Open CL

Flash, Browser, Photoshop, Corel, WinZip Lebih Gegas

Jika Anda memiliki APU (Accelerated Processing Unit) dari AMD yang di dalamnya terdapat dua ‘otak’ dalam satu keping, apa yang akan Anda pikirkan? Ya, pastinya memikirkan bagaimana memaksimalkan kapasitas dari dua ‘otak’ tadi untuk setiap aplikasi.

Di saat Anda bermain games 3D, adalah jelas bahwa dua ‘otak’ tadi akan bekerja bahu membahu untuk memberikan performa terbaik mereka untuk Anda. Namun, apa yang terjadi jika Anda tidak bermain games 3D? Ya, hanya satu ‘otak’ yaitu CPU yang akan berperan penting dan ‘otak’ satunya, yaitu GPU, akan ‘beristirahat’. Bagaimana untuk memanfaatkan keduanya di luar aplikasi games?

Open CL

Open CL

Adalah teknologi OpenCL yang didukung oleh AMD akan menjadi solusinya. Apa itu OpenCL? OpenCL adalah sebuah framework untuk menulis program yang bisa dieksekusi di CPU maupun GPU. Benar, ini adalah cara untuk pengembang membangun aplikasi yang bisa memanfaatkan kapasitas kerja GPU sebagai tambahan sumber daya dari CPU. Dengan kata lain, GPU pun bisa dimanfaatkan untuk membantu kinerja CPU walau tidak berhubungan dengan komputasi grafis.

Ini bisa dilihat dari aplikasi WinZip terbaru, yaitu versi 16.5. WinZip terbaru dibangun di atas framework OpenCL sehingga dia mampu menggunakan sumber daya GPU untuk membantu CPU dalam mengkompresi file-file. Hasil akhirnya bisa ditonton demo di YouTube bagaimana kecepatan kompresi berlipat hingga 2,7x lebih cepat jika dijalankan di atas APU AMD.

Demikian pula dengan Adobe Photoshop CS6, Adobe Flash Player, Corel AfterShot Pro, Internet Explorer 9, PowerPoint hingga Windows Live Essentials pun telah teroptimisasi untuk mampu mengoptimalkan kinerja jika dijalankan di atas APU AMD.

Seiring dengan berjalannya waktu, akan ada lebih banyak lagi aplikasi-aplikasi popular yang akan memanfaatkan kekosongan kapasitas GPU untuk digunakan dalam membantu kinerja CPU (lihat daftarnya di http://amd.com/coolapps).Dua ‘otak’ dalam satu keping APU sekarang akan terus berpikir untuk memberikan performa terbaik untuk penggunanya.

AMD App Zone

AMD App Zone

Masih kurang gegas? Tambahkan kartu grafis GPU Radeon ke dalam sistem. Tidak seperti model lain yang hanya mampu memanfaatkan satu ‘otak’ grafis GPU dalam satu saat, APU AMD yang memang memiliki inti Radeon GPU di dalamnya akan mampu bekerja secara simultan dengan GPU Radeon yang ditambahkan ke sistem. Ini seakan menambah satu ‘otak’ lagi untuk mendapatkan tiga ‘otak’ untuk berpikir keras dalam menyajikan kinerja optimal bagi Anda yang sudah membelinya.

1 comment

Tinggalkan Balasan