logo amd

Sejarah Perjalanan AMD Sebagai Perusahaan Prosesor Tenar

Sebuah perusahaan besar menyimpan cerita perjuangan panjang. Lika-liku kehidupan dan bisnis yang sudah dilewati menjadi sebuah pembelajaran yang sangat baik untuk kemajuan di masa mendatang. Tidak mengherankan jika sejarah perusahaan selalu disimpan dan diceritakan kepada khalayak ramai. Selain sebagai sebuah kebanggaan tersendiri, kisah ini sekiranya dapat menjadi inspirasi bagi sebagian kecil orang.

AMD menjadi saksi hidup kesuksesan sebuah produsen prosesor ternama saat ini. Sekelumit cerita yang dimulai sejak 1969 mampu bertahan hingga generasi terkini. Simaklah lebih lanjut sejarah perusahaan ini, siapa tahu Anda menjadi salah satu yang terinspirasi darinya.

1969-1984

Cerita panjang AMD dimulai pada tahun 1969. Perusahaan ini dibentuk dengan modal US$ 100.000, jumlah yang besar untuk saat itu. Dengan modal tersebut, AMD berhasil membangun markas besarnya di Sunnyvale, California. Setahun kemudian, AMD berhasil merilis produk pertama mereka, logic counter Am2501. Dengan produk ini, AMD dengan percaya diri menjadi “go-public” pada tahun 1972.

Debutnya di dunia saham dimulai pada tahun 1979. Sembari masuknya AMD ke bursa saham New York, produksi pun dimulai di pabrik baru merekayang berada di Austin. Dengan pabrik baru ini, tiga tahun kemudian AMD menandatangani kontrak untuk menjadi sumber sekunder sebagai pemasok prosesor mikro PC Intel untuk IBM. Kencangnya haluan kapal AMD ini membuatnya masuk ke daftar “100 Perusahaan Terbaik Untuk Bekerja di Amerika” di tahun 1984.

1985-1999

Prestasi AMD pun tiada berhenti mengalir. Kali ini, di tahun 1985 AMD masuk ke Fortune 500 untuk pertama kalinya. Pada tahun yang sama, ATI bekerja sama dengan AMD, dan merancang controller grafis beserta produk graphic board pertama di dunia.

Prosessor AMD pertama

Setahun kemudian, ATI menandatangi kontrak besar dengan Commodore Business Machine untuk menyuplai 7000 chip per minggunya. Angka yang fantastis ini membuat ATI mengeluarkan debutan EGA Wonder dan VGA Wonder pada 1986. Di tahun yang sama, AMD mengakuisisi Monolithic Memories, Inc. Dengan menguasai perusahaan ini, kini AMD ikut masuk ke bisnis logic yang dapat di-program. Dengan demikian, tahun berikutnya pun dimulai pekerjaan baru pada AMD Submicron Development Center. ATI sendiri kemudian mendukung perilisan VESA standard pada industri grafis.

Dalam kurun waktu 1991-1999 ini, AMD dan ATI menarik perhatian dunia dengan menciptakan beragam produk yang pada saat itu dianggap sangat mutakhir. Seperti debut prosesor mikro Am386 yang diikuti chip Mach8 (1991) yang menjadi terobosan baru di dunia grafis CPU. Mach32 (1992) kemudian hadir sebagai produk baru, diikuti dengan pendirian ATI GmbH yang bermarkas di Munich, Jerman. Jajaran produk Am486 (1993) diperkenalkan bersamaan dengan kerjasama AMD dengan Fujitsu untuk menciptakan produk flash memori yang kita pakai hingga saat ini. ATI pun kemudian go-public dan mulai mengeluarkan saham di NASDAQ dan bursa saham Toronto.

Am386DX-40

Mach64 (1994) menggantikan pendahulunya. AMD kemudian menjadi pemasok Am486 untuk komputer produksi Compaq. Berkembangnya AMD melahirkan inovasi microprocessor lain, AMD-K5 (1995) yang kompatibel dengan socket prosesor mikro x86. ATI juga merilis graphic board untuk produk Mac. Pada 1996, ATI membangun cabang di Irlandia. Tidak berhenti di sana, ATI juga merilis chip grafis 3D pertama di dunia. Di tahun ini, AMD mengakuisisi perusahaan lain lagi. Kali ini, NexGen yang dibelinya.

AMD-K5

Komputer murah diperkenalkan pada 1997. Harga komputer saat itu ada di bawah US$ 1000 berkat produk AMD-K6. Dengan diperkenalkan teknologi DVD, ATI menjadi perusahaan pertama yang memproduksi hardware yang mendukung teknologi tersebut. ATI berhasil mengirim chip AGP yang ke- 10 juta ke pasaran pada 1998. Prosesor generasi ke-7, AMD Athlon, menjadi prosesor untuk komputasi Microsoft dan Windows (1999) dan menjadi titik penting kemajuan AMD yang begitu pesat.

2000-2012

Memasuki abad ke-21 ini, AMD seperti kesurupan ketika merilis produknya. Lihat saja bagaimana AMD Athlon menjadi prosesor pertama dengan clockspeed 1 GHz pada tahun 2000. Beberapa produk lain juga diperkenalkan pada tahun ini, seperti prosesor AMD-K6 -2+ dan debut ATI Radeon.

AMD Athlon 62x2 Dual Core

Tahun 2001, AMD merilis Athlon MP sebagai platform multi-proses milik AMD yang pertama. Teknologi HyperTransport yang dirilis juga digunakan oleh beberapa perusahaan besar macam Apple, Cisco, nVidia, dan lainnya. Tahun berikutnya, jajaran produk Radeon baru keluar, dengan seri Radeon 9700 Pro yang mendukung DirectX 9.

Segala prestasi dalam kurun 2003-2011 pun cukup membanggakan, dengan puncaknya pada tahun 2012. Pada tahun itu, AMD menjadi perusahaan pertama yang mengumumkan kalau mereka akan mendesain prosesor dengan mengadopsi teknologi 64-bit ARM untuk pangsa pasar yang berbeda. Pada tahun-tahun inilah semakin terlihat bagaimana teknologi rancangan AMD menjadi begitu penting di industry grafis komputer.

2013

Saat ini, teknologi AMD banyak digunakan pada sederet nama mentereng konsol game dan hiburan rumahan lainnya. Produk seperti Xbox One, PS4, dan Wii U adalah bukti sahih betapa eksisnya AMD saat ini. Kesuksesan di dunia komputer juga diikuti dengan digunakannya AMD FirePro pada produk Apple yang spesifik. Tidak hanya itu, belum ditutup tahun 2013, AMD sudah meluncurkan Opteron X-Series. Prosesor ini digadang-gadang sebagai prosesor dengan inti berukuran kecil, tapi memiliki performa yang sangat optimal.

amd in consoles

Dengan sepak terjang lebih dari empat dekade, AMD sudah menunjukkan bagaimana komitmen perusahaan terhadap industry grafis dan prosesor saat ini.

6 comments

  1. Lee
    Reply

    Permisi gan sy mw tny ni..untuk kinerja prosesor spt gaming dll lbg bagus amd fx 6300 atau kaveri a10 7850 gan?bingung gan sm 2 prosesor ini..byk yg bilang lbh bagus fx 6300..mhn pencerahanny gan..trm ksh

  2. Pingback: Perjalanan AMD Perusahaan Processor Tenar – Tulisan Ibnu

Tinggalkan Balasan