Tips Mensetting AMD Eyefinity

 

AMD Dual Graphic

AMD Dual Graphic

Pembaca pasti sudah tahu tentang AMD eyefinity bukan? Untuk yang belum tahu, AMD Eyefinity merupakan teknologi yang mendukung beberapa output display independen secara bersamaan, teknologi Eyefinity AMD memberikan grafis yang inovatif menampilkan kemampuan memungkinkan ruang kerja desktop yang besar dan ultra-visual yang mendalam lingkungan untuk pengalaman komputasi utama panorama.

Nah pada artikel ini, kita akan sedikit membahas tentang bagaimana cara mensetting AMD Eyefinity. Jadi, apa yang saja yang dibutuhkan untuk mensetting Eyefinity? Pertama yang harus dipersiapkan adalah tiga monitor compatible yang mensupport teknologi  AMD Eyefinity mode, DVI konektor, panel dengan kualitas yang cocok. Kita juga bisa menggunakan lebih dari tiga model monitor cocok lho. Susunan monitor nya juga harus diperhatikan, berikut adalah susunan settingan Eyefinity untuk 3,4,5 dan 6 monitor:

setting-monitor-eyefinity

Monitor Setting

Saat ini, pada hampir semua jenis Radeon, sistem Eyefinity mengharuskan kita untuk menggunakan setidaknya satu output DisplayPort. Ini berarti kita memiliki dua pilihan, yang pertama adalah dengan menggunakan DisplayPort aktif untuk DVI konverter, bersama dengan monitor DVI standar sedangkan yang kedua adalah untuk menggunakan monitor capable DisplayPort.

display-port

Display Port

Untuk membantu penggunaan konektor DisplayPort, saat ini sudah ada converter tipe baru untuk mengubah output ke DVI dan memiliki harga beli yang rendah, memungkinkan kita untuk menggunakan 3 layar berbasis DVI. Konverter semacam ini terbatas operasi nya hanya untuk resolusi 1920×1200.

Setelah mengatur monitor seperti posisi yang kita inginkan dan compatible, selanjutnya adalah menginstall driver Catalyst. Kemudian setelah masuk ke dalam Catalyst Control Center, buka menu Desktops and Displays lalu klik kanan monitor yang ingin kita jadikan main display, kemudian pilih “Display Group” lalu pilih “Create Group”.

catalyst-control

Control Center

CCC kemudian akan menciptakan tampilan desktop dari tiga layar. Ada kemungkinan pada saat ini akan ada error, misalnya layar tengah menunjukkan gambar layar kiri. Disinilah fungsi wizard yang memungkinkan Catalyst untuk memperbaiki hal ini. Setelah itu, kita kemudian memilih untuk men-tweak tata letak mereka untuk mengkompensasi bezel pada setiap layar.

tweak-control

Tweak config

Hm, cukup mudah kan untuk setting teknologi AMD Eyefinity ini? Menurut kamu, settingan dengan posisi monitor yang kira – kira paling cocok untuk bermain game?

58 comments

Leave a Reply