kaveri1

Kaveri, AMD APU Desktop 2014 Tercanggih Dengan Teknologi HSA

Tahun 2014 diawali oleh AMD dengan bersiap meluncurkan generasi APU terbaru mereka dengan codename Kaveri yang memboyong sejumlah teknologi termuktahir AMD. Kaveri menawarkan lebih dari sekedar perangkat keras dengan CPU dan GPU tetapi menghadirkan potensi keduanya berupa perangkat dengan tingkat intelejensi dan performa ciamik.

Berikut adalah sejumlah informasi terkait Kaveri yang wajib Anda ketahui:

kaveri1

Yang pertama, Kaveri merupakan APU pertama yang telah mendukung teknologi HSA (Heterogeneous System Architecture) sepenuhnya di mana teknologi ini memungkinkan komponen CPU dan GPU memproses informasi secara berkesinambungan sehingga menghasilkan kinerja yang jauh lebih cepat. AMD melakukan pengujian dengan skor GFLOPS sebesar 856 yang diujikan pada seri AMD A10-7850K yang dilengkapi dengan AMD Radeon R7 Series. Alhasil, komputer yang menggunakan Kaveri ini memiliki performa yang jauh lebih baik yang pada akhirnya mampu bekerja maksimal saat menjalankan berbagai macam aplikasi dan game.

Kedua, Kaveri memiliki jumlah Core sebesar 12 Compute Core, yaitu teknologi yang dapat mengkombinasikan 4 Core CPU dan 8 Core GPU dalam satu rangkaian kerja layaknya 12 Core sehingga komputer berjalan lebih cepat dan lebih efisien. Teknologi ini merupakan hasil dari penerapan teknologi hUMA (heterogenous Uniform Memory Access) dan hQ (heterogeneous Queuing) yang menjadi garis terdepan performa komponen AMD di masa depan.

kaveri2

Ketiga, guna menghadirkan pengalaman game yang lebih baik dalam hal kualitas grafis dansuara, Kaveri menggunakan arsitektur GCN (Graphics Core Next), teknologi Mantle, dan TrueAudio. Teknologi Mantle merupakan harapan baru bagi pengembang untuk dapat menciptakan gaming yang lebih cepat dan responsif. Sementara teknologi TrueAudio membawa dimensi suara kehidupan nyata ke dalam dunia game sehingga gamer dapat menikmati game layaknya dunia nyata.

Keempat, Kaveri sudah menggunakan soket FM2+ yaitu soket terbaru dari AMD yang telah mendukung PCIe 3.0 dengan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan menghadirkan chipset terbaru, yaitu A55, A78 dan A88X yang masing-masing menawarkan berbagai fitur dan kelebihan tersendiri.

Kelima, meskipun menawarkan performa yang lebih apik namun bukan berarti Kaveri boros listrik, karena Kaveri justru mengantongi teknologi optimasi tenaga baru yang meningkatkan efisiensi perangkat hingga 20%, misalnya pada seri A10-7850K memiliki TDP 95W dan secara kesulurahan Kaveri memiliki TDP rendah antara 45W hingga 95W. Artinya Kaveri menawarkan teknologi perangkat yang jauh lebih cepat namun hemat energi.

kaveri3

Guna mengetahui kinerja Kaveri, AMD melakukan serangkaian pengujian menggunakan teknologi Compute Core yang mengkombinasikan CPU dan GPU yang saling bersinergi. Pengujian tesebut melibatkan tiga aplikasi benchmark PCMark, 3Dmark dan Basemark CL. Dari ketiga rangkaian pengujian, Kaveri bisa menunjukkan peningkatan performa yang besar berkat 12 Compute Core yang berasal dari CPU dan GPU, angka paling signifikan terlihat dari pengujian menggunakan 3DMark di mana terdapat peningkatan hingga 187% dibandingkan generasi APU sebelumnya atau prosesor lainnya. Kesimpulannya, teknologi Compute Core yang dipadukan dengan Kaveri merupakan kombinasi paling menawan untuk memperoleh komputer berperforma apik. Keistimewaan Kaveri tak lepas dari teknologi HSA yang melahirkan era Compute Core, dan paket ini bisa jadi jawaban kebutuhan Anda akan komputer dengan intelejensi dan performa menawan.

Kaveri4

Performa terbaik Kaveri dapat pula dilihat dari pengujian menggunakan aplikasi kalkulasi LibreOffice Calc, dengan uji kasus yang telah dirancang sedemikan rupa menghasilkan performa dengan kecepatan 0.12 detik saat HSA diaktifkan, berbanding dengan 0.99 detik jika dimatikan. Apa artinya? Jelas, Kaveri bisa memberikan kecepatan proses yang lebih kencang pada aplikasi Office sekalipun.

Kaveri5

 

Kaveri akan dihadirkan pada prosesor seri A10-7850K dan A10-7700K yang telah dilengkapi dengan GPU AMD Radeon R7 yang akan dirilis pada tanggal 14 Januari 2014.

Kaveri6

 

Kehadiran Kaveri merupakan berita gembira untuk penggemar perangkat berbasis AMD, selain membawa fitur dan performa yang lebih baik, Kaveri diharapakan bisa jadi pelopor komputer masa depan. Bagaimana menurut Anda?

45 comments

  1. Macukmania
    Reply

    Semoga harga yg ditawarkan tidak menguras kantong nih. Semoga value of moneynya tidak ditinggalkan sehingga dana bisa dialokasikan untuk memory dan power supply. Lanjutkan AmD

  2. doni_aja
    Reply

    untuk crossfire hybrid apu a10-7850 dgn chipset a88x bs menggunakan vga discreet type apa?
    apa sudah bs menggunakan vga discreet seri hd 7xxx atau r7?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Doni, untuk AMD APU A10-7850K bisa menjalankan fitur Dual Graphics dengan menggunakan VGA AMD Radeon R7 250 dengan tipe memori yang digunakan oleh VGA adalah DDR3.

  3. noto harnoto
    Reply

    Hi admin
    Untk amd apu a10-7850k itu bsa menggantikan apu a8 gak yg da di laptop ane
    Laptop ane lenovo g405s?
    Nah klo vga yg da di laptop ane bisa di ganti gak sma vga amd radeon r7-250 atau yg r9 gitu?
    Di tunggu blsannya…..
    Tks…

    • Admin
      Author Reply

      Hi Noto, untuk komponen seperti Prosessor dan VGA pada Notebook kebanyakan tidak dapat diganti karena sudah diintegrasi langsung ke dalam Motherboard Notebook.

        • Admin
          Author Reply

          Benar sekali Noto. Mungkin bisa coba upgrade memory atau Hardisk diganti menjadi SSD yang bisa meningkatkan kecepatan proses data secara signifikan. Selain itu, bisa coba untuk update driver AMD Catalyst yang mampu meningkatkan performa pada game.

  4. noto harnoto
    Reply

    @admin: mw nanya dong kan laptop ane lenovo g405s (windows 7 sp1), itu bsa gak buat maen game fifa14???
    Ini minim system requirements nya fifa:
    Os : windows vista sp1/windows 7/8
    cpu : 1,8 ghz core 2 duo
    Ram : 2gb ram
    hard drive : 10gb
    Vga : 256 mb ati radeon hd 3600, nvidea geforce 6800gt
    Sound card : directx 9.0c compatible
    Directx : 9.0c

    Itu spesifikasi game fifa14 nya, laptop ane bisa ga maenin nya???
    Di tgu blsannya…..
    Tks….

    • Admin
      Author Reply

      Hi Noto, berdasarkan System Requirement dari game FIFA 14 yang diberikan, laptop Lenovo G40S dipastikan dapat menjalankan game FIFA 14 dengan baik karena laptop Lenovo G40S sudah menggunakan AMD A8-5550M Quad Core dengan VGA AMD Radeon HD 8570M yang sudah mendukung DirectX 11.1

  5. noto harnoto
    Reply

    @admin : oh iya min itu yg seri a10-7850k itu udah da di laptop apa???
    Ane penggila AMD, ane yakin AMD pnya trobosan yg waw di banding intel…..

  6. ahmad
    Reply

    min.. saya ingin tanya info, untuk kaveri 7700 dan 7850, APU yang terdeteksi di GPU-Z tipe apa? Tipe R250 atau 260? Kemudian berapa bit dan berapa MB jika saya menggunakan RAM 8GB?

    Trims

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ahmad, untuk tipe GPU yang digunakan pada APU Kaveri adalah AMD Radeon R7 Series dimana untuk berapa bit dan MB memory yang digunakan tergantung pada tipe memory (RAM) yang terpasang dan settingan di BIOS untuk jumlah memory yang di share. Karena GPU pada APU akan menggunakan memory pada RAM.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Suwanda, sebenarnya setiap prosessor memiliki keunggulannya tinggal sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.
      Untuk AMD APU Kaveri memiliki GPU Radeon yang terintegrasi dalam APU sehingga kita tidak perlu lagi membeli Kartu Grafis terpisah (hemat budget) serta didukung oleh teknologi-teknologi yang revolusioner seperti HSA, Mantle dan TrueAudio.
      Sedangkan AMD FX memiliki keunggulana dalam jumlah Core yang banyak dan sehingga performa yang diberikan akan lebih kencang.

      • Tha Suwanda
        Reply

        Salah Min, Ini yang bener :
        AMD Kaveri A10 7850+HIS R7 250 2GB DDR5 / AMD FX 6300+ HIS R7 260X 2GB DDR5
        Kalo mnurut mimin pilih/bagusan yang mana???
        Trus, kalo A10 7850K setaranya dengan FX brpa?
        Oya, kalo A10 7850K bisa dual graphic sama VGA DDR5 ga atau cuma bisa yg DDR3 aja???
        Tolong pencerahannya Min, mksih… 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Sangat pengaruh sekali. AMD APU baik di segi CPU ataupun GPU bisa berjalan secara maksimal sangat tergantung pada memory beserta kecepatannya. Sehingga mimin sarankan untuk menggunakan memory Dual Channel dengan kecepatan minimal 1600MHz atau lebih tinggi lagi.

  7. aditya yuda
    Reply

    Mas, mau nanya maaf newbie hehe. Pc saya pake gigabyte f2a75m-hd2 make amd radeon 8570, itu amdnya bisa dicabut diganti yg lebih bagus misal diatas itu. Terimakasih maaf newbie

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aditya, maksudnya ingin upgrade/mengganti Processor AMD APU ke lebih baru yah.
      Itu memungkinkan dengan catatan processor yang digunakan mesti menggunakan soket FM2 (Trinity dan Richland) karena motherboard Gigabyte F2A75M-HD2 menggunakan soket FM2.

  8. Adit
    Reply

    Min, saya newbie, hanya end user. saya mau tanya utk konfirmasi, kemarin abis beli vga radeon HIS R7 250x. Setelah dipasang, waktu saya coba cek di CPU-Z (CPUID), identifikasi nama/chipset vga terbaca AMD Radeon 7700 series, apakah itu memang bener seperti itu ya??

  9. ody
    Reply

    Klo pake ram 8 giga untuk kaveri a10 7700 apa peningkatan signifikan yang didapat dari r7 yang sudah terintegrasi di apu kaveri min.thx

    • Admin
      Author Reply

      Hi, jumlah RAM hanya mempengaruhi pada Multitasking saja. Mimin sarankan untuk menggunakan RAM dengan konfigurasi Dual Channel dan memiliki kecepatan yang tinggi minimal 1600MHz untuk mendapatkan peningkatan kinerja yang tinggi 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi, APU Kaveri di artikel ini merupakan APU untuk PC, bukan desktop sehingga tidak bisa dibandingkan.
      Tetapi APU Kaveri untuk versi Laptop sudah ada dan tentunya lebih baik daripada seri sebelumnya.
      Sayangnya masih belum masuk pasaran Indonesia.

  10. andi
    Reply

    maaf..apakah memang ada tipe kaveri AMD APU A10-7600? klo ada,apa bagus buat game “call of duty” tanpa graphic card.? terima kasih.

  11. MerLin
    Reply

    Min… Saya mau ngerakit PC… Saya ingin memakai motherboard Asus A88X-GAMER dan processor AMD Kaveri A10-7800…. perlu VGA eksternal tidak jika untuk main game battlefield, call of duty, dll… ?

Leave a Reply