tips and trik untuk menjaga agar laptop AMD’ers tidak mudah panas. Simple dan mudah bukan? Tips diatas bisa kita gunakan jika laptop memang masih dalam kondisi baik dari segi hardware. Nah jika sudah ada komponen yang rusak, maka tentunya tips diatas tidak berfungsi.

4 comments

  1. Bagus sekali tips tentang cara mencegah agar laptop tidak cepat panas ini, oya ngomong-ngomong soal notebook cooling pad, Mediatech punya banyak pilihan lho..

  2. Very good tips , kalau boleh mau menambahkan .. bagi pengguna laptop berprocessor AMD berhati hati lah jangan sekali kali mengabaikan tips seperti diatas karena seperti yang saya alami ,sedang bermain santai dengan laptop AMD saya diatas tempat tidur tiba tiba mati karena sudah cepat panas dan hanya mengandalkan alat penyedot panas ,ternyata masih kurang .khusus lepi AMD harus tetap menggunakan cooling pad jangan dilupakan jangan mentang mentang sudah punya alat penyedot panas . wah seram kalau tiba tiba lepi AMD kita mati laptop baru beli lagi . gunakan cooling pad yang berjumlah kipas enam dan putaran kencang( gunakan adaptor bertenaga 1000mAH/lebih ) agar dingin maksimal .

Tinggalkan Balasan