Heterogeneous-Queuing1

Apa Sih Heterogeneous Queuing dan Kegunaannya?

Sebelumnya kita sudah membahas panjang lebar terkait teknologi HSA (Heterogeneous System Architecture) dan hUMA (Heterogeneous Uniform Memory Access) yang menjadi senjata baru AMD dalam menghadirkan teknologi komputerisasi yang modern dan canggih. Selain memperkenalkan HSA, AMD masih memiliki satu lagi teknologi baru mereka yang bernama Heterogeneous Queuing atau disingkat dengan hQ.

hQ atau heterogeneous Queuing merupakan sistem atau metode antrian perintah yang hanya bisa ditemukan di APU AMD yang mendukung teknologi HSA. Tak heran jika teknologi ini disebut sebagai teknologi yang spesial, sebagaimana keistimewaan dan keunikan yang dimiliki oleh HSA itu sendiri.

Agar terkesan lebih sederhana, mari kita jabarkan bagaimana cara kerja heterogeneous Queuing bagi perangkat AMD. Tugas utama hQ adalah membuat CPU dan GPU memiliki tugas dan fungsi yang setara, di mana CPU dapat memberikan perintah tugas kepada GPU, begitu juga sebaliknya. Alhasil, metode ini memungkinkan CPU dan GPU bekerja lebih cepat karena setiap alur perintah dilakukan dengan arah yang dinamis.

Heterogeneous-Queuing1

Komponen APU yang tidak memiliki teknologi hQ cenderung menerapkan alur perintah sebagai berikut:

HQ2

 

Aplikasi mengirimkan perintah ke CPU, pada suatu kondisi tertentu misalnya membutuhkan proses GPU maka CPU akan mengirimkan perintah tersebut ke GPU dengan melewati sistem operasi tertentunya. Kelemahan tanpa teknologi hQ terletak di titik ini, di mana GPU tidak bisa mengirimkan perintah ke CPU sehingga aplikasi harus meneruskan perintah dengan membuat perintah baru.

Namun dengan teknologi heterogeneous Queuing, proses perintah semakin dinamis dan elegan, alurnya seperti ini:

HQ3

Aplikasi dapat mengirimkan perintah apakah itu ke CPU atau ke GPU sesuai dengan kebutuhan. Apabila perintah tersebut diproses terlebih dahulu oleh CPU maka kemudian CPU bisa mengirimkan perintah langsung ke GPU jika dibutuhkan. Jika dalam proses pengolahan perintah yang sudah berlangsung di GPU membutuhkan CPU maka perintah dapat langsung dikirimkan kembali ke CPU tanpa harus membuat perintah baru.

HQ4

Alhasil, proses pengerjaan perintah jauh lebih efektif dan efisien. Itu sebabnya mengapa teknologi heterogeneous Queuing disebut-sebut sebagai fitur istimewa yang dibawa oleh HSA.

Saat ini, teknologi HSA hanya didukung penuh oleh APU platform Kaveri, pada pengembangannya Anda tentunya masih akan menemukan beberapa opsi APU yang segera diluncurkan oleh AMD. Sudah siap dengan sentakan teknologi AMD berikutnya? Harus siap!

3 comments

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk Turbo Core itu akan di jalankan secara otomatis ketika digunakan untuk gaming atau menjalankan program yang berat 😀

Tinggalkan Balasan