apu a4 6300

AMD A4-6300 APU, Prosesor Desktop Handal Serba Bisa dan Hemat Energi

Prosesor AMD A4-6300 APU merupakan salah satu model A4 Series yang saat ini ada di pasaran. Di keluarga AMD APU, A4 Series memegang peranan penting karena menyasar perangkat segmen entry level yang bersahabat dari segi harga namun tetap dengan performa yang lebih dari memadai.

apu a4 6300

AMD A4-6300 APU memiliki kecepatan yang cukup baik, seberapa cepatkah jika dibandingkan dengan perangkat sekelasnya? Nanti akan kita bahas lebih lanjut.

Spesifikasi AMD A4-6300 APU

Prosesor ini dasarnya berbasis Richland dual core di bagian dalam. Frekuensi operasi normalnya mencapai 3.7GHz yang dapat ditingkatkan menjadi 3.9GHz berkat dukungan Turbo Core 3.0.

L2 Cache yang disediakan berkapasitas 1MB,menggunakan teknologi 32nm dan mendukung 64-bit. Kartu grafis yang ditawarkan adalah model AMD Radeon HD 8370D dengan frekuensi 760MHz dan 128 shaders di mana terdapat kipas serta heatsink di dalamnya. Khusus bagian kipas dirancang agar lebih hemat energi yakni hanya 2,4 watt.

AMD Radeon HD 8370D mampu memproses data hingga 34.1GB per detik, makin tinggi angka ini maka performa yang dihantarkan makin baik. Makin lengkap dengan maksimum resolusi di2560×1600 piksel, di mana resolusi ini lazim digunakan di perangkat dengan kualitas display yang sangat baik.

Dilihat dari segi kelengkapan, prosesor ini boleh diadu, dan jika dilihat dari sisi rancangan awal maka prosesor ini lebih cocok untuk perangkat-perangkat perkantoran sebab komponen dan kemampuan prosesor lebih tepat untuk pekerjaan-pekerjaan kantoran misalnya aplikasi perkantoran, menjelahan Internet dan mengolah data. Tapi jangan salah,AMD A4-6300 APU juga handal kok digunakan sebagai teman kegiatan lain misalnyauntuk memainkan game, bahkan termasuk beberapa judul game terbaru,tentunya dengan pengaturan yang disesuaikan. Perangkat ini juga cocok digunakan untuk menikmati hiburan multimedia di manapun.

Kelebihan lainnya terletak pada konsumsi daya, dengan nilai TDP hanya 65watt, AMD A4-6300 APU mampu bekerja dengan performa apik namun dengan konsumsi daya yang relatif lebih rendah dibandingkan komponen sekelas. Ditambah dengan dukungan teknologi semacam DirectX 11,OpenGL 4.3, DirectCompute 11, OpenCL 1.2 dan Shader Model 5.0 membuat AMD A4-6300 APU kian komplit.

Fitur AMD A4-6300 APU

Sejumlah fitur-fitur canggih ditanamkan di AMD A4-6300 APU, misalnya teknologi AMD Quick Streamyang memungkinkan perangkat berbekal AMD A4-6300 APU untuk dapat menikmati video streaming tanpa gangguan. Tambahan fitur AMD Perfect Picture dengan Steady Videomenjadi daya tarik tersendiri karena mampu mengurangi guncangan dan gangguan di video hasil kreasi sendiri.

Fitur AMD Wireless Display juga dibawa khusus oleh model A4 Series, di mana dengan fitur ini perangkat dapat mengirimkan gambar ke monitor atau perangkat display lainnya secara nirkabel.

Pengujian Performa

Nah, untuk pembuktian termasuk performa AMD A4-6300 APU yuk kita coba lihat hasil pengujian melawan kompetitor di kelas yang sama.

apu a4 6300-1

Hasil pengujian menggunakan tiga tool pengujian menunjukkan hasil bahwa AMD A4-6300 APU memiliki performa yang jauh lebih baik ketimbang merk lain dengan harga yang relatif sama.

Misalnya dari pengujian menggunakan 3Dmark FireStrike, AMD A4-6300 APU mencatatkan hasil 26% lebih baik ketimbang kompetitor. Kemudian di sektor komputasi dites menggunakan Adobe Photoshope CC Smart Sharpen, hasilnya APU AMD A4-6300 APU74% lebih cepat dibandingkan merek lainnya.

Terakhir diuji memainkan game DiRT3 dengan pengaturan level teratas dengan tampilan layar 1080p, hasilnya sangat mengejutkan. AMD A4-6300 APU mencatat performa dua kali lebih baikdibandingkan komponen pesaing lain.

Hasil ini jelas mempertegas dominasi AMD A4-6300 APU atas merek lain, khususnya dari segi harga. Tetapi dari segi performa, bukti sudah berbicara. Sekarang, keputusan ada di tangan Anda. Mau coba merek lain dengan harga sama atau AMD A4-6300 APU dengan harga sama tapi performa dua kali lipat lebih baik?

Catatan:

Tes AMD dilakukan pada sistem referensi AMD yang telah dioptimalkan. Produsen PC mungkin memiliki konfigurasi berbeda sehingga memiliki hasil yang juga berbeda. Sistem AMD terdiri dari APU AMD A4-6300 dengan memori 2 x 4 GB.

DDR3-1600, SSD 256 GB, Windows 8.1, Catalyst 13.30. Sistem Intel memakai Intel Celeron G1820 dengan grafis HD, memori 2 x 4 GB DDR3-1333, SSD 256 GB, Windows 8.1, Driver 3345. Tes menggunakan Adobe Photoshop CC SmartSharpen gambar Radius 64, 5616 x 3744, 60,2 MB, format .PSD. Sistem AMD menyelesaikan tugas dalam 61,5 detik. Sistem Intel menyelesaikan tugas dalam 106,8 detik. RID-49.

 

81 comments

    • Admin
      Author Reply

      Suhu itu tergantung banyak faktor, mulai dari suhu ruangan, aplikasi yang dijalankan, casingnya tertutup debu atau tidak dimana bisa menghalangi sirkulasi udara, kualitas kipas dan banyak faktor lain. Jadi sebenernya tergantung dari perawatan saja untuk meminimalkan panas yang timbul saat prosessor bekerja πŸ™‚

  1. ariani
    Reply

    sy pkai prosesor dual core dgn daya listrik 450 w, listriknya sering mati coz gak kuat. kira2 pkai amd jenis apa yg hemat listrik dgn daya 450 w?

    • Admin
      Author Reply

      sebenernya tergantung sama komponen lain juga, karena ga hanya prosessor aja yang makan listrik tapi yang lain bisa makan listrik gede. Jadi periksa lagi apakah ada komponen lain yang makan watt gede selain prosessor. Kalau mimin saranin mungkin prosessor APU A4, A6 dan A8 masih kuat dengan daya segitu.

  2. min mau tanya, kmrin aq dpat mainboard gigabyte fm2a68hm – ds2
    kira2 biar bgus dikasih proci apa?
    a4 7300 atau a6 6400?

    keperluan
    buat pes 2015 dan game hd lainya
    editing video

  3. husna
    Reply

    Misi min knpa pc ane artefak ya min padaham mobo sama procienya baru, speknya ini msi fm2a55 , procienya amd a 4 6300 kira2 penyebabnya apa ya gan mungkinkah driver amdnya yang bermasalah ?

    • Admin
      Author Reply

      coba kamu bawa ke tempat kamu beli dan minta diperiksa πŸ˜€ atau coba unisntall dulu drivernya di safe mode terus di install lagi pakai menu autodetect di support.amd.com/en-us/download terus pastikan kipas HSFnya sudah terpasang dengan benar dan thermal pastenya juga udah benar dipasangnya ya πŸ˜€

  4. kurniawan
    Reply

    Dear Admin,
    mau nanya boleh kan?

    Saya baru saja rakit pc,
    amd richland a6 6400k dengan ram 8gb dual channel.

    saya coba main game kok lag ya?
    Kalau lihat dxdiag, approx total memory di tab display cuma 72mb.

    Kenapa ya min? Apa harus update driver. Tadinya saya install driver dari cd bawaan mobo.

    Mohon dibantu. Thanks.

  5. ghozi
    Reply

    Saya tertarik dg kelebihan amd seri a4 dan a6 krna harga dan perform ok bngt.

    Bisa kasih list laptop yg pakai itu??
    Trutama asus,acer

    • Admin
      Author Reply

      Untuk ASUS sih tidak ada yang A4 hanya ada E1, Acer ada yang A6 yakni Acer Aspire E5-421 dan untuk yang A4 ada Lenovo G40-45 dan HP G102AU πŸ™‚

  6. ando
    Reply

    min sy mw tanya dengan AMD Richland A4-7300 Radeon HD8470D catalys yg sy gunakan versi brapa. dan agan mendapatkan hasil yg enk main game tanpa bantuan kartu grafis, apa yg sy harus lakukan selain menggunakan ram dual chanel 2x2GB

    • Admin
      Author Reply

      Untuk catalyst bisa coba pakai yang versi terbaru 15.7.1, Ando bisa unduh di support.amd.com/en-us/download πŸ™‚ Kalau mau enak main sudah benar kok pakai RAM dual channel, tapi kalau mau main game yang lebih terbaru lagi sepertinya harus upgrade prosessor mungkin ke Kaveri atau Godavari karena spek game makinn lama semakin berat πŸ™‚

    • Admin
      Author Reply

      Yup, kinerja multitasking pastinya akan memakan RAM karena banyak aplikasi yang jalan bersamaan πŸ™‚ jadi semakin besar RAM akan semakin cepat kinerja multitaskingnya.

    • Admin
      Author Reply

      A4 ini masih kurang enak sih untuk GTA V karena minimal untuk GTA V itu pakai yang Quad Core πŸ™‚ mungkin bisa coba beli Athlon X4-860K sudah Quad Core, harganya hanya 1 jutaan aja kok

  7. Garda
    Reply

    AMD Vishera FX-4300 klo dibandingkan dengan AMD A10 atau A8 bagusan mana min.???
    satu lagi klo AMD Vishera FX-4300 dengan Athlon X4-860K bagusan yg mana.???

    • Admin
      Author Reply

      Beda kelas dan beda penggunaan sih jadi susah juga bandingkannya.

      Kalau kamu mau raw performance tanpa grafik integrated dimana kamu pingin beli VGA lagi pakai FX saja. Kalau mau biaya lebih terjangkau dan all in one dalam 1 chip procie + vga, pakai APU. Jika dibandingkan APU A10 sama A8, bagusan yang A10.

      FX dibandingkan sama X4-860K sama sama bagus dalam hal raw peerformance, kalau mau harga terjangkau dna sudah quad core lebih baik beli Athlon X4-860K

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ali, soal suhu itu relatif, yang penting pemakaian dan perawatan kamu. Pastikan bermain d dalam ruangan yang sejuk, sirkulasi udara berjalan dengan baik, dan bebas debu. Bisa tau kalau kamu cek suhunya dari mana? Biasanya kalau menggunakan software kurang akurat, disarankan cek suhu langsung melalui BIOS atau di pegang casingnya langsung. πŸ˜€

    • Admin
      Author Reply

      Hi Jimmy, jika di bandingkan dengan kartu grafis diskrit maka kartu grafis diskritlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan APU πŸ˜€

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ibnu, prosesor A4 itu kastanya lebih tinggi daripada prosesor E2 yang lebih fokus ke hemat daya dan kegiatan sehari hari seperti multimedia, word processing dan lain-lain πŸ˜€

    • Admin
      Author Reply

      Hai Randy. untuk Processor AMD A4 ini ditunjukan sebagai Processor Hemat Energi yang diperuntukan untuk segmen menengah kebawah
      sedangkan AMD Phenom X4 sendiri adalah Processor kelas “High-Performance” Lawas yang diperuntukan untuk kelas menengah. untuk
      AMD Phenom X4 sendiri, sekarang di gantikan dengan Processor AMD FX series. yakni FX 4300 dan FX 6300.

    • Admin
      Author Reply

      Hai, untuk suhu AMD A8 7600 ini tergantung dari keadaan suhu ruangan. Selama di bawah 80c seharusnya tidak ada bermasalah.
      kamu bisa mencoba aplikasi bawaan dari vendor Motherboard untuk cek suhu πŸ™‚

  8. Untuk admin,

    Mengenai peforma AMD A4-6300 APU dibandingkan AMD Athlon II X2 240 + HD5450 1 GB handal mana? Pemakaian untuk pekerjaan perkantoran, liat film, main game yang ringan, dan berselancar internet. Mohon informasinya, karena saya akan beralih ke AMD soket FM2 dalam waktu dekat. Sekalian admin AMD merekomendasikan mobo ,PSU, dan RAM merk apa yang sekira sangat handal dan awet dengan harga yang terjangkau (kalau tak mau sebut merk, inbox email aja deh…)

    Terimakasih atas informasinya.

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk dalam hal kinerja. AMD A4 6300 memiliki kinerja lebih baik. ini berkat penggunaan grafis terintregrasi
      yang lebih baik. namun, Mimin menyarankan untuk memilih AMD A6 7470K yang memiliki harga tidak jauh berbeda dengan
      kinerja lebih baik.

      Untuk motherboard, kamu bisa gunakan motherboard berbasis chipset AMD A68 dari merk ternama serta Power Supply
      400/500w dari brand ternama. untuk Ram Dual Channel 1866 Mhz dari brand ternama πŸ™‚

  9. Min, mau tanya. Sebelumnya saya pake AMD Athlon II X2 240, mobo GA-M61PME-S2P RAM DDR2 2×2 GB (dual channel), dalam waktu dekat akan beralih ke APU/CPU AMD bersoket FM2. Kira-kira APU/CPU soket FM2 tipe apa yang secara kinerja sama atau mendekati AMD Athlon II X2 240 ? Dan mobo berchipset tipe apa yang cocok. Terimakasih informasinya

  10. Min ane masih ga abis pikir nih kenap PC ane ya ane build AMD apu a4 + asrock fm2a88 hd rev 2, restart-restart tanpa ada bluescreen. itu kira2 apanya ya min ? solnya udah ane ganti-ganti ram masih aja kayak gitu ?

  11. Wildan
    Reply

    Min mau tanya pc ane suhunya berlebihan sama gk ada display ke monitor ,udah ganti Ram sama psu masih tetep no display
    SPEC:
    AMD A8 6600K
    ASUS FM2A85M LE
    VISIPRO 2Γ—2 GB
    Psu simbadda 380 w

    • Admin
      Author Reply

      Hi Iqbal, Processor AMD A4 6300 mendukung operasi sistem Windows/Linux 32 bit maupun 64 bit, untuk versi 64 bit direkomendasikan saat kapasitas Ram yang kamu gunakan diatas 4GB sedangkan untuk kurang dari 4GB disarankan memakai versi 32 bit. πŸ™‚

    • Admin
      Author Reply

      Hi septian, mimin rekomendasikan untuk membeli Processor AMD A6 7400K karena hadirkan performa yang lebih baik baik untuk performa harian dan grafis πŸ™‚

Tinggalkan Balasan