Gebrakan 3 APU Mobile AMD 2013: Temash, Kabini dan Richland

Di pertengahan tahun 2013 ini tepatnya Mei 2013, AMD menghadirkan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan 3 varian APU (Accelerated Processing Unit) terbaru yaitu AMD Elite Mobilty APU Platform– “Temash”, AMD Mainstream APU Platform – “Kabini” dan AMD Elite Kinerjance APU Platform – “Richland”.

Masing – masing APU ini dikhususkan untuk perangkat mobile baik Notebook, Tablet maupun Tablet Hybrid sehingga efisiensi penggunaan daya sudah tidak perlu diragukan lagi. Walaupun begitu, ketiga APU tersebut tetap memberikan kinerja yang tinggi dan juga kualitas grafis yang superior sehingga memungkinan untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti browsing, edit foto, memutar video dan gaming.

 

 

Temash: APU Berdaya Irit Dengan Kualitas Grafis Yang Memukau

APU Temash

APU Temash

Suka menggunakan Tablet ataupun Notebook yang enteng? Bila ya, maka Temash sangat cocok untuk kamu. Temash merupakanAPU yang diperuntukkan perangkat mobile seperti Tablet, Tablet Hybrid dan Notebook dengan ukuran tidak lebih dari 13”.Angan– angan untuk kamu yang ingin memainkan game dengan grafis menawan di perangkat mobile bukan lagi impian dengan adanya AMD Radeon HD 8000 Series yang tertanam di Temash ini.

AMD APU Temash tidak hanya menggabungkan CPU (CentralProcessingUnit) dan GPU (graphics processing unit) ke dalam satu chip saja, kini Northbridge juga sudah dimasukkan ke dalam satu chip yang dikenal dengan sebutan SoC (SystemonChip). Hal ini memberikan keuntungan dalam penghematan daya serta mempercepat arus data.

Temash

Temash

Bila masih merasa kurang bertenaga, kamu bisa mengaktifkan AMD Turbo Core yang bisa memberikan peningkatan perfoma sebesar 40%. Selain itu, Dukungan terhadap DirectX 11.1 oleh arsitektur GCN (GraphicsCoreNext) pada AMD Radeon 8000 Series juga turut memberikan peningkatan kinerja pada komputasi sampai dengan 75%.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, Temash menghadirkan 3 varian yaitu seri A6-1450 (Radeon HD 8250) yang merupakan QuadCore dan seri A4-1250 (Radeon HD 8210) serta A4-1200 (Radeon HD 8180)yang merupakan DualCore. Walalupun Quad Core, daya yang dibutuhkan pada TDP hanya8W saja. Sedangkan untuk seri Dual Core, paling rendah hanya butuh 3.9W! Cukup irit bukan?Tentunya hal ini bisa memberikan daya tahan baterai yang tahan lama.

Irit daya belum tentu kurang tenaga.Temash sudah memberikan buktinya dengan menjalankan berbagai pengujian, baik menggunakan aplikasi khusus Benchmark maupun game seperti Left 4 Dead 2.Dari hasil pengujian bisa diketahi bahwa Temash seri A4-1200 mampu menghasilkan kinerja GPU sebesar 5x lebih baik.Ketahanan daya juga tidak perlu diragukan lagi, tablet yang berbasis AMD Elite Mobility “Temash”mempunyai daya tahan baterai 45% lebih lama.

Tipe Temash

Tipe Temash

Bagi kamu yang sukabrowsing, edit foto, mutar video, maupun main game, Notebook dan Tablet dengan Prosessor APU Temash sangat cocok untuk kamu. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, Temash terbukti bisa memberikan kinerja yang menajubkan sehingga Temash pun berhasil memenangkan “Best Choice of COMPUTEX TAIPEI 2013”.Tidak hanya itu, penghargaan ini merupakan ketiga kali berturut-turut diberikan kepada AMD APU.

Kabini: Prosessor Quad Core Pertama Di Entry Level / Mainstream

AMD Kabini

AMD Kabini

APU yang kedua adalah “Kabini” si AMD Mainstream APU Platform.Jika Temash diarahkan untuk meramaikan pasar Notebook dan Tablet berukuran kecil, Kabini lebih diarahkan ke pasaran Entry Level/Mainstream. Kabini merupakan Processor Quad Core pertama yang ada pada kelas Mainstream dan menawarkan pengalaman grafis dalam gaming ala Console. Buat kamu yang suka melakukan Browsing dan memutar video, Kabini mampu memberikan daya tahan baterai lebih dari 10 jam!

Kabini hadir dengan 2 seri yaitu A-Series dan E-Series. A-Series merupakan Quad Core APU yang terdiri dari A6-5200 (Radeon HD 8400) dan A4-5000 (Radeon HD 8330). Sedangkan untuk seri Dual Core yaitu E-Series terdiri dari E2-3000 (Radeon HD 8280), E1-2500 (Radeon HD 8240) dan E1-2100 (Radeon HD 8210).

Kabini SKU

Kabini SKU

Untuk masalah pengunaan daya, Kabini juga tidak kalah irit karena bisa bertahan selama 10 jam dalam kondisi standby dan kurang lebih bisa bertahan selama 9 jam untuk Browsing dan 6 jam dalam memainkan video 1080p. Untuk beberapa pengujian terutama pada game berat yaitu Batman Arkham City, Kabini tampil lebih unggul.

Mainstream Platform

Mainstream Platform

Terbukti Kabini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari sebuah perangkat mobile kelas mainstream yang bisa membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan seperti browsing, edit foto, putar video ataupun sekedar gaming ringan.

Richland: APU Kinerja Tinggi Yang Hemat Daya

APU Richland

APU Richland

Sebelumnya pernah membahas Richland yang khusus untuk perangkat PC Desktop, untuk kali ini diperuntukan perangkat Mobile dimana kinerjanya tidak kalah menarik dengan versi Desktop.Richland merupakan APU yang dikhususkan untuk perangkat mobile High-end dimana mampu menjalankan berbagai aplikasi berat ataupun gaming tanpa hambatan.

Dikarena telah dilengkapi dengan AMD Radeon HD 8000 Series sebagai dapur pacunya grafis, Richland ini mampu memberikan peningkatan grafis sebesar 71%.Daya tahan baterai juga tidak perlu diragunkan lagi, Richland mampu bertahan lebih dari 10 jam dalam keadaan Standby dan lebih dari 7.5 jam melakukan Browsing. Jadi bagi kamu yang suka memutar video, edit foto-foto kesayangan ataupun gaming, tidak perlu takut lagi dengan kecepatan loading yang lama, gambar terpatah-patah dan mudah habisnya baterai.

Richland menghadirkan 2 varian untuk menjawab berbagai kebutuhan kamu, yaitu A-Series APU dan A-Series LV (LowVoltage) dan ULV (UltraLowVoltage) APU. A-Series terdiri dari seri A10-5757M (Radeon HD 8650G) dan A8-5557M (Radeon HD 8550G) yang merupakan APU Quad Core serta A6-5357M (Radeon HD 8450G) yang merupakan APU Dual Core. APU varian tersebut akan disematkan pada Notebook-Notebook high-end sehingga cocok untuk kamu yang ingin digunakan sebagai gaming.

Richland SKU

Richland SKU

Sedangkan untuk varian A-Series LV dan ULV APU akan disematkan pada Notebook-Notebook yang tipis atau Ultrathin sehingga cocok buat kamu yang sebagai pekerja Professional. A-Series LV dan ULV APU juga memiliki versi Quad Core dan Dual Core.Varian Quad Core berupa seri A10-5745M (Radeon HD 8610G) dan A8-5545M (Radeon HD 8510G) sedangkan varian Dual Core terdiri dari A6-5345M (Radeon HD 8410G) dan A4-5145M (Radeon HD 8310G).

Fitur-fitur baru yang telah disematkan pada APU terbaru ini adalah AMD Wireless Display. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan Notebook dengan perangkat Monitor yang terpisah tanpa menggunakan kabel tanpa hambatan.Hal ini dikarenakan AMD Wireless Display mampu memberikan kinerja 3.9 kali lebih baik. Dengan disematkannya teknologi AMD Eyefinity, kamu bisa menggunakan tiga monitor secara bersamaan yang dihubungkan dengan Dock.

Elite APU Perfomance

Elite APU Perfomance

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, baik menggunakan aplikasi Benchmark ataupun menggunakan game-game terbaru, terbukti APU Richland mampu memberikan kinerja yang lebih baik.Dengan peningkatan kinerja sebesar 39% sampai dengan 97% pada pengujian game, Richland bisa menjawab kebutuhan kamu yang menginginkan sebuah Notebook yang bertenaga.Tidak hanya itu, dari segi ketahanan daya baterai terbukti juga tahan lama.

Paradigma Richland

Paradigma Richland

Bila merasa belum puas dengan kinerja Richland, kamu bisa memilih Notebook yang telah dilengkapi dengan fitur AMD Radeon Dual Graphics. Dari pengujian yang telah dilakukan, kombinasi Richland dengan Radeon HD 8750 mampu memberikan peningkatan kinerja sebesar 55%! Game yang akan dirilis untuk beberapa tahun kedepan sudah pasti bisa dijalankan tanpa hambatan.

Performa Richland

Performa Richland

 

Cukup menarik sekali dengan tiga AMD APU yang baru saja diluncurkan.Ketiga-tiganya mampu memberikan kinerja yang powerful pada segmennya masing-masing dan konsumsi daya yang minim.Sudah tidak perlu ragukan lagi bahwa perangkat mobile yang dilengkapi dengan salah satu APU tersebut mampu memuaskan segala keinginan kamu.

Bagaimana menurut kamu?Apakah kamu sudah tidar sabar lagi untuk segera memilikinya?Jangan lupa untuk meninggalkan pendapat kamu di bawah ini.

6 comments

Tinggalkan Balasan