4 Tips Penting Menjaga Suhu PC Desktop Agar Tidak Cepat Panas

Pertama, mari kita bahas tentang akibat apa yang bisa terjadi jika PC desktop kita cepat panas? Just share nih kalau PC desktop yang panas itu bisa merusak beberapa komponen perangkat keras (hardware) penting dalam sebuah PC seperti prosessor, RAM, motherboard dan perangkat keras lainnya. Meskipun para produsen komponen PC desktop sudah mendesain komponen tersebut sedemikian rupa agar kuat dalam suhu tertentu, tapi jika dibiarkan terus lama – lama pasti performa PC kita akan tetap melambat. Untuk itulah diperlukan tips and trik untuk mejaga suhu PC, yaitu:

 

  • Pastikan ventilasi udara degan kompresor tidak tertutup dan tetap bersih

Seperti yang banyak kita ketahui, setiap kali kita menggunakan PC, maka debu tentu saja akan masuk ke ventilasi dan menghalangi kipas untuk berputar. dan kipas tidak akan bekerja secara optimal. Debu akan menghalangi aliran panas di PC. Selain itu, debu akan terus menumpuk dan menghalangi kinerja kipas. Untuk tips awal yang sangat simpel ini, pastikan ventilasi atau vent pada laptop tidak terhalangi oleh objek apapun. Karena akan menghambat laju udara panas yang keluar dari komponen laptop. Untuk itu, singkirkan semua benda yang menghalang dan sering – sering membersihkan ventilasi udara di PC.

Kipas / Fan

Kipas

 

  • Ganti thermal paste PC

Setelah bersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti Thermal Paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan CPU secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari PC ke Heatsink menjadi lebih bagus. Tapi sebagai catatan, biarpun AMD’ers sudah mencoba ganti thermal paste tetapi heatsink masih dalam keadaan berdebu atau kipas tidak berjalan normal, tips diatas tidak akan berpengaruh terhadap PC.

 

  • Kurangi jumlah program yang berjalan secara berlebihan

Jumlah program yang berjalan akan berpengaruh pada panas PC dan prosessor. Sebaiknya program yang tidak perlu ditutup. Ada juga program yang berjalan pada sistem (running in the background).

 

  • Mengatur Power Plan

Pada Windows Vista, 7, dan Windows 8, Microsoft memperkenalkan fitur ‘Power Plan’ agar kita dapat mengatur penggunaan hardware dan konsumsi energi. Pastikan power plan yang anda gunakan sesuai dengan keadaan. Jika anda hanya menggunakan komputer untuk browsing internet, merubahnya ke ‘Power Saver’. Cara mengakses Power Plan adalah dengan mengklik Start (Buka Start Screen jika menggunakan Windows 8) dan ketik ‘Power Plan’ dan tekan enter. Ubahlah ke mode ‘Power Saver’.

Power Plan

Power Plan

 

4 tips diatas merupakan perwakilan beberapa tips penting untuk menjaga suhu PC agar tidak cepat panas. Mungkin pembaca mau share tips lainnya untuk menjaga suhu PC agar tidak cepat panas?

 

 

Tinggalkan Balasan