Acer Aspire E1-422 - feature

Acer Aspire E1-422, Notebook Super Tipis Nan Ringan Dengan 2 “Rasa”

Acer Aspire E1-422 bisa dikatakan sebagai notebook yang berusia belia sebab kelahirannya di tanah air tergolong baru. Meski dijuluki sebagai notebook entry level tetapi Acer Aspire E1-422 memiliki sederetan spesifikasi yang tak kalah mentereng dengan pendahulunya Acer Aspire V5-122P.

Notebook ini berbobot 2.1kg dan dan ketebalan hanya 25.3mm, disimak dari sisi dimensi saja notebook ini 30% lebih tipis dan 15% lebih ringan dibandingkan produk sejenis.

Acer Aspire E1-422

Sebelum kita preteli satu persatu kekuatan prosesor dan kartu grafis notebook ini, ada baiknya kita sedikit mengulas fitur-fitur yang dibawa dan mengapa notebook ini layak untuk dimasukkan ke dalam daftar pilihan produk yang akan Anda beli. Pertama kita jajaki dulu bagian layarnya. Kita bisa temukan ukuran layar 14 inci WXGA beresolusi 1366 x 768 di mana di dalamnya kita bisa dapatkan teknologi Acer Cine Crystal™ LED-backlit yang menjanjikan kualitas tampilan kelas atas.

Selanjutnya kita beralih ke bagian dalam di bagian harddisk yang memiliki kapasitas 500GB dan memory (RAM) berkapasitas 2GB, fasilitas multimedia lengkap seperti Super Multi DVD, Bluetooth, WiFi, SD™ card reader, HDMI, USB 3.0 dan ditenagai baterai Li-ion 4 cell untuk penggunaan selama 4.5 jam dalam sekali charge.

Notebook Acer Aspire E1-422 tersedia dalam dua tipe yang dibedakan berdasarkan seri prosesor yang digunakan. Tipe pertama ditenagai AMD Quad Core A6-5200 APU a.k.a ‘Kabini’ yang didukung oleh ketangguhan grafis AMD Radeon HD 8400 dan yang kedua menggunakan AMD Essential E1-2500 APU berkolaborasi dengan grafis AMD Radeon HD 8240. Kombinasi ini menghasilkan seperangkat notebook yang memiliki performa bukan abal-abal.

Mengapa begitu? Sebab, AMD Quad Core A6-5200 APU ini merupakan prosesor dengan 4 inti (quad-core) yang mampu menghasilkan kecepatan prosesing hingga 2 GHz plus sehingga memberikan kenyamanan maksimal saat menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan (multitasking). Kemampuan ini sangat cocok untuk Anda yang dituntut untuk bekerja dengan cepat serta dibebani deadline ketat, dengan Acer Aspire E1-422 bekerja bisa lebih cepat meski dengan beban kerja yang cukup banyak.

Barangkali kita juga bisa membahas sedikit mengenai skor TDP AMD A6-5200 APU yang hanya 25 watt. Artinya, Anda hanya butuh 25 watt untuk mendapatkan performa maksimum dari notebook ini. Dengan kata lain notebook Acer Aspire E1-422 ini mampu memberikan performa terbaik namun dengan konsumsi energi yang relatif lebih rendah.

Acer Aspire E1-422

Kemampuan grafis AMD Radeon HD 8400 sudah dikenal sebagai komponen yang memiliki performa kelas wahid, tangguh dan cepat untuk memproses berbagai keperluan multimedia dan game. Meskipun tidak didesain sebagai notebook gaming, tetapi Anda tidak harus berkecil hati sebab keberadaan grafis sekelas AMD Radeon HD 8400 di dalamnya menjamin kenyamanan maksimal saat memainkan game berat.

Sedangkan prosesor AMD Essential E1-2500 APU tak kalah gahar, berinti dua namun unggul di sisi efisiensi sebab untuk mendapatkan performa maksimal dari prosesor ini hanya dibutuhkan asupan energi sebesar 15 watt. Kehadiran grafis AMD Radeon HD 8240 memberikan pengalaman menyenankan dalam menikmati video beresolusi tinggi atau untuk memainkan berbagai macam game popular dan yang paling penting lebih tahan lama saat digunakan di luar ruangan.

Terakhir, sebagai notebook entry level yang ditawarkan dengan harga terjangkau, Acer Aspire E1-422 dan saudara kembarnya ini sudah pasti pantas masuk dalam jajaran notebook kelas wahid di tahun 2013 ini. Anda yang sudah mencicipi performa notebook ini tentunya sepakat dengan saya, betul? Menurut Anda apa yang membuat Acer Aspire E1-422 layak untuk dibeli?

16 comments

  1. proxymoron
    Reply

    Apa bedanya prosesor APU “Kabini” dengan “Richland”? Mungkin bisa diberitahukan kelebihan dan kekurangannya jika kedua prosesor tersebut dibandingkan. Dan bagaimana cara mengenali kedua tipe prosesor APU tersebut pada notebook?

  2. ini membahas dual core atau quad core? soalnya di atas di sebutkan quad core?
    “Mengapa begitu? Sebab, AMD Quad Core A6-5200 APU ini merupakan prosesor dengan 4 inti (quad-core) yang mampu menghasilkan kecepatan prosesing hingga 2 GHz plus”

    • Admin
      Author Reply

      Hi, maaf yah mimin belum pernah mencobanya.
      Mimin sarankan untuk mencoba bandingkan spesifikasi game dan laptop tersebut untuk memastikan game tersebut bisa berjalan atau tidak 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Kalau mau paling beli notebook yang APU A10 saja dimana memang diperuntukkan untuk gaming seperti ASUS X550DP atau Lenovo Z40-75 🙂 untuk VRAMny sih tidak tetap ya karena bergantung pada aplikasi yang dijalankan soalnya, pada notebook APU, GPU integrated memakai memori yang sama dgn yang dipakai oleh CPU 🙂

  3. niken
    Reply

    Min mau tanya. Kalau amd e1-2500 itu cocok ga buat dipakaai untuk keperluan anak sekolah atau kuliah yg mengakses banyak dokumen dalam sekali kerja.?

Tinggalkan Balasan