acer-aspire-e5-421

Acer Aspire E5-421, Notebook AMD APU Beema Pertama Hadir Dengan Banyak Varian

AMD bersama Acer Indonesia kembali merilis jagoan baru di ranah notebook, kali ini mengusung nama Acer Aspire E5-421. Notebook 14” terbaru dari Acer ini memercayakan sektor dapur pacu kepada AMD. Notebook Acer Aspire E5-421 diluncurkan dalam beberapa varian yang dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhan, yang dibedakan atas jenis teknologi Accelerated Processing Unit (APU) yang digunakan.

acer-aspire-e5-421

Notebook 14” dengan Banyak Varian Sesuai Kebutuhan

Pada varian pertama Aspire E5-421, tertanam prosesor AMD Elite A6-6310 APU yang dilengkapi dengan prosesor quad-core. Kecepatan dari APU ini dapat ditingkatkan dari 1,8 GHz hingga mencapai 2,4 GHz berkat bekal teknologi Turbo Core di dalamnya. Urusan grafis diserahkan kepada AMD Radeon R4 Series berbasis arsitektur GCN (Graphics Core Next) dengan kecepatan clock sebesar 800MHz. Dengan pengaturan yang tepat, notebook ini mampu menjalankan game tertentu dengan pengaturan yang sesuai. Dari pengujian, Aspire E5-421 bisa memainkan game Battlefield 3, Crisis 3 dan Sniper Elite 3 dengan kualitas grafis yang baik.

acer-aspire-e5-421

Selain itu terdapat juga varian kedua Aspire E5-421 yang menggunakan prosesor AMD Essential E2-6110 APU Quad Core dengan kecepatan 1,5 GHz, dipadukan dengan AMD Radeon R2 Series berbasis arsitektur GCN (Graphics Core Next) dengan kecepatan hingga 500MHz. Tak lupa sebagai pilihan alternatif paling terjangkau Anda bisa memilih varian ketiga Aspire E5-421 yang menggunakan prosessor yang sedikit lebih inferior dari varian kedua dengan AMD APU E1-6010 Dual Core dengan kecepatan 1,35 GHz yang juga dilengkapi dengan AMD Radeon R2 Series. 

Walau sedikit berbeda dalam hal tingkatan kemampuan prosessornya, ketiga varian memiliki spesifikasi yang sama dalam hal teknologi piranti keras dan lunak yakni memiliki layar 14 inci HD 1366 x 768 piksel dengan bekal teknologi andalan Acer CineCystal LED backlit TFT LCD. Di bagian dalam keduanya juga sama-sama memilki RAM 2GB DDR3 dan hard disk 500GB yang luas untuk menyimpan koleksi game dan file musik favoritmu.

Aspire E5-421 dengan Teknologi Terbaru APU Beema

Ketiga varian notebook Aspire E5-421 sama-sama menggunakan APU Beema. APU ini adalah hasil pengembangan lebih lanjut dari APU Puma+ milik AMD. Pada APU Beema ini, AMD berhasil mengurangi kebocoran arus listrik yang menjadi penyuplai tenaga untuk menjalankan APU-nya. Hasilnya, APU Beema ini memiliki efisiensi dan kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan APU pendahulunya.

acer-aspire-e5-421

Varian dengan APU AMD A6-6310 sangat cocok digunakan bagi para pengguna yang membutuhkan perangkat untuk memproses pekerjaan sehari-hari atau perkantoran. Meski begitu APU ini cukup kuat menahan beban untuk menjalankan game-game 3D tertentu dengan baik. Sedangkan varian APU AMD E2-6310 dan APU AMD E1-6010 diperuntukkan bagi pekerjaan-pekerjaan yang lebih sederhana, seperti penggunaan aplikasi MS Office dan browsing, berikut juga dengan hiburan multimedia.

Baterai irit 5000 mAh pada Aspire E5-421 mampu diandalkan untuk bekerja sampai hingga 7 jam. Terdapat dua buah port USB 2.0 dan satu port USB 3.0 untuk kemudahan pertukaran data. Kelancaran perpindahan data dari perangkat lain juga didukung dengan adanya memory card reader dan sistem koneksi nirkabel Bluetooth 4.0.

Keistimewaan lainnya, Aspire E5-421 fleksibel untuk memenuhi kebutuhan kamu yang multitasking. Kamu bisa menaikkan kapasitas RAM sampai 16 GB pada Aspire E5-421 untuk meningkatkan performanya.

Dengan spesifikasi APU yang lebih tinggi, Acer Aspire E5-421 varian AMD Elite A6-6310 APU dibanderol dengan harga Rp 4.699.000,-. Sedangkan untuk varian yang lebih ringkas, Aspire E5-421 dengan Essential E2-6110 APU, Acer memberikan label harga Rp 4.149.000,- dan untuk Aspire E5-421 dengan Essential E1-6010 APU dijual dengan label harga Rp. 3.849.000,-. Harga yang kompetitif untuk pilihan notebook menarik dengan garansi servis 3 tahun dari Acer Indonesia. Tiap pembelian Aspire E5-421, Acer juga memberikan bonus voucher Skype Credit untuk percakapan ke HP/telepon rumah sampai 300 menit! Aspire E5-421 sudah bisa didapatkan di Acer Center dan toko komputer terdekat di kotamu.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki salah satunya? Jangan lama-lama mikirnya, karena di luar sana ada jutaan peminat yang siap merebut kesempatan kamu memiliki notebook keren ini!

81 comments

  1. btw memory ram standar DDR3 2 GB (1 dkeping) tipe frekuensi berapa om admin ? bisa di-setting menjadi dual channel juga kan ?? untuk tipe acer aspire e5-421 (proc amd a6-6310)

    • Admin
      Author Reply

      Hi Utax,
      Kalau untuk masalah RAM karena bukan produk dari AMD jadi dari mimin juga kurang paham untuk yang ini, sebaiknya dari Utax langsung tanyakan ke ACER Indonesia saja ya 🙂

  2. Danimo
    Reply

    min, sya baru beli ini notebook tapi untuk game berat sekelas PES 2014 atau outlast kok patah” ya pdhl kn udh ada graphic +prosesornya udh amd a6 quadcore. sya pake windows 8 64bit dan Ramnya 2gb. bisa minta solusi gk min mungkin dengan pengaturan dari VGA atau sya harus nambah RAM nya. terima kasih min, mohon pencerahan.

  3. Saya pengguna E5 421 A6-6310 dg OS wind. 7, setelah instalasi selesai saya menemukan masalah pada beberapa driver yang sepertinya tidak compatible, terlebih untuk touchpad. Kira2 ada solusinya? Sebagai info driver yg saya pake download dari acer support.. Terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Coba pastikan drivernya benar khusus untuk seri laptop yang digunakan.
      Kalau untuk masalah driver seperti touchpad akan lebih baik coba ditanyakan ke Acer Indonesia langsung. Dari AMD cuma menyediakan GPU dan CPU untuk laptop ini.

    • Admin
      Author Reply

      Hmm, mungkin bisa coba bandingkan spek laptop dengan spek game yang ingin dimainkan. Banyak kok game review di internet yang menampilkan spek recommended atau minimum spec yang dibutuhkan untuk bisa memainkan game tersebut 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Usahakan hanya install driver AMD Catalyst bawaan dari laptop, karna kalau menginstall versi generik dari website AMD misalnya, sering tidak kompatibel dengan laptop. Kalau mau install yang terbaru install hanya dari website vendor laptop langsung

    • Admin
      Author Reply

      setau mimin untuk laptop Acer Aspire E5-421 ini tidak ada dedicated VGAnya 🙂 adanya hanya integrated GPU dengan RAM bervariasi sesuai dengan berat tidaknya pemakaian aplikasi

  4. Kho
    Reply

    Min, ane pake Lenovo g40-45 AMD A6 6310 Radeon R4 Graphic, kira2 setting biar optimal gimana ya? trus bisa gak ane upgrade VGAnya? kalo bisa gimana caranya… mohon pencerahannya min.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, laptop itu tidak dapat diupgrade VGA nya ya… Dan tidak ada settingan optimal, yang penting jangan lupa install driver bawaan terbaru dari Lenovo saja ya 🙂

  5. little sweet
    Reply

    kalo os nya diganti sama windows 7 gimana dengan drivernya mind tolong kasih solusi nya ………!!!

    secara gua anak game’ kalo pake os win 8,1 kurang mendukung ……………:)

    #urgent

    • Admin
      Author Reply

      Coba dicek diwebsite Acer apakah ada menyediakan driver untuk windows 7 nya tidak ya… 🙂
      Setau mimin win 8.1 ataupun 7 FPS nya tidak begitu jauh berbeda kok, dibeberapa game terkadang Windows 8.1 lebih tinggi 🙂

  6. ahmed
    Reply

    Sedikit saran.. Bagi yang suka game sebaiknya jgan terlalu memaksakan di acer E5 421 A6 6310…… Saya sarankan lebih baik pilih acer E5 411. Nvidia series….

  7. yayat
    Reply

    gan minta link buat donlot driver amd radeon r2 grafic..ane baru beli laptop ni tapi vga di dxdiang n/a dan intinya tidak terinstal ini pake win7 32 bit

  8. gogon
    Reply

    min, saya mau upgrade ram. mending nambah 2gb (total 4gb) biar jadi dual channel atau 4gb (total 6gb) tapi tetep 1 channel?

  9. mufikin
    Reply

    min ane mau nanya nih…. saya kemaren baru beli acer aspire e5 421 karna kekurangan tahuan saya..saya instal ulang yang kw windows 8 32 bit tpi driver vga yang 32 bit nya ga ada.. terus kalo di instal yang kw windows 8 64 bit nya bisa ga ya???

    mohon penjelasanya min.. maksih..

  10. azkatul
    Reply

    min kok dari awal pembelian leptop aspire 14″ E5-421-28SD. lola banget y knapa…_? apa aj yang hrus dirubah

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin kepanasan? Mainlah di ruangan yang sejuk dan pastikan gunakan cooling pad berkualitas. Jangan lupa untuk aktifkan high performance di bagian power option di amd catalyst

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin laptop tidak bisa upgrade prosessor atau VGAnya 😀 karena tidak dijual di pasaran dan tidak sesuai dengan spek laptopnya

  11. aan
    Reply

    Mimin mo nanya, 2 thn yg lalu anak ane beli notebook aspire e5 421, sering dipake game online,office dll, suatu ketika tu notebook g’ mau hidup lg, tiap di hidpin loding bntr trus mati lg, trus ane dpt info dr teman agar merubah biosnya ke legasy, trus hidup min, hampir 2 jam ane gunain, lalu ane matiin,bsk pas mau make lg, g’ mau hdp lg. Hampir seharian ane otak-atik tp g’ jg hdp, trus ane mikir krn garansi sdh hbs, ane bongkartu notebook, gak taunya notebook tsb g’ pake RAM, trus ane komplain ke toko tmpt ane bli notebook tsb, mereka g’percaya, memang ada ya notebook tanpa RAM bisa hdp…? Terima kasih

  12. gabri
    Reply

    min,, acer saya e5 421 saat mengklik di AMD CATALYST CONTROL CENTER. keluar perintah “AMD CATALYST CONTROL CENTER cannot be started. there are currently no settings that can be configured using AMD”.
    maksudnya perintahnya itu apaan min?

Tinggalkan Balasan